Benarkah Rasul Petrus pendiri Gereja Roma Katolik? Daftar analytic pertanyaan


Tetapi … Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi. Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu [pengajaran] dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. (Kis 17:10-11)

Begitulah seharunya sikap orang Kristen yang Injili dan pencinta kebenaran, mereka selalu menguji setiap doktrin dan pengajaran yang mereka terima dengan cara menyelidiki Kitab Suci, Alkitab, apakah doktrin dan pengajaran yang mereka dengar itu benar dan sesuai dengan firman YAHWEH atau tidak.

Doa saya ialah semoga artikel ini dapat membawa kita memiliki hati yang  rendah dan jujur seperti hati nabi Yohanes Pembaptis, dalam ketenarannya ia tetap menyadari posisinya, hanyalah hamba dari Adonai Yeshua Ha Mashiah, dan berani berkata di hadapan para pengikutnya, “Seharusnyalah Dia (Adonai Yeshua) bertambah-tambah dan aku semakin berkurang” (ILT). Lihat Yoh 3:22-36.

Pemimpin Gereja Roma Katolik (GRK) atau umum dikenal sebagai Gereja Katolik (GK) mengklaim bahwa gerejanya dibangun oleh Simon putra dari Yonah, yang dipanggil oleh Yeshua sebagai Kefas atau Petrus (St. Petrus), Sejarah GRK juga mencatat Uskup (Bishop) dan Paus pertama Gereja Roma Katolik adalah Petrus. Lihat List of the Popes di bawah. Paus di tahun 1968 bahkan menyatakan bahwa benar kuburan dan tulang Petrus telah ditemukan di Roma.

Daftar analisa di bawah ini dibuat untuk Anda memeriksa benar atau tidaknya klaim-klaim Gereja Roma Katolik di atas; Apakah klaim tersebut benar Alkitabiah dan didukung oleh sejarah universal dan arkiology atau hanyalah klaim  tradisi sebuah aliran gereja semata.

A. Benarkah rasul (St.) Petrus pendiri Gereja Roma Katolik? Jawablah pertanyaan beritukut:
1.    Apakah arti dari nama Petrus (Petros; Yunani) pada Matius 16:18?
2.    Kepada bangsa apakah Petrus telah diutus, Yahudi atau bukan-Yahudi?
3.    Di kota dan negara apa Petrus pernah melayani?
4.    Apakah ajaran rasul Petrus mengikuti ajaran Yeshua (Yesus) atau tradisi manusia? Dapatkah Anda melihat perbedaan di antara keduanya?
5.    Apakah Petrus membenarkan orang lain menyembah (berlutut, memuja, mencium kaki) dirinya?
6.    Kapankah rasul Petrus meninggal dunia?
7.    Kebangsaan apakah yang memenjarakan dan membunuh rasul Petrus?
8.    Saat Petrus masih hidup, apakah Kerajaan Romawi mendukung ajaran Yeshua atau menentangnya?
9.    Ketika pengikut Yeshua dan para rasul bentrok dengan pengikut Farisi dan Saduki, ke pihak manakah Kerajaan Romawi berdiri?
10.  Apakah yang Titus dan laskarnya telah lakukan setelah ia berhasil menguasai kota Yerusalem?
11.  Tahun berapakah Titus menghancurkan bait Elohim di Yerusalem?
12.  Kapankah kaisar Contantine Agung menjadikan Kristianiti menjadi agama resmi Kerajaan Romawi?
13.  Benarkah aniaya Roma terhadap orang Kristen (Yahudi dan Yunani) masih berlangsung sebelum  Kristianiti dijadikan agama reminya?
14.  Benarkah bahwa kaisar Contantine menjadi pemimpin rohani utama dari ’Gereja Kristen’ yang ia telah jadikan sebagai agama resmi yang berpusat di Roma tersebut?
15.  Benarkah atas persetujuan Constantine Sabat (Saptu; hari ketujuh) diganti menjadi hari Minggu (hari pertama), dan bagi orang yang mempraktekkan hari Sabat dikenakan hukuman berat oleh pemerintah Romawi?
16.  Benarkah juga bahwa Gereja Roma, yang dibangun oleh Constantine tersebut) mengganti penanggalan hari Paskah (Pesach; Pascha; Passover) dengan penanggalan dan nama berhala Ester?
17.  Apakah hari-hari raya Alkitab (seperti: Pondok Daun, Paskah) dirayakan oleh Gereja Roma Katolik?
18.  Apakah ritual dan hari-hari raya yang dibuat oleh Gereja Roma Katolik (Jumat Agung, Natal, Ester, Valentine dsb.) ada dasar Alkitabnya?
19.  Apakah patung-patung dan salib disembah pada jaman rasul Petrus?
20.  Ajaran para rasulkan doktrin GRK ini: bunda Maria tidak ada dosa turunan, tetap perawan, tidak bisa meninggal, sebagai ratu Sorga, dan satu dari Tritunggal (God Mother)?

Beberapa contoh referensi situs yang bagus untuk menjawab pertanyaan di atas:

Setelah Anda menyelidiki 20 pertanyaan di atas, pikirkanlah sendiri, ”apakah benar rasul Petrus pendiri Gereja (Roma) Katolik?” Sekarang kita melangkah ke bagian yang kedua, menganalisa ”dimanakah kuburan rasul Petrus?

B. Benarkah kuburan rasul (St.) Petrus ada di bawah gedung Basilika St. Petrus  
di kota Roma? Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.     Bukankah ajaran Yeshua dan orang Yahudi dibenci oleh Pemerintah Roma (Kis 18:1-2)? Jadi bagaimana mungkin mengubur tokoh Yahudi di negara Roma?

2.    Kaisar (Claudius) Nero (54-68 AD) terkenal anti-Yahudi, jadi bangaimana mungkin membuat kuburan bagi Petrus di wilayah penting kota pemerintahannya, bahkan membuat monumen kemenangan (Trophoea) bagi Petrus?

3.    Jika monumen kemenangan itu dibuat sebagai tanda ”Kaisar Nero telah mengalahkan tokoh Kristen Yahudi,” mengapa harus Petrus? Mengapa bukan Yakobus (saudara Yeshua) yang adalah kepala Jemaat di Yerusalem, atau Paulus yang adalah pendiri gereja-gereja Kristen di Yunani dan Romawi?

4.    Mengapa pada penggalian pertama (1941) pada kuburan yang dianggap Gereja Roma Katolik sebagai makam Petrus tidak ditemukan tulang-tulang Petrus, [Katolisita.org bilang:] ‘tetapi hanya di dapat tulang wanita tua, dua pria usia baya dan tulang-tulang hewan?’ Besar kemungkinan kuburan itu adalah kuburan Nero dan Ibunya (yang ia bunuh, Nero juga membunuh isterinya). Koran Telegraph menulis tulang-tulang ini ditemukan pada penggalian kedua.

5.    Mengapa baru pada penggalian kedua (1950); dipimpin oleh 5 arkilogiest Vatikan, Monsignor Ludwig Kaas sebagai pimpinan utamanya), dilokasi yang sama, dikabarkan bahwa adanya tembok berplester merah berbahasa Latin ”Petrus roga Christus Iesus pro sanctis hominibus Chrestianis ad corpus tuum sepultis. (“Peter, pray Christ Jesus for the holy Christian men buried near your body”)? Prof. Margherita Guarducci penemunya. Tidak masalah kita lanjutkan analisa kita.

Pada tahun yang sama, 1950, Antonio Ferrua (1900-2002) menemukan potongan plaster tembok merah bertulisan Yunani ”Petros eni” (Petrus ada di sini) di dalam kotak repository tulang yang berukuran safe-deposit, namun tidak didapati tulang-tulang. Melalui tulisan ini Paus Pius XII (1939-58) perlu mengumumkan secara resmi (di pesan Natal 1950) bahwa ”Ya. Kubur Sang pemimpin para Rasul telah ditemukan,” dikutip oleh Paus Paulus VI.

1953, seorang pekerja penyimpanan tulang gereja menemukan setumpukan tulang di Vatikan, yang kemudian diindentifikasikan oleh arkiologist Vatikan sebagai tulang-tulang Petrus. Sekali lagi tidak ada saksi ahli Arkiology di luar gereja Roma. Kembali kita bertanya,

6.    Mengapa penemuan tulang yang diklaim Gereja Katolik sebagai tulang Petrus ini baru terjadi setelah kematian Monsignor Kaas (pemimpin utama penggalian)?

7.    Jika tulang-tulang ini dipindahkan dari repository tulang atas perintah Mosignor Kaas, seperti cerita gereja Katolik tersebut; bukankah repository tersebut sewaktu ditemukan oleh Antonio Ferrua tidak ada tulangnya? Atau,  Mr. Kaas menemukan repository lainnya? Bagaimana pun bukankah lima orang ini team inti, mengapa penemuan dan pemindahan ’tulang Petrus’ tidak diketahui oleh 4 orang lainnya? Ini sungguh mystery. Kita lanjut kepada analisa berikutnya.

Juni 26 1968, Paus Paulus VI (1963-78) memberi pengumuman resmi bahwa tulang-tulang Petrus telah ditemukan. Satu hari kemudian, dengan upacara khusus tulang-tulang tersebut segera disimpan ke repository.

8.    Mengapa pada pengumuman Paulus VI bersejarah tersebut, ia perlu mengutip pernyataan Paus Pius XII di atas: Pertanyaan kedua yang bergantung pada yang pertama adalah tentang relikwi Rasul Petrus: apakah relikwi/ tulang- tulangnya ditemukan?” Paus Pius XII tidak dapat memberikan jawaban yang pasti dalam hal ini.” (dikutip dari Katolista.org). (Garis bawah ditambahkan)

9.    Jika Antonio Ferrua sendiri, sebagai seketaris resmi komisi untuk arkiology barang-barang suci Gereja Roma Katolik tidak yakin bahwa tulang tersebut adalah tulang Petrus, mengapa Paus yang tidak mengerti arkiology begitu sangat yakin? Ketidak yakinan Antonio Ferrua diceritakannya pada surat kabar Katolik L’Avvenire berbahasa Italia.

10.  Mengapa Ferrua membaca Petros eni (Petrus ada di sini) sementara yang lain membaca tulisan yang sama sebagai Petros endei (Petrus tidak di sini)? Pertayaan yang lebih penting mungkin ini:

11.  Mengapa Paus Paulus VI baru mengumumkan penemuan tersebut di tahun 1968, bukankah relik tersebut ditemukan di Vatikan tahun 1953, 15 tahun sebelumnya?

12.  Mengapa relik yang diklaim sebagai ”relik Petrus” tersebut cepat-cepat disembunyikan, atau mengapa tidak mengundang ahli arkiologist international untuk membuktikannya, atau sedikitnya melihatnya, seperti yang umum dilakukan dalam dunia arkilogy?

13.  Mengapa Paus Yohanes XXII (1958-63) pemegang kekuasaan Vatikan sebelum Paus Paulus VI berdiam diri tentang tulang Petrus?

Pertanyaan-pertanyaan pada bagian B ini telah dijawab dengan baik oleh Mr. F. Paul Peterson dalam bukunya: Recenly Discovered In Jerusalem (ringkasan bahasa Indonesianya,  “Kuburan Rasul Petrus telah ditemukan!” Penyelidikan lapanganya bersumber dari buku berbahasa Italia yang ditulis oleh dua imam Roma Katolik ordo Franciscan “Gli Scavi del Dominus Flevit”  terbitan 1958, Yerusalem.

Pada buku ini kita akan menemukan:

  • Kapan kotak penyimpanan tulang  (ossuary/ repository) Petrus berbahasa Aram ditemukan di Yerusalem.
  • Apa respond Paus Pius XXII setelah ia diberitahukan secara pribadi oleh Mr. Bagatti bahwa tulang
  • Penyebab re-klaim kepanikan Paus Paulus VI di atas?

Publikasi buku Mr. Peterson ke dunia internasional (bahasa Inggris); cetakan pertama tahun 1960, jika ini adalah benar sumber kepanikan Paus Pius XXII mengenai klaim kuburan dan tulang rasul Petrus, maka ini berarti pukulan kedua atas Gereja Roma Katolik setelah Alkitab Latin diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh John Wycliffe di tahun 1380. Baca kisah perterjemahan John Wycliffe ini di Sejarah Singkat Alkitab dan isinya.

Sebab pendurhakaan  atau rebellion (pemberontakan) adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan (keras tengkuk) adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman YAHWEH, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja.” (1 Samuel 15:23,)

Oleh karena itu Aku akan menghukum kamu masing-masing menurut tindakannya, hai kaum Israel   [ganti dengan Katolik] demikianlah firman Adonai YAHWEH. Bertobatlah dan berpalinglah dari segala durhakamu (pemberontakkanmu), supaya itu jangan bagimu menjadi batu sandungan, yang menjatuhkan kamu ke dalam kesalahan. (Yehezkiel 18:30)

Referensi: 

Bacaan berkait:

 Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

24 Tanggapan

  1. Busyet… ngomongnya pake landasan alkitabiah… kalo gak dikanonisasi GK, gimana bisa jadi Alkitab… Mana bisa Antikristus membuat kitab suci bagi yang mengikut Kristus… HOAX

    • Salam sejahtera Alvin.
      Jika Anda menyelidiki sejarah Gereja Kristen dari sejak kematian Yeshua -> Constantine menjadikan Kristianiti menjadi agama resmi Romawi -> lahirnya ke Pausan Gereja Katolik -> lahirnya Gereja Reformasi -> lahirnya Jesuit (apologists of Catholicism) -> lahirnya Gereja Pentakosta, maka kamu akan bisa melihat dengan jelas dimanakah posisi Gereja Roma Katolik terhadap apa yang kamu klaim sebagai Alkitab “dikanonisasi GK.”
      GRK tidak perduli dengan Firman Elohim (Alkitab), ia (gereja ini) lebih cinta tradisi dan doktrin manusia. Ini adalah fakta yang menyakitkan bagi para jemaat Katolik yang mengasihi Yeshua.

      Kanonisasi Alkitab:
      Perjanjian Lama bahasa Ibrani telah tersusun jauh sebelum kerajaan Yunani masuk Israel.
      Perjanjian Lama bahasa Yunani (Septuagin) telah ada seblum Kerajaan Romawi lahir
      Gereja Timur telah memakai salinan-salinan manuskrip (“Perjanjian Baru) sebelum Romawi “mengkanonisasi Alkitab” (tepatnya menyusun ulang) khususnya isi Perjanjian Baru.
      Fakta yang perlu diingat: Sekalipun Constantin tidak mengundang para pakar Alkitab dari bangsa Israel (dariman para Rasul berasal) ketika “kanonisasi” itu terjadi, bagaimanapun 80-90% orang yang hadir dalam projek tersebut adalah orang-orang Timur yang berbahasa Yunani, bukan Latin.

      Jika Anda pelajari sejarah Romawi, banyak sejarawan sekuler pun berkesimpulan bahwa orang Romawi lebih mementingkan otot dari pada otak, sehingga sekalipun Kerajaan Yunani telah tumbang di sebelum Yeshua lahir, filosofi dan bahasa pendidikan dan perdagangan di negara-negara sekitar Laut Mediterian tetap “gaya hidup” Yunani.
      Klaim-klaim GRK sebagai pembela ajaran Yeshua dan pembela Alkitab adalah lulucon yang tidak lucu, orang Kristen Eropa telah tahu hal tersebut, itu lah sebabnya Reformasi bangkit, bahkan jauh sebelum Dr. Martin Luther (ex-imam Katolik) lahir.
      Makna dari Gereja Roma adalah Gereja “Katolik” adalah satu dari sekian bukti HOAX dari GRK. Katolik (Latin) berarti Universal / Common, titel ini adalah milik dari Gereja negara-negara Timur (Gereja Mula-mula) GT / GMM ini memakai manuskrip yang “telah umum diterima” dikenal sebagai “Receptus Taxt” atau “Majority Text” – jadi doktrin dari Gereja Timur tersebut adalah doktrin yang umum dan diterima oleh semua Gereja di negara-negara Timur. Sebaliknya,
      Doktrin dari GRK adalah prodak lokal Roma (Itali, Perancis, Jerman). Bahkan Paus berkotbah HARUS memakai bahasa Latin tetap berlaku sampai abad 20 AD.
      Anda tahu sekarang siapa yang HOAX :)
      Tuduhan yang bertentangan dengan bukti sejarah adalah a BIG HOAX.
      Arti dari Anti-Kristus adalah “Berpura-pura (hoax) seperti Kristus”
      Semoga Anda tercerahkan dan diberkati. Salam, Anggur Baru

  2. salam damai… saya penganut katolik namun say tdk melihat artikel anda sebagai sesuatu yang membuat saya goyah,kecewa atau apapun itu, krn yg saya pahami dari ajaran agama saya adalah bahwa kita harus mengasihi tidak peduli dengan dan dalam keadaan apapun juga bahkan dihina, dan dicaci maki toh… Yesus yang adalah putra Allah sudah dahulu melalui hal itu… sehingga kita tidak perlu membuang waktu yang diberikan Tuhan untuk mencari tau kebenaran ajaran dari suatu agama..krn kalaupun kita menemukannya dan menjadi penganut agama yang kita anggap benar… apakah perbuatan kita sudah benar dihadapan Allah sebagai sang pencipta???? karna sesungguhnya ajaran yang ada dalam alkitab pun juga ada dalam alqur’an sehingga itu cukup membuktikan bahwa semua agama itu pada dasarnya sama krn ajarannya berasal dari empunya yaitu Allah sendiri.alangkah lebih bijaksanya apabila kita bisa sama-sama bergandengn tngn untuk saling mengasihi tanpa batasan waktu , ruang dan kepada siapa… sehingga waktu yang tersisa dapat membuat kita sebagai anak-anak terang pembawa damai sejahtera bagi orang lain demi kemuliaan nama Allah. dan satu hal yang hrs selalu kita ingat bahwa IBLIS ada setiap saat dan bekerja begitu giat untuk membinasakan anak-anak Allah.Amin.

  3. Dear Sdr. Anggur Baru,

    Terima kasih atas artikel di atas, Saya seorang katolik dan sangat bangga dengan gereja katolik include ajaran gereja katolik. kalaupun semua isi artikel anda benar, biarlah hal tersebut menjadi pengetahuan bagi saya. Dalam menjalani kehidupan katolik, saya tidak pernah sedikitpun merasakan bahwa Gereja katolik mengajarkan “Kristus Yang Palsu” kepada saya. Dan dari pernyataan anda ” Saya sadari, memang fakta ini sangat menyakitkan banyak orang Katolik, namun saya memilih memberitakannya sebab saya mengasihi orang-orang Katolik sebab saya tahu dan yakin bahwa Yeshua ingin mereka juga diselamatkan dan masuk ke dalam Kerajaan-Nya”. 1. sedikitpun saya tidak tersakiti dengan fakta tersebut. 2. terima kasih sudah mengasihi kami orang Katolik.
    3. pelajaran dari Gereja Katolik telah membentuk dan menguatkan Iman saya bahwa dengan kebaikan dan iman kita terhadap Yesus Kristus Kita pasti diselamatkan.
    Bahkan saya percaya bahwa yang bukan Katolik pun pasti diselamatkan jika yang diperbuat adalah kebaikan. Bagi saya keselamatan dari Allah itu kembali kepada diri kita dan Iman Kita masing-masing, bukan dengan mempublikasikan artikel seperti di atas. Terima Kasih, Tuhan Yesus Memberkati..

  4. iman dgn biji sesawi sj bisa mendapat selamat, utk itu pcy Yesus kuncinya.. Bukannya org nasrani akan berkumpul bersama kelak disurga ?? sebab perbedaan diciptakan utk tdk dipersamakan..ibadat yg dilakukan berbeda, namun pny akidah yg sama. sy lahir dri klg arab, lahir sbg muslim, skrng sy katolik kristen. Sy yakin Yesus menyertai mereka yg pcy.
    Cth saja : seorang tentara sdg berperang di gurun.. dia tdk membawa kitab suci serta gereja utk meminta perlindungan..atau dia tdk membawa gitar / alat music utk kebaktian..apa yg dilakukan org itu ?? tentu hanya menggenggamkan tangannya yg kemudian menyuarakan doa kpd Tuhannya. thx

    • Salam sejahtera sdr N.alkautsaar.
      Anda benar bahwa kuncinya adalah percaya Yeshua/ Yesus untuk mendapat keselamatan kekal. Itu adalah langkah pertama dan arah jalan yang tepat!
      Yeshua merindukan umat-Nya bertumbuh dewasa, Ia berkata kepada para orang yang percaya kepadanya:
      Untuk mengikuti Dia (Yohanes 10:1-18; ayat 4).
      Memegang dan melalukan perintah-Nya (Yohanes 14:21 dan 1 Yohanes 5:2).
      Saya menganjurkan untuk saudara mulai membaca Alkitab; mulailah dengan Injil Yohanes. Keempat kitab Injil adalah sangat baik dibaca untuk memulai pendalaman Firman Elohim bagi para pemula seperti Anda.
      Anda benar bahwa alat musik bukanlah hal penting di dalam beribadah. Namun “mengenal kehendak dan perintah-Nya” adalah sangat penting,Dia adalah raja dan tuan atas hidup kita. Yeshua memberkati Anda. dan terima kasih untuk komentarnya.

  5. haahahaha…biarkan orang buta menuntun orang buta…

  6. Bukan hanya GKR yg mengklaim bahwa petrus adalah pendiri tahta apolistik di roma tapi 4 gereja awal juga mengklaim hal yg sama

  7. Gereja yang sesungguhnya adalah yang berasal dari Yesus sendiri, bukan berasal dari perpecahan keyakinan, sebab apa yg telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan (pecahkan), Gereja yang berasal dari perundingan sesama manusia, bukan lah lgi berasal dari Yesus. sehingga dapat dikatakan GRK lah gereja yg Yesus kehendaki, fakta juga membuktikan bahwa GRK adalah gereja paling awal/tertua, sehingga dapat disimpulkan GRK gereja yg ada pertama kali memiliki umat/jemaat.
    […]
    Ohh, iya klo boleh saya ingin bertanya, berkaitan dengan hal umat (gereja) :
    1. Mengapa Kristen terdiri dari banyak gereja dan aliran ? meskipun trkadang ada yg sma dan ada yg beda juga, padahal Yesus dalam Injil tidak pernah mengajarkan tentang perpecahan
    2. saya tidak mau membahas tentng prnikahan ataupun selibat, tetapi atas dasar apa pendeta bisa menikah ? pdahal klian menganggap beliau sebagai penerus Yesus di dunia, tetapi Yesus sendiri malah tidak menikah, Santo Petrus memiliki istri namun dia meninggalkan semua ny untuk Allah
    3. anda smpat mengatakn bahwa ada ajran Santo Petrus yg bertentngan dengan ajrn GRK ? bisa tlong beri cntoh..

    sya kira cukup, trima kasih

    • Salam sejahtera Fx Saer.
      Fakta yang benar tentang Gereja/Jemaat paling awal atau tertua bisa dibaca di ALKITAB, baca kitab Kisah Para Rasul pasal 1 sampai 4.
      GRK itu diawali oleh Kaisar Constantin, hampir 300 tahun kemudian setelah Gereja Kristen (artinya Pengikut ajaran Yeshua ha Mashiah atau Kristus tersebab ke negara-negara Mediteranian, contoh Yordania, oleh para rasul khususnya oleh rasul Paulus dan Barnabas.
      Anda harus mengalaskan referensi pada Kitab Suci dan bukan pada tradisi agama GRK.

      Menjawab pertanyaan Anda:
      1. Adonai Yeshua ha Mashiah tidak mendirikan Gereja-Nya hanya pada sebuah “institusi.” Ia memiliki 12 rasul dan dari pelayanan Paulus saja di Asia Minor (Turki Barat) ada 7 Gereja/ Jemaat baca kitab Wahyu pasal 2 dan 3.
      2. Dimana ayatnya di Alkitab Adonai Yeshua melarang para hamba-Nya tidak boleh menikah???? Rasul Petrus memiliki istri dan tetap bersama istri (perceraian dilarang di Alkitab). Rasul Paul memilih tidak beristri namun ia menasehati untuk mereka yang tidak mampu menguasai keperluan sex mereka lebih baik menikah daripada “hangus” seperti pastor-pastor dan uskup-uskup Katolik – yang sekarang memalukan nama Yeshua.
      3. contoh pertentangan antara ajaran Petrus dengan GRK bisa baca di sini:
      Hubungan Rasul Petrus Dengan Roma Katolik
      Terima kasih kembali dan Yeshua memberkati Anda.

  8. Yaelah, pusing banget sih mikirin nya. Jalani aja kenapa sih. Hidup itu boleh sekali2 melakukan hal ekstrim, tapi ini nama nya cari gara gara. Sulit cenderung gak bisa kalau keinginanmu itu dipaksain jadi satu paham meski pny “referensi nya”. Kalau anda mau debat soal sejarah bakal panjang. Dan lucunya orang jawab pertanyaan anda tapi anda tidak setuju karena tidak sepaham dengan anda dan tidak sesuai dengan referensi yang anda baca. maaf ya, saya cuma mau komentari anda aja, bkn artikelnya.

    • Salam sejahera Andriana. Tidak perlu meminta maaf, Anda boleh berkomentar di blog ini dengan bebas – namun haruslah bertanggung jawab ;)
      Apakah Anda bisa menolong saya meneguhkan klaim Wesla ini? “1.Petrus berangkat ke Roma membawa istri. (ada di injil).” dimana itu ayatnya di Injil?

  9. Yesus tidak pernah menulis kitab suci tetapi Yesus hanya mendirikan Gereja diatas batu karang dan memberi wewenang kepada Petrus utk memegang kunci kerajaan surga dan menugaskan petrus sebagai gembala krn pada saat Yesus akan naik ke sorga Yesus menitipkan dombanya kepada petrus utk digembalakan… Krn kristus sendiri menyatakan bahwa Alam maut tidak akan menguasai Gereja dan Ia menyertai gerejanya sampai kepada akhir zaman…… Jadi tidak masuk akal gereja yang didirikan oleh Kristus dituduh sebagai anti Kristus….. Krn Yesus adalah Tuhan yang tidak ingkar atas janjinya sendiri….. Orang-orang yang membenci gereja katolik anggpa saja sebagau antek-antek iblis yang ingin menghancurkan Gereja yang didirikan kristus sendri yang menjadi kerajaan Allah di dunia…. Penyesatann tetap ada terhadap gereja yang didirikan dan dibentuk oleh Kristus tetapi kristus tekah berjanji bahwa alam maut tidak akan mengusai Gerejanya……

    • Salam sejahtera Sdr. Vanilio Dominio. GEREJA yang Yeshua (Yesus, bila Anda suka) maksudkan pada Matius 16:18 adalah Jemaat (Ekklesia – bahasa Yunaninya; terkadang diterjemahkan sebagai Gereja) yang dibangun atas pengajaran Yeshua sendiri sebagai batu-batu sudutnya (corner stones) dan kemudian pengajaran nabi-nabi (Perjanjian Lama) dan rasul-rasul (Perjanjian Baru). Gereja Roma Katolik hanyanya memanfaatkan nama rasul Petrus, namun menolak ajaran dan teladan rasul Paulus adalah jelas jika Anda memperbandingkan doktrin dan tradisi Katolik dengan isi Alkitab.
      Gereja yang Am itu hanya satu, yakni Gereja / Jemaat yang “di BANGUN oleh YESHUA dan DIKEPALAI oleh YESHUA – I will build MY church” (Matt 16:18), BUKAN Gereja Roma Katolik yang di bangun dan dikepalai oleh Paus.
      Saya sadari, memang fakta ini sangat menyakitkan banyak orang Katolik, namun saya memilih memberitakannya sebab saya mengasihi orang-orang Katolik sebab saya tahu dan yakin bahwa Yeshua ingin mereka juga diselamatkan dan masuk ke dalam Kerajaan-Nya. Terima kasih untuk sudi mampir dan memberi komentar. Elohim yang hidup memberkati Anda.

  10. Rasul Petrus juga mati disalibkan seperti Yesus krn dalam injil Yohanes menceritakan bagaimana Rasul Petrus akan mati…

    Sebelum Yesus naik ke surga Yesus menitipkan domba-dombanya kepada Petrus utk di gembalakan dan setelah itu Yesus berkata kepada Petrus IKUTLAH AKU.. sehingga rasul Petrus mati disalibkan mengikuti Yesus namun Petrus disalibkan terbalik…

    • Salam sejahtera Vanilio.
      Apa hubungannya komentar Anda dengan isi artikel?
      Perkataan Yeshua kepada Petrus “Ikutlah Aku” tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Gereja Roma Katolik.
      Itu dikatakan-Nya sehubungan dengan 3xpenyangkalan Petrus atas Tuannya. Kesepuluh rasul telah mengikuti Yeshua, dan Petrus perlu dipulihkan dan dikembalikan pada treknya. Saya menganjurkan untuk Anda membaca Alkitab.
      Gereja Roma Katolik adalah anti-Kristus; anti disini berarti “penyamar” dengan kata lain “palsu.” “Vicarus Kristos” yang palsu.

  11. dari mana di uji mayat di sebuah kuburan adalah mayat si a atau si b sedang pembandingnya,yakni saudara saudara st petrus sdh tdk ada.
    hnya dgn tulisan batu nisan?ahh mimpi

  12. hahaha anda salah membuat alat ukur pakai cerita palsu lagi.catatan hukuman mati dengan salib terbalik itu terjadi di Roma.hal ini tdk hanya dicatat oleh injil dan Bapa Bapa gereja tetapi juga dicatat dlm caratan sejarawan sejarawan romawi.
    Bagaimana orang dihukum di Roma. mayatnya dibawa ke Yerusalem?berapa waktu perjalanan dibutuhkan?siapa yg membawa?jelas orang kristen waktu itu gak punya dana.Kalau pun ada yg punya dana ya pasti pemerintah romawi sendiri.masuk akal tdk mendanai pengiriman mayat terpidana mati sebesar itu hnya untuk menguburkan di Yerusalem?
    hal terpenting dlm pembuktian “apakah Petrus pendiri gereja katolik?” sederhana dan gak ada efeknya dengan posisi kuburan.
    1.Petrus berangkat ke Roma membawa istri. (ada di injil)
    2.petrus ditangkap di Roma.
    3.Petrus dihukum mati oleh kaisar Nero di Roma.
    hal ini sdh membuktikan bhwa smp akir hayatnya Petrus di Roma! yg bisa dipastikan memimpin jemaat di Roma.

    • Salam sejahtera Weslah.
      Anda berpegang pada tradisi Gereja Roma Katolik (Kekristenan dijadikan agama resmi Kerajaan Romawi itu hampir 300 tahun setelah Yeshua terangkat ke Sorga, dan GRK yang kita tahu sekarang ini belumlah terlahir; ingat itu!!), dan saya berpegang kepada isi Alkitab dan sejarah Gereja Kristen.

      ANGGAPLAH Rasul Petrus pendiri dan pemimpin Jemaat di Roma (Gereja Katolik), untuk Anda senang, sekarang tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan berikut:
      Mengapa ajaran Rasul Petrus – seperti yang tertulis di Alkitab -, tidak diikuti oleh Gereja Roma Katolik, bahkan berlawanan sama sekali?
      Mengapa para pemimpin Gereja Roma Katolik tidak mengikuti teladan Rasul Petrus; memiliki isteri, dan berkeluarga?
      Rasul Petrus terpanggil untuk dan mengasihi orang Yahudi, jika ia pendiri dan pemimpin Jemaat (Gereja) Roma – seperti Anda yakini – mengapa Gereja Roma membenci bangsa Israel (orang Yahudi) sepanjang sejarah bahkan sampai Nazi Hitler? Bukankah itu berarti Gereja Roma telah sangat jauh menyeleweng ajaran Rasul Petrus?
      Anda bisa jelaskan kontradiksi2 di atas antara tradisi yang Anda percayai dengan catatan Alkitab dan fakta sejarah ini?
      Terima kasih.

      • haha baca sejarah yg jelas. ada berapa gereja yg didirikan para Rasul?
        Konstantin jadi kaisar tahun berapa?
        Konstantin kaisar Romawi Timur Bizantium
        Bangkitnya gereja Roma karena runtuhnya Romawi Barat.

        Paulus adalah Rasul selibat ( tdk menikah)Konsili kartago yg membuat aturan Klerus.
        Apa boleh orang menikah jadi Imam?

        tanya ke gereja ortodox atau katolik.
        jawabannya “Boleh” tapi bila ia ditahviskan menjabatlajang dia harus lajang.
        Imam menikah penugasannya ubt cadangan. dia tdk bol

      • Salam sejahtera sdr. Bolang.
        Maaf saya kurang mengerti sasaran dari pernyataan Anda yang berbentuk pertanyaan2 di atas.
        Sejarah manah yang salah dalam artikel ini? dan jelaskan ada berapa gereja yang didirikan para Rasul – menurut sejarah tradisi Katolik atau Alkitab? tolong jelaskan, dan beri referensi.
        Apakah Anda ingin berkata bahwa Konstantin tidak ada hubunganannya dengan Gereja Roma Katolik (GRK)?
        Jadi menurut anda GRK mengijinkan imam/pendetanya menikah, begitukah?
        Terima kasih untuk komentar Anda.

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!