MAMON dan NATAL


Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang… (2Ti 3:1-2)senter-klas-dan-mamon

Bukankah uang adalah benda mati?, bagaimana bisa ia jadi tuan/ boss bagi manusia? Anda benar sekali, uang adalah benda mati, dia tidak bisa jalan sendiri, sebab itu mereka ada di dompet kita. Kita sadari atau tidak, benda mati ini mempunyai pengaruh yang sangat besar di dalam kehidupan manusia,

  • dari kebutuhan pokok sampai kepuasan manusia,
  • uang diperlukan;
  • sebagai pembayar kerja sampai naik jabatan,
  • uang main peranan;
  • manusia bisa membunuh,
  • menjual negaranya bahkan hidup kekalnya (Wah 13:17; 14:8-11) hanya karena daya tarik uang.

Karenanya orang dunia berkata, ”Uang dapat berbicara!” , ”Uang dapat membeli apa saja!” Dan Yahshua menamai ’mahluk’ uang ini Mamon.

Mamon dikatagorikan oleh Yahshua sebagai saingan YAHWEH yang harus diperhitungkan bagi manusia Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Elohim dan kepada Mamon.” Luk 16:13

Jika Anda pergi kekota-kota kecil di negara-negara Barat, toko-toko dan supermarket tutup pada ahir minggu (Saptu dan Minggu). Semakin kota-kota bertumbuh menjadi besar, dan turis bertambah banyak, maka hari Saptu akan menjadi hari kerja dan di kemudian hari Minggu pun akan menjadi hari Kerja. Faktor perubahan ini bukanlah karena populasi yang bertambah tapi karena daya tarik uang (pemasukan kas negara dari turis dan penduduk setempaat (tax makanan dan barang).

Seorang teman saya, aktivis Navigator, memberi tebakan, “Bisnis apa yang paling baik di ahir jaman ini?” “Bisnis restoran!,”Yahshua berkata bahwa di akhir jaman orang akan senang pesta, makan dan minum (Mat 24:37-39). katanya, Apa alasannya,Ia tersenyum lebar. ”Bisnis hiburan juga pasti laku keras tentunya,” saya menimpali. Kamu tahu mengapa? giliran saya bertanya kepadanya dan memberi alasan, Rasul Paulus berkata bahwa di akhir jaman orang tidak dapat menerima ajaran sehat dan benar, orang akan mencari guru-guru yang bisa memuaskan keinginan telinganya dan orang suka akan certa dongeng sebagai ganti kebenaran (2Tim 4:3-4). Lalu kami berdua tertawa.

Mamon dengan segala bisnisnya sungguh besar kuasanya, mungkin Anda masih ingat peristiwa ’perang’ Rusia dengan Giorgia beberapa bulan lalu. Para pemimpin EU dan USA pada mulanya marah atas agresi Beruang Merah ini (study lapangan dari team yang mereka kirim membuktikan agresi itu), namun karena German, Finlandia dan beberapa negara-negara EU lainnya bergantung dari sumber minyak dan jalinan bisnis Rusia, EU tidak memberi sangsi apapun kepada Beruang Merah ini – dan tentunya USA nurut (Wah 13.11-17). Namun ketika Serbia menyerang Kosovo (bagian dari Serbia; Serbia bagian dari Yogoslavia), apa yang terjadi? USA memberi hukuman berat kepada Serbia dan EU membawa presiden dan jendral perang Serbia kepengadilan PBB. Mamon bisa membuat seorang manusia menjadi binatang bunglon!

Catatan: Yugoslavia adalah benteng pertahanan terakhir Gereja Timur /Kristen Orthodox / Yunani, itu sebabnya Yogoslavia dipecah-pecah. Binatang yang terluka bangkit kembali, Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: “Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?” (Wah 13:4). Raja Yahshua Ha Mashiah akan mengalahkan binatang ini dan nabi-nabi palsunya! (Wah 19:19-21)

Mamon dapat membuat kebenaran dan keadilan menjadi relatif – ya, itulah perbendaharan kata baru di dalam New World ORDER: “political correct policy.” Kata “Order” pada prakteknya bermakna “Control atau Dictate” pemimpinnya ialah Dictator.

Oleh karena kekuatan Mamonlah banyak pemimpin-pemimpin Kristen tetap merayakan Natal sekalipun mereka tahu bahwa firman Elohim tidak pernah memerintahkan merayakan kelahiran Yahshua, apalagi dihubungkan dengan tanggal 25 Desember. Tanggal 25 Desember adalah ibadah pagan / penyembahan berhala.

Berhentilah sebentar dan bertanya kepada Roh Kudus

  • mengapa gereja-gereja merayakan Natal pada tanggal 25 Desember?
  • dan tanyakan juga kepada-Nya, mengapa pemimpin Kristen tidak mengajari anggota-anggota gereja untuk mematuhi perintah hukum Sabat yang diperintahkan oleh Raja dan Tuan mereka?

Tahukan Anda ada berapa banyak kata Sabat dan kata Natal / Christmas di Alkitab? Untuk kata Sabat sedikitnya ada 140 kata dan nol besar untuk kata Natal!!!

Mamon telah menguasai gereja-gereja, entah itu Anda sadari (tepatnya: akui) atau tidak!, Nubuantan Paulus di dalam 2Tim 3:1-2 tergenapi. Malaikat Surgawi memberi penglihatan kepada rasul Yohanes di penjara Patmos, ”Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya. Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci, karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya.” (Wah 18:2-3)

Pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya? berapakah besar bisnis Natal ini, sehingga mereka jadi kaya?

  • Spanyol, tahun ini diharapkan membelanjakan 910 € per keluarga untuk perayaan Natal, turun 43% dari tahun sebelumnya,
  • Irlandia (Ireland) dan Inggris tahun ini diperkirakan 1354 € per keluarga dan 803 € untuk Inggirs. Termasuk hadiah, makanan dan sosial.
  • Dan USA tahun kemarin 866 USD dan sekarang diperkirakan 616 USD (karena resesi ekonomi).

Anda bisa bayangkan betapa besarnya perputaran uang untuk bisnis Natal di seluruh dunia. Mitra-Mithras-Deus Sol Invictus

Hampir setiap orang Kristen tahu bahwa Roma Katoliklah yang membuat perayaan Natal dan merubah tanggal 25 Desember dari perayaan berhala Europa untuk Sol Invictus atau Mithra menjadi perayaan Natal. Dan sedihnya ialah banyak gereja-gereja Protestan mengikuti tradisi Katolik ini dan tentu banyak tradisi dan doktrin Roma Katolik lainnya yang dipakai oleh gereja-gereja diluar Roma Katolik,

Apa kata Firman YAHWEH tentang hubungan gereja Roma Katolik dengan gereja-gereja yang mengikuti tradisi dan doktrinya?

Mari kita lihat wahyu yang rasul Yohanes dapat dalam suatu penglihatan, mundur satu pasal dari Wahyu pasal 18 di atas, berbunyi:

“Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: “Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya. Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya.” Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun. Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas seekor binatang yang merah ungu, yang penuh tertulis dengan nama-nama hujat. Binatang itu mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk. Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya. Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: “Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.” (Rev 17:1-5 ). Babel besar mempunyai dua jenis anak: wanita-wanita pelacur dan kekejian bumi.

Komentar dari berbagai ahli Alkitab dan tokoh-tokoh Kristen berkata bahwa wanita yang duduk di atas binatang ini adalah gereja Roma Katolik. Kitab Wahyu ini menamai gereja ini sebagai ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.

Jadi siapakah anak-anak perempuan dari ibu ini? Sudah pasti gereja-gereja pecahan/ yang keluar dari Roma Katolik namun tetap mengikuti tradisi-tradisi pagannya dan yang masih tetap di bawah naungannya.

Kata pelacur dan cabul adalah gambaran YAHWEH tentang umat-Nya / gereja-Nya yang memperaktekan penyembahan-penyembahan berhala / ritual pagan (1 Taw 5:25; Yer 3:9; Yeh 20:30; 16:32; Hos 4). Karena ini Yahweh Yahsua Ha Mashiah memperingatkan umat-Nya: Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: “Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya. Sebab dosa-dosanya telah bertimbun-timbun sampai ke langit, dan Elohim telah mengingat segala kejahatannya. (Wah 18:4-5)

Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Elohim dan kepada Mamon.” (Mat 6:24)

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. (Mat 6:22-23)

Jika Anda adalah pengikut Yahshua, nasehat penting rasul Paulus ini perlu Anda camkan, Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Elohim: apa yang baik, yang berkenan kepada Elohim dan yang sempurna. (Rom 12:2).

Lebih dari baik adalah berkenan, lebih dari berkenan adalah sempurna! Jadi jika kita hidup tidak seperti cara-cara dunia yang jahat ini – yang telah dikuasai oleh roh Mamon – maka kita pada akhirnya akan mengerti kehendak Elohim yang sempurna atas diri kita!

Mulailah dengan hati dan akal budi kita, maka kebiasaan kita yang tidak menyenangkan TUAN dan RAJA kita akan berganti menjadi kebiasaan yang menyukakan kehendak-Nya cepat atau lambat!

Bacaan bekait:

Perayaan Natal dan saya sebagai pengikut Yahshua

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

2 Tanggapan

  1. Yang sebenarnya apakah Natal itu perlu dirayakan??

    salam.

    • Salam sejahtera sdr. Thomas.
      Dalam kontek Alkitab, Natal 25 Desember adalah perayaan pagan (penyembahan berhala). Dalam kontek Sosial, Natal ini adalah perayaan sukacita orang Barat, mengalahkan rasa dingin dan gelap dengan memasang lampu-lampu dan lilin yang disertai pemberian hadiah untuk anak-anak.
      Jadi, sebagai orang Kristen saya dan keluarga tidak merayakan ‘kelahiran’ Yahshua yang disebut Natal tsb. Dan sebagai masyarakat yang baik, orang Kristen tidak salah mengucapkan “Selamat hari Natal” kepada orang-orang (non-Kristen) yang merayakannya.
      Bila diundang untuk datang kerumah teman untuk Natalpun tidak salah jika orang Kristen sekali-sekali menghadirinya, terlebih saat ini Natal sekuler tidak melibatkan upacara ritual. Pepatah berkata: “Ketika di Roma jadilah orang Roma, sejauh fisik dan hubungan sosial. Kristen tidak hidup di “bawah hukum” namun “dengan hukum”, artinya dalam pimpinan Roh Kudus kita selalu memeriksa hati kita dan perbuatan kita, jika Roh Kudus berkata “jangan terlibat, sebab itu akan menjadi batu sandungan buat orang tertentu” ja kita tidak ‘menyentuh’ Natal tersebut.

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: