Sejarah singkat Alkitab dan isinya


Sebab firman Eloohim hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. (Ibr 4:12)

Alkitab / Holy Bible adalah kumpulan kitab-kitab dan surat-surat yang ditulis oleh orang-orang yang ditentukan YAHWEH. Isi Alkitab ditulis berdasarkan inspirasi / tuntunan / pimpinan / pewahyuan Roh Kudus.

Isi Alkitab secara umum  

Alkitab adalah kitab dari YAHWEH tentang YAHWEH, Elohim Pencipta alam semesta – cerita rencana dan kasih-Nya untuk manusia. Dari kitab pertama sampai kitab terakhir pusat ceritanya ialah Yahshua Ha Mashiah, Elohim berbajukan daging manusia; kumpulan tulisan asal usul-Nya, kelahiran-nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya – bagaimana IA memulihkan seluruh ciptaan-Nya yang telah rusak kembali kepada rencana-Nya yang sempurna dan mulia.

  • Alkitab bukanlah buku atau kitab biasa, – itu sungguh berbeda sebab itu telah ditulis oleh banyak orang yang telah mendengar suara Elohim. Firman YAHWEH ini hidup seperti api kepada setiap generasi baru, segar seperti angin dan murni seperti hujan.
  • Alkitab bukanlah kitab sejarah; meskipun catatan-catatannya sudah diakui keakuratannya oleh para Archaeologist
  • Alkitab bukanlah kitab puisi; meskipun itu telah mengiinpirasi lagu-lagu dan puisi-puisi yan tidak terhitung banyaknya berabad-abad
  • Alkitab bukanlah kitab cerita perjalanan; meskipun novel-novel telah dilahirkan oleh nya
  • Alkitab bukanlah kitab etika dan moral; meskipun hukum-hukum yang adil dan masyarakat yang makmur telah dihasilkan dari prinsip-prinsip Alkitab
  • Alkitab bukanlah ’text book’, tetapi Alkitab tetap mempersona para ahli ilmu pengetahuan alam

Alkitab adalah kitab yang unik merekam masalah-masalah manusia dan jawaban dari Elohim sendiri; Kabar Baik Keselamatan dari dosa melalui Yahshua Ha Mashiah.

Alkitab tidak hanya up-to-date tapi juga selalu ahead of date.

Ketepatan isinya dan kata-katanya yang HIDUP membuka alasan yang sebenarnya; mengapa banyak orang takut untuk belajar Alkitab, sebab mereka takut bertemu dengan Pengarangnya dan mereka tahu mereka tidak siap untuk itu.

Alkitab hampir tidak berguna untuk orang-orang yang cinta atheism atau skepticism, itu bukanlah karena Alkitab kurang bukti-bukti, tetapi karena mereka sendiri yang kurang jujur, kurang bertanggung jawab dan kurang kemurnian moral di dalam menyelidiki firman-Nya.

Para penulis Alkitab menyatakan bahwa pesan-pesan mereka bukanlah buah pikiran manusia tetapi wahyu yang kudus, Alkitab tidak perlu mempertahankan klaimnya sebagai kitab yang diinpirasikan Elohim; tetapi menyatakannya. Ini beberapa contohnya

Pada Perjanjian Lama

  • Kitab Kejadian dibuka dengan kata-kata, ”Berfirmanlah Elohim…” 9 kali pada pasal pertama
  • Kitab Malekhi (kitab terakhir Perjanjian Lama) tertulis, ”…, firman YAHWEH…” 24 kali; 23 kali dalam KJV ”… saith the LORD…” ; The LORD spoke …”120 kali pada 5 kitab pertama Perjanjian Lama (KJV)

Pada Perjanjian Baru,

  • Pada keempat Injil akar kata ”genap”: ”genaplah ….firman / nas Alkitab / nubuat..” yang berhubungan dengan Alkitab Perjanjian Lama tertulis 40 kali
  • Kitab Wahyu, kitab nubuatan akhir jaman, kata perintah dari Yang Mahatinggi ”tuliskanlah” ada 11 kali. Sejak kitab ini ditulis (abad 1 AC) banyak peristiwa telah terjadi sesuai firman-Nya pada kitab Wahyu ini.

Keabsahan dan otoritas Alkitab Perjanjian Lama sebagai Firman Elohim sangatlah jelas, Yahshua Ha Mashiah sering kali mengutip mereka di dalam pelayanan-Nya: (Mat 5:17, Luk 24:27,44; Mat 24:15 dll.)

Sedikitnya ada terdapat 600 kutipan dan referensi Perjanjian Lama di dalam Perjanjian Baru.

Oleh karenanya rasul Paulus, rasul terakhir Perjanjian Baru, berani berkata, For I am not ashamed of the gospel of Christ: for it is the power of God unto salvation to every one that believeth; to the Jew first, and also to the Greek. For therein is the righteousness of God revealed from faith to faith: as it is written. The just shall live by faith. (KJV) atau

Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Elohim yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Elohim, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” (ITB, Rom 1:16-17) growthengbible

Catatan: Kata Christ / Kristus / Ha Mashiah pada ”the gospel of Christ” tidak terdapat pada NIV, dan terjemahan Ingris baru lainnya (1970 ke atas), RSV, LatinVulget (yang bersumber dari terjemahan Jerome dan pengaruh Roma Katolik), namun tertulis pada terjemahan lama: KJV, 1611 ; GNV (Geneva, 1560), YLT, Webster dan Lamsa (Aramik).

Kontradiksi-kontradiksi …

Sedikit orang yang mengkritik Alkitab sebenarnya tahu apa itu tertulis. Kebanyakan pengkritik belum pernah sungguh-sungguh baca Alkitab (tidak tahu ada berapa injil di Alktab, sebagian berpikir Injil sama dengan Alkitab, tidak tahu kronology isi Alkitab, tidak tahu bahwa cerita Alkitab dan Kuran untuk orang-orang yang sama mengandung cerita yang berbeda dll.)

Dosa dan keterbatasan pikiran manusia adalah kendala utama untuk mengerti pikiran dan firman YAHWEH. Tanpa pertolongan Roh-Nya, tidaklah heran bila profesor sekalipun tidak akan mengerti isi Alkitab. Fakta ialah semakin banyak ahli Hukum dan ahli scientific yang mengikuti Yahshua Ha Mashiah!

 

Tindakan-tindakan untuk memusnakan dan menghambat Alktab

Alkitab dari abad ke abad telah dicoba untuk dimusnakan, namun tetap hidup sampai sekarang. Penguasa-penguasa yang rakus telah berusaha menghentikan penterjemahan Alkitab. Tidak sedikit para perterjemah dibakar hidup-hidup, William Tyndall (abad 16) satu diantaranya. Ratusan juta orang telah terbunuh atau luka parah dari abad ke abad karena percaya dan memiliki Alkitab. Voltaire, filosofi Perancis abad 17 yang terkenal, berkata tentang Alkitab, ”Di dalam seratus tahun, kitab ini akan dilupakan.” Tepat seratus tahun kemudian setelah perkataan sombongnya ini, rumahnya digunakan sebagai kantor pusat Geneva Bible Society!

Yahshua berfirman, “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.” (Mat 24:35) john-wycliffe

 

John Wycliffe atau Wyclife, seorang professor Oxford, ia menyelesaikan terjemahan Alkitab Inggris (1380) diperbanyak melalui tulisan tangan rekan-rekannya. Ia menterjemahkan Alkitab Latin Vulgate, yang adalah satu-satunya sumber yang tersedia pada Wycliffe. Paus sangat marah sekali atas ajaran-ajaran dan terjemahan Alkitab Wycliffe kedalam bahasa Inggris. (Meskipun ) 44 tahun setelah kematian Wyclifffe, paus memerintahkan tulang-tulangnya untuk digali, dihancurkan dan diserakan kedalam sungai!

 

 

Raja Henry VIII, dari Inggris setelah ia membaca Alkitab buatan Tyndale (namanya tidak tertulis karena kondisi kekuasaan saat itu), ia menyadari bahwa Alkitab sebagai mesin yang terkuat untuk menghancurkan sistem kepausan, dan percaya bahwa terjemahan ini akan menolong dia membebaskan Inggris dari dominasi Roma. Ia memberi kuasa menjual dan membaca Alkitab di seluruh kerajaannya. (The Death of the Great Reformer of England …, William Tyndale.com)

Kesimpulan

Sederhananya, beginilah Alkitab tercipta dan bisa dimengerti isinya dan tetap ada sampai sekarang:

  • YAHWEH memanggil para nabi dan rasul untuk menuliskan perkataan-perkataan-Nya yang mereka terima: melalui telinga, penglihatan mata dan alam roh, mimpi dan cara lainnya. (Kel 3; Yez 1; Dan 7:1 ; Luk 1:3)
  • Elohim mengutus para hamba-Nya: nabi, rasul, penginjil, gembala dan guru untuk mengajari isi Alkitab (Mat 28:19-20; Ef 4:11)
  • Yahshua mengutus Roh Kudus, yakni Roh Elohim, untuk mengajari dan mengingatkan semua yang Ia telah ajarkan (Yoh 14:16-17; 16:13-15)

”Tuliskanlah semua itu, terjadilah seperti apa yang tertulis!”

[D]emikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. (Yes 55:11) AMIN!!!

Bacaan berkait:

 

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

 

10 Tanggapan

  1. Syalom saudara anggur baru ada yang saya mau tanyakan mengapa NAMA TUHAN kita umat KRISTUS yang ADALAH YAHWEH kenapa harus Dirobah-robah menjadi nama ilah/berhala lain ?

    Terus terang kita umat Kristen mesti BELAJAR dari umat hindu karena Nama Tuhan umat hindu sejak dari 5000 tahun lalu dalam kitab weda dan purana selalu konsisten ditulis sebagai Brahman (Tuhan Yang Mutlak Tanpa Batas Tak bisa dilihat tak bisa didengar tak bisa diraba namun meliputi seluruh alam semesta buana agung ciptaanNya) sekalipun diterjemAHkan ke dalam berbagai bahasa non india NAMUN NAMA TUHAN BRAHMAN TETAP KONSISTEN DITULIS SEBAGAI BRAHMAN DALAM TERJEMAHAN BAHASA DILUAR INDIA.

    Mengapa kita tidak mencoba mengembalikan NAMA TUHAN kita YAHWEH KE NAMA SEMULANYA YANG ADALAH YAHWEH ?

    Mengapa kita harus memanggil nama ilah/Berhala asing sebagai NAMA TUHAN kita ? Terimakasih YAHWEH Memberkati

    • Shalom Zaki Yamani,
      Itu pertanyaan yang bagus sekali dan patut dipikirkan oleh setiap orang beragama “mengapa” bisa demikian.
      Bukankan penulisan sebuah Nama seharusnya sama. Jika nama Setan / Satan yang adalah bapa dari segala kejahatan tetap sama kenapa hanya Nama Pencipta Alam semesta dan Putra-Nya,di-rubah-rubah bahkan di dalam Alkitab yang adalah Firman-Nya.
      Hal lainnya yang juga dirubah untuk menghilangkan arti yang sebenarnya adalah kata “Torah” (yang berarti: pengajaran, perintah dan hukum YAHWEH) di ganti menjadi “the law” dan “hukum Taurat” perubahan ini ditujukan oleh Setan dan rekan-rekannya untuk menimbulkan ketidak sukaan akan Perjanjian Lama dan sekaligus menggeser umat Israel dan budayanya dari Gereja Barat.

      Perubahan kata “YHWH” (YAHWEH) di Alkitab menjadi LORD terjadi pada penterjemahan pertama dari Ibrani ke Yunani. Dimana Alexander the great memerintahkan 70 orang Yahudi menterjemahkan Alkitab Perjanjian Lama yang kita kenal hasilnya sebagai “kitab Septuagint.” Itu terjadi di kota Alexandria di Mesir, kota yang ia dirikan dan memakai namanya.
      Alexandria dalam sejarah Gereja dikenal sebagai penganut Kristen-Hellenistik (ajaran Kristen yang bercampur pemikiran dan budaya Yunani). Kitab kodek Alexandrinus (berisi sebagian besar dari Septuagint) termasuk Vatikanus dan Sinaiticus juga berasal dari Mesir. Ketiganya adalah kitab abad ke empat dan kelima.
      Jika Anda suka membaca Alkitab dengan tulisan NAMA YAHWEH, silahkan download Alkitab ini Hebraic Roots Bible – congragation of YWHW Yerusalem http://www.coyhwh.com
      Terima kasih untuk komentar Anda.

  2. BERAPA jumlah BENDEL buku buku yang ada didalam BIBLE ?

    Jawaban tepat atas pertanyaan ini tergantung pada yang satu menganggap Alkitab.

    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)

    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku)
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)

    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)

    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia “Canon Sempit” memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia “Canon luas” termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)

    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)

    More than 50 versions ( defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations ) of the Bible world wide, Ada lebih dari 50 VERSI bible dalam bahasa inggris saja ( berbeda isi dan jumlah buku buku didalamnya ) dan diterjemahkan lebih dari 1000 macam bahasa serta dialek diseluruh dunia ( TERJEMAH )

    • Shalom sdr. Beton. Dari satu sisi: Alkitab nampaknya sama seperti Kuran, memiliki beberapa versi dan ada perbedaan antara versi-versi yang ada.
      Jika Anda cukup cermat maka jumlah bundel dan susunan antara Alkitab Yahudi dengan Alkitab yang orang Kristen miliki saat ini memiliki isi yang sama sekalipun metode penyusunannya berbeda.
      Anda mungkin bertanya, mengapa begitu banyak versi, 50 versi di dalam bahasa Inggrisnya? Jawabannya sederhana!, terbagi dalam dua motif.
      1. Membuat terjemahan dengan motif yang benar adalah sangat alkitabiah – memenuhi perintah Adonai Yeshua untuk memyampaikan Injil ke segala mahluk (ras, sosial, pendidikan dll), itulah sebabnya lahir versi Alkitab, contoh: Bible for Children ; My First Step Bible
      Alkitab terlahir memang untuk diterjemahkan ke segala suku dan bangsa, itulah perintah Elohim sendiri, supaya “seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan YAHWEH.”
      2. Membuat terjemahan dengan motif yang salah adalah suatu cara Iblis untuk umat Elohim keluar dari perintah dan ketetapan YAHWEH, sehingga lahirlah sekte-sekte “yang nampaknya Kristianiti” namun pengajarannya adalah berdasar dari “Injil-injil yang lain” dan memberitakan “Yeshua yang lain”

      Namun orang yang haus untuk mencari YAHWEH, Elohim yang benar, pastilah akan tidak dibiarkan oleh DIA tersesat, DIA akan memelihara jiwa-jiwa umat-Nya untuk bersandar dan berfokus penuh kepada Firman-Nya dan bukan kepada “trik-trik Iblis.” Saya berharap fokus Anda pun tertuju kepada YAHWEH dan bukan kepada masalah-masalah yang dibuat oleh Iblis.
      Terima kasih untuk komentar Anda.

  3. love jesus

  4. terima kasih…
    yesus baik

  5. Terima kasih atas firman SENJATA ROHANI.TUHAN ELOHIM,saya sungguh di berkati sebab saya rasa itulah nama TUHAN YANG SEBENARNYA….YAHWEH….TUHAN ORANG ISRAEL ORANG YAHUDI….TERIMA KASIH ROH KUDUS SEBAB ENGKAU MEMBERIKAN ROH YANG LEBIH MENGUATKAN PERJALANAN HIDUP SAYA MELANGKAH KEHADAPAN….LEBIH YAKIN….saya berdoa TUHAN YESUS agar ramai jiwa2 yang memahami bahwa;ENGKAU TUHAN DI ATAS TUHAN DAN TIDAK MAU DI SAMAKAN dengan ilah2 lain…..

    • Shalom Pdt. Yenny.
      Terima kasih kembali. Selamat melayani dan maju terus di dalam Adonai Yeshua Ha Mashiah (Tuhan Yesus Kristus) sebab Dia menyertai kita senantiasa sampai kepada akhir zaman (Mat 28:20). Anggur Baru

  6. Amin. Haleluyah!

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!