Kotak tulang (Ossuary) Yokobus saudara Yahshua ditemukan!


Bukti arkiologi yang tertua tentang Yahshua telah di temukan di Yerusalem.

Prof. Andre Lemaire menerbitkan suatu karya tulis yang berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang meneguhkan apa yang tertulis di kitab Injil sekitar hampir 2000 tahun yang lalu bahwa Yahshua memilki saudara-saudari kandung, dalam hal ini saudara laki-laki yang bernama Yakobus. Artikel ini terbit pada majalah Biblical Arciological Review (BAR) Desember 2002.

Kotak batu-kapur penyimpan tulang  (orang Israel menyebutnya ossuary) Yokobus ini menurut pemiliknya ditemukan di Yerusalem, ia membeli dari seorang penjual barang-barang kuno pada tahun tujuh puluh, saat itu ia tidak menyadari betapa berharganya nilai histori dari ossuary tersebut. Dikemudian hari, khususnya setelah artikel ilmiah Prof. Andre Lemaire yang terbit di majalah BAR di 2002 ia mengerti benar betapa berharganya nilai sejarah pada ossuary ini, ia sempat di bawa kepengadilan Yerusalem oleh seorang professor bidang arkiologi terkenal atas tuduhan pemalsuan barang-barang kuno.

Sejarah mencatat bahwa Yokobus yang dipanggil sebagai Yokobus Yang-adil mati martir sekitar tahun 70 AD. Kebiasaan orang Israel menyimpan tulang pada sebuah kotak batu-kapur (ossuary) ini terjadi pada 10 BC sampai 70 AD. Setelah seorang meninggal dunia dan dikuburkan, setahun kemudian tulang-tulangnya diambil dan dipindahkan kedalam kotak pengumpulan tulang seperti gambar di atas, orang Israel menyebutnya ossuary. Kebiasaan ini dikatakan berlangsung sebelum kota Yerusalem diporak porandakan dan bait Salomo (yang dibangun ulang oleh Herodes) dihancurkan secara total oleh Aleksander Agung pada tahun 70 AD. Penghancuran bait Elohim ini menggenapi nubuatan Yahshua yang di tulis kitab-kitab Injil.

Pada ossuary Yakobus –  yang mempunyai ukuran panjang 50,5 cm pada bagian bawah dan 56 cm pada bagian atas, dengan lebar 25 cm dan tinggi 30,5 cm m – terdapat tulisan berbahasa Aram sepanjang 19,5 cm dengan tinggi 0,9 cm tertulis sebagai berikut:

[wvyd ywJa ¹swy rb bwq[y
Ya‘akov bar Yosef akhui diYeshua
James (Jacob), son of Jeseph (Yosef), brother of Jesus (Yeshua)
Yakobus, putra Yusuf, saudara laki-laki Yahshua (Yeshua)

Beberapa hal yang penting yang menyatakan bahwa ossuary Yakobus ini benar asli:

  • Bentuk tulisan pada kotak ini sesuai dengan cara penulisan klasik pada  periode jaman Yahshua di bumi: tidak ada spasi
  • Pemerintah Israel melalui The Ministry of Nasional Infratructures Geological Survey dalam surat sertifikat resminya tertanggal  17 September 2002, setelah mengadakan beberapa test laboratorium SEM (Scanning Electron Microscope) yang dilengkapi dengan EDS (Electron Dispersive Spectrometer), bahwa ossuary dan tulisan ”Yakobus, putra Yusuf, saudara laki-laki Yahshua” pada kotak itu adalah asli.

Penemuan kotak tulang Yakobus saudara laki-laki Yahshua ini meneguhkan apa yang telah ditulis oleh para rasul di keempat Injil dan kitab-kitab Perjanjian Baru lainnya, sekalipun juga catatan-catatan sejarah Gereja mula-mula, khususnya pada abad pertama.

Pernyataan mengenai keluarga Yahshua tertulis di keempat Injil:

  • Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”  (Mat 13:55-56; Mark 6:3). Juga,  “Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”  (Mat 12:47). Yakobus nampak sebagai saudara laki-laki pertama dari Yahshua.
  • Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: “Bukankah Ia ini anak Yusuf?”  (Luk 4:22)
  • Kata mereka: “Bukankah Ia ini Yahshua, anak Yusuf, yang ibu bapanya kita kenal? Bagaimana Ia dapat berkata: Aku telah turun dari sorga?”  (Yoh 6:42)

Pada tulisan-tulisan rasul Paulus:

  • Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya. Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus, saudara Adonai Yahshua. (Gal 1:18-19)
  • Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;  (Gal 2:9)
  • Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. (1Kor 15:7-8)
  • Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-sama dengan kami mengunjungi Yakobus; semua penatua telah hadir di situ.  (Kis 21:18). Yakobus nampak sebagai pemimpin Gereja di Yerusalem.

Catatan sejarah lainnya:

  • Josephus, sejarahwan Yahudi abad pertama: Ia mencatat imam besar Ananus melihat ”seorang Yakobus, saudara laki-laki Yahshua yang dipanggil Kristus/Mashiah” dibawa kehadapan Sanhedrin dan Yokobus mati sebagai martir di 62 AD. Josephus, Antiquities of the Jews, 20.197-203.
  • Eusebius, 324 AD, mengutip yang telah ditulis oleh Hegesippus dan Clement (pemimpin gereja di Alexandria, Mesir) tentang posisi Yakobus sebagai pemimpin Gereja di Yerusalem. Dan di kubur di  gedung Gereja di mana ia melayani. Eusebius of Caesarea, Church History.

Ada tiga tradisi kepercayaan tentang hubungan kekeluargaan antara Yakobus (pemimpin gereja pertama di Yerusalem) dengan Yahshua:

  1. Yakobus sebagai saudara laki-laki Yahshua Ha Mashiah, putra dari sama bapa dan ibu seperti Yahshua miliki. Ini seperti tertulis di Perjanjian Baru, juga seperti bapa Gereja abad 2-3 Tertullian, Hegesippus dan lainnya percayai. Keyakinan ini dipengang pada umumnya oleh gereja-gereja Injili seperti Protestan dan Pentakosta.
  2. Yakobus sebagai putra Yusuf dari sebuah pernikahan sebelumnya. Kepercayaan ini dianut mulai di abad kedua, dan diiikuti oleh bapa Gereja abad ketiga seperti Eusebius (ia bisa dikatakan sebagai imam pertama sejak kepercayaan Kristen menjadi agama resmi kerajaan Romawi). Keyakinan yang kedua ini umum dipengang oleh aliran Ortodok.
  3. Yakobus hanyalah sepupu dari Yahshua. Ia anak dari Clopas dan Maria (yang berdiri dekat salib di Golgota. Interpretasi ini dipegang oleh Jerome, yang menterjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Latin (diakhir abad keempat/ awal abad kelima AD). Kepercayaan ini  umumnya ada pada penafsiran gereja Roma Katolik, meskipun beberapa ahli Kitab Katolik menerima kepercayaan yang pertama, yaitu Yakobus adalah benar saudara kandung Yahshua. Dari ketiga kelompok “denominasi” di atas bagaimanapun setuju bahwa Yakobus adalah pemimpin Gereja mula-mula yang ada di Yerusalem.

Bacaan berkait:

The Most Important Extrabiblical Evidence of Its Kind’

Kuburan Rasul Petrus telah ditemukan

Referensi:

Ossuary Yokobus, video by Evolution facts.blogspot.com

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: