Kitab Yesaya 19: Penggenapan Nubuatan tentang negara Mesir


Kepercayaan Mesir kuno

Yesaya 19:17 – “Maka tanah Yehuda akan menimbulkan kegemparan di antara orang Mesir, dan siapapun yang teringat kepadanya akan terkejut mendengar keputusan YAHWEH semesta alam yang diambil-Nya mengenai mereka.

Banyak orang Mesir saat ini sedang membicarakan kitab nabi Yesaya pasal 19!  Mereka percaya ayat-ayat di Yesaya pasal 19 ini sedang tergenapi!! Nabi Yesaya hidup 2600 tahun yang lalu di jaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda.
Kitabnya tertulis sebelum Kerajaan Babilonia mengalahkan Israel.

[Sebuah Nubuatan melawan Mesir; ayat 1-15]
Ucapan ilahi terhadap Mesir. Lihat, YAHWEH mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka. Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir, supaya mereka berperang, setiap orang melawan saudaranya, dan setiap orang melawan temannya, kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan; semangat orang Mesir menjadi hilang, dan rancangannya akan Kukacaukan; maka mereka akan meminta petunjuk kepada berhala-berhala dan kepada tukang-tukang jampi, kepada arwah dan kepada roh-roh peramal. Aku akan menyerahkan orang Mesir ke dalam tangan seorang tuan yang kejam, dan seorang raja yang bengis akan memerintah mereka; demikianlah firman Adonai YAHWEH Tsebaot.[1]

Air dari sungai Nil akan habis, dan sungai itu akan menjadi surut (wasted; KJV) dan kering, sehingga terusan-terusan akan berbau busuk, dan anak-anak sungai Nil akan menjadi dangkal dan kering, gelagah dan teberau akan mati rebah. Rumput di tepi sungai Nil dan seluruh tanah pesemaian pada sungai Nil akan menjadi kering ditiup angin dan tidak ada lagi. Para nelayan akan mengaduh dan berkabung, yaitu semua orang yang memancing di sungai Nil; semua orang yang menjala di situ akan merana juga. Orang-orang yang mengolah lenan akan mendapat malu, demikian juga tukang-tukang tenun kain putih. Mereka yang menenun akan remuk hatinya, segala pekerja upahan akan bersedih hati.

Para pembesar Zoan[2] adalah orang-orang bodoh belaka; para penasihat Firaun yang paling bijaksana memberi nasihat yang dungu. Bagaimanakah kamu dapat berkata kepada Firaun: “Aku ini anak orang-orang bijaksana, anak raja-raja zaman purbakala?” Di manakah orang-orang bijaksanamu? Biarlah mereka mengumumkan kepadamu serta memberitahukan apa yang diputuskan YAHWEH Tsebaot tentang Mesir. Para pembesar Zoan bertindak tolol, para pembesar Memfis (Noph; KJV) sudah teperdaya; para pemuka suku-suku mereka telah memusingkan Mesir. YAHWEH telah mencurahkan di antara mereka suatu roh kekacauan, dan mereka memusingkan Mesir dalam segala usahanya, sehingga seperti seorang mabuk yang pusing waktu muntah-muntah. Dan tidak ada usaha Mesir yang akan berhasil yang dilakukan oleh pemimpin dan pengikut, oleh pemuka dan orang biasa.

[Mesir akan meninggalkan dewa-dewanya dan mengenal YAHWEH; ayat 16-25]
Pada waktu itu orang-orang Mesir akan seperti orang-orang perempuan; mereka akan gemetar dan terkejut terhadap tangan YAHWEH semesta alam yang diacungkan-Nya kepada mereka. Maka tanah Yehuda akan menimbulkan kegemparan di antara orang Mesir, dan siapapun yang teringat kepadanya akan terkejut mendengar keputusan YAHWEH semesta alam yang diambil-Nya mengenai mereka. Pada waktu itu akan ada lima kota di tanah Mesir yang berbicara bahasa Kanaan dan yang bersumpah demi YAHWEH Tsebaot. Satu di antaranya akan disebutkan Ir-Heres.[3] Pada waktu itu akan ada mezbah bagi YAHWEH di tengah-tengah tanah Mesir dan tugu peringatan bagi YAHWEH pada perbatasannya. Itu akan menjadi tanda kesaksian bagi YAHWEH semesta alam di tanah Mesir: apabila mereka berseru kepada YAHWEH oleh karena orang-orang penindas, maka Ia akan mengirim seorang juruselamat kepada mereka, yang akan berjuang dan akan melepaskan mereka.

YAHWEH akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal YAHWEH pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada YAHWEH serta membayar nazar itu. YAHWEH akan menghajar orang Mesir, akan menghajar dan menyembuhkan; dan mereka akan berbalik kepada YAHWEH dan Ia akan mengabulkan doa mereka serta menyembuhkan mereka.

Pada waktu itu akan ada jalan raya dari Mesir ke Asyur, sehingga orang Asyur dapat masuk ke Mesir dan orang Mesir ke Asyur, dan Mesir akan beribadah bersama-sama Asyur. Pada waktu itu Israel akan menjadi yang ketiga di samping Mesir dan di samping Asyur, suatu berkat di atas bumi, yang diberkati oleh YAHWEH semesta alam dengan berfirman: Diberkatilah Mesir, umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel, milik pusaka-Ku.”  (Yesaya 19:1-25; ITB)

Di bawah ini saya sertakan beberapa artikel yang membahas nubuatan Yesaya 19 ini dengan kejadian-kejadian di Mesir saat ini.

Ada buku bagus yang isinya berlandaskan Yesaya 19:23-25 yang berjudul “The Sons of Abraham” oleh Tom Hess.
Artikel lainnya yang berkaitan:
Catatan kaki:

[1] YAHWEH Tsebaot, bahasa Ibrani, atau TUHAN semesta alam (LAI) adalah salah sat nama panggilan dari Elohim Abraham, Ishak dan Israel. Nama ini menggambarkan bahwa Dia lah satu-satunya Elohim  Pencipta dan Pemilik semesta alam. Lihat Kejadian 2:1-1-3 dan Wahyu 14:7 serta Wahyu 21:6-7.
[2] Zoan (Tanis atau Tanitic) adalah kota kuno Mesir, dibangun 7 tahun setelah kota Hebron, Israel (Bilangan 13:22).[3] Artinya: Kota Reruntuhan ( KJV, Kitab Suci ILT), atau terjemahan lainnya Kota Matahari (City of the Sun; Holman Christian Standard Bible/ HCSB).  Tertulis ”heres,” destruction, tetapi itu dibaca ”cheres,” the Sun; dan ada sebuah kota di Mesir disebut Bethshemesh, rumah Matahari, Yeremia 43:13 dan oleh orang Yunani disebut Heliopolis, oleh orang Latin Solis Oppidum; sehingga menurut versi Latin Vulgate menjadi ”dan satu akan disebut kota Matahari,” itu adalah Heliopolis, dimana Matahari disembah (John Gill; )Exposition of The Entire Bible).

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: