Kuburan Rasul Petrus Telah Ditemukan! Updated 30/7/2012


Mungkin judul yang lebih tepat adalah “Penemuan Kuburan Rasul Petrus Terungkap” , sebab penemuan ini terjadi lebih dari 50 tahun yang lalu, yaitu tahun 1953. Karena ini sangat sensitif maka itu baru diungkapkan sekarang.

Peter’s Tomb, Recently Discovered In Jerusalem
by F. PAUL PETERSON

Tulisan di bawah ini adalah ringkasan dari buku di atas.

Seorang Katolik pada komentarnya menyangkal penemuan ini, dia memberi sebuah link pembuktian: http://katolisitas.org/5268/benarkah-makam-st-petrus-ada-di-bawah-altar-basilika-st-petrus-vatikan, ini suatu penyangkalan yang nampaknya masuk akal, dan bersifat historis. Oleh sebab itu saya telah membuat jawaban dari sangkalan atas penemuan ini dengan judul: Benarkah Rasul Petrus pendiri Gereja Roma Katolik; Daftar analytic pertanyaan. Dari daftar pertanyaan yang bersifat analisa ini, Anda akan menemukan celah-celah kosong (klaim yang aneh) pada catatan history penemuan  bukti sejarah kuburan dan tulang rasul Petrus yang dibuat oleh Gereja Roma Katolik.

Sementara mengunjungi seorang teman di Switzerland, saya mendengar apa yang nampaknya untuk saya, satu dari penemuan terbesar sejak masa Kristus (Messias) – bahwa Petrus dikubur di Yerusalem dan tidak di Roma. Sumber dari gossip ini tertulis dalam bahasa Itali. Saya karenanya pergi ke Roma. Setelah bicara banyak dengan imam-imam (Roma Katolik) dan meneliti bermacam-macam sumber informasi , saya dapat membeli satu-satunya buku yang tahu masalah ini, yang juga tertulis dalam bahasa Itali. Itu dipanggil, “Gli Scavi del Dominus Flevit”, dicetak tahun 1958 pada Tipografia del PP. Francescani di Yerusalem. Itu ditulis oleh P.B. Bagatti dan J.T. Milik, keduanya imam-imam Roma Katolik. Cerita penemuan tersebut ada disana, namun itu nampaknya ada sengaja disembunyikan . Saya pergi ke Yerusalem.

Di Yerusalem. Tulang-tulang Simon Bar Yonah (bhs Indo: Simon anak Yunus) indentik dengan Rasul Petrus ditemukan di Yerusalem, pada bagian monastery (tempat kediaman untuk keagamaan) Franciscan yang di sebut, “Dominus Flevit” (dimana Yahshua dipercayai telah menangisi Yerusalem), itu ada di ossuari (kotak tempat penyimpanan tulang-tulang). Nama-nama orang Kristen mula-mula juga ada di assuari-assuari lainnya, seperti Maria dan Marta dan Lazarus saudara mereka. Pada ossuari tersebut tertulis dalam bahasa Aramik secara jelas dan indahnya, ”Simon Bar Yona.”

Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 16:17

Saya bicara dengan imam Milik, rekan penulis buku Italia ini dihadiri oleh teman saya seorang Kristen Arab, Mr. S.J. Mattar. Imam Milik mengakui itu ia telah mengetahui bahwa tulang-tulang Rasul Petrus tidak di Roma. Saya sangat terkejut bahwa ia mengakui itu. Ia juga setuju, ”Ada ratusan bukti lebih bahwa Petrus dikubur di Yerusalem ketimbang di Roma.” (Penekanan dari saya).

Seorang imam Franciscan yang bertugas dari musium ini telah mencoba menghindar ketika saya bertanya tentang hal ini, namun karena informasi yang telah saya kumpulkan dari banyak imam yang bicara kepada saya ia tidak bisa menghindar lagi. Ia jelas nervous ketika berkata, ”Oh tidak, kuburan Rasul Petrus adalah di Roma.” Tetapi suaranya tidak yakin, teman saya Mr. Mattar menyadari itu. Lalu saya melihat langsung kepada matanya dan dengan keyakinan berkata, ”Tidak, kuburan Rasul Petrus adalah di Yerusalem.” Dia melihat kepada saya seperti anak sekolah yang bersalah dan tetap menguasai emosinya. Ia tidak diragukan, menyembunyikan bukti-bukti, tatapi tindakan-tindakan dan kata-katanya telah bicara lebih menyakinkan tentang penemuan tersebut lebih dari imam-imam yang pada ahirnya mengakui kebenaran.

Saya juga bicara dengan seorang imam Franciscan yang berkuasa atas tempat percetakan di dalam tembok-tembok Yerusalem lama, dimana buku pada sabjek ini telah dicetak. Dia juga mengakui bahwa kuburan rasul Petrus adalah di Yerusalem. Kemudian saya berkunjung ke Gereja Nativity di Betlehem dan bertanya kepada salah seorang anggota Franciscan, ”Kamu semua sungguh percaya bahwa semua itu adalah peningalan rasul Petrus?” Dia berespond, Ya kami percaya, kami tidak ada pilihan lain dalam hal ini. Bukti yang jelas adalah disana.” Saya tidak ragu kepada bukti tersebut, tetapi yang membuat saya terkejut adalah imam-imam dan anggota-anggotanya telah percaya yang adalah melawan kepercayaan mereka sendiri dan lebih dari itu, mengakui itu kepada orang-orang lain yang diluar dunia mereka. Biasanya seorang Katolik, entah dia telah dicuci otak atau keras kepala tidak mau melihat sesuatu, hanya itu yang ia telah diajar, tidak akan mengijinkan dirinya sendiri untuk percaya sesuatu yang melawan kepercayaannya, sedikitnya mengakui itu kepada orang-orang lain. Tetapi ada pertumbuhan, sikap yang sehat diantara banyak orang Katolik, untukUjilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. (1 Tes 5:21) sebagaimana The Master (Adonai/Tuhan) memperingatkan semua kita dengan tegas.

Kepada orang yang sama ini saya bertanya, Tetapi apa yang Paus pikir tentang semua ini?” Itu adalah pertanyaan seribu dollar and dia memberi saya jawaban sejuta dollar. Well, dia secara pasti menjawab di dalam sebuah suara yang berbisik, “Bapa Bagatti bilang kepada saya secara pribadi bahwa tiga tahun lalu dia pergi ke Paus (Pius XII) di Roma dan menunjukan dia bukti dan Paus berkata, “Baiklah, kita akan harus membuat beberapa perubahan, tetapi untuk waktu yang ada, tetap diam-diam saja.” Di dalam kekaguman saya juga bertanya di dalam suatu suara yang tenang, Jadi Paus sungguh percaya bahwa semua itu adalah tulang-tulang rasul Petrus?” “Ya,” adalah jawabannya. “Bukti dokumen ada disana, dia tidak dapat menghindar tetapi percaya.”

Penemuan semacam ini adalah sangat memalukan karena itu menghancurkan fondasi utama gereja Roma Katolik. Karena Petrus tidak tinggal di Roma dan karenanya tidak dikubur di sana, itu mengikuti secara normal bahwa ia bukanlah Paus pertama mereka.

Gereja Katolik berkata bahwa Petrus adalah Paus di Roma dari tahun 41-66 AD, suatu priode 25 tahun, tetapi Alkitab menunjukan cerita yang berbeda. Kitab Para Rasul mencatat sebagai berikut:

  • Petrus mengkotbahkan Injil kepada orang-orang bersunat (Yahudi) in Caesarea dan Yoppa di Palestina, melayani keluarga Kornelius, yang jaraknya 1800 mil dari Roma (Kis 10:23,24).
  • Segera setelah, kira-kira 44 AD (Kis 12), Petrus dibuang kepenjara di Yerusalem oleh Herodes, tetapi dia dilepaskan oleh seorang malaikat.
  • Dari tahun 46 ke 52 AD, kita baca di bab 13 bahwa ia di Yerusalem berkotbah perbedaan antara Hukum dan Kemurahan.
  • Saulus (rasul Paulus) menjadi percaya tahun 34 AD, dia pergi ke Yerusalem melihat Petrus (Gal 1:18), dan dalam 51 AD, 14 tahun kemudian, ia kemudian pergi lagi ke Yerusalem (Gal 2:1,8), Peter ada di singgung.
  • Segera setelah itu ia bertemu Petrus di Antiokia, dan sebagaimana Paulus berkata, ”Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah” (Gal 2:11).

Bukti adalah bertumpuk, kebenaran adalah jelas dari ayat-ayat Alkitab yang tidak pernah gagal. Untuk melihat gambar-gambar lainnya klik ke sumber, tertulis di bawah artikel ini.

Tanah kuburan kuno Kristen ini menunjukan bahwa Petrus mati dan dikubur di Yerusalem, yang mana dapat mudah dimengerti karena baik sejarah maupun Alkitab tidak bercerita bahwa Petrus pernah ada di Roma. Untuk membuat masalah menjadi jelas, Alkitab bercerita kepada kita bahwa Petrus adalah rasul untuk orang-orang Yahudi.

Eusebius, satu dari beberap orang yang sangat terpelajar menulis sejarah Gereja setelah tahun 325 AD, dia berkata bahwa Petrus tidak pernah di Roma. Sejarah Gereja ini diterjemahkan oleh Yerome dari bahasa asli Yunani, tetapi di dalam terjemahannya dia menambahkan suatu cerita fantastik kependudukan Petrus di Roma. Ini adalah sebuah praktek umum menciptakan penerimaan di dalam doktrin-doktrin mereka (Katolik), menggunakan pernyataan-pernyataan palsu, surat-surat palsu dan sejarah yang dipalsukan. Ini alasan lainnya mengapa kita tidak dapat bersandar kepada tradisi, tetapi hanya kepada keabsahan Firman Elohim.

Pada permulaan tahun 1960, beberapa tahun kemudian setelah penemuan ini, Vatikan mengatakan bahwa mereka telah menemukan sesuatu (di Roma) bertulisan Yunani, ”Petrus dikubur di sini,” dan ditanggali 160 AD.

The following was taken from the book, Races of Mankind, page 161: “Strained attempts to have Peter, the Apostle to the Hebrews of the East, in Paul’s territory at Rome and martyred there are unworthy of serious consideration in the light of all contemporary evidence. At his age (eighty-two), that would not have been practicable. In none of Paul’s writings is there the slightest intimation that Peter ever had been or was at that city. All statements to the contrary were made centuries later and are fanciful and hearsay. The Papacy was not organized until the second half of the 8th century. It broke away from the Eastern Church (in the Ency. Brit., 13th Ed., vol. 21, page 636) under Pippin III; also the Papacy, by Abbe Guette.”
The great historian, Schaff, states that the idea of Peter being in Rome is irreconcilable with the silence of the Scriptures, and even with the mere fact of Paul’s epistle to the Romans. In the year 58, Paul wrote his epistle to the Roman church, but does not mention Peter, although he does name 28 leaders in the church at Rome (Rom. 16:7). It must, therefore, be concluded that if the whole subject is faced with detached objectivity, the conclusion must inevitably be reached that Peter was never in Rome. Paul lived and wrote in Rome, but he declared that Only Luke is with me.”
[2 Tim. 4:11].

Copyright 1960 by F. PAUL PETERSON (4th Edition, 1971). Copies may be obtained from your local bookstore or from the author and publisher, F. Paul Peterson, P.0. Box 7351, Fort Wayne, Indiana, Price $2.00. Permission is granted to reproduce any part of this book if title, price and address where it may be purchased are given.

Kedua imam dari penulis buku “Gli Scavi del Dominus Flevit” telah meninggal dunia, Bellarmino Bagatti (1905-1990) dan Józef Tadeusz Milik (1922-2006).

Sumber: Peters’s Tomb Recently Discovered In Jerusalem

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

10 Tanggapan

  1. kuasa Tuhan tidak pernah berjalan pada kebohongan, jika Agama katolik berbohong pasti lah sudah lama gereja ini punah n tidak berkembang.. dalam Iman katolik saya banyak mengalami mujizat dlam hidup saya,,

  2. sdh bukan masalah orang ditipu,sdh biasa ingat akan galeli galileo?,sebelum menemukan ini sebelumnya apa?,matahari mengelilingi bumi kan?,berapa ratus juta orang yg dikibulin?,tapi begitu galeli galeleo membuat asumsi terbalik bahwa yg benar bumi mengelilingi matahari. malah dipenjarakan. dgn banyak alasan gaptek dsb, lah kalo gaptek ya belajar tapi jgn kesusu mengambil tindakan sesat dll. martin luther keluar dari katolik karena banyak yg bohong dalam ajaran katolik. jadi saya bilang kenapa sih orang seneng bohong,mempertahankan sesuatu dgn kebohongan?,krn ada keuntungan yg didapat. Mana ada orang bohong gk dapat keuntungan???, tapi begitu kebohongan tsb terungkap,,sesat,tidak mengerti sejarah dll. gila katolik ini.

  3. catatan kematian st Petrus bkn dicatat sendirian di Vatican Bung.bnyak pihak mencatat mulai sejarawan romawi abad pertama para rasul ug saat itu masih hidup.Rasul Andreas sbg pendiri dan pemeganh kuasa.pewartaan di gereja ortodoc Yunani yg jg sdr st Petrus sendiri mengajarkan sprti itu.st Petrus disalib terbalik di Roma.mk dikenal sbg salib st Petrus.st Andreas sendiri disalib silang yg sekarang dikenal sbg salib st Andreas.pr rasul.yg lainpun mencatat sprt di gereja st Markus st Matius st Tomas, st Yakobus.gak masuk akal ada 2 apostolik di satu tempat yg sama.st Petrus dan st.Yakobus di Yerusalem. konyol.klau st Petrus di Yerusalem Roma tdk akan diberi tempat dlm tiap konsili ekomenis.dari apostolic mana delegasi Roma?kenapa perselisihan atanasius dan arianus diputus di Roma?jawabannya tetap st Petrus yg ada di Roma.makam di Yerusalem dianggap makam Petrus adalah kecerobohan krna hnya di dasarkan batu nisan dimana nama Simon adalah nama pasaran di yerusalem.
    gereja yg diundang dlm konsili tentu gereja yg memiliki suksesi apostolik para rasul yg memang di beri kuasa pewartaan. baca matius akhir akhir.”tetaplah disini smp km diberi kuasa”.kenapa Roma? krna yohanes jls menceritakan perintah Yesus pd Petrus di hadapan para rasul.Yakni pimpinan mereka.Petrus memang pernah menyangkal Yesus,tp belum pernah dipecat jd rasul.coba cari ayat pemecatannya.pasti gak ada.yg ada cuma penyangkalannya.yg terjadi:andalah Bidad yg tdk punya kuasa pewartaan.hormat pendapatku

    • Salam sejahtera sdr Tinggggg. Anda tidak perlu mengganti nama sebab saya bisa lihat alamat e-mail Anda beserta IPnya. Sekali lagi saya berharap Anda memberi referensi saat berkomentar. Terima kasih.
      Saya lebih percaya catatan Alkitab daripada catatan Gereja Roma Katolik. Seperti Anda telah baca tulisan saya di “Pengganti Kristus / Vicar of Christ” bahwa Petrus adalah jelas “rasul bagi orang-orang bersunat (Ibrani)” (Gal 2:8). Rasul Yeshua yang jelas pernah ngajar dan hidup di Roma adalah rasul Paulus! Jawab pertanyaan ini: Mengapa Gereja Roma Katolik tidak menjadikan rasul Paulus sebagai “Paus Pertamanya” atau “Apostoliknya, tetapi mengklaim rasul Petrus sebagai pemimpin gerejanya?” Itu dikarenakan 1. ajaran rasul Paulus jelas dapat ditemukan dengan mudah, dari Kisah para Rasul sampai Surat kepada Filemon – bahwa Adonai Yeshua Ha Mashiah adalah KEPALA JEMAAT / GEREJA!! 2. Kerajaan Roma ingin mengontrol negara-negara jajahannya melalui Kristianiti yang telah tersebar luar saat itu, itu sebab Matius 16:18 bahasa Latin dipakai.
      Siapa yang bilang Petrus dicabut kerasulannya?????
      Harap baca kembali pernyataan Yeshua di Injil Yohanes tentang Petrus.
      Saya tunggu komentar Anda, dan jangan lupa sertakan referensinya. terima kasih.

  4. semua agama baik adanya kalau di jalankan sesuai dengan iman nya .. iman mu yg menyelematkan mu. roma katolik mengajarkan kita untuk 1 tujuan, saya adalah seorang katolik yg hampir semua ajaran katolik saya ketahui. saya masih berusia 19 tahun, tapi saya menganggap ini menjadi kekayaan gerja. kita sama-sama ingin mempersembahkan yg terbaik bagi sessama. kalaupun ada cerita atau gosip yg berhembus ttg ajaran gereja ktolik, itu mutlak hanya ada oknum yg tidak bertanggung jawab atas perbuatannya. masalah makam rasul petrus tentu jadi perdebatam khusus akan tapi itu bisa menjadi kekayaan gerja kita di masa modern ini. kita masih mau mempertahankan tradisi akan mereka para rasul kita yg menyebarkan ajaran. aku mencintai katolik ku seperti keluarga ku sendiri karna aku merasakan berkat di katolik ku karna aku mengimani nya sepenuh hati. jadikan motivasi bahwa rasul petrus adlah batu karang yg teguh

    • Salam sejahtera Willy. Terima kasih untuk komentar Anda. Ijinkan saya menolong Anda untuk mendapatkan kepastian keselamatan kekal.Keselamatan itu bukan tergantung dari iman agama kita, tetapi dari karya Yeshua Ha Mashiah (Yesus Kristus) di kayu yang kita terima, mengimani dan menjalankan ajaran-Nya seperti yang tertulis di Alkitab.
      Petrus bukanlah “batu karang yang teguh” seperti yang Katolik ajar; Petrus bahasa Yunaninya adalah Petros artinya “sebongkah batu.” Yeshua adalah “batu karang yang teguh” (petra).
      Anda boleh berkata “saya adalah seorang katolik yg hampir semua ajaran katolik saya ketahui,” percayalah bahwa Anda belum tahu banyak tentang Gereja Roma Katolik yang sesungguhnya. Baca kesaksian Richard Bennett, ex-pendeta Katolik lulusan Roma, 23 tahun lamanya ia menjadi pendeta Katolik di Penjalabaja.wordpress.com, mengapa ia meninggalkan ajaran Katolik. Atau baca kesaksian Charles Ciniquy “50 years in the Church of Rome.”
      Kedua kesaksian tersebut akan membuka mata Anda, seberapa banyak anda telah tahu agama yang anda telah yakini tersebut. Yeshua memberkatimu.

  5. yang ada di Yerusalem itu adalah Zimon bin Zillai, tidak ada kaitannya dengan perkembangan Gereja masa awal maupun rasul Petrus. siapakah Eusebius? Jelas mungkin dia tidak tahu, karena makam St. Petrus memang disembunyikan di Roma sejak tahun 64/67 M, saat dia disalibkan di sirkuit Nero di bukit Vatikan. Maaf, bukti sejarah di sini diragukan kebenarannya hehehe. LIhat di sini kalau anda mau melihat kebenarannya http://katolisitas.org/5268/benarkah-makam-st-petrus-ada-di-bawah-altar-basilika-st-petrus-vatikan

    • Salam sejahtera Coemi, terima kasih untuk linknya.
      Anda tahu siapa Eusebius?
      Saya tidak mengerti maksu Anda “Jelas mungkin dia tidak tahu,” dalam ilmu paskal, jelas adalah bisa dibuktikan, sedangkan mungkin berarti belum jelas/ belum pasti, probabilitas pun di dalam ilmu paskal memiliki kepastian 1% sampai 99%.
      Vatikan (dgn uangnya dan kekuasaanya) bisa menulis sejarah dan membuat film-film (the Omen, Angels and Demons dst.) untuk mempengaruhi opini dunia, itu tidak diragukan.

      Opini palsu yang sedang hangat disebarkan di dunia sekarang ini adalah:
      Anti-Kristus berasala dari orang beragama Islam
      Gereja Roma Katolik adalah malaikat dan Illuminati adalah Demons
      Gereja Roma Katolik anti homosex
      Gereja Roma Katolik sangat sosial kepada anak-anak terlantar
      Gereja Roma Katolik mediator perdamaian di Timur Tengah

      Orang yang belajar Alkitab, sejarah dan mengikuti berita dengan teliti susah untuk ditipu.

      Sejarah yang teruji adalah HIS-story (God’s story) bukan Vat-story (Vatican’s story). Ha ha ha

      Coemi, saya berharap Anda belajar sejarah Gereja dan khususnya Alkitab. Kiranya Elohim yang hidup memimpin dan memberkati Anda.

      • sorry, aku salah tulis, harusnya itu “jelas tidak mungkin” ……
        sorry juga, buku ini ditulis tahun berapa? 1953? wah udah basi bro, pada akhirnya kan tahun 1960-an, setelah Vatikan memanggil para ahli untuk melakukan ekskavasi di bawah altar basilika, akhirnya diakui bahwa jasad St. Petrus ditemukan di katakomba tepat di atas altar utama tsb. Anda bisa melihat di link tsb, apakah anda tidak melihatnya, atau tidak mau melihatnya, kukuh dgn pandangan anda sndiri.

        Vatikan (dgn uangnya dan kekuasaanya) bisa menulis sejarah dan membuat film-film (the Omen, Angels and Demons dst.) untuk mempengaruhi opini dunia, itu tidak diragukan.
        —————————————————————————
        Saya yg malah ragu dgn argumen anda. Sikap Vatikan justru mengutuk film2 spt itu. Untuk apa mempengaruhi, apakah anda berpikir bahwa Vatikan adalah organisasi geopolitik yg “caper”? Terserah lah ada masalah apa di Vatikan, yg jelas hal itu tidak akan pernah mengubah pngajaran Gereja Katolik dari sejak awal didirikan 2000 tahun lalu.

        Soal opini palsu, saya lebih percaya kalau anda yg menyebarkannya.

        Sebelumnya, anda tidak bisa bilang “Gereja Roma Katolik”,
        Gereja Roma Katolik = Gereja dgn umatnya adalah orang Roma smua?
        Gereja Katolik itu hanya satu dan bukan hanya berisi org2 Roma saja, tetapi juga orang Asia, Afrika, Orthodox, Amerika, dsb.

        Anti-Kristus berasala dari orang beragama Islam
        ———————————————————————-
        Oh ya? Saya malah baru tahu lho. Kapan Gereja Katolik mengeluarkan pernyataan ini?

        Gereja Roma Katolik adalah malaikat dan Illuminati adalah Demons
        ———————————————————————————-
        Kalau maksud anda Gereja Katolik adalah “terang”, ya jelas, karena yang mendirikan adalah Yesus sendiri sebagai “terang dunia”, sementara Illuminati adalah badan yg brusaha menghancurkan apa yang dsebut “terang” itu. So? Anda bisa mnyimpulkan sndiri.

        Gereja Roma Katolik anti homosex
        —————————————————————–
        Gereja Katolik tidak pernah membenci orang dengan kelainan orientasi seksual, terutama sesama jenis. Gereja mengatakan bahwa memang hal itu menyimpang, tetapi BUKAN dosa. Baru dosa setelah mereka melakukan hubungan seksual dan perkawinan sesama jenis, jelas itu melanggar kodrat Allah. Hahaha skarang siapa yg sok tahu nih?

        Gereja Roma Katolik sangat sosial kepada anak-anak terlantar
        ———————————————————————————
        Ya memang, itu fakta. Sudah ribuan organisasi sosial di bawah naungan Gereja Katolik telah berjasa dalam pendidikan orang-orang berpendidikan terlantar. Ada juga 1 organisasi seperti Tarekat Cinta Kasih yg didirikan Bunda Teresa. Apakah itu kurang bagi Anda?

        Gereja Roma Katolik mediator perdamaian di Timur Tengah
        —————————————————————————-
        Saya belum tau soal ini. Anda dapat berita dari mana?

        Orang yang belajar Alkitab, sejarah dan mengikuti berita dengan teliti susah untuk ditipu.
        ——————————————————————————–
        Memang. Tapi tunggu!! Dari mana Anda mendapatkan berita itu? Jangan2 dari website2 anti-Katolik. Kalau begitu yaa sama saja anda sudah balik ditipu sama mereka yg memang ingin mnghancurkan keberadaan Gereja Katolik. Lihatlah betapa pintarnya mereka memutarbalikkan sejarah dengan mengutip ayat-ayat Alkitab secara asal-asalan. Mungkin yaa termasuk Anda …….. :-)

        Sebagai institusi negara, tentu Vatikan tidak bisa lepas dari masalah2 intern. Tapi hal itu tidak akan mngubah iman seluruh umat Gereja Katolik beserta pngajarannya. Vatikan adalah bentukan manusia, sedang Gereja Katolik adalah bentukan Yesus sendiri. Kami sudah berdiri sejak 2000 tahun lalu dan setan berusaha mnghancurkan keberadaan kami dengan mengadakan berbagai macam perpecahan dan bidaah, seperti Arianisme, perpecahan Orthodox, Anglikan, terakhir Protestan dgn ribuan denomnya. Apakah perpecahan itu membuat kami musnah, hancur? TIDAK, kami tetap teguh berdiri di atas “batu karang”, tidak ada satupun pngajaran resmi Gereja yg bertentangan dengan Firman Tuhan dan Tradisi Suci Para Rasul.

        Lihatlah di abad ini, di mana banyak tetangga2mu mulai banyak yang kembali ke Gereja Katolik. Kapan engkau mnysul? Smoga matamu segera dibukakan oleh Roh Kebenaran sendiri. Tuhan memberkati :-D

      • Shalom Coemi, terima kasih untuk komentar Anda.
        Perbedaan tentang Gereja Yeshua Ha Mashiah (Yesus Kristus) dan Gereja Roma Katolik (GRK, Vatikan), silahkan baca:
        Sejarah singkat Alkitab dan isinya

        Sejarah singkat Alkitab dan isinya


        Hubungna Rasul Petrus dengan Roma Katolik

        Hubungan Rasul Petrus Dengan Roma Katolik

        Jawaban Anda adalah jenis umum karakter pengikut doktrin Vatikan: seperti banteng yang melihat kain merah (saya tersenyum). Selidikilah sumber-sumber berita di luar “kotak Vatikan,” dan lihatlah “buah dari doktrin GRK” bandingkan dengan “ALKITAB.” Mintalah Roh Kudus menenangkan hati Anda dan undanglah DIA untuk menuntun Anda “ke dalam seluruh kebenaran” (Yoh 16:13)

        Kesalah mengertian Anda, jika boleh saya tulis, Anda berpikir bahwa Anda telah tahu tentang arti, sejarah GRK (singkatnya Gereja Katolik) dan doktrinnya, dari komentar Anda yang panjang di atas terbukti Anda tidak tahu. Seperti:
        @: Gereja Katolik itu hanya satu dan bukan hanya berisi org2 Roma saja.
        Anda tidak tahu bahwa “orang-orang kuat” Illuminati dan juga Freemason adalah “orang-orang kuat” GRK atau GK). Yeshua melalui malaikat-Nya membuka tabir “MYSTERY (Rahasia) Babylon the Great” (Wah 17:5). Sudah baca “Film Angles and Demons”? https://senjatarohani.wordpress.com/2008/12/17/film-2009-angles-and-demons/
        Anda baru tahu bahwa GK/GRK sumber propaganda “Anti-Kristus datang dari agama Islam (Mahdi).” Mungkin Anda juga belum tahu bahwa Nazi dimotori oleh GRK/GK; setumpuk bukti sejarah tersedia! (tersenyum).
        @: Homosex; Doktrin GK berkata itu bukan dosa, sejauh belum dilakukan.
        Coemi, Anda terlalu bermurah hati dalam hal ini. Puluhan ribu para pekerja mimbar GK telah melakukan praktek ini, dan Vatikan (pusat GK) tidak menghukum mereka, hanya dipindahkan tempat tugas, itupun setelah kasusnya terbongkar umum. Ha ha Ha (tertawa ngakak). Alkitab: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. (Matius 5:28)
        @: Lihatlah betapa pintarnya mereka memutarbalikkan sejarah dengan mengutip ayat-ayat Alkitab secara asal-asalan.
        Jw: (tersenyum) sumber tulisan saya ada referensinya!! Mengutip ayat secara asal? Setiap orang Kristen dianjurkan membaca dan meneliti Alkitab, sebaliknya – sejarah GRK – membuktikan “jangan baca!”
        @: Vatikan berdiri teguh di atas “batu karang” tidak ada satupun pngajaran resmi Gereja yg bertentangan dengan Firman Tuhan dan Tradisi Suci Para Rasul.
        Jw: Anda telah ditipu iblis begitu dalam. Sekarang ini telah puluhan juta orang Katolik cabut dari GRK, beberapa link dan web side mereka:

        Nicholas
        Pastor Richard Bennett
        Pastor Charles Chiniquy; baca online: “50 years in the church of Rome”
        What every Catholic should know
        Bob Bush
        Bill Schnoebelen; ex-pastor, Freemason, “Catholicm the church on hounted hill”

        Saya menulis ini bukan untuk mempermalukan Anda, tetapi untuk menolong Anda mengerti firman Elohim, penuntun setiap orang kepada Terang yang sesungguhnya, yakni Adonai Yeshua Ha Mashiah (Tuhan Yesus Kristus).
        Bacalah artikel “Benarkah Rasul Petrus pendiri Gereja Roma Katolik; Daftar Analytic pertanyaan”
        Kiranya berkat Elohim turun ke atas hidup Anda. Anggur Baru.

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!