Injil Gnostik, Injil Kemakmuran dan Injil Kerajaan Sorga


Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Elohim yang menyelamatkan setiap orang yang percaya,.. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Elohim, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” (Rom 1:16-17)

Ada dua bahkan tiga jenis Injil yang tersebar di abad modern ini. Jika Anda seorang pemberita Injil, jenis Injil apa yang Anda beritakan? Jika Anda hanyalah seorang yang percaya berita Injil, berita jenis Injil apa yang Anda percaya dan pegang? Tiga jenis Injil ini dapat dikelompokan kedalam dua golongan: Injil benar dan kedua Injil sesat.

Injil sesat terdiri dari dua jenis Injil:

  • Injil-injil Gnostik. Penganut ajaran Injil Genostik ini sangat berfariasi, dari Kristen mistik, Wica (penganut ilmu kebatinan dan roh-roh jahat) dan sebagian besar penganut agama Islam. Pada Injil-injil Gnostik ini Yahshua digambarkan hanyalah sebagai tokoh agama (tidak lebih), Ajaran Islam melalui Injil Barnabasnya mempercayai bahwa Yahshua Ha Mashiah (dipanggil dengan nama Isa Al-masih) tidak mati tersalib tapi Yudas sebagai ganti diri-Nya.
  • Injil-injil Kemakmuran. Penganut Injil Kemakmuran umumnya orang-orang Kristen Karismatik, mereka adalah orang-orang yang percaya kematian dan kebangkitan Yahshua Ha Mashiah (Yesus Kristus) namun tidak mengerti apa sesungguhnya makna dari kematian dan kebangkitan Yahshua yang sesungguhnya. Untuk mengerti lebih jelas ajaran dan buah dari ajaran ini silahkan Anda membaca Injil Kehidupan Baik

Injil-injil Gnostik ini (berberapa diantaranya: Injil Petrus, Injil Filipus, Injil Maria, Injil Thomas, Injil Barnabas dsb.) dibuat oleh orang-orang yang tidak dikenal antara tahun 110 AD (SM: Setelah Masehi) sampai 300 AD. Dari Injil-injil Gnostik inilah lahir film-film seperti The Last Temptation of Christ, Da Vinci Code dan yang terakhir film The Messiah yang dibuat oleh dosen agama Islam Iran.

Injil Kerajaan Sorga adalah jenis ajaran Injil yang benar. Inilah Injil yang diberitakan oleh Yohanes Pembaptis (nabi penyiap jalan bagi datangnya Juru Selamat yakni Yahshua Ha Mashiah), ia adalah nabi yang telah dinubuatkan oleh nabi Yesaya sediktnya 600 tahun sebelum kelahiran nabi yang berbaju kulit unta dan hanya makan madu dan belalang (Yes 40:3-5). dan Yahshua Ha Mashiah sendiri melalui mulut nabi Maleakhi yang hidup pada awal abad ke 4 BC (Mal 3:1). Catatan: Maleakhi 3:2-18 Yahshua sendiri melalui mulut nabi-Nya ini menyatakan bahwa Ia akan menjadi hakim bagi Israel (16-18) dan semua bangsa (18). Injil Kerajaan Sorga inilah yang diberitakan Yahshua (artinya namanya: “YAHWEH menyelamatkan“, lihat. Harmoni dari ajaran Injil Kerajaan Sorga bisa dibaca di Alkitab mulai dari ajaran para rasul Yahshua Ha Mashiah (dari Injil Matius sampai Injil Yohanes, kitab Para Rasul sampai kitab-kitab apostolik rasul Paulus kepada jemaat-jemaat di Yunani, Roma dan Asia Kecil (dikenal sebagai Turki saat ini).

Bila kita teliti baik-baik kitab-kitab Perjanjian Lama (dari kitab Kejadian sampai Maleakhi), kita akan temukan bahwa setiap ajaran dan perintah di Perjanjian Lama sungguh harmony dengan berita Injil Kerajaan Sorga Perjanjian Baru, diantaranya:

  • Hidup kekal: dari Adam dan Hawa di taman Firdaus (Kej 1-2) menuju kepada semua suku, bahasa dan bangsa di Sorga Mulia (Wah 21-22)
  • Dosa manusia: dimulai dari pemberontakan Adam terhadap perintah YAHWEH (Kej 3:17-19, 23-24; ) hal yang sama ini terulang sampai saat ini (Rom 5:12-14)
  • Penyelamatan: umat-Nya, bangsa Israel, keluar dari Mesir (Kel 1, 12; 24:5-8) menuju kepada seluruh bangsa melalui korban diri-Nya sendiri di kayu salib (Ibr 9:19-28; Rom 5:17-19)
  • Tugas pemberitaan kabar keselamatan: dari Abraham (Kej 12) sampai kepada setiap pengikut Yahshua saat ini (Mat 28:19-20; Mark 16:15-20; Pet 2:9,21)
  • Menjaga kehidupan yang kudus: dari sejak bangsa Israel merdeka (Imam 20:7,26) tetap berlaku sampai sekarang (1 Pet 1:16-25; Mat 5:31-32, 27-29)
  • Larangan penyembahan berhala (p.b.: menempatkan apapun dan siappun setara atau lebih penting atau lebih tinggi dari YAHWEH): sejak Sepuluh Perintah diturunkan (Kel 20:1-6, 22- 23) perintah ini tetap berlaku sampai sekarang (Mark 12: 28-30; Wah 2:14-16, 20-25)
  • Dan banyak hal lagi, seperti baptisan selam, bait suci dsb. Ini membuktikan bahwa Alkitab sungguh firman YAHWEH yang dicatat oleh para nabi-Nya!!

Rasul Paulus menyimpulkan ajaran Injil Kerajaan Sorga yang diajarkan oleh Yahshua Ha Mashiah di atas dalam suratnya kepada jemaat di Korintus

Dari Paulus, yang oleh kehendak Elohim dipanggil menjadi rasul Mashiah Yahshua,.. kepada jemaat Elohim di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Mashiah Yahshua dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Yahweh kita Yahshua Ha Mashiah, yaitu Yahweh mereka dan Yahweh kita. (1 Kor 1:1-2).Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. (15:1), isi beritanya:

  • Inilah Injil yang menyelamatkan untuk setiap orang yang berpegang kepadanya. (2)
  • Injil ini menyatakan bahwa Ha Mashiah telah mati tersalib oleh untuk menebus dosa kita, sesuai dengan nubuatan Kitab Suci (3). Di sini jelas terlihat bahwa KEMATIAN YAHSHUA adalah PENTING, tanpa pengorbanan darah-Nya kita akan tetap di dalam dosa dan masuk hukuman kekal.
  • Injil ini menyatakan bahwa Yashua telah mati, dikuburkan dan bangkit pada hari ketiga. Semua ini sesuai dengan nubuatan Kitab Suci (4)
  • Injil Kerajaan Sorga ini menyatakan bahwa Yahshua sendiri telah menampakan dirinya kepada ratusan orang setelah kebangkitan-Nya (5-8)
  • Injil ini menyatakan bahwa KEBANGKITAN YAHSHUA adalah LEBIH PENTING lagi (13-19). Kebangkitan-Nya adalah garansi untuk para pengikut-Nya bahwa merekapun kelak akan dibangkitkan untuk hidup yang kekal di Sorga.
  • Injil ini menyatakan bahwa KEBANGKITAN YAHSHUA ini bukan saja benar secaja histori (disaksikan oleh ratusan sakti-sakti mata) tapi benar juga secara doktrin ajaran Alkitab (20-28)
  • Injil Kerajaan Sorga ini menyatakan bahwa oleh karena kebenaran hal-hal di ataslah yang membuat mereka (para rasul dan pengikut Yahshua lainnya) berani teraniaya dan menghadapi maut dan menjauhi kehidupan yang duniawi (29-34)
  • Injil yang benar ini menyatakan bahwa Anda dan saya harus dilahirkan kembali untuk dapat masuk Kerajaan Sorga, perbuatan kita sendiri (darah dan daging manusia): amal, perbuatan baik, ibadah tidak bisa menyelamatkan kita, hati nurani kita sadari akan hal ini (50-54; Yoh 14:6; Ef 2:4-9).
  • Injil ini mengabarkan bahwa hanya Yahshua Ha Mashiah, yaitu Yahweh kita, saja yang bisa memberi kita kemenangan atas dosa dan kuasa dosa dunia ini (55-57)
  • Dan terakhir Injil Kerajaan Sorga ini mengajarkan kepada Anda dan saya bahwa setelah kita diselamatkan oleh iman kita melalui darah-Nya di salib itu kita haruslah tetap berdiri teguh di dalam doktrin Injil yang benar ini dan … melalukan tugas kita di dalam pekerjaan yang Yahshua telah percayakan kepada kita sesuai talenta dan kasih karunia-Nya kepada kita (58)

Dari ketiga jenis Injil di atas, Injil apa yang Anda ingin percayai? Ingatlah bahwa “apa yang Anda makan begitulah Anda akan jadi” sebab apa yang kita pikir dan percayai demikianlah kita akan bertindak dan berkelakuan. Dalam hal ini, jika Anda berpegang pada Injil yang sesat, itu bukan saja akan membahayakan rohani Anda sendiri tetapi juga tanpa Anda sadari Anda telah menjadi musuh Elohim YAHWEH. Peringatan YAHWEH kepada orang Israel ini juga berlaku kepada setiap kita;

Berkat: “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara YAHWEH, Elohimmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka YAHWEH, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. (Ul. 28:1; baca sampai 14)

Kutuk: “Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara YAHWEH, Elohimmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau: (Ul. 28:15; baca sampai 68). Ayat 15-24 dosa pribadi dan ayat 25-68 dosa bangsa. Jika Anda melihat Europa, sebagian dari negara Europa telah tertimpa beberapa kutuk yang tertulis pada kitab Ulangan ini; contoh negara Belanda, Amsterdam telah penuh dengan orang-orang Maroko dan Turki yang tidak suka nilai-nilai budaya local Belanda, penduduk aslinya semakin terintimidasi oleh orang-orang asing ini, pemubunuhan terhadap Mr. Van Gogh masih segar diingatan mereka dan awal July 2009 ini menyusul berita tragis: seorang Belanda dipukuli sampai mati oleh supir taxinya yang keturunan Maroko 1 ; 2. Pria malang ini meninggalkan istri dan tiga anak kecil. Kebijaksaan para pemimpin negara yang melegalkan perbuatan dosa cepat atau lambat hanyalah menghasilkan kehancuran negara dan penderitaan rakyat mereka.

Bacaan berkait:

The Gnostic Gospels: Are they the real history of Jesus?

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

14 Tanggapan

  1. Pada kenyataannya apa yang disebut INJIL oleh kebanyakan orang Kristen sekarang (Major Stream) adalah sekumpulan dogma yang banyak di dasarkan pada tulisan-tulisan Paulus, yang tidak pernah diajarkan oleh Yesus sendiri. Meskipun Paulus mengklaim tulisannya berasal dari Tuhan, namun itu hanyalah klaim sepihak yang bisa saja dilakukan oleh siapapun.Tidak kebetulan kalau Petrus telah mengingatkan jemaat mula-mula agar waspada terhadap tulisan Paulus karena bisa menyesatkan. Yang jelas kita harus waspada dan bijaksana agar kita tidak disesatkan.

    • Salam sejahtera sdr. Octavianus Nasution.
      Jika Anda dapat membuktikan secara Alkitabiah bahwa ajaran rasul Paulus bukan berdasarkan ajaran Yeshua Ha Mashiah atau bukan dari Alkitab, maka dengan sangat senang hati saya akan menghadiahkan Anda 100 USD. ;)
      Pembuktian Anda saya tunggu, terima kasih. Anggur Baru

      • bagaimana dengan prilaku uma kristiani saat ini dengan 10 larangan yang disebutkan?!

      • Salam sejahtera sdr. Surrender.
        Yang pasti dari pihak Sorga, umat Kristen diminta setia kepada perintah-Nya sampai garis finish, seperti tertulis “Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Elohimnya dan ia akan menjadi anak-Ku.” (Wahyu 21:6-7). Yang terpenting adalah bagaimana dengan diri kita sendiri, Anda dan saya, apakah kita mau setia kepada DIA sampai garis finish atau menyerah di tengah jalan? Raja Daud di dalam kesadarannya bahwa ia berdosa dan telah melakukan pelanggaran dan kemulian manusia hanyalah seperti rumput (sekejab saja) namun ia menguatkan jiwanya sendiri, ia berkata:
        “Dari Daud. Pujilah YAHWEH, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah YAHWEH hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, (Maz 103:1-3).
        Daud adalah orang yang menang di dalam mengampuni dirinya sendiri, sebab ia tahu bahwa ia hanyalah manusia belaka dan anugerah YAHWEH melalui Putra-Nya Yeshua, melimpah dan berkuasa menyucikan dirinya. Jangan pernah menyerah dengan keadaan Anda. Jadilah setia dan kuat di dalam Adonai Yeshua Ha Mashiah!

      • Benar ya 100 USD untuk saya! Baca 1 KOR 7 ayat 12,25 dan 26. Ketiga ayat itu bukan berasal dari Tuhan tapi berasal dari pendapat pribadi Paulus. Paulus sendiri yang mengklaim hal itu. Paulus jujur, yang bukan dari Tuhan diakuinya bukan dari Tuhan. Jadi tidak semua ajaran Paulus yang tertulis di dalam Alkitab berasal dari Tuhan. O ya, Anggur Baru, kalau setuju dengan saya silakan hadiahnya ditransfer ke rek saya ini bca no 0341567512. Salam sejahtera.

      • Salam sejahtera Octavianus.
        Maaf ya baru bisa balas sekarang, saya tidak membuka kolom Komentar setiap saat, jadi terkadang beberapa komentar terlewat.
        Ha ha ha saya tidak keberatan mentranfer apa yang sudah saya janjikan jika memang Anda bisa membuktikan “ajaran Paulus bukan dari TUHAN.”
        I Korintus 7:12, 25 dan 26 adalah jawaban yang bagus, namun tidak bisa dipakai sebagai bukti bahwa ajaran Paulus di Korintus 7 tersebut bukan dari TUHAN. Mari kita perhatikan baik-baik.
        a. 1 Kor 7:12-24 Paulus bicara soal perkawinan campur dan perlu dan tidak perlunya bersunat
        b. 1 Kor 7:25-49 Paulus bicara soal ikatan tunangan (tahap akhir sebelum pernikahan)

        Kita harus dahulu mengerti posisi rasul Paulus saat itu; Model ibadah dan struktur kepemimpinan Gereja sesuai ajaran Kristianiti untuk orang-orang bukan Yahudi belum tercipta saat itu- ia adalah pembawa pertama ajaran Yeshua ke Eropa. TUHAN karenanya memberi dia tuntunan langsung dan bahkan membawa dia ke Sorga (1 Korintus 12) dan melihat hal-hal supernatural (1 Tesalonika 4).
        Sebagai “Ambasador pertama” Paulus berhadapan dengan segudang permasalahan Jemaat, bagaimana menjadi orang Kristen yang efektif. Dalam kasus di 1 Korintus 7 ini Paulus tidak mendapat perintah TUHAN secara langsung – dan ia akui itu, namun itu bukan berarti ia mengajar suatu ajaran “dari dirinya sendiri,” ia sebagai seorang ahli-Kitab Perjanjian Lama dan sebagai rasul yang dipilih Yeshua tentunya ia diberi hikmat, pengertian dan pengetahuan dari TUHAN, seperti yang ia tulis: Tetapi aku memberikan pendapatku sebagai seorang yang dapat dipercayai karena rahmat yang diterimanya dari Elohim (1 Kor 7:25) – sehingga nasehat dan ajarannya (contoh pada pasal 7 ini) adalah sejalan dengan ajaran Alkitab – Perjanjian Lama. Bahasan ajaran:
        a1. Kawin campur (dgn orang yang belum Kristen): Musa menikahi Siporah, orang Median (Arab). Salmon/Salmah menikahi Rahab, orang Yeriko. Keturunan mereka adalah orang-orang yang dibenarkan oleh YAHWEH (TUHAN). Adonai Yeshua keturunan raja Daud, dan raja Daud keturunan dari Ruth, wanita Moab, istri Boas dan Boas adalah putra dari Salmon-Rahab.(Baca Ruth 4, Matius 1)
        a2. Sunat (daging) tidak terlalu penting, terpenting mentaati perintah Elohim / sunat hati (7:19). Ajaran ini telah diperintahkan sejak jaman Musa (baca:Im 26:41-43; Ul 10:116-20; Yer 4:4 dan 9:26) dan Paulus hadir ketika Stefanus mengatakan hal yang sama (Kis 7:51-53)

        b. ikatan tunangan. Contoh terbaik dari ini adalah keputusan Yusuf ingin menceraikan Maria, tunangannya yang hamil- karena Roh Kudus. Paulus merefer nasehatnya ke tradisi Yahudi, dimana ia berasal: yakni belum boleh bersetubuh sekalipun sudah tunangan, dan jika mereka mau cerai pada level pertunangan ini itu OK, tidak berbuat dosa (7:28) sebab si wanita tetap masih gadis.

        Octavianus, Anda belum berhasil membuktikan klaim Anda, mau coba yang lain? Ditunggu yah. Salam sejahtera :).

  2. Agama aneh,dgn kitab aneh dan pemeluk yg aneh…kalo emg Isa AS satu2nya jln keselamatan brt hanya org kristen aja yg masuk sorga..Umat Nabi-Nabi sebelumnya/bahkan Nabi-Nabi terdahulu (Nuh, Ibrahim,Daud,Musa dll) tdk akan masuk sorga krn mrk tdk mengimani Yesus sbg tuhan..Nabi terdahulu dan umatnya masih menanggung DOSA WARIS!!!

    • Shalom Erlan Sahara.
      Kekristenan bukanlah kepercayaan yang aneh jika Anda mengerti isi Alkitab. Sebelum Yeshua (Yesus/ Isa) mati tersalib, keselamatan sepenuhnya melalui “melakukan perintah hukum Taurat.” Namun pada Perjanjian Baru (setelah Yeshua mati dan bangkit kembali), keselamatan datang melalui iman kepada YAHWEH, Putra-Nya (menerima hasil karya-Nya dan melakukan perintah-Nya).
      Kekristenan bukan saja aneh bagi orang Islam, tetapi sangat aneh, sebab semakin banyak imam-imam Islam Timur Tengah dan Afrika Utara (mengerti bahasa Arab) berpindah ke Kristianiti, sementara pegawai-pegawai rendah (pembantu rumah, pembuat batu bata dsb) orang Kristen di Pakistan tidak mau meninggalkan Kekristenan mereka sekali pun dijanjikan harta atau dianiaya sampai mati.
      Mari kita bertanya; dimanakah Yeshua dan Muhammad SEKARANG INI berada? Yeshua hanya 3 hari berada dikuburan, tetapi segera sejak Ia bangkit dari kematian-Nya dan sampai sekarang Yeshua berada di Sorga. Itulah sebabnya orang-orang mengikuti Nabi “Yang Tetap Hidup Selamanya.” – jadi apakah ini masih aneh untuk Anda? Saya harap tidak. Salam, Anggur Baru.

      • [D]an setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Elohim. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia (1 Yohanes 4:3).

        Artikel ini akan 1. Membawa Anda mengerti siapakah anti-Kristus itu sebenarnya, 2. Menolong Anda untuk tidak tertipu oleh nya dan 3. Bagi sebagian yang telah terjerat dan tertipu oleh nya, artikel ini memberikan sedikit petunjuk bagaimana membebaskan diri.

        Metode pembahasan. Umum: Sikap anti-Kristus dalam artikel ini hanya membahas pemberontakan di dalam kalangan umat-Nya sendiri (orang Israel dan Kristen), yang mengaku percaya Alkitab tapi (sadar atau tidak sadar) menolak/meragukan kebenarannya, atau pernah percaya namun kemudian murtad. Sikap anti-Kristus diluar kepercayaan Kristen, tidak dibahas di sini. Khusus: pembahasan akan dibagi menjadi empat kurun waktu dengan tiga unsur ibadah di dalam setiap kurun waktu tersebut. Perjalanan waktu dimulai dengan: Jaman nabi Musa, Jaman raja-raja Israel, Jaman Yahshua Messias dan Jaman sekarang. Unsur ibadah: objek (deti) yang disembah, pemimpin ibadah, dan hari-hari Raya.

        CIRI-CIRI ROH ANTI-KRISTUS/ ANTI-MESSIAS. Arti kata ”roh antikristus.” Terdiri dari tiga kata yaitu 1. Roh 2. Anti dan 3. Kristus/Messias. 1. Roh. Rasul Yohanes dengan jelas menyatakan bahwa sikap Anti-Messias ini didalangi oleh roh (Setan) dan bukan oleh darah-dan-daging alias manusia, karenanya Rasul Paulus mengingatkan kita bahwa musuh orang Kristen bukanlah manusia, sehingga hukum ”mata ganti mata” dan ”darah ganti darah” tidak berlaku di dalam kepercayaan Kristen. Roh Setan ini tentu memerlukan media yaitu manusia untuk melaksanakan operandi jahatnya (Yoh 8:44; Kis 19:15-16), sebagaimana Roh Kudus juga memakai manusia untuk menyatakan kasih dan kuasa Bapa Surgawi (Yoh 2:21; 1 Kor 6:19; Yoh 15:8). Hal ini dapat terlihat pada perkataan Rasul Yohanes ”Seorang antikristus akan datang, sekarang (pun/ even now) telah bangkit banyak antikristus” (1Yoh 2:18). 2. Anti. Sikap ANTI dapat berwujud dalam bentuk a. Pemberontakan, b . Penipuan. Pemberontakan adalah bentuk melawan yang terang-terangan sedangkan penipuan adalah bentuk perlawanan yang halus tapi licik. Kedua bentuk aksi ini mempunyai goal yang sama: mengalahkan untuk menghancurkan. Menolak mengakui Alkitab, bahwa Yahshua Ha’Mashiach telah datang sebagai manusia (2 Yoh 1:7,9). 3. Kristus/ Messias. Messias artinya Yang Diurapi dan juga sebagai Juruselamat (PL: Maz 18:3; Yes 43:3; Hos 13:4 PB: Luk 1:47; Tit 3:6; 2 Pet 1:11; 1Yoh 4:14; Yud 1:25. ) Ia adalah bagian dari Elohim.

        Jadi anti-Kristus adalah:

        Setan dengan penghulu-penghulu gelapnya, sebagai oknum utamanya dan beserta manusia-manusia yang berontak kepada Yahshua.
        Wujud anti-Kristus ini bisa terlihat sebagai seorang manusia (pemimpin) dengan rekan-rekannya, pemerintahan (organisasi, dan negara).
        Cara kerjanya melalui para diktator (berontak) dan seorang hero/penyelamat palsu serta para nabi dan guru palsu (penipuan)
        Mereka yang tidak mau mengakui otoritas Yahshua di dalam kehidupan mereka
        Mereka yang menolak percaya bahwa Yahshua pernah datang sebagai manusia;
        Mereka yang menyangkal bahwa Yahshua adalah Kristus/ Messias/ = Yang Diurapi dan Juruselamat
        Mereka yang menyangkal YAHWEH (Pencipta jagat raya dan Pengutus Yahshua ke bumi).
        Dengan kata lain mereka menolak Kebenaran dan Kesaksian Alkitab, yang berarti juga mereka menolak melakukan Perintah-perintah-Nya.

        Sangat mudah mengenali cara kerja Anti-Kristus/Messias yang bergerak dalam bentuk pemberontakan. Itu langsung bisa terlihat dari tindakan dan perkataan mereka. Namun sangatlah sukar dan memakan waktu untuk mengenali mereka yang bekerja melalui tipuan/pemalsuan dan penyesatan. Untuk mengenal sesuatu barang asli atau palsu diperlukan ujian dan waktu, Adonai Yahshua berkata ”dari buahnya pohon itu dikenal” (Mat 12:33). Dari sebuah biji menjadi pohon dan menghasilkan buah itu memerlukan waktu, terkadang tiga bulan, 6 bulan bahkan lebih dari setahun untuk jenis pohon tertentu.

        Syukurlah sekarang ”masa panen” (ahir pergantian jaman) setiap orang sudah bisa mengenali siapa itu Anti-Kristus (serigala) yang bersembunyi dibalik bulu domba, buahnya sudah kelihatan! (Mat 7:15). Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita,” demikian Rasul Yohanes mendefinisikan ”asal datangnya dan siapa antek-antek anti-Kristus ini” (1 Yoh 2:19). Mereka ada diantara kita, tapi tidak sungguh-sungguh termasuk jemaat Yahshua Ha’Masiach/Messias.

        PERJALANAN WAKTU ANTI-KRISTUS/ ANTI-MESSIAS.

        1. Anti-Kristus di jaman nabi Musa. Kel 32:1-6. A. Objek (deiti) yang disembah. Patung anak lembu dari emas tuangan – dan mereka berkata: “Hai Israel, inilah Elohimmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir!” (4). Dipercayai bahwa Harun membuat patung ini karena ancaman orang-orang tertentu. B. Pemimpin ibadahnya. Harun yang menentukan harinya, tapi tidak diketahui siapa pemimpin ibadahnya. Alkitab hanya menulis “Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan (6). Jabatan ke imaman telah diberikan kepada Harun dan keturunannya ( Kel 27:21; 28:1). Mungkin mereka adalah kelompok Korah, Datan dan Abiram yang dikemudian hari iri terhadap jabatan kenabian Musa dan keimaman Harun, mengerahkan massa untuk berontak dan berakhir dengan kematian mereka beserta keluarga mereka masing-masing tertelan oleh bumi yang terbelah dan ke 250 orang ’imam’ yang beserta mereka terbakar oleh api YAHWEH (Bil 16:1-2;9-11; 31-32, 35). Itu menjadi suatu peringatan bagi orang Israel, supaya jangan tampil orang awam yang bukan dari keturunan Harun untuk membakar ukupan di hadapan YAHWEH, dan jangan ia menjadi seperti Korah dan kumpulannya–seperti yang difirmankan YAHWEH kepadanya dengan perantaraan Musa (Bil 16:40). C. Hari-hari Rayanya (Holy-Days). Tidak jelas, apakah hari yang ditentukan Harun ini ada kaitannya dengan hari-hari raya yang telah ditentukan Elohim.

        2. Anti-Kristus di jaman raja-raja Israel. 1 Raja 12:25-33; 2 Taw 13:6-13 A. Objek (deiti) yang disembah. Patung anak lembu jantan dari emas tuangan atas perintah raja Yerobeam – dan ia memanggil kedua patungnya itu sebagai Juruselamat Israel (1R.12:28). Menjadikan patung sebagai elohim (2T.13:8). Kemungkinan besar Yerobeam terpengaruh penyembahan patung lembu emas orang Mesir di mana ia pernah tinggal (1R.11:40). Baca Dosa Berat Raja Yerobeam dan Ahab yang dikontrol oleh Izebel istrinya yang menyebabkan 10 suku Israel dibuang dari Tanah Perjanjian.

        B. Pemimpin ibadahnya. Bukan berasal dari keturunan Imam Harun sebagaimana aturan ibadah yang telah ditetapkan oleh Yahweh, tapi dirinya sendiri dan orang-orang biasa menurut kebiasaan bangsa yang tidak mengenal YAHWEH (1R.12:31-32; 2T.13:9-10). C. Hari-hari Rayanya (Holy-Days). Nama Perayaannya sama tapi bulannya berubah (Im 23:33-4 v.s. 1 Raja 12.33) . “Hari raya Pondok Daun (the feast of Tabernacles) adalah penentuan Elohim, tetapi waktu pelaksanaannya dia menetapkan sendiri, merubah itu dari bulan ketujuh, atau Tisri, yang setara dengan September dan Oktober pada kalender kita, ke bulan kedelapan, atau Marchesvan, yang setara dengan sebagian dari Oktober dan sebagian dari Nofember.” (John Gill’s Exposition of the Entire Bible;1 Raja 12:33).

        Kejahatan kerajaan Yehuda pun pernah terjadi sebagaimana Yesaya berkata, ”Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal! Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu diam kebenaran, tetapi sekarang penuh pembunuh (Yes 1:1,21). Kata sundal pada ayat yang sama dalam terjemahan lain: KJV: a harlot; The Scirpture ´98: a whore, keduanya mengandung arti yang sama: seorang pelacur. Yahuda telah meninggalkan YAHWEH dan menjual dirinya kepada Negara-negara lain untuk mendapat perlindungan. YAHWEH mengilustrasikan ikatan perjanjian antara Dia dan umat-Nya sebagai hubungan suami-istri; Negara Israel dan Gereja-Nya adalah istri-Nya. Keluar dari pada-Nya dan mengikuti penyembahan kepada deiti-deiti asing adalah identik dengan seorang pelacur dimata-Nya. (Yer 3:7-8; Ef 5:31-32).

        “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan (Yes 29:13) sehingga kitab YAHWEH itu termaterai, tidak bisa dibaca, bagi mereka (10-12). Kondisi kelompok anti-YAHWEH semakin kurang ajar. Banyak nabi dan orang yang setia dibunuh di masa ini, khususnya di jaman raja Ahab (1 Rj 19:14,18).

        3. Anti-Kristus/ Anti-Messias di jaman Yahshua Messias. Negara Israel secara politk di bawah pengaruh Yunani dan Roma lebih dari 300 tahun sebelum Yahshua lahir. Dan juga terpengaruh budaya negara-negara sekitarnya (Mesir, Asyur, Babilonia, Persia) baik sebelum maupun di dalam masa pembuangan. Dua sekte terbesar yang ada pada jaman Yahshua adalah Farisi dan Saduki. ”Orang Farisi adalah master-master interpreter dari tradisi-tradisi hukum tidak tertulis para rabbi (pengajar) … dan orang Saduki adalah kaum intelektual Yahudi yang dipengaruhi filosofi Yunani, dikenal sebagai Penjaga kitab Taurat” (Packer & Tenny, Illustrated Manners and Customs of The Bible, h. 506-7). Keduanya memiliki Tanak (lima kitab Musa) dan kitab para Nabi namun tidak berpegang pada ajaran Yahweh. Ajaran Musa dan para nabi dalam ibadah mereka telah tercampur oleh kepercayaan-kepercayaan lainnya. Karenanya mereka ditegur keras oleh Yohanes Pembaptis dengan panggilan ”keturunan ular beludak” (Mat 3:7) dan Adonai Yahshua pernah menegur orang Farisi sebagai anaknya Iblis (Yoh 8:44). Kedua kelompok ini adalah pemegang pemerintahan adat-istiadat Israel dan seringkali datang untuk mencobai Yahshua bahkan beberapa kali merencanakan pembunuhan atas diri-Nya (Yoh 7:25). A. Objek (deiti) yang disembah. Mereka menyembah YAHWEH sebagai Elohim mereka, namun doktrinnya telah terkontaminasi dengan ajaran-ajaran agama asing. Farisi: peraturan manusia (para rabbi) lebih tinggi dari hukum belas kasihan Yahweh, sedangkan Saduki: tidak percaya kebangkitan setelah mati (Mat 22:23; Kis 23:8 ) sama seperti kepercayaan Yunani. (Mat 12:1-14; 22:39-40) B. Pemimpin ibadahnya. Mereka adalah imam-imam dari sekte Farisi, yang nampak luarnya suci dan agung tapi tidak memiliki kehidupan. Yahshua memanggil mereka sebagai ”kuburan yang dilabur putih” (Mat 23:27) dan ”tidak dapat melihat Kerajaan Elohim” (Yoh 3:3). “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa” (Mat 23: 2), Yahshua berkata kepada pendengar-Nya ini dikatakan-Nya setelah orang-orang Farisi menguji Dia dengan pertanyaan ”Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?” (22:17) dan ”hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” (36) dan ujian dari orang-orang Saduki (’para penjaga kitab Taurat’) ”Siapakah di antara ketujuh orang itu yang menjadi suami perempuan itu pada hari kebangkitan? Sebab mereka semua telah beristerikan dia.” (28). Mereka bukanlah imam-imam yang legal. C. Hari-hari Rayanya (Holy-Days). Tidak ada masalah. Mereka menjaga hari-hari yang dikususkan oleh Elohim, Paskah (Luk 2:41-43), Pondok Daun (Yoh 7:2) dan menguduskan hari ketujuh yaitu Sabat (Saptu) (Luk 6:7; 13:10-15; Kis 15:21; 18:4).

        Barangsiapa percaya kepada-Nya [Yahshua Messias], ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Elohim. Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. (Yoh 3:18-19).

        Kondisi Anti-YAHWEH dan putra-Nya, Yahshua lebih buruk lagi pada jaman ini, mereka membunuh Yahshua, rasul-rasul dan pengikut-Nya (Yoh 19:6, Kis 7:58-60).

        4. Anti-Kristus/ Anti-Messias di jaman sekarang ini. Kitab Wahyu 17. Pasal ini menggambarkan keduanya Pelacur Besar dan Binatang yang dikendarainnya sebagai Anti-Kristus. Binatang ini tidak dibahas di sini. Malaikat Yahweh menamai representatif (wujud fisik) roh anti-Kristus ini sebagai ”Pelacur Besar” (17:1) persis sebagaimana pelacur besar itu sendiri menamai dirinya di topinya ada tertulis: “suatu rahasia: ”Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi” atau ”MYSTERY, BABYLON THE GREAT, THE MOTHER OF HARLOTS AND ABOMINATIONS OF THE EARTH” (KJV) (17:5). Anti-Kristus ini tertulis sebagai ibu, pelacur artinya ia adalah perempuan “she”. Alkitab memakai kata ganti ”she” sebagai lambang sebuah negara, kota dan gereja. Jadi wanita pelacur pada kitab Wahyu ini bisa sebagai sebuah negara, sebuah kota dan sebuah gereja.

        A. Objek (deiti) yang disembah. Dari namanya “RAHASIA, BABEL BESAR”, dapat diambil kesimpulan bahwa Pelacur Besar ini a. dosa kejahatannya lebih besar dari dosa-dosa Babel kuno (masa kini Irak selatan) – sebab ia tidak hanya menyembah deiti-deiti orang Babel tapi juga deiti-deiti negara-negara lainnya, b. menganggap dirinya sendiri sebagai deiti. c. Karena begitu rahasianya, sehingga banyak orang tertipu. Deiti orang Babel adalah deiti Matahari (Sun-god), deiti Bulan (Moon-godess), dan deiti Putra Matahari (Son Sun god) yang masing-masing diwakili dalam bentuk manusia sebagai Nimrod, Samiramis (istri Nimrod) dan Tamuz anak Samiramis dari hubungan gelap. Ia mengadopsi kepercayaan dengan Negara-negara yang dikuasainya atau ada hubungan bisnis dengannya (Wah 18:3). Pelacur Besar ini menyamakan dirinya sendiri dengan YAHWEH, ; merubah waktu dan hukum (Dan 7:25 v.s. 2:21). Cawan (4) adalah lambang penghakiman (Mark 14:36; Wah 16:1,19; 17:1), ia menghakimi dengan keji/kejam dan tidak adil. Banyak umat YAHWEH yang tidak berdosa telah dibunuhnya oleh penghakiman yang keji dan tidak adil itu, Alkitab berkata bahwa ia mabuk darah orang-orang kudus dan saksi-saksi Yahshua (17:6). Disebut “Rahasia” mungkin karena penipuannya yang begitu luar biasa, sehingga orang banyak tidak menyangka bahwa sesungguhnya ia adalah seorang pelacur bahkan “ibu dari banyak pelacur”. Pengikutnya menyangka mereka menyembah YAHWEH dan Putra-Nya, Yahshua, namun terbukti Pelacur Besar ini membawa pengikutnya menyembah roh-roh jahat dan patung-patung sebagaimana ia sendiri melakukannya bahkan ia membawa pengikut-pengikutnya menyembah dirinya . Alkitab berkata, “oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan.” (Wah 18:23). Ia tidak tahu kebenaran sebab itu ia berdusta (penuh dengan rahasia). Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yahshua adalah Messias/Kristus? Dia itu adalah anti-Kristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa. (1Yoh 2:22-23). Tidaklah mengherankan bila antek-antek anti-Kristus ini menolak bahwa ”Yahshua Messias adalah jalan satu-satunya menuju Keselamat kekal (Yoh 14:6).

        B. Pemimpin ibadahnya. Wanita Pelacur ini sendirilah imamnya, ini dapat terlihat dari a. Pada kepalanya terdapat topi keimaman (mitre) bertuliskan ”MYSTERY, BABYLON THE GREAT, THE MOTHER OF HARLOTS AND ABOMINATIONS OF THE EARTH” (17:5) meniru tseets/patam/turban resmi dari imamamat Lewi yang bertuliskan ”KUDUS BAGI YAHWEH” (Kel 28:36). b. Pakaiannya berwarna ungu dan merah tua (kirmizi) berhiaskan emas (Wah 17:4 v.s. Kel 28:4-6). Perhatikan bahwa warna biru tidak dipakai oleh ’imam wanita’ Pelacur Besar ini. Warna biru (Catatan: semua Alkitab bahasa Inggris menulis blue tidak ungu kebiru-biruan (ITB) dalam Alkitab warna biru adalah lambang ”Hukum dan perintah YAHWEH” (Bil 15:37-41). Jadi jelas bahwa Pelacur Besar ini adalah perwakilan dari wewenang keimaman yang palsu, tidak memiliki Hukum Elohim. Tidak melibatkan Sepuluh Perintah Elohim dengan benar. Makanya ia disebut Pelacur Besar, bandingkan dengan Yes 1:21 di atas. C. Hari-hari Rayanya (Holy-Days). Karena ia merasa sama berkuasa seperti YAHWEH ia merubah Hari-hari raya YAHWEH dengan Hari-hari raya dan penanggalannya yang bersumber dari ajaran-ajaran penyembahan berhala; hari yang dikuduskan YAHWEH yaitu Sabat (hari ke tujuh) (Kej 2:2-3; Kel20:8-11) diganti menjadi hari dewa Matahari – Minggu (Sun-day ) hari ke satu menurut Alkitab menjadi hari ketujuh (istirahat) bagi wanita ini. Paskah/Passover (hari peringatan kematian Yahsua menjadi hari Esther (kebangkitan dewa Tamuz) dan sebagainya.

        Adonai Yahshua Messias berkata, “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku” (Yoh 8:31), “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?” Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.” (Mat 12:48-50)

        YAHWEH dalam Firman-Nya yang tertulis (Logos/Alkitab) memperingati berkali-kali untuk tidak menambahi atau mengurangi (dengan kata lain MENGGANTI atau MERUBAH Alkitab) Logos-Nya (Ul 4:2; 12:32; Wah 22:18). Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta. (Amsal 30:6) dan Alkitab ditutup dengan peringatan ini: “Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Elohim akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Elohim akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.” Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Adonai Yahshua! Kasih karunia Adonai Yahshua menyertai kamu sekalian! Amin. (Wah 22:18-21)

        Terlihat bahwa pemberontakan umat-Nya kepada diri-Nya semakin luar biasa, bila pada jaman Musa, kesalahannya hanyalah objek yang disembah (menggantikan YAHWEH dengan patung lembu emas) maka pada masa sekarang umat-Nya melanggar ketiga unsur utama dari penyembahan yang benar; objek yang disembah, pemimpin ibadah dan Hari-hari ibadah, semuanya telah dirubah.

        Harga yang harus dibayar oleh orang-orang yang memberi dirinya untuk dipakai oleh roh Anti-Kristus:

        1. Jaman Musa. YAHWEH menulahi [kelompok pemberontak] bangsa ini, ”Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.” Oleh karena doa syafaat Musa, kemarahan YAHWEH ini dipadamkan (Kel 32:33,35; Ul 9:16-21).

        2. Jaman raja-raja Israel. Mezbahnya dihancurkan oleh kuasa Yahweh (1 Raja 13:3,5), seluruh keluarga Yerobeam terbunuh sesuai nubuatan Ahia (1 Rj 15:28-29).

        3. Jaman Yahshua. Termakan oleh sumpah mereka sendiri (Mat 27:25), puluhan juta dari mereka terbunuh oleh pedang (Kerajaan Romawi, pemeritahan Islam, Crusaders (Roma Katolik) dan gas beracun (Nazi Hitler). Masa kutukan ini telah berahir, Israel telah dipulihkan dan dikumpulkan kembali ke tanahnya sendiri.

        4. Jaman sekarang ini. Atas hikmat dan kehendak Elohim, Binatang bertanduk sepuluh (yang dikendarai oleh Pelacur Besar ini) akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api … sebab dosa-dosanya telah bertimbun-timbun sampai ke langit, dan Elohim telah mengingat segala kejahatannya. Dalam satu jam saja kekayaan sebanyak itu sudah binasa.” (Wah 17:16-17;18:5,16 ).

        Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: “Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.( Wahyu 18:4)

        Bagi Anda yang tinggal di dalam kelompok antek anti-Kristus, namun dalam hati Anda sendiri Anda tahu bahwa sesungguhnya Anda cinta dan memberi hidup Anda untuk Yahshua dan Bapa Surgawi, setelah Anda membaca artikel ini dan mengerti bahwa Anda telah disesatkan oleh Pelacur Besar itu. Saat ini Yahshua melalui malaikat-Nya mengingatkan Anda untuk pergi keluar meninggalkan Pelacur ini sebelum malapetaka besar datang menimpa dia. Bapa Surgawi mengasihi setiap orang, bahkan orang berdosa dan orang fasik, Ia tidak ingin seorangpun binasa. Pilihlah takut akan YAHWEH lebih dari popularitas, pilihlah kehidupan kekal dan tinggalkanlah pemberontakan dan penyembahan berhala, maka Anda aka didamaikan kembali kepada Pencipta Anda.

        Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya. Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Messias, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Elohim. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak ( 2Yoh 1:8-9).

        “Doa saya untuk setiap Anda para pembaca artikel ini, kiranya kemurahan dan belas kasihan Bapa Surgawi di dalam putra-Nya yang tunggal, Yahshua Messias melimpah atas kalian, sehingga Anda semua dijauhkan dari setiap malapetaka dan pencobaan, dilepaskan dari tipu daya roh-roh jaman ini dan dituntun kepada Terang-Nya yang sempurna. Yahshua mengasihi Anda dan memberkati Anda! Kiranya Bapa menghargai waktu dan air mata saya untuk Anda.”

        Bagi Anda yang merasa terpukul oleh artikel ini, pertama-tama maafkan saya jika tulisan ini terlalu keras untuk Anda. Saya melalukannya dengan hati yang takut akan YAHWEH dan hati yang murni disertai dengan kasih yan sungguh kepada Anda seperti Firman-Nya berkata, “Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. (Amsal 27:5-6)

      • Pernyataan yang bagus! Saya tambahkan: jika kita memperhatikan baik-baik Wahyu 13, 17 dan 18, dan menggabungkan itu dengan Suratan Yohanes pertama dan kedua dan mensejajarkan semua itu dengan sejarah Gereja maka Wanita Pelacur / Mistery Babilon the GREAT itu adalah Gereja Roma Katolik yang haus darah orang-orang kudus-Nya (Yahudi dan Kristen non-Yahudi).

      • shalom,” Yang penting di sini ialah ketekunan orang orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus”. ( wahyu 14:12)
        Terus khabarkan injil Yeshua Ha Mashiah. Ellohim memberkati

      • Shalom brother Wit.
        Pernyataan Anda sungguh benar! Elohim memberkati Anda.

  3. di islam tidak ada yang namanya injil..

  4. Oo, q bru tau yang dmaksud injil gnostik tuh seperti itu…
    makasih infonya

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: