Trik-trik Bapa Pendusta II


Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, … Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak. Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Elohim Yang Mahakuasa.  (Wah 12:9; 16:13-14)

Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?” (Mat 24:3) murid-murid Yahweh Yahshua bertanya kepada guru mereka. Tanda-tanda kedatangan Yahshua kedua kalinya (kedatangan-Nya kembali adalah akhir dari abad ini): peperangan, kelaparan, gempa bumi diberbagai tempat (ayat 6-12). Namun perhatikan kalimat-kalimat pertama dari jawaban Yahshua, “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Ha Mashiah, dan mereka akan menyesatkan banyak orang (4-5).

Tidakkah menarik bahwa kalimat yang pertama keluar dari mulut-Nya atas pertanyaan tersebut ialah suatu KALIMAT PERINGATAN, “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” Matius 24:4

Yahshua menamai Iblis dengan nama BAPA PENDUSTA (Yoh 8:44), karena menipu atau berdusta adalah karakter dasar Iblis, bahkan Lucifer, nama dari Iblis ini, telah berhasil mendustai satu pertiga malaikat sorga untuk menjadi pengikutnya. Tujuan akhir dusta Iblis ialah pemisahan total manusia dari YAHWEH atau kematian kekal. Iblis akan membunuh manusia jika ia tidak bisa mendustai atau menjadikan pengikutnya dengan cara halus.

Daftar trik-trik Iblis pada Abad 1 sampai sekarang.

1. Raja Herodes dan kelahiran Juruselamat. Raja Herodes berpesan kepada rombongan orang majus, ”Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.” (Mat 2:8)

Firman YAHWEH tertulis: Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu…, lalu sujud menyembah Dia. … Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain. Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat YAHWEH kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah  di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.” (Mat 2:11-13)

Trik Iblis di sini: Roh jahat (dalam tubuh Herodes) tidak maha tahu (3, 4), dan orang beragama yang tahu isi Alkitab tidak perdulu soal keselamatan jiwa (5,6). Iblis memakai pembesar-pembesar dunia untuk mengadakan conferensi, pertemuan dan mengirim utusan-utusan perdamaian. Ia, dimuka umum, selalu bicara manis dan nampaknya respek pada hal-hal yang bersifat ke Kristenan dan moral, namun sesungguhnya tujuan utamanya adalah untuk menghancurkan dan meguasai hidup manusia. Cara inilah yang pemerintah RRC lakukan kepada gereja-gereja resmi di Cina.

2.  Iblis mencobai Yahshua. Kata Iblis kepada-Nya: “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.”  (Luk 4:6-7)

Firman YAHWEH tertulis: Tetapi Yahshua berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Yahweh, Elohimmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”  (Luk 4:8). Yahwehlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai. (Maz 24:1-2 juga Kol. 1:15-17). Firman-Nya sejak masa penciptaan jelas menyatakan bahwa Elohim memberikan kekuasan dunia ini kepada manusia sebagai perawat milik-Nya (Kel 1.26-28; 2:15; Mat 21:33-46).

Trik Iblis di sini: Mengklaim apa yang bukan miliknya dan memutar balikan fakta adalah karakter dasar dari Iblis, Bapa Segala Dusta. Keberanian berbohong Iblis yang tidak tahu malu ini sering membuat manusia benar-benar percaya apa yang Iblis katakan. Banyak Muslim abad sekarangpun telah tertipu dengan trik-trik Iblis, ia membuat mereka mengklaim tampa malu bahwa nabi-nabi di Alkitab dan bahkan Yahshua (mereka panggil Isa) sebagai nabi-nabi Islam. Jelas hal ini memalukan pemeluk agama Islam yang mengerti Alkuran, sebab semua nabi di Alkitab adalah orang-orang Yahudi, dan Islam itu sendiri baru lahir pada abad keenam. Nabi Muhammad sendiri tidak pernah mengklaim bahwa nabi-nabi di Alkitab adalah nabi Islam.

3. Orang Farisi dan hari Sabat. Perempuan kerasukan roh jahat selama 18 tahun disembuhkan Yahshua di rumah ibadah. Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yahshua menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: “Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat.” (Luk 13:14)

Firman YAHWEH tertulis: Tetapi Yahshua berkata kepada mereka: “Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya? Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat.” (Mat 12:11-12)

Trik Iblis di sini:

  • Ia memakai orang-orang beragama memutar balikan makna firman YAHWEH
  • Dengan cara: menambahi perintah Elohim, sehingga menjadi beban yang berat. a. supaya perintah-perintah-Nya tidak disukai pada satu sisi. b. dan orang-orang yang beragama ini punya alasan tidak berbuat baik (menolong orang lain) pada hari Sabat pada sisi lainya. Diluar hari Sabat (Minggu malam sampai Jumat sore; hari pertama sampai hari keenam) mereka sibuk dengan urusan mereka sendiri, itulah sebabnya wanita ini 18 tahun lamanya tidak ditolong oleh orang beragama ini.
  • Iblis memberi tradisi (tidak boleh berbuat apapun pada hari Sabat) yang membuat pelakunya menjadi munafik – binatang mereka rawat tapi manusia diabaikan; seperti para Green Peace kurang lebih.

Fakta yang benar ialah: 1. Perintah-perintah YAHWEH itu ringan dan menyegarkan jiwa (Maz 119:45, 54) dan bahkan sumber keberuntungan (Maz 1); kuk  yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan (Mat 11:30). Dan Sabat itu sendiri artinya Istirahat! 2. Yahshua dan murid-murid-Nya banyak menyembuhkan orang pada hari Sabat. Berbuat baik bagi orang lain untuk memuliakan YAHWEH pada hari Sabat bukan saja dibenarkan tapi juga disukai Elohim, yang tidak dibenarkan adalah berbisnis pada hari Sabat. (Neh. 13:15-21)

4.Tanja jawab orang Farisi dan ahli Taurat tentang Kitab Suci. Kemudian datanglah beberapa orang Farisi dan ahli Taurat dari Yerusalem kepada Yahshua dan berkata: “Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan  sebelum makan.” (Mat 15:1-2)

Firman YAHWEH tertulis: Tetapi jawab Yahshua kepada mereka: Mengapa kamupun melanggar perintah Elohim demi adat istiadat nenek moyangmu? Sebab Elohim berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. …Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. (Mat 15:3-8)

Trik Iblis di sini: Iblis tidak dapat menghentikan orang untuk percaya kepada hati nuraninya bahwa Elohim (Pencipta dunia dan isinya)  itu ada. Maka yang ia dapat lakukan adalah

  1. memberi kepada orang taat ini adat-istiadat dan pikiran-pikiran sehat untuk ditambahkan kepada firman Elohim.
  2. Dan kemudian, memberikan pengertian kepada orang tersebut bahwa tambahan-tambahan itu lebih penting dari firman Penciptanya sendiri. Inilah yang menyebabkan mengapa seorang membunuh atas nama agama dan pembunuh ini berpikir bahwa ia adalah umat yang taat beragama.

5. Ahli Kitab dan perlengkapan keagamaannya. “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh (Mat 23:2, 5-7, 29)

Firman YAHWEH tertulis: Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. Celakalah kamu… sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan. (Mat 23:27-28, 25). Pesan Yahshua kepada pengikut-Nya: ”Janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.” (3) Baca Mat 5-6.

Trik Iblis di sini: Manusia senang dengan tipuan Iblis yang satu ini, sebab manusia ini berpikir bahwa dengan melakukan hal-hal yang bersifat keagamaan (mengenakan topi, pakaian dan ornament keagamaan; beramal dan rajin ibadah) ia akan dihormati dan dianggap orang saleh oleh lingkungannya. Ia menurunkan standard kekudusan dan standard masuk ke Sorga, Iblis menyatakan pada dirinya sendiri: ”Alkitab berkata: Kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat YAHWEH.” (Ibr 12:14; Wah 22:11-15), aku berkata: kalau manusia rajin beribadah dan disukai dunia (beramal dan berbuat jasa) ini maka ia layak masuk Sorga (Luk 20:46-47)

6. Rajin ibadah tanpa ketaatan pada perintah Elohim. Menaklukkan diri pada rupa-rupa peraturan: jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini; merendahkan diri, menyiksa diri, (Kol 2: 20-21)

Firman YAHWEH tertulis: Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!  (2Tim 3:5)

Trik Iblis di sini: Penyakit di atas sedang menjalar di abad terakhir ini, manusia mencoba menjadi kelihatannya bermoral dan saleh tapi mengabaikan kekudusan hati dan pikirannya, bahkan menolok otoritas kekuasaan Pencipta mereka, yaitu YAHWEH.

7. Imam-imam dan kebangkitan Yahshua. [D]atanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus, mereka berkata: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. … Maka pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya.  (Mat 27:62-66). Dari pernyataan para musuh Yahshua ini (600 tahun sebelum nabi Muhammad lahir) terbukti bahwa Yahshua mati tersalib , menyatakan bahwa Injil Gnostik Barnabas tidak dapat dipercaya!

Firman YAHWEH tertulis: Maka terjadilah gempa bumi yang hebat  seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya… penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati. Beberapa penjaga ini melapor kepada imam-imam kepala; dan para imam ini berunding dengan para penatua Farisi.  Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu dan berkata: “Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. (Mat 28:2-4, 11-13). Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini (15), dan menjalar sampai ke orang Arab dan semua orang Muslim sedunia.

Trik Iblis di sini: seorang yang terjebak oleh tipuan Iblis, kepadanya akan diajarkan ”Kamu sudah terlanjur basah, teruskan saja!”, ”Lebih baik berbohong dari pada kamu kehilangan reputasi dan jabatanmu. Pakai uang dan kekuasaanmu untuk menjaga martabatmu!” Akhirnya orang ini hidup di dalam jerat dan kuasa Iblis secara penuh.

Jalan keluar: Sangat sederhana! Rendahkan hati Anda, akuilah dosa Anda kepada YAHWEH dan minta maaf kepada orang yang telah Anda tipu, maka Anda akan dipulihkan! (Yak. 5:14-16)

8. Ananias dan Safira dengan uang persembahannya / amalnya . Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. (Kis. Rasul 4:32 ) Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. ( 5:1-2)

Firman YAHWEH tertulis: Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? ( 5:3). Pasangan suami istri ini mati  pada hari yang sama itu! (5-11).

Trik Iblis di sini: Ia memberi pikiran kepada manusia bahwa berbuat amal itu selalu bagus, sekalipun hati penuh dengan tipuan dan kejahatan dan menolak firman Elohim. Pemikiran yang sesat ini sekarang telah menjalar bukan saja dikalangan orang beragama tetapi juga di para Celebrators (aktor dan aktris film). Inilah jalan yang disangka benar, tetapi ujungnya menuju maut.

Beramal yang benar sesuai Alkitab:

  1. Di dorong oleh ketaatan pada pimpinan Roh Kudus (Yer. 7:22,23; 1Sam. 15:22-23; Ams 23:1; Pengk 4:17; )
  2. Berdamai dengan saudaramu sebelum beramal (Mat 5:22-24)
  3. Serahkan persembah / lakukan amal itu tampa diketahui orang lain (Mat 6:1-6)

9. Orang Kristen dan anugerah pengampunan. Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? (Rom 6:1)

Firman YAHWEH berkata: Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? (Rom 6:2 ), memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, …(Gal 5:13). Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Elohim di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga? (Ibr 12:25)

Trik Iblis di sini: Anda sudah lahir baru itu bagus, tapi waspadalah, sebab Iblis akan mencobai Anda dengan tipuan yang ia telah pakai untuk mencobai Yahshua: menyalah gunakan (misuse) kuasa dan anugerah Bapa Sorgawi (Mat 4:1-7). Iblis mengajar bahwa kasih karunia Elohim akan datang kepada Anda jika Anda berbuat dosa, sesungguhnya firman-Nya mengajar bahwa Karena begitu besar kasih Elohim akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yoh. 3:16) dengan kata lain; kasih karunia-Nya itu datang kepada kita oleh karena Ia sangat mengasihi kita (Rom 5:8), bukan karena kita BERBUAT dosa (Yes. 59:1-2; Yeh. 39:24)

10. Sekali selamat tetap selamat. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yahshua Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, … Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, (Ef. 1:5-7)

Firman YAHWEH berkata: Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Elohim. (Gal 5:19-21) Baca juga: 1Kor 6:10; 15:50; Ef 5:5; Ibr 12.21-29.

Trik Iblis di sini: Ia sadar bahwa orang Kristen lahir baru yang telah mengerti dan mengalami kehidupan di dalam kuasa dan anugerah Elohim tidak bisa dibohongi dengan mengatakan bahwa apa yang orang ini telah alami adalah tidak benar. Iblis memakai trik lain untuk orang jenis ini:

  1. ia akan memberikan orang ini tablet konfiden-keselamatan over-dosis! Benar bro dan sus, Bapa Sorgawi kalian itu maha penyabar  dan pemurah! Nikmatilah itu, berbuatlah apa yang daging Anda suka, bukankah Ia telah memilih Anda dan kasih-Nya itu melimpah.
  2. setelah Anda kebanyakan makan tablet-nya ini. Maka langkah berikutnya ia akan membuat Anda cinta perkara duniawi ini, kembali tenggelam kelumpur dosa Anda. Tanpa sadar Anda hidup seperti katak di kuali berair panas 50 derajat Celcius!
  3. Berikutnya,  Iblis akan menuduh Anda: bahwa Anda orang yang tidak berguna dan tidak layak. Ia akan berkata: tinggalkanlah imanmu, itu tidak berguna, bunuhlah dirimu sendiri!

Yahshua memperingatkan: Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. (Mat 24:24-25 ). Baca Iblis berkata: Sekali selamat tetap selamat temanku!

11. Jalan tol ke Sorga. Pepatah dunia berkata: ”Banyak jalan menuju Roma!” Dekade belakangan ini semakin banyak penginjil dan pendeta mengajar bahwa orang bisa masuk Sorga sekalipun tidak percaya kepada Yahshua Ha Mashiah, cukup percaya adanya God terlepas dari apapun nama gods tersebut.

Firman YAHWEH tertulis: Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.” Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Yahweh, Yahweh! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. (Mat 7:13-14, 21). Perhatikan baik-baik peringatan Yahshua ini. Jika orang yang percaya kepada-Nya namun tidak mendengarkan dan melakukan perintahnya (22-27) ditolaknya apalagi mereka yang sama sekali menolak korban darah-Nya sebagai penebus dosa mereka, pastilah mereka hanya bisa tour ke Roma tapi tidak ke Sorga!

Trik Iblis di sini: Trend globalisasi (ekonomi, agama dan politik) dipakai oleh Iblis untuk setiap orang bertoleransi dan menerima apapun dan siapapun (bukan ras, bahasa dan kebangsaan yang saya maksud!!) agar tercipta kesatuan dunia (ekonomi, agama dan politik) – dimana Iblis sendiri yang kelak menjadi pemimpinya, sebab itulah impian Iblis: menjadi raja. Tekanan berat Iblis ini tidak saja melanda para nasionalis (di negara-negara maju) mereka dijuluki ”racits atau racialists” ,  para penginjil dan pendeta pun (khususnya yang berkaliber internasinal dan terlibat di dalam politik) terjebak dalam tipuan Iblis ini. Pada satu sisi Iblis mengancam orang benar untuk berkompromi dengan nilai-nilai duniawi ini di lain sisi ia menggerakan para orang duniawi untuk  mengoalkan hukum Hak Kebebasan Berbuat Dosa  yang dilarang Elohim. (HAM itu bagus dan benar, namun kebebasan manusia yang tidak bertanggung jawab dan asusila itu merusak tatanan kehidupan manusia).

Bila sepertiga malaikat Sorga bisa ditipu oleh Iblis, apakah Anda berpikir bahwa Anda cukup pintar sehingga Anda terbebas dari tipuannya? Waspadalah!

Sebab itu Alkitab berulang-ulang kali mengingatkan kita:

  • Jika kamu berdoa,… berdoalah demikian …jangan biarkan kami masuk kedalam perncobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat (Mat 6:6,9,13, Lamsa Bible)
  • Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Mat 26:41; Mark 14:38; Luk 22:40,46)
  • dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, (Eph 6:18)

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih,

  • bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan
  • berdoalah dalam Roh Kudus.
  • Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Elohim

sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal. (Yud. 1:20-21). Yudas saudara Yakobus ini berkata demikian setelah ia memperingati mereka akan pengajar-pengajar sesat yang menyelusup, ancaman dosa Sodom dan Gomora dan kesesatan ajaran Bileam dan penberontakan Korah (4-16)

Bacaan berkait:

Trik-trik Bapa Pendusta I

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Iklan

Satu Tanggapan

  1. wah dapat banyak pengetahuan teologi
    trimakasih.
    Yesus Tuhanku yang esa memberkatimu
    ..

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: