Yohanes Pembaptis: Yahshua adalah Elohim!


Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian. (Amsal 4:7)

Nubuatan nabi Zakharia kepada anaknya sendiri Yohanes Pembaptis dan tugasnya:“Terpujilah YAHWEH, Elohim Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Elohim Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Yahweh untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, (Luk 1:68,76)

Ketika Ia berumur 30 tahun, sebelum memulai pelayanan-Nya, Ia pergi ke sungai Yordan dimana Yohanes Pembaptis sedang membaptis banyak orang. Yahshua pun turut serta turun ke sungai untuk memberi diri-Nya dibaptis (selam):

Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: “Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?” Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Elohim.” Dan Yohanespun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Elohim seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” (Mat 3:14-17). Ketiga fungsi ke elohiman bertemu dalam satu kejadian.

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Elohim, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. (Yoh 1:29-30 )

Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Elohim.” (Yoh 1:33-34 )

Pernyataan-pernyataan Yohanes yang luar biasa tentang Yahshua dari ayat-ayat di atas:

  • Anak domba Elohim, yang … – Yohanes memberi tahukan para pendengarnya “Inilah orang yang akan dikorbankan untuk dosa-dosa kalian bahkan semua orang di dunia!
  • menghapus dosa dunia – melalui korbar diri-Nya sendiri di kayu salib
  • Yahshua telah ada sebelum dirinya, Ingat Yohanes lahir lebih dulu, Yahshua: “sebelum Abraham jadi, Aku telah ada! (Yoh 8:58). Abraham lahir sekitar 2200 BC
  • Yahshua akan membaptis orang dengan Roh Kudus (Kis 1:7-8)
  • Ia adalah Anak Elohim (Yoh 1:34)

Bapa dan anak yang keduanya adalah nabi Elohim telah saling meneguhkan bahwa Yahshua adalah Elohim Yahweh.

Sedikit tentang Yohanes Pembaptis. Kedatangan dan tugasnya telah dinubuatkan oleh nabi Yesaya (757-696 BC). Gabriel, malaikat YAHWEH, berkata kepada nabi Zakaria di dalam Bait Suci di Yerusalem bahwa istrinya Elisabet akan mempunyai anak, dimana melalui anaknya

  • ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada YAHWEH, Elohim mereka, dan
  • ia akan berjalan mendahului YAHWEH dalam roh dan kuasa Elia … (Luk 1:16-17)

Masih pada Injil Lukas pasal satu. Enam bulan setelah Elisabet hamil, sepupunya Maria, tunangan Yusuf, dari Nasaret dikunjungi oleh Gabriel juga memberi dua kabar besar: 1. Roh Kudus akan membuat ia melahirkan seorang putra (tanpa persetubuhan) 2. Elisabet sedang hamil besar. (35-36)
Ketika Maria berkunjung dan memberi salam kepada Elisabet, tiga peristiwa besar terjadi (41-42):

  1. Yohanes yang ada dikandungan melonjak kegirangan
  2. Elisabet penuh Roh Kudus
  3. Elisabet tahu Maria akan melahikan Juruselamat Dunia sebab katanya, ”Siapakah aku ini sampai ibu Yahweh-ku datang mengunjungi aku? Tentunya sebutan ini hanyalah hubungan secara fisik, bukan rohani. Secara Rohani Yahshua adalah Raja, Tuan dan Elohimnya Maria

Bacaan berkait:

Yashua adalah Elohim Yahweh, pembuktian

    Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

    Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: