Ragi Orang Farisi Modern


Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yahshua mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi.” (Luk 12:1)

Siapakah orang Farisi dan bagaimana kehidupan mereka sehingga  Yahshua harus memperingatkan murid-murid-Nya untuk waspada terhadap ragi, yaitu kemunafikan, mereka?
Di jaman modern ini Anda juga akan temukan kelompok orang tertentu yang memiliki  karakteristik yang sama seperti kelompok orang Farisi di jaman Yahshua, mereka kita dapat namakan “orang Farisi modern”.

Dengan menyelidiki Alkitab di bawah pimpinan Roh Kudus dan meminta kepada-Nya apa makna dari pasal-pasal Firman YAHWEH tersebut di dalam kehidupan saat ini, maka Anda akan temukan bahwa logos itu dapat menjadi rhema (Firman yang hidup). Dengan memperbandingkan Alkitab Perjanjian Baru dengan catatan sejarah Farisi Modern, maka Anda akan temukan banyak kesamaan di antara dua kelompok orang di atas.

Berikut ini sebagian dari kesamaan mereka:

Kuasa. “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.  (Mat 23:2)
Kedua kelompok, para ahli Taurat dan orang Farisi adalah pemimpin agama dan sekaligus hal-hal yang bersifat politik orang Israel, organisasi resmi mereka dikenal sebagai Sanhedrin.
Vatikan adalah sebuah organisasi agama Kristen Katolik dan sekaligus negara.
Pemimpin-nya (Paus dan dibantu para bishop) mengklaim bahwa telah menduduki kursi Mashiah / Kristus, menamai dirinya: Vicarius Filii Dei (Latin) / The Vicar of Christ mengandung arti: Pengganti Mashiah / Kristus di Bumi. Paus Leo XIII: ”Kami menguasai tempat Elohim Yang Mahakuasa di atas bumi ini.” Dan, ”Paus tidak hanya representasi Yahshua Ha Mashiah, ia adalah Yahshua Ha Mashiah itu sendiri” – Catholic National Juli 1895.

Bukan pelaku Firman ... karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.  (Mat 23:3) Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” (Mar 7:7)
Setiap calon pendeta Katolik harus menyebut sumpah ini: “I will never interpret the Holy Scriptures except according to the unanimous consent of the Holy Fathers.”
(”Saya tidak akan pernah mengartikan kitab-kitab suci (Holy Scriptures) [yakni Alkitab] kecuali sesuai permisi yang jelas dari Bapa-bapa Suci“).
Para Paus menamai diri mereka sendiri sebagai Bapa-bapa Suci. Secara resmi Vatikan menambahkan tradisi-tradisi disamping Alkitab. Parahnya ialah mereka lebih banyak mengajar dan mempraktekkan campuran  tradisi (Yunani, Babilonia, Mesir, Persia, Islam: ibu Fatima, Asia (tasbe/kalung doa Buddha)  dibanding ajaran Alkitab.  Baca: Pagan Sun worship and Catholicis dan Alkitab India versi Roma Katolik.

Pelanggar hukum Perintah Elohim kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” (Mar 7:8). Dengan demikian firman Elohim kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri. (Mat 15:6b)
Hukum kelima: “Hormatilah ayahmu dan ibumu.” Roma Katolik merekrut remaja-remaja untuk jadi pekerja-pekerjanya, meminta mereka meninggalkan orang tua, pekerjaan mereka. Ketika para orang tua mereka protes atas keharmonisan kekeluargaan yang mereka miliki, para orang tua malang ini dituduh telah berbuat dosa ‘menghambat pekerjaan Elohim’  dan harus mengaku dosa dan membayar sejumlah nilai uang kepada Vatikan. Baca Mat 15:3-6.
Hukum ketiga. Vatikan dengan kekuatan politik dan agamanya telah menetapkan hari Sabat Alkitab tidak berlaku, dan menjadikan hari Minggu sebagai hari kudus orang Kristen.
Hukum pertama. Vatikan penuh dengan patung-patung dan sebagian dihormati dan disembah. Vatikan berargument “kami tidak menyembah patung, mereka hanyalah menolong kami mempermudah berkomunikasi dengan orang-orang suci.” Kel 20:1-6.
Baca: Are Catholics worshipping idols?

Pamer. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang;  (Mat 23:5)
Di antara semua kepercayaan Kristen, para pemimpin Roma Katoliklah yang sangat tepat di dalam cara berpakaian di atas, dan kemudian Kristen Ortodok.

Batu sandungan. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. (Mat 23:13). Kerajaan Sorga / Kerajaan Elohim ialah kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Rom 14:17) Dan Yashua berkata: ”…bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.”  (Yoh 4:23)
Vatikan tidak melibatkan Roh Kudus di dalam ibadahnya, semuanya adalah berdasar liturgi manusia. Roh Kudus sebagai pribadi (Yoh 14, 16) tidak diajarkan di dalam gereja Roma. Vatikan mengusir setiap pengikutnya yang mempraktekan karunia-karunia Roh Kudus (1 Kor 12 dan 14). Ia tidak berani masuk kedalam kebenaran, damai sejahtera dan sukacita yang sebenarnya, ia lebih suka dihormati dan mencintai dunia ini. Sehingga ia menjadi penghalang / batu sandungan bagi banyak orang; Kristianiti yang sesuai Alkitab menjadi dibenci oleh banyak golongan. Contoh:

  • Islam: Umat Muslim berpikir bahwa trinitas Kristen adalah Bapa Sorgawi, Maria (Ibu) dan Yahshua (Putra), sebab Roma Katolik mengajar bahwa Maria (ibu kandung Yahshua) adalah immortal (tidak mati) dan mediator bagi doa-doa umat Katolik.
  • Judaism: Orang-orang Yahudi susah menerima Yahshua dan ajaran-Nya oleh karena penjajahan Romawi yang keras beratus-ratus tahun lamanya. Pembantai dalam nama Crusade (Perang Suci) dan Nazi Hitler.
  • Dunia Science: hukuman berat atas  para ahli ilmu pengetahuan  oleh gereja Roma di abad pertengahan telah membuat ajaran Alkitab ditolak di bangku-bangku perguruan tinggi, dan melahirkan Atheism (Teori Darwin) di dunia pendidikan dan Komunism di dunia politik. Baca: Galileo Galilei vs The Church of Rome

Syukur kepada YAHWEH, sekarang ini ketika kelompok di atas telah melihat Terang Alkitab dan revival besar terjadi di hati dan jiwa mereka!

Gembala yang pandir. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan … (Mat 23:14; Mark 12:40; Luk 20:47)
YAHWEH menyebut para hamba-Nya yang mencari keuntungan diri sendiri dari umat-Nya sebagai ”gembala yang pandir” (Zak 11:15-17) dan ”anjing-anjing [gembala] bisu dan pelahap”  (Yes 56:9-12). Salah satu penyebab utama lahirnya pra-Reformasi (15 AD) dan Reformasi Gereja (17 AD) ialah ’pemerasan’ gereja Roma terhadap jemaatnya (pajak, pembelian pengampunan dosa dll), gereja hanya haus akan jabatan. Baca:  Author blames Vatican for Holocaust , Holocaust survivors win right to sue Vatican. Yahshua tidak melarang orang berdoa panjang bahkan lebih dari satu jam. Doa panjang yang Ia maksudkan pada ayat ini ialah doa yang bertele-tele (Mat 6:7-8), inilah doa yang diulang-ulang – doa Rossario.

Keturunan pembunuh orang-orang benar. kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh …  Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu. (Mat 23:29-31)
Vatikan adalah gereja yang memiliki banyak makam dan tugu para pemimpin Gereja. Tidak sedikit dari Paus Roma yang telah membunuh banyak pemimpin rohaniwan Kristen. Roma bertanggung jawab penuh atas terbunuhnya para rasul. Seperti orang Farisi, Roma juga membuat patung-patung rasul yang mereka telah bunuh dan memanggilnya Santo Membangun gedung gereja yang megah untuk rasul Petrus  di Roma. Yahshua bahwa memanggil Roma sebagai “Wanita yang mabuk darah orang-orang kudus dan saksi-saksi Yahshua.” (Wah 17:6)

Agamawi. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. (Mat 5:20)
Para ahli Taurat adalah orang-orang yang lebih berpendidikan dan menerapkan kitab Musa, dan orang-orang Farisi adalah sekte yang paling tegas dan taat di dalam melakukan kepercayaannya, namun kebenaran kedua kelompok ini yang paling dikritik oleh Yahshua. Mereka sangat yakin kepada diri mereka sendiri bahwa mereka paling benar,  suci dan karenanya mereka percaya akan masuk Sorga. Kesombongan mereka menghancurkan diri mereka sendiri.
Gereja Roma Katolik secara resmi mengklaim bahwa doktrin paus selalu benar dan satu-satunya organisasi gereja yang paling benar. Paus Benediktus belum lama ini mengklaim bahwa “gereja-gereja di luar gereja Roma Katolik bukan Gereja yang benar.” Paus-paus terdahulu menyatakan hal yang sama. Tidak diragukan para pemimpin gereja ini adalah orang-orang berpendidikan, namun kebenaran firman YAHWEH jauh dari mereka.

Menolak firman Elohim. Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?” (Mat 15:12)
Roma Katolik memiliki sejarah ketakutan yang panjang terhadap firman YAHWEH, Alkitab. Sampai abad 15 AD Alkitab masih tersembunyi dari jangkauan orang Kristen di Europa Barat. Ketika pertama kali diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dari Latin (berakibat lahirnya pra-Revormasi Gereja), Vatikan panik dan marah besar. Pelarangan memiliki Alkitab telah membinasakan jutaan orang Kristen di seluruh wilayah kekuasaan Roma. Sampai sekarang 21 AD mayoritas orang Katolik tidak tahu isi Alkitab dengan benar, sebab semua interpretasi Alkitab haruslah sesuai dengan tradisi Roma.

Buta rohani. Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang.” (Mat 15:14)
Vatikan mengajar: keselamatan melalui perbuatan baik; Yahshua berkata: “keselamatan adalah melalui ber-iman kepada-Nya, itu hanyalah anugerah.” Vatikan mengajar missa kudus setiap minggu bagian dari cara mendapatkan pengampunan dosa; Yahshua berkata bahwa korban-Nya di kayu salib hanya “satu kali untuk selama-lamanya” dan “sudah selesai.”

Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. (Mat 15:7-8)
Orang Farisi menempatkan Talmut (tulisan para Rabi yang berisi tafsiran hukum Musa) lebih tinggi dari Alkitab. Akibatnya ”hukum yang terutama dan yang pertama dan hukum yang kedua” (Mat 22:37-40) tidak dilakukan.
Kolekte Anda tidak dapat menebus dosa Anda, tapi pertobatan dapat. Elohim tidak memerlukan kolekte Anda (gereja yang membutuhkan), yang Ia minta adalah dengar-dengaran kepada perintah-Nya.  Baca: 95 Theses Martin Luther about Indulgences
Karakteristik-karakteristik ”Antikristus” yang tertulis di dalam Suratan Yohanes memiliki kreteria yang sama pada Matius 15:7-8 di atas!!

“Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? (Mar 8:17-18)
Ini adalah teguran Yahshua kepada murid-murid-Nya yang tidak mengerti perkataan-Nya: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi … (Mark 8:15)
Tahukan Anda bahwa sampai saat ini milyaran orang Kristen yang mengasihi Yahshua Ha Mashiah (Yesus Kristus) dengan segenap hati dan tubuhnya – jiwanya belum, di bawah ini contohnya – masih tetap percaya dan melakukan tradisi-tradisi Roma Katolik yang tidak Alkitabiah?

  • Mereka faham bahwa 25 Desember bukan lahirnya Yahshua, Juru Selamat mereka, tetapi hari dewa Matahari orang Roma, namun setiap tahun mereka setia melakukannya dan mengatakan: “Yesus Kristus telah lahir hari ini!”
  • Mereka telah mendengar bahwa hari Minggu bukanlah hari yang dikuduskan YAHWEH, namun mereka tetap menguduskannya, dan sebaliknya tidak perduli dengan perintah Tuan mereka untuk  “mengingat dan menguduskan hari Sabat-Nya yang Ia sendiri telah menguduskannya.”
  • Mereka telah melihat dengan mata sendiri bahwa roti dan anggur di perjamuan suci (Missa Kudus, dalam Katolik) benda-benda buatan manusia, tetapi tetap percaya bahwa itu telah berubah menjadi tubuh dan darah Yahshua hanya melalui sebuah doa pendeta. Baca :  Tale of the Eucharist

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik,… Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat (Mat 23:14).
Siapa yang tahu kebenaran tapi menoloknya akan dihukum lebih berat dari orang jahat yang belum tahu kebenaran (Mat 1=:14-15) dan siapa yang tahu banyak kebenaran kepadanya dituntut banyak untuk melakukannya (Luk 12:47-48).
Adakah ayat Alkitab yang menubuatkan hukuman atas gereja Roma Katolik ini? Ada!! Sudah tertulis sejak abad pertama! Wahyu 17:3-10 perempuan ini adalah lambang dari Vatikan (tafsiran ini telah diterima umum oleh para ahli Alkitab) dan hukumannya tertulis pada pasal 18:1-8, 21-24.

Membunuh pengikut Yahshua.
Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh. (Kis 7:52) Ini teguran Stefanus kepada orang-orang Farisi sebelum ia dibunuh.
Roma membunuh banyak rasul-rasul dan guru-guru Alkitab. Ratusan juta orang Protestant dan denominasi lainya mati ditangan gereja Roma Katolik.

Pesan Yahshua kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya (termasuk pekerja dan jemaat gereja Katolik yang tulus hati): Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: “Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya. Sebab dosa-dosanya telah bertimbun-timbun sampai ke langit, dan Elohim telah mengingat segala kejahatannya. (Wah 18:4-5)

Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman YAHWEH dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu? Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman YAHWEH, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya. Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman YAHWEH, yang memakai lidahnya, dan berkata, ”Dia berkata.” [KJV] Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan mereka yang menubuatkan mimpi-mimpi dusta, demikianlah firman YAHWEH, dan yang menceritakannya serta menyesatkan umat-Ku dengan dustanya dan dengan bualnya. Aku ini tidak pernah mengutus mereka dan tidak pernah memerintahkan mereka. Mereka sama sekali tiada berguna untuk bangsa ini, demikianlah firman YAHWEH. (Yer 23:29-32)

Referensi:

Tulisan-tulisan Pdt. Richard Bennett, bekas pendeta Katolik lebih dari 20 tahun. Tertulis dalam format pdf.

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog


Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: