Sejarah Hari Sabat


Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat YAHWEH,Elohim-mu; … Sebab enam hari lamanya YAHWEH menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya YAHWEH memberkati hari Sabat dan menguduskannya. (Kel 20:8-11)

Hari Sabat (Sabbath) adalah perkara yang sangat penting di mata YAHWEH,  Elohim Pencipta seluruh alam semesta, itu nampak dari kata “INGATLAH.” Kata peringatan “INGATLAH” ini tidak terdapat di seluruh Sepuluh Perintah Elohim kecuali hanya pada perintah yang ketiga dari Sepuluh Perintah-Nya tersebut.

Hari Sabat ini merupakan awal penciptaan sistem tujuh-hari-dalam-seminggu dari kalender manusia. Itu nampak dari ayat ini, “Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Elohim pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Elohim memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. (Kej 2:1-3).

Dari waktu “setelah penciptaan” (Kej 2:1-3) ke waktu Sepuluh hukum di turunkan di gunung Sinai (Kel 20:8-11) kira-kira ada rentang wanktu  2550 tahun (dengan asumsi ada 4000 tahun Setelah Penciptaan- Yahshua lahir,  Perbudakan berakhir  tahun 1450 BC).  Jadi  hari Sabat  telah ditentukan oleh Elohim  kurang lebih 2550 tahun sebelum umat Israel keluar dari perbudakan. Nabi Yeremia bernubuat atas pembuangan Israel karena pelanggaran hari Sabat (Yer 17) terjadi sekitar 600 BC.

Tidaklah mengherankan bahwa kata Sabat ini dikenal di banyak bahasa di dunia, Dr. William Mead Jones mendapaftarkan 160 bahasa yang menunjukan bagaimana periode “tujuh hari dalam seminggu” ini dikenal di dunia. Ini beberapa diantaranya:

Bahasa Inggris

Ibrani

Armenia

Persia

Yunani

Latin

Arab

Turki

Rusia

Hindustani

Malay/ Melayu

Jerman

Spanyol

The seven day

Shabbath

Shapat

Shambin

Sabbaton

Shabbatum

Assabt

Yomessabt

Subbota

Shamba

Ari-Sabtu

Samstag

Sabado

Hari ketujuh

Sabat

Sabat

Sabat

Sabat

Sabat

Sabat

Hari Sabtu

Sabat

Sabat

Hari Sabtu

Sabat

sabat

Tahun 364 AD, Kerajaan Romawi pada pada Pertemuan Laodikia (the Council of Laodicea) membuat keputusan, “Bahwa orang-orang Kristen haruslah memelihara hari Minggu, dan bahwa jika mereka tetap bersikeras di dalam beristirahat pada hari Sabat maka mereka akan dikeluarkan dari Kristus. [Hefele, History of the Councils of the Church, vol II]. Yahshua memperingatan gereja Laodekia (Wah 3:14-22) untuk bertobat (19), sebab gereja ini telah mengusir Pemimpin Gereja-nya keluar dari lingkungannya (20).

Tahun 1610, Viginia, Amerika; hukum hari Minggu (the Sunday law) mewajibkan setiap pria dan wanita untuk beribadah pad hari Minggu, atau kena hukuman. Peringatan pertama pelanggar akan kehilangan pendapatan selama seminggu. Kedua kalinya akan mendapat hukuman yang sama ditambah pecutan/cambukan. Dan ketiga adalah kematian. Hukuman ini berdasarkan Articles, laws, and Orders, Divine, Politique, and Martial , for the Colony in Virginia pertama dikeluarkan oleh Sir Thomas Gates, Knight, Lieutenant General pada tgl 24 Mai 1610.

Abad 21, hampir setiap denominasi gereja beribadah pada hari Minggu, dan berpikir bahwa hari Sabat adalah hari Minggu. Hanya sekelompok kecil orang Kristen yang tetap beribadah pada hari Sabat (Sabtu) sesuai kebiasaan Adonai Yahshua dan rasul Paulus dan rasul-rasul lainnya.

Tetaplah ingat dan kuduskanlah hari Sabat, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh YAHWEH, Elohim-mu (Ul 5:12).

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (Yoh 8:31-32)

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

About these ads

3 Tanggapan

  1. lalu jika demikian, bagaimana pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh murid Yesus pada hari sabat?? bukankan itu juga tertulis dalam Injil?

  2. Shalom Elohim Shalom,

    Saya sangat berterima kasih dengan Blok yang anda tulis, Iman saya sangat berkobar-kobar saat saya mulai membaca satu demi satu tulisan di Senjata Rohani ini….
    Semoga Tuhan YHWH selalu memberkatimu dan keluargamu…

    Yang ingin saya tanyakan adalah tentang Hari Sabat, Alkitab tidak menulis bahwa Sabat itu hari Sabtu, Alkitab juga tidak mengatakan bahwa Hari Pertama itu Minggu… Alkitab menulis Hari ke-1 (Pertama) sampai Ke-7 (Hanya hari ketujuh sajalah yang diganti menjadi Hari Sabat…

    Kitab Hosea 2:11 mengatakan bahwa “Aku akan menghentikan segala kegirangannya, hari rayanya, bulan barunya dan hari Sabatnya dan segala perayaannya”.

    Kitab Mazmur 81:3 “Tiuplah sangkakala pada bulan baru, pada bulan purnama, pada hari raya kita”.

    Kitab 1Tawarikh 23:31 “dan pada waktu mempersembahkan segala korban bakaran kepada TUHAN YHWH, pada hari-hari Sabat, bulan-bulan baru, dan hari-hari raya, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi mereka, sebagai tugas tetap di hadapan TUHAN YHWH”.

    dari ayat2 diatas mengatakan bahwa pada hari bulan baru kita melakukan Pertemuan Kudus di Bait Suci (Ibadah) artinya bahwa Hari Pertama di Bulan Baru, Alkitab mengatakan bahwa mereka Ibadah ? Kemudian hari Kedua kita berkerja seperti biasa dan nanti pada hari kedelapan kita melakukan Pertemuan Kudus di Bait Suci yaitu dengan membawa Korban Bakaran

    Bilangan 6:10 “Pada hari yang kedelapan haruslah ia membawa dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati kepada imam, ke pintu Kemah Pertemuan”.
    Artinya bahwa hari Kedelapan juga ada pertemuan Kudus di Bait Suci, kemudian kalau kita hitung 7 hari lagi setelah Hari Kedelapan maka akan jatuh tepat Hari Kelima Belas… dan Alkitab mencatat bahwa Hari Kelima Belas juga ada Pertemuan Kudus di Bait Suci (lihat Kitab Kitab Mazmur 81:3 “Tiuplah sangkakala pada bulan baru, pada bulan purnama, pada hari raya kita”. Penekanan di Bulan Purnama akan jatuh tepat pada Hari Kelima Belas…
    kemudian Kitab Bilangan 28:17 “Pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya; tujuh hari lamanya harus dimakan roti yang tidak beragi”. Kemudian Kitab Imamat 23:6 “Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN YHWH; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi”. Menurut Alkitab bahwa hari kelima belas bulan Nisan/Abib adalah Sabat Besar karena bertepatan dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi?

    Mohon Penjelasannya, karena Kitab Suci tidak pernah menulis nama-nama hari seperti saat ini…

    Terima Kasih, Bapa YHWH memberkati. Amin.

    • Shalom Bhavos.
      Darimana kita tahu bahwa hari Sabat (hari ketujuh dalam Alkitab) adalah hari Saptu? Mudah sajah. Dari tabel nama-nama hari Sabtu dalam berbagai bahasa lalu kita melihat sejarah gereja Roma Katolik, yang berawal pada Sidang di Laodikia yang merubah hukum YAHWEH ini, memajukan satu hari, menjadi hari Minggu /Sun-day (hari pertama dalam Alkitab). Bangsa Israel (dari mana Alkitab berasal; Yeshua/Yesus, 12 murid-Nya, Paulus/Silas juga orang Israel) sampai saat ini juga beribadah dan beristirahat pada hari Sabat yakni Saptu dalam kalender dunia.

      Banyak hal-hal di Alkitab tidak dimegerti oleh orang Kristen bukan-Yahudi, sebab pemimpin mengajar doktrin Gereja yang salah, bahwa “Perjanjian Lama tidak berlaku lagi”, “Israel sebagai umat YAHWEH telah digantikan oleh Gereja (jemaat Kristen bukan-Yahudi)” doktrin-doktrin ini dikenal sebagai “replacement theology” berakar dari agama Kerajaan Romawi; yaitu Gereja Roma Katolik.

      Kita tidak perlu memusingkan diri dengan peraturan dan liturgi yang ditambahkan sebagai hukum oleh para rabbi, bagi orang beriman bukan-Yahudi cukup kita memelihara 10 Perintah-Nya dan merayakan hari-hari raya yang Ia telah tetapkan, seperti Paskah, Pondok Daun.
      Jika Sdr. Bhavos ingin mengetahui lebiih detil tentang kalender Ibrani dan hari-hari pentingnya silahkan baca di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Hebrew_calendar.
      Salam, Anggur Baru.

Tulis komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: