Kebangunan Rohani di Israel


Tahun-tahun belakangan ini, jumlah orang-orang Yahudi yang percaya kepada Yahshua atau Yeshua semakin bertambah jumlahnya dengan pesat. Asher Intrater salah seorang pemimpin Messianic Jews (Orang-orang Yahudi pengikut Yahshua) berkata, “Ini adalah pertama kalinya dimana kami telah melihat masyarakat Israel secara umum sungguh terbuka untuk percaya siapa Yahshua adalah. Ini sebuah mujizat nyata, …”

”Saya percaya dengan segenap hati saya, setelah kami kembali ke tanah perjanjian, kami melihat YAHWEH, Roh Kudus, mengangkat selubung yang menutupi mata-mata orang Yahudi dan lebih dan lebih lagi orang-orang Yahudi sekarang menyadarinya.” kata Pendeta Avi Mizrachi. Ia mengambil istilah dari 2 Kor. 3:8-14.

Tidak ada yang tahu secara tepat berapa banyak Orang-orang Yahudi Pengikut Yahshua (Messianic Jews), namun dipercayai jumlah mereka sekitar 10 000 sampai 15 000 (10-15 ribu) dengan 120 perkumpulan jemaat,, dibandingkan 10 tahun lalu hanyalah sekitar 3 500 orang dan 80 perkumpulan jemaat, jelas ini suatu pertumbuhan yang luar biasa. Laporan dari Joel Chenoff berjudul “Messianic Jewish Rivival” menulis: “Di USA pada tahun 1967 jumlah orang Yahudi pengikut Yahshua kurang dari 2000 (dua ribu). Saat ini perkiraan jumlah menurut study populasi Yahudi di USA antara satu sampai dua juta pengikut. Pada tahun 1967 tidak ada satupun tempat ibadah resmi dan sekarang lebih dari 700 tempat di seluruh dunia.” Konferensi Messianic Jews

Meskipun Yahshua / Yeshua adalah orang Yahudi dan murid-muridNya yang pertama juga orang-orang Yahudi sebagaimana keempat Injil menulis, namun hampir 18 abad lamanya Berita Injil atau Kabar Baik hanya dilihat sebagai sebuah kepercayaan untuk orang-orang bukan Yahudi (Gentiles). Bahkan nama Yesus / Jesus (nama Yahshua yand dikenal di kalangan bukan Yahudi) menjadi kata yang terlarang diantara banyak orang Yahudi. Pengaruh Kerajaan Romawi dan kekuasaan Gereja Roma Katolik di dalam sejarah bangsa dan negara Israel – dari sejak penjajahan sebelum Yahshua Ha Mashiah lahir sampai Nazi Holokos – telah mencoreng kemulian dan kekudusan Yahshua dan menghambat berita keselamatan-Nya dimata bangsa-Nya sendiri. Hal-hal ini yang membuat sebagian besar orang Yahudi masih susah menerima pesan Injil: Yahshua / Yeshua / Yesus telah mati tersalib untuk menebus dosa-dosa seluruh umat di dunia. Tidak sedikit dari para pengikut Yahshua ini teraniaya oleh bangsanya sendiri karena dianggap “terlibat di dalam aktivitas penginjil” aniaya ini berupa: dikirimi bom-paket, tempat pertemuan dirusak, sulit mendapat warga negara Israel dan lain sebagainya. Saatnya sekarang para orang Kristen bukan Yahudi Pengikut Yahshua di seluruh dunia menunjukkan kasih mereka kepada saudara-saudari mereka yang Yahudi sebagaimana Alkitab telah mengajar.

Terpujilah YAHWEH, banyak orang Yahudi sekarang telah mengerti bahwa Yahshua (Yang dikenal sebagai Yesus oleh penduduk dunia ini) adalah orang Yahudi sama seperti mereka, mereka tidak malu-malu lagi mengakui diri mereka Pengikut Yahshua – atau orang Kristen lahir baru dalam kontek Alkitabiah – kepada sesama Yahudi. Perkataan “Penginjil /Missionary” sampai sekarang tetap menjadi kata yang tidak enak didengar ditelinga orang Yahudi. sebab itu banyak orangYahudi Pengikut Yahshua yang memberitakan Injil kepada sesama mereka masih segan disebut “Penginjil / Missionary”

Eddie Santoro berkata, “Kami memulai hampir dua tahun lalu dengan kira-kira 20 orang, sekarang kami punya lebih dari 100. Kami melihat keselamatan disini dan disana, tetapi kami merasakan seperti akan datang lagi. Itu bertumbuh dengan pasti.”

Karen Davis, seorang pemimpin pujian dan penyembahan memberi jawaban ketika ia ditanya ”Apa arti pergerakan ini (kebangunan rohani diantara orang Yahudi) untuk tubuh Kristus?” – sebuah istilah Kristen yang berarti kesatuan yang korporat diantara para pengikut Yashua tanpa memandang denominasi. Katanya: ”Itu adalah sebuah pertempuran yang sungguh-sungguh untuk kembalinya YAHWEH, sebab Yahshua tidak akan kembali sebelum orang-orang Yahudi berkata Baruch h’abba B’shem AdonaiDiberkatilah Dia yang datang di dalam nama YAHWEH.” [Merefer kepada: Mat 23:39; Luk 13:35, Yahshua mengutip dari Maz 118:22-26;]*

Kebangunan rohani orang-orang Yahudi ini sungguh luar biasa besarnya, sampai-sampai koran sekuler Israel berbahasa Inggris Jerusalem Post pada edisi 13 Febuari 2009 membuat berita ini dihalaman depan korannya. Koran ini yang biasanya memberitakan berita sumbang tentang kepercayaan Kristen dan Orang Yahudi Pengikut Yahshua, sekarang memberitakan kabar yang jujur dan seimbang. Sebelum pemberitaan Injil ini menghasilkan buahnya, banyak koran-koran dan perusahaan media iklan menolak pemasangan ”iklan” dari para pengikut Yahshua ini, jadi mereka hanya bisa membagi-bagikan flyer dan brosus di jalan-jalan bertahun-tahun lamanya dan dibantu dengan media Kristen luar negeri. Sekarang mereka mulai diundang di TV dan radio untuk interview dan diskusi, demikian Dan Sered direktur dari Jews for Yeshua organisasi mengungkapkan perjuangan mereka (dan organisasi-organisasi sejenis itu) yang berat disertai air mata menjadi suatu musim menuai yang besar dengan disertai sorak-sorai. Mereka berterima kasih kepada Elohim dan para rekan-rekan seiman diluar negeri yang telah menolong mereka.

Nyanyian ziarah. Ketika YAHWEH memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi. Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa: “YAHWEH telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!” YAHWEH telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita. Pulihkanlah keadaan kami, ya YAHWEH, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb! Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya. (Maz 126:1-6)

* Adonai: bahasa Ibrani yang diterjemahkan menjadi LORD / Lord / Master di dalam Alkitab bahasa Inggris. Ini hanyalah cara orang Yahudi menghindari pemakain nama asli Elohim yang sebenarnya. Mazmur 118:26 tertulis the LORD atau TUHAN. Aslinya adalah YHWH dieja YAHWEH.

Referensi:

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

3 Tanggapan

  1. wah ber arti uda dekat hari penghakiman
    lah diri kita dengan kasih dan iman. karna dalam kitab wahyu dikatan pada saat hari penghakiman itu bangsa yahudi akan percaya Yesus itu Tuhan

  2. koq bisa tahu tentang YAHUDI, nih dari mana?

    • Banyak orang memang tidak tahu tentang siapa dan apa yang terjadi pada orang Israel (Yahudi). Bahkan tidak sedikit orang Yahudi yang tidak tahu rencana Elohim atas dirinya dan negaranya, ini menyedihkan. Ketidak tahuan ini dikarenakan dunia tidak BERANI membaca ALKITAB, mereka TAKUT menerima kenyataan dan bertemu dengan Pencipta mereka.
      Elohim masih tetap setia dan melakukan perkara besar atas negara Israel: baca Mujizat2 atas Israel abad-modern.
      Terima kasih untuk kunjungan Anda!

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: