BBC DEBAT: Gereja Katolik adalah sebuah kekuatan untuk kebaikan di Dunia?


Gereja Roma KatolikDebat ini (19 Oktober 2009) dimotori oleh Intelligence Squared mengambil tempat di Methodist Central Hall Westminster. Debat ini dipancarkan di BBC World News secara global pada tanggal 7 dan 8 November. Debat yang seru dan menarik antusias para hadirin! video debatnya dapat dilihat di bawah.

Moderator: Reporter BBC World News
Dua pembicara mendukung Katolik; Archibishop Roma Katolik dari Nigeria dan satunya lagi ialah Rt Hon Ann Widdecombe MP, seorang MP Konserfatif Inggris yang menjadi Katolik
Dua pembicara menentang Katolik: Pengarang buku bestselling “God is not Great” dan satunya lagi seorang seniman dan pengarang buku.
Penonton; berjumlah sekitar 2165 orang.
Metode debat: Moderator mengadakan pemungutan suara dari Penonton sebelum para pembicara memberi presentasi. Keempat pembicara masing-masing memberi presentasi, dan dilanjutkan dengan dengan tanja-jawab. Selesai ruang tanya-jawab, kemudian diadakan voting kembali.

Dua pokok debat pada forum ini ialah

  1. Setuju atau tidak setuju bahwa “Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah sosial
  2. Setuju atau tidak setuju bahwa”Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah politik
  3. Setuju atau tidak setuju bahwa “Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah keagamaan

Data kesimpulan perkataan keempat pembicara dapat dibaca dan di download pada Intelegencesquared.com di bawah artikel ini.

Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah sosial

Pembicara Katolik (Setuju) berkata:

  • Kita dapat berterima kasih kepada Gereja Katolik untuk budaya Europa, pengetahuan dan teknologi
  • Gereja Katolik memsuplai makanan rohani populer
  • Ajaran Roma Katolik melepaskan absolut-absolut moral
  • Pelayanan belas kasihan Katolik melakukan pekerjaan-pekerjaan baik kepada mereka yang sangat membutuhkan
  • Gereja Katolik tidak lagi menyalahi perbuatan homosex
  • Gereja mengharmoniskan persamaan hak wanita dengan pria
  • Gereja Katolik tidak dapat disalahkan oleh karena dosa-dosa anggotanya
  • Kontrasepsi menyebabkan surat jalan, surat jalan menyebabkan Aids

Lawan Pembicara Katolik (Tidak setuju) berkata: (cat.: tidak diterjemahkan semuanya)

Ajaran Gereja Katolik menentang sex  menyebabkan jutaan jiwa meninggal dunia. Sekalipun 5,8 juta orang terjangkit HIV positiv pertahun dan 2,5 juta mati karena Aids, 28% anak-anak Afrika kehilangan satu atau kedua orang tuannya karena Aids. Tetapi Roma Katolik tetap bersikeras menolak kebijaksanaan internasional menggunakan kondom untuk pencegahan penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan (pembatasan kelahiran).

Ajaran Katolik tentang sex memaksa orang-orang menjadi manusia-manusia munafik. Penghakiman Gereja Katolik pada perbuatan homosex, perceraian … menyebabkan orang-orang Katolik menjadi para munafik bermuka dua. Di Itali dimana kira-kira 85% mengaku Katolik, studi terakhir telah menunjukan 70% melakukan sex sebelum menikah.

Gereja Katolik merendahkan para wanita. Dengan melarang kontrasepsi dan aborsi secara hukum (gereja), Gereja Katolik menolak para wanita memakai hak mereka untuk mengendalikan tubuh mereka sendiri. Di Afrika, rumah sakit – rumah sakit Misi Katolik dilarang untuk menawarkan pelayanan-pelayanan pengendalian kelahiran kepada ibu-ibu miskin, meninggal mereka membawa anak-anak kedalam dunia untuk mati kelaparan. Bahkan lebih buruk lagi melarang kontrasepsi kepada wanita-wanita yang terinfeksi HIV.  Paus Yohanes Paulus melarang pendeta-pendeta perempuan.

Gereja Katolik telah bersifat munafik tentang pendeta-pendeta paedophile. Penyalah gunaan sex kepada anak-anak oleh para pendeta Katolik bukanlah hal yang rahasia lagi, namun para Bishop yang mengetahui hal ini tidak melaporkanya ke polisi. Suatu komisi penyelidik hal ini mendapatkan bahwa pemerintah Irlandia terlibat tutup mulut dalam hal ini. Survey tahun 2003 di Inggris menemukan satu dari 10 pendeta Katolik dan Wales merasa bahwa paedophilia seharusnya tidak menghalangi para pendeta (paedophilia) dari aktif dipelayanan.

Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah politik.

Pembicara Katolik (Setuju) berkata:

  • Gereja Katolik telah mengambil sebuah tindakan moral melawan diktatorship
  • Gereja Katolik paling menonjol di dalam menahan para Nazi
  • Gereja Katolik adalah seorang pahlawan dari yang tertekan
  • Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk perdamaian dunia dan reconsiliasi

Lawan Pembicara Katolik (Tidak setuju) berkata: (cat.: tidak diterjemahkan semuanya)

The Crusades telah meletakan fondasi-fondasi untuk hubungan-hubungan buruk hari ini dengan dunia Islam.

Gereja Katolik telah mengesahkan tirani. Dalam abad pertengahan Europa, inkuisisi diluncurkan oleh penguasa-penguasa sekuler untuk menghukum  mati ”para heretic / sesat” untuk tujuan –tujuan politik Roma Katolik. Jean A. Llorente, seketaris  untuk Spanyol Inkuisisi (1790-92), mengakui: ”Tindakan yang sangat buruk dari Kantor Kudus [Holy See/ Roma Katolik] telah melemahkan kekuatan dan mengurangi populasi Spanyol dalam bidang seni, science, industri, commerce dan immigrasi keluar negeri.

Kolonialisasi Europa was (adalah) stampel-karet oleh Gereja Katolik. Paus Alexander VI secara formal membagi penemuan dunia baru Asia, Afrika dan Amerika antara negara Spanyol dan Portugal mengatas namakan pemberitaan Injil.

Gereja Katolik menghalalkan fascism (ideologi pemaksaan). Sebelum menjadi Paus, Paus Pius XII telah bernegosiasi dengan Hitler (Nazi German) tahun 1933 untuk melegitimisasi regim Hitler. Pada akhir 1942, Paus Pius telah mempelajari detail dari Holokos dari sedikitnya 12 negaa, namun ia menolak membuat protest kepada Nazi secara formal. Gerakan Fascist Belgia Rexism lahir dari gerakan Katolik konservatif.

Gereja Katolik tetap mendukung regim-regim keras salap-kanan. Paus (1846-78) memaksa orang-orang Yahudi Roma masuk ghetto, dan membaptis anak-anak mereka dengan paksa.  Paus Pius XII anti Semit.

Gereja Katolik adalah sebuah pendorong untuk kebaikan di dalam masalah-masalah keagamaan.

Pembicara Katolik (Setuju) berkata:

  • Kekuatannya adalah bersifat fundamental di dalam doktrin dikombinasikan dengan faham realitas duniawi.
  • Vatican II telah membuat Gereja Katolik nampak keluar dan inclusive
  • Kekuatan Gereja Katolik adalah didasari pada prinsip moral yang timeless.
  • Gereja Katolik adalah sehat dan hidup

Lawan Pembicara Katolik (Tidak setuju) berkata: (cat.: tidak diterjemahkan semuanya):

Orang-orang Protestant adalah benar tentang Korupsi Gereja Katolik. Kekayaan dan korupsi Gereja Roma Katolik dan kegagalannya untuk mereformasi dirinya sendiri telah memimpin secara langsung kepada Reformasi yang memecah dan melemahkan dunia Kristen. Yang terbaru, Penyembunyian yang memalukan dari perbuatan-perbuatan pendeta-pendeta paedophilenya dan sebuah seri skandal keterlibatan keuangan Vatical (money laundering).

Gereja Katolik menolak kebebasan intelektual. Theolog Swiss, Hans Kung dihapus title sebagai seorang guru Katolik resmi setelah menolak doktrin kesempurnaan kepausan.

Roma Katolik mengklaim sebagai satu-satunya gereja yang benar mencegah kesatuan agama. Paus Yohanes Paulus II memiliki motif yang jahat dibalik promosi okumenikal; Hans Kung telah meneliti bahwa ”Itu adalah mungkin sekali menendang saudara-saudara okumenikal kita pada gigi-gigi mereka. [Gerekana Okumene yang diprakai oleh Gereja Roma Katolik ini, telah diketahui oleh banyak pemimpin Protestant sebagai jebakan untuk orang-orang Protestant kembali kepada kekuasaan Gereja Katolik].

Di Barat, Gereja Katolik sedang menuju kematian pada kaki-kakinya. Dari tahun 1960-90, 100,000 (seratus ribu) pendeta Katolik (20 ribu dari USA) dan 200,000 (dua ratus ribu) suster Katolik  murtad atau meninggalkan agama Katoliknya. Populasi Perancis dari 96% Katolik (1965) saat ini 62% (nominal). Diseluruh dunia telah jatuh dari 50% (1970) menjadi 42% (2000).

Sebuah agama yang tidak mampu berkompromi adalah hancur karena tidak sesuai. Konsep bahwa Paus tidak pernah salah (infallible) adalah sebuah konsep yang menghancurkan konsep infallible itu sendiri kata Benrnhard Hasler seorang Sejarawan Katolik.

Dihadapi dengan fakta sehari-hari dan sejarah yang dipaparkan oleh kedua pembicara yang kelihatannya seculer ini, Archbishop Roma Katolik John Onaiyekan ini tidak bisa menjawab balik secara doktrin. Stephen Fry dan Christopher Hitchens sungguh telah mempersona para hadirin, ini bisa dilihat dari hasil voting debat tersebut.

  • Voting sebelum debat:   Pro Katolik 31.9%; Anti Katolik: 51.8%; Absent: 16,3%
  • Voting setelah debat:      Pro Katolik 12.4%; Anti Katolik: 86.0%; Absent:  1,6%

Video rekaman debat dapat dilihat di sini:

Video The Intelegence Squared Debate, C. Hitchens & S. Fry vs Roman Catholics. 1 , 2 , 3 , 4 , 5

Kita sedang memasuki masa waktu Kitab Wahyu 17:16-17! YAHWEH sendiri yang menerangi pikiran orang-orang yang tidak mengenal kepada-Nya untuk menjatuhkan Ibu dari wanita-wanita pelacur dalam Wahyu 17 ini.

Yahshua Ha Mashiah akan datang kembali ke dunia lagi! Sudahkah Anda siap untuk hadir di Pengadilan Akhir Jaman-Nya?

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: