Nubuatan Alkitab tentang Yahshua Ha Mashiah, 1.


Yahshua dinubuatkan banyak sekali di dalam Perjanjian Lama. Ada tiga hal penting yang sangat perlu diketahui sebelum membuktikan kebenaran ini. Menyelidiki Alkitab hanya untuk kepuasan otak sangat sedikit faedahnya, namun bila kita menyelidiki itu untuk mengenal pribadi-Nya dan kehendak-Nya kita akan beroleh damai sejahtera Elohim yaitu damai yang melampau segala akal kita.

Yahshua berkata dalam doa-Nya, ”Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Elohim yang benar, dan mengenal Yahshua Ha Mashiah yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. (Yoh 17:3-5)

Tiga kebenaran pada doa Yahshua di dalam ayat Alkitab ini merupakan kunci dan tujuan dari artikel yang saya tulis. Adonai Yahshua mengatakan

  1. Hidup yang kekal di dapat dari mengenal Bapa Surgawi, YAHWEH, dan diri-Nya sendiri, Yahshua Ha Mashiah.
  2. Fakta ialah bahwa apa yang Yahshua telah kerjakan (mengajar, memuridkan dan mengutus, menyatakan nama Bapa, mati tersalib bagi semua orang berdosa, mengutus Roh Penolong yakni Roh Kudus) adalah amanat Bapa, itu sudah direncanakan sebelum Ia menjelma menjadi daging/manusia.
  3. Yahshua itu sosok yang mulia baik sebelum dunia ini tercipta maupun sebelum Ia merendahkan diri-Nya menjadi daging. Ia telah ada sebelum dunia ini jadi, sebab Ia adalah Elohim.

 

Melalui tiga kebenaran yang Yahshua bukakan ini akan membuat kita mudah mengerti isi dan tujuan Alkitab Perjanjian Lama. Setiap kali kita membaca kitab-kitab Perjanjian Lama maka kita akan bertanya kepada Roh Kudus, ”YAHWEH, apa yang Engkau ingin ajarkan kepada saya tentang Yahshua melalui kitab-kitab ini?” sebab Yahshua sendiri berkata bahwa semua kitab Perjanjian Lama bicara tentang Dia, ”Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi (Luk 24.27). Kitab Suci di sini tentulah kitab-kitab Perjanjian Lama.

Tanda ’//’ (paralel) dipakai untuk perbandingan ayat-ayat di Perjanjian Lama (sebelah kiri) dengan Perjanjian Baru (sebelah kanan) Kalimat/ kata dalam tanda […] pada ayat-ayat adalah a. keterangan tambahan dari saya sesuai kontek ayat Alkitab, b. Huruf kecil yang dibesarkan bila kata itu terletak pada kalimat pertama (karena pemotongan kalimat).

Dari benih seorang wanita. Kej 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (Kej 12:3) // Gal 4:4 Tetapi setelah genap waktunya, maka Elohim mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat, (Luk 2:7; Wah 12:5)

Dari benih Abraham. Kej 18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat? // K. Rasul 3:25 Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Elohim dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati, (Mat 1:1; Luk 3:34).

Dari benih Ishak. Kej 17:19 Tetapi Elohim berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. // Mat 1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, (Luk 3:34)

Dari benih Yakob. Bil 24:17 Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel; (Kej 28:14) dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat. // Luk 3:34 anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham, anak Terah, anak Nahor, (Mat 1:2).

Akan lahir dari keturunan suku Yehuda. Kej 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. // Luk 3:33 anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda, (Mat 1:2,3).

Mewarisi tahta Daud. Yes 9:7 Yahweh telah melontarkan firman kepada Yakub, dan firman-Nya itu menimpa Israel, (Yes 11:1-5; 2 Sam 7:13) // Mat 1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham, (Mat 1:6).

Tempat kelahiran-Nya. Mika 5:2 (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. // Mat 2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem, (Luk 2:4-7).

Wa   Waktu kelahiran-Nya. Dan 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. // Luk 2:1-2 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. (Luk 2:3-7).

Lahir dari seorang perawan. Yes 7:14 Sebab itu Yahweh sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. // Mat 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Luk 1:26-35).

Nubuat pembantaian bayi-bayi. Yer 31:15 Beginilah firman YAHWEH: Dengar! Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi. // Mat 2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu. (Mat 2:17-18)

Mengungsi ke Mesir. Hos 11:1 Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. // Mat 2:14 Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, (Mat 2:15). Exodus Israel (Kel 4:22-23) parallel dengan tujuan Kelahiran Yeshua, pertama keluar dari perbudakan tubuh, yang kedua dari dosa!

Pelayanan di tanah Galilea. Yes 8:23; 9:1) Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu YAHWEH merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain. Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. // Mat 4:12-4 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya… (15-6).

Sebagai seorang Nabi seperti Musa. Ul 18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh YAHWEH, Elohimmu; dialah yang harus kamu dengarkan. // Joh 6:14 Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: “Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia.” (Yoh1:45; Kis 3:19-26)

Sebagai seorang Imam, seperti Melkisedek. Maz 110:4 YAHWEH telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.” // Heb 6:20 di mana Yahshua telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya. (Ibr 5:5-6; 7:15-17)

Dia ditolak oleh orang Israel. Yes 53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. (Maz 2:2) // Yoh 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. (Yoh 5:43; Luk 4:29; 17:25; 23:18)

Pribadi dan kuasa-Nya. Yes 11:1-2 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh YAHWEH akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan YAHWEH; (Maz 45:7; Yes 11:3-4)// Luk 2:52 Dan Yahshua makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Elohim dan manusia. (Luk 4:18-21). Baca bagian kedua (2.)

Dari Abraham ke Yahshua ada rentang waktu kurang lebih 4000 tahun. Alkitab adalah sungguh Firman YAHWEH, Elohim Yang Hidup!!!

Baca Bagian ke dua.

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!