Satu Bangsa Kuno telah lahir kembali! Thanks to Israel!!


Aku mau menyanjung YAHWEH sesuai dengan kebenaran-Nya, dan aku mau memazmurkan Nama YAHWEH Yang Mahatinggi Mazmur 7:18

Orang Kristen Aram-Israel kebangsaannya diakui IsraelAwal tahun 2014 ini, pemerintah Israel telah menggambil suatu langkap yang sangat bersejarah – mengakui secara resmi keberadaan orang-orang Kristen Aram  sebagai sebuah bangsa. Jadi sekarang, orang-orang Kristen Aram-Israel dapat terdaftar sebagai suatu bangsa yang berbeda. Koran online Israel Today melaporkan.
Sebelumnya orang Kristen Aram-Israel ini hanya dikenali sebagai suku Kristen Arab, sekalipun ternyata bahasa ibu mereka yang sebenarnya bukanlah bahasa Arab, tetapi bahasa Aram.
“Keberadaan kebangsaan orang Aram adalah jelas dan terbukti,” tulis Gideon Saat kepada Departement PIBA (Population, Immigration and Border Authority of Israel).
Pengakuan ini berarti mengembalikan posisi bangsa Aram ini kembali sebelum penguasaan Muslim Arab atas negara-negara Israel, dan sekitarnya (Syria, Irak).
Pengakuan resmi pemerintah Israel ini disambut sangat positip oleh Pendeta Gabriel Naddaf, pemimpin Kristen setempat sebagai “keputusan yang memperbaiki suatu sejarah yang tidak adil dimana warga Israel dari keturunan Kristen-Timur telah dinyatakan secara salah sebagai ‘Arab-arab Kristen,’ meskipun mereka tidak memiliki hubungan sama sekali kepada kebangsaan Arab.” Pendeta Naddaf menambahkan, “Semua orang Kristen dari 133.000 Kristen yang hidup di Israel dan anggota dari gereja-gereja Timur sekarang dapat ada didaftarkan sebagai orang Aram.”

Di foto: Berbaju hitam dengan kalung salib berdiri di antara orang-orang Kristen Aram yang mengibarkan bendera-bendera Israel.

“Ini adalah suatu moment yang bersejarah. Orang-orang Aram akhirnya melihat keadilan setelah ada dianiaya di seluruh wilayah.” Shadi Khalloul/ Halul, jurubicara untuk Kristen Aram-Israel, kepada koran Ynet Israel.   “Itu adalah suatu keputusan yang bersejarah dan sebuah perubahan yang bersejarah bagi hubungan antara orang-orang Kristen dengan orang-orang Yahudi di dalam negara Israel,” Shadi menambahkan. Ketika ditanya mengapa keputusan pemerintah Israel berarti begitu besar bagi Kristen Aram-Israel ini, Shadi menjawab dengan sejarah singkat: “Kami telah hadir di wilayah ini untuk ribuan tahun. Kami telah menerima Kristianiti, namun kemudian ditekan selama penjajahan Arab, sebagaimana juga lokal Yahudi telah lakukan. Tetapi kami memelihara bahasa kami di gereja-gereja dan di perkara-perkara budaya lainnya.” Shadi adalah juga seorang tentara  di IDF

Catatan dari SenjataRohani web log: Jadi melalui pernyataan resmi ini, pemerintah dan bangsa Israel sekali lagi menunjukkan keadilan dan belas kasihan kepada para orang asing yang tinggal di negaranya – telah memenuhi Perintah Torah YAHWEH, kitab Imamat 19:33-34; Ulangan 10:16-22.
Negara yang baru berusia 66 tahun ini telah menjadi teladan yang baik bagi seluruh dunia, khususnya bagi negara-negara tetangganya, yang memakan habis suku-suku bangsa yang kecil. Beberapa bulan lalu Pemerintah Israel telah menolong Bangsa Kurdi dengan membawa hak kewarganegaraan mereka ke dunia Internasional, serta menolong negara Kristen muda Sudan Selatan.
“YAHWEH memberkati engkau Israel secara melimpah. Biarlah terangmu semakin bercahaya di antara bangsa-bangsa. Damai sejahtera turunlah atas kota sucimu Yerusalem!”

Aram adalah salah satu putra dari Sem, dan Sem adalah putra tertua dari nabi Nuh. Daerah bangsa Aram kuno berlokasi dari Laut Mediterranean (antara Turki dan Libanon), Syria, sampai ke menyeberangi sungai Effrat (di Irak). Tanah Kanaan, yang dimiliki bangsa Israel saat ini, berasal dari suku Kanaan (keturunan Ham, adik dari Sem) sebelum itu diberikan YAHWEH kepada bangsa Israel.
Bahasa Aram adalah bahasa kuno dari kelompok bangsa Semitik, yang mencakup orang Asyur, Babilon, Kasdim (Chaldean), Aram, Ibrani (Yahudi) dan bahkan mempengaruhi bahasa Arab. Tulisan Aram tertua yang pernah ditemukan tercatat pada akhir abad ke 10 BC atau awal abad ke 9 BC. Selama kejayaan Kerajaan Medi Parsi, diikuti Yunani dan Romawi, bahasa Aram tetap menjadi bahasa penting di Israel, Syria, Mesopotamia. Bahasa Arab memasuki negara-negara Mesopotamia baru setelah abad 9 AD melalui para penerus Muhammad. Saat ini bahasa asli Aram Barat dari orang-orang Aram Kristen di Syria hanyalah digunakan oleh beberapa ribu orang, banyak dari mereka telah mengadopsi bahasa Arab. Diharapkan degan pengakuan resmi ini bahasa dan budaya mereka bisa mekar kembali.

Bacaan berkait:

Referensi:

Catatan Kaki:

1. Kejadian 10:21-22 – “Dan telah dilahirkan pula bagi Sem, bapak dari semua keturunan Eber, saudara Yafet yang tertua itu. Anak-anak lelaki Sem ialah Elam, dan Ashur, dan Arpakhsad, dan Lud, dan Aram. Ayat 1nya tertulis: Dan inilah silsilah anak-anak Nuh: Sem, Ham, dan Yafet; dan bagi mereka dilahirkanlah anak-anak lelaki sesudah air bah itu. Dari Sem lah datangnya Abraham, orang Ibrani pertama tersebut yakni kakek dari Yakub/ Israel dan Yeshua Ha Mashiah (Kej 14:13, Mat 1, Kis 26:12-19.). Dari Sem ini lah sekarang kita mengenal kata “Semit” dan ”anti-Semit
2. History of Aramaic
3. Aram (biblical region)

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!