Hasil Referendum Kemerdekaan Sudan Selatan: 99% memilih berpisah


Peneliti Internasional yang bertugas mengawasi pemungutan suara rakyat Sudan Selatan menyatakan bahwa 99% (tepatnya 98,83% dari 3,837,406 suara resmi) menyatakan memisahkan diri dari pemerintahan Sudan Arab pimpinan President Omer Al-Bashir.

Pengutan suara dilakukan di 76 negara, rakyat Sudan Selatan di Mesir 97% memilih berpisah. Sedangkan di Juba, ibukota Sudan Selatan, hasilnya 2500 lawan 25 (99% menolak dipimpin oleh Sudan Utara yang dikuasai oleh orang-orang Arab, yang menerapkan hukum Islam dan memakai bahasa Arab sebagai bahasa resminya.

Kemeredekaan resmi akan diproklamasikan pada tanggal 9 July 2011, laporan berkata.

Sudan Utara sekarang ini sedang mengadakan demontrasi untuk menggulingkan President Omer Al-Bashir, sekalipun president Al-Bashir terkenal bekerja sangat keras menegakkan hukum Islam di Sudan, namun apa artinya itu untuk rakyat biasa? Naiknya harga makanan dan bensin serta hak-hak wanita merupakan pendorong aksi penumbangan pemerintahan president Omer, mereka meniru hasil demontrasi rakyat Tunisia.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog
Iklan

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: