Prestasi Israel dalam IPTEK pada abad modern


Pada bulan Mai 2012, tepatnya tanggal 14, negara Israel tepat berusia 64 tahun, negara Israel lahir kembali setelah sekitar 2500 tahun terbenam di dalam sejarah percaturan politik dunia.

Oleh sebab itu katakanlah: Beginilah firman Adonai YAHWEH, Aku akan menghimpunkan kamu dari bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari negeri-negeri di mana kamu berserak, dan Aku akan memberikan kamu tanah Israel. (Yeh 11:17)

Di dalam berita intenasional, berita tentang negara Israel selalu hadir hampir setiap hari; beritanya tidak lain hanyalah konflik, konflik dengan Palestina, konflik dengan negara-negara Arab (Timur Tengah),  konflik tanah dan pembangunan rumah-rumah tinggal. Negara Israel dikenal di dunia luar sebagai negara konflik, tidak pernah damai, namun majoritas turis yang pernah pergi Israel mempunyai kesan yang lain dengan apa yang diberitakan oleh media international; Israel adalah negara yang sangat maju, teratur dan penuh kedamaian serta aman. Banyak turis, bahkan orang Israel keturunan Arab sendiri berkata bahwa “Israel negara yang aman,” “lebih aman dibanding kota New York,” seorang turis Amerika berkata. Israel juga diberitakan sebagai negara apartaid, anti-Arab, fakta menunjukkan sebaliknya, orang-orang Arab dan kulit-kulit hitam banyak hidup di sana dengan aman dan tentram, dilindungi oleh hukum negara Israel, sehingga Simon Deng, seorang pembela HAM asal Sudan melaporkan bahwa negara Israel adalah “surga dibandingkan dengan negara-negara Mesir dan Arab lainnya” di dalam membela hak-hak minoritas.

Untuk memperingati HUT Kemerdekaan Israel ke 64 ini  saya menghadiahkan Anda sebuah daftar prestasi Israel dalam  dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada abad modern ini. Kita akan melihat bagaimana pengaruh kehadiran negara Israel terhadap masyarakat International di bidang yang sangat penting bagi kemanusian.

Mempercepat transfer data gambar untuk telpon genggam pintar (cellphone smart).  Mendapat penghargaan LTE Visionary Award untuk tekhnologi pengiriman data telpon genggam pintar. Traffic data internet melalui telpon genggam, sudah mencapai milyaran pemakai, yang membuat data terkirim semakin lambat.  Saguna Networks telah berhasil memecahkan masalah ini dengan mengembangkan “a backhaul caching system,” yang  mereka sebut  Saguna’s Content Optimization Delivery Systems (CODS) yang berguna meningkatakan mobil broadband tanpa mengganggu kapasitas operator telpon, sekaligun mengurangi beban trafik (kira-kira 70%).  “Sejumlah operator mobile terkemuka seluruh dunia saat ini mencoba Saguna CODS pemecahan kami,” CEO Saguna Networks berkata.

Pengembangan teknologi Intel processor. Hampir setiap orang yang berurusan dengan technology computer tahu nama “Intel processor.” Intel adalah sebuah chip IC (integrated circuits, “kumpulan rangkaian”) yang merupakan otak dari sebuah perangkat computer. Di dalam IC ini bisa terdapat satu bahkan sepuluh transistor (sebuah component elektronik).
Prosessor Intel yang terbaru adalah Penryn, terbuat dari bahan silicon generasi ketiga, dikenal sebagai eco-chip, sebab electricity loss (energi yg lenyap ) pada chip ini begitu kecil. “Ini adalah pengembangan transistor terbesar di dalam 40 tahun belakangan ini,” Intel co-founder berkata.  Innovasi ini dikembangkan di California, namun bagaimana chip arsitektur-micro baru ini dapat dibuat untuk skala komersial Intel Israel yang berpusat di Haifalah yang memainkan perasan penting.

Tahun 2012 , Intel Israel telah meluncurkan 3G Ivy Bridge processor, sebuah processor melalui technology 22-nanometerberdasarkan pada 3D Tri-Gate transistors. Processor yang baru ini akan memperkecil chip, lebih sedikit memakai energy, terlebih penting lagi adalah 3G Ivy Bridge membuat proses pengiriman data gambar/ film lebih cepat, pemakai YouTube dan Facebook akan diuntungkan.

Penemu vaccine pencegah penyakit kanker. Makanan, udara dan cara hidup salah semakin membuat penyakit kanker tumbuh seperti jamur di seluruh dunia, termasuk negara-negara  telah berkembang, sekali Anda terserang kanker kemungkinan untuk hidup sedikit dan jika sembuh kemungkinan besar terserang kembali sangat besar. Penyakit kanker adalah momok bagi dunia modern. Vaxil Bio Therapeutics, sebuah perusahaan obat di Israel telah berhasil membuat pencegahannya! ImMucin, nama obat vaccine ini, bekerja mengaktivkan  system kekebalan tubuh melalui ”melatih” sel-sel T (sel-sel kekebalan yang melindungi tubuh melalui pencarian dan penghancuran sel-sel tertentu yang nampak sebagai molekul tertentu yang disebut MUC1 (molekul ini hanya ditemukan pada sel-sel kanker)). Lebih dari 90% dari berbagai kanser memiliki MUC1 pad sel-selnya, dengan kata lain 90% dari berbagai penyakit kanker dapat diatasi oleh vaccine ImMucin ini! Keuntungan tambahan dari ImMucin ini ialah mencegah penyakit itu untuk pulih kembali, kebagusan lainnya ialah ia tidak memiliki efek sampingan.

Pompa insulin untuk diabetes. Baru-baru ini Uni Eropa (European Union) telah mengakui peralatan terbaru buatan Israel, Spring Zone Durable Insulin Pump, dan memberi tanda CE pada produk tersebut. Peralatan yang  higt tect ini dilengkapi dengan chip komputer, untuk pemakai dapat mengatur jumlah insulin yang dikirim, dan memonitor secara terus menerus. Keunikan lainnya, unit ini kecil (sebesar kotak rokok),  kompak namun praktis dan dapat dipisah, sehingga si pemakai bisa pergi mandi dan berenang tanpa perlu mencopot semua alat tersebut.  Lihat video presentasi pemakainannya.

Teknologi solar sel hybrid. Teknologi sumber listrik dari tenaga matahari bukanlah barang baru, namun yang satu ini sangat optimal dan mampu bekerja di dalam segala cuaca, dan 24 jam sehari. AORA Solar dengan system Tulipnya membuat pancaran matahari terserap dengan optimal dan berkurang di dalam pemakain tempat. Unit solar plant ini dapat bekerja secara serempak dengan bahan bakar minyak dan macam-macam gas (bio, biodiesel dan gas bumi). Unit ini di design untuk bekerja secara irit ekonomi untuk waktu 25 tahun.

Mr. Zev Rosenzweig, CEO AORA, seorang Yahudi yang tinggal di Kanada mengatakan bahwa “Teknology dan solusi yang dapat dihandalkan kami ini dapatlah dipakai dengan mudah untuk berbagai aplikasi dan lingkungan, … cara lain kreativitas orang Israel menolong kemanusiaan.”

Teknologi irigasi, gurun menjadi perkebunan dan hutan. Hutan menjadi gurun adalah kelalaian manusia yang umum, teknik ”penghutanan kembali” juga bukan hal luar biasa, tetapi merubah padang pasir menjadi hijau, itu hanya terjadi di Israel! Hutan Yatir, diselatan Gunung Hebron, Israel adalah bukti hidup. Sebelum tahun 1964 itu adalah sebuah padang pasir, sekarang telah menjadi sebuah hutan yang luasnya 30 kilometer persegi! Bagaimana tanah Israel yang terkenal gersang sebelum negara Israel lahir-kembali (1948) sekarang dapat menghasilkan buah-buah yang besar dan self-support sayuran untuk hampir 8 juta penduduknya? Keberhasilan Israel di bidang teknologi perkebunan telah menarik perhatian banyak ahli perkebunan.  Pertengahan bulan Mai 2012, ini Israel kembali akan membuka Israel’s 18th International Agricultural Exhibition di Agritech Israel, kali ini diharapkan hadir 7 ribu tamu dari 115 negara.  Keahlian orang Israel di dalam membuat perkebunan di padang pasir, telah membuat Israel menjadi negara ”pengekoport” tenaga ahli dan unit pertanian. Keberhasilan Israel di Senegal secara langsung dirasakan oleh 700 keluarga tani di 12 wilayah Senegal. Pemerintah Senegal karenanya telah menjadikan model pertanian Israel ini kedalam program nasional negara.

Target seluruh Israel punya ekses internet 100 megabits/detik.  Dalam tujuh tahun mendatang, direncanakan 65% wilayah Israel akan memiliki ekses internet berkecepatan 100 megabits/detik, tentunya dengan teknologi serat optik, dan sisanya pada tahun 2020. Teknologi serat optik buatan Israel dipakai secara luas oleh Samsung di negaranya sendiri, Korea Selatan.

Kesimpulan: Saya akan kehabisan tempat dan waktu untuk menulis semua prestasi Israel yang begitu banyak. Tahukah Anda bahwa Nobel Foundation of Sweden, telah memberikan Nobel Prize (1901 sampai 2011) kepada 850 orang yang dianggap telah sangat berjasa bagi kemanusiaan. 170 dari 850 dari mereka adalah orang-orang Yahudi, orang Israel.

Suatu pertanyaan akan muncul pada setiap kita, ”Apakah rahasia keberhasilan bangsa dan negara Israel ini?”

Jawabannya, secara sederhana, keberhasilan Israel ini bukanlah, yang pertama-tama, oleh sebab ras atau nasionalitas yang membuat negara Israel begitu hebat di banyak bidang IPTEK, itu adalah karunia YAHWEH semata, DIA adalah Elohim Sebaot  (Elohim Semesta Alam), yang telah memperkenalkan dirinya dengan panggilan ”Akulah Elohim Abraham, Elohim Ishak dan Elohim Israel.” DIA telah berjanji kepada keturunan Abraham untuk membuatnya besar dan menjadi berkat bagi semua suku bangsa di bumi! Seperti tertulis:

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” (Kejadian 12:2-3)

Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman YAHWEH semesta alam. (Maleakhi 3:12)

Bila ada seorang  pribadi yang telah dikenal dunia sebagai sumber pengharapan dan berkat bagi setiap suku dan bahasa itu adalah berasal dari benih Abraham, namanya ialah Yeshua Ha Mashiah –  Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham (Abraham’s seed; singular) yang Ia kasihani. Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Elohim untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa. (Hebrews 2:16-17; bandingkan dengan Kej 12:7). Kitab Ibrani adalah kitab tentang Yeshua.

Iblis / Setan tidak suka rencana dan firman YAHWEH tergenapi atas Israel dan seluruh bangsa, itu sebabnya Iblis menbangkitkan gossip dan kebencian atas orang Yahudi, orang Israel. Iblis berpikir, jika ia dapat melenyapkan Israel dari bumi ini, maka ia akan berhasil mengalahkan Elohim Abraham, Ishak dan Israel. Di sini yang penting adalah “di posisi manakah Anda berdiri? Di pihak Elohim atau di pihak Iblis? Berpihak kepada kebenaran atau menerima kebohongan Iblis? Saya dan keluarga saya akan memilih seperti Yosua telah memilih:

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada YAHWEH, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; elohim (allah) yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau elohim (allah) orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada YAHWEH!” (Yos 24:15). Dan bangsa Israel telah memilih yang sama, Lalu bangsa itu menjawab: “Jauhlah dari pada kami meninggalkan YAHWEH untuk beribadah kepada elohim (allah) lain! (Yoh 24:16).

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

6 Tanggapan

  1. Diberkatilah setiap orang yang berdoa untuk Israel dan yang memberkati israel. Amin

  2. Jangan lupa Israel sdh pernah 2 kali dipilih sebagai bangsa unggulan oleh Yahweh (zaman Musa dan Yesus/Isa) dan hanya 2 kali itulah “jatah” Bani Israil. Jangan bermimpi akan dapat jatah lagi

  3. Setuju bro..memang Israel adalah negeri yang terpilih.

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!