Benarkah Alkitab menulis Yeshua MENGKLAIM sebagai Elohim (Allah)?


Yeshua sedang mengajarTidak diragukan para rasul yakin penuh bahwa Yeshua (Yahshua; Jesus ;Yesus; Isa) adalah Elohim (God; Allah), contoh:

  • Rasul Yohanes: Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Elohim dan Firman itu adalah Elohim. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Elohim. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Putra Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.  (Yoh 1:1-2, 14)
  • Rasul Petrus: Tetapi kuduskanlah Mashiah (Kristus) di dalam hatimu sebagai Adonai (Tuhan)! …sebab juga Mashiah telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Elohim (1 Pet 3: 15, 18)
  • Rasul Tomas: “Ya Adonaiku dan Elohimku!”, (my Lord and my God) Ini adalah reaksi jawaban Tomas setelah Yeshua yang baru bangkit dari kematian mempersilahkan ia menjamah bekas-bekas tusukan paku di tangan-Nya dan tusukan tombak pada lambung-Nya   (Yoh 20:28 dan 19:34)
  • Rasul Filipus: “Yahweh (Kurios) , tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” (Yoh 14:8)
  • Rasul Paulus: Ia adalah gambar Elohim yang tidak kelihatan, …. Karena seluruh kepenuhan Elohim berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.  (Kol 1:15, 19-20)

Namun apakah ada tertulis di Alkitab bahwa Yeshua dengan mulut-Nya sendiri pernah berkata mengklaim bahwa Dia adalah Anak Elohim bahkan sebagai Elohim?  Jawabanya adalah “Ya, itu benar ada tertulis di Alkitab, bahkan banyak sekali!! Di bawah ini adalah pernyataan-pernyataan Yeshua sendiri yang menyatakan bahwa Dia adalah Elohim.

1. Keberadaan Yeshua yang kekal (hadir di bumi: sekitar 5 BC- 29 AD):  Yeshua adalah Aleph & Tav Alfa & Omega Awal & Terakhir

  • Yeshua telah ada sebelum bapa Abraham (sekitar 2000 BC)[1]: Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.” Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?” Kata Yeshua kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”  (Yoh 8:56-58, )
  • Yeshua adalah Adonai (Master atau Tuan) dari raja Daud (1052-1019 BC): Benar bahwa “Ha Mashiah adalah anak Daud” (artinya keturunan dari garis Daud, lihat referensi bapa Abraham.), namun Yeshua mengingatkan orang-orang Yahudi: “Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata: YAHWEH telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?”  (Mat 22:43-45, )[2] Ayat berikutnya tertulis: Tidak ada seorangpun yang dapat menjawab-Nya, dan sejak hari itu tidak ada seorangpun juga yang berani menanyakan sesuatu kepada-Nya. versi HCSB:  “and from that day no one dared to question Him anymore.” (46)
  •  “I am the ‘Aleph’ and the ‘Taw’ (Ibrani), Beginning and End,” says יהוה “who is and who was and who is to come, the Almighty.”  (Aku adalah Alfa dan Omega (Yunani), Permulaan dan Penghabisan,” YAHWEH berfirman “yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa) (Wah 1:8, TS98)

2. Yeshua bukan berasal dari Bumi:

  • Yeshua ditanya dengan kalimat “dimanakah bapamu,” Ia menjawab mereka, “Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.”  (Yoh 8:19, )
  • Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal … Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku (Yoh 14:2-3). Setelah Dia bangkit dari kematian-Nya, Dia memberkati murid-murid-Nya, dokter Lukas mencatat: ”Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. (Luk 24:51-52, )

3. Panggilan dan jabatan Yeshua sebagai YAHWEH dan Elohim (God, Allah): Yeshua dipersidangan Sanhedrin

  • Yeshua lebih dari sekedar Master  (Guru) Torah dan Nabi, Ia berkata kepada 12 rasul-Nya: Ye call me Master (Didaskalos)[3] and Lord (Kurios)[4]: and ye say well; for so I am. If I then, your Lord and Master, have washed your feet; ye also ought to wash one another’s feet. For I have given you an example, that ye should do as I have done to you.  (Yoh 13:13-15, KJV). Jelas pada kalimat ini kata Lord adalah Tuhan (Yahweh), bukan “Adoni/ Tuan/ Master” Artinya Yeshua adalah benar sebagai guru dan intructor Torah mereka, namun lebih dari itu Yeshua adalah Penguasa hidup mereka.
  • Yeshua dan YAHWEH (Bapa Sorgawi) adalah satu (ehad): Aku dan Bapa adalah satu.”  (Yoh 10:30, )
  • Di sidang Sanhedrin,[5] Imam Besar meminta pengakuan Yeshua Art thou the Christ, the Son of the Blessed? (KJV) (Apakah Engkau Meshiah, Putra dari Yang Diberkati);[6] Jawab Yeshua: “Akulah Dia , dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit.” Markus mencatat reaksi Imam Besar ini, Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Untuk apa kita perlu saksi lagi? Kamu sudah mendengar hujat-Nya terhadap Elohim. Bagaimana pendapat kamu?” Lalu dengan suara bulat mereka memutuskan, bahwa Dia harus dihukum mati.”  (Lihat Mar 14:60-64). Dua hal penting pada sidang ini: 1. Yeshua dituduh dengan berbagai tuduhan paslu, Dia tetap tutup mulut; semua itu tidak ada artinya bagiNya, namun ketika ditanya benarkah Ia Putra Elohim, bukan sekedar di iyakan, tapi Dia meyakinkan mereka. 2. Karena klaim ini Yeshua dibawa ke Pilatus, dan mati dihukum salib. Seluruh Injil mencatat Yeshua tidak bercatat di dalam mematuhi segala Perintah Elohim (yang tertulis dalam kitab Musa), tidak juga pernah melanggar Hukum Penjajah Romawi, ’kesalahan’ satu-satu-Nya di persidangan Sanhedrin adalah ”Manusia telah menyamakan diri sebagai Elohim.”

Bahasa terjemahan aslinya menunjukkan lebih baik, mengapa klaim itu sebagai hujat (blasphame) yang hukuman adalah kematian. Sebutan “Akulah Dia” (Egō Eimi artinya “I AM” (Alkitab  PL Septuagin Yunani tidak memakai he atau dia) adalah terjemahan dari bahasa asli Alkitab Perjanjian Lama “Ani Hu”  (Ibrani) yang berarti “I AM” (English, tanpa he) selalu merefer hanya untuk kata “YHWH” (YAHWEH) yang mengandung arti “kekal selamanya” selalu “saat ini.” Lihat Ulangan 32:39; Yes 41:4 dan Yes 43:10. Kata “Dia” atau “He” (English) tidak ada pada bahasa Ibraninya dan juga Yunaninya.[7]
Murid-murid Yeshua telah terbiasa mendengar Yeshua memperkenalkan diri-Nya sebagai Egō Eimi sementara kuasa supernatural-Nya bekerja,  contoh: Mark 6:50; Yoh 8:24; Yoh 18:5-8 dan bandingkan dengan Yes 43:10 di atas.

  • Kitab Wahyu (Kitab Suci terakhir di Alkitab) adalah bukti nyata klaim dan keberadaan Yeshua sebagai Elohim, baca Wah 1:12-20. tertulis: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal (the First) dan Yang Akhir (the Last) , dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.  (Wah 1:17-19). Pernyataan serupa di Wah 2:8
  • “I am the ‘Aleph’ and the ‘Taw’, Beginning and End,” says יהוה “who is and who was and who is to come, the Almighty.” (Aku adalah Alfa dan Omega, Permulaan dan Penghabisan,” YAHWEH berfirman “yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa) (Wah 1:8, TS98). Pernyataan-Nya yang serupa di Wah 21:6

Yeshua dengan menyebut diri-Nya, tepatnya: memproklamirkan diri-Nya sebagai “Yang Kekal”  – Alep dan Taw; Ibrani atau Alfa dan Omega; Yunani, dan the First dan the Last; Inggris – berarti jelas sekali bahwa Yeshua menyatakan diri-Nya sebagai Elohim Abraham, Elohim Ishak dan Elohim Israel yang nama-Nya adalah YAHWEH, seperti tertulis di kitab nabi Yesaya 41:4 & 44:6 dan 48:12

Dua point berikutnya kita akaDiberkatilah Dia yang datang dalam Nama YAHWEHn melihat KLAIM Yeshua adalah Putra Manusia (the Son of Man)[8] yang lebih dari sekedar nabi, Dia sejajar dengan Elohim melalui bukti-bukti pekerjaan-pekerjaa-Nya, seperti Dia sendiri berkata di Perjamuan Suci terakhir menjawab pernyataan Filipus “Adonai, tunjukkanlah Bapa (YAHWEH, Bapa Sorgawi) itu kepada kami,”  Yeshua berkata, Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.  (Yoh 14:9-11)

4. PerbuatanYeshua yang mahakuasa, mahapengasih, sumber kehidupan manusia:

  • Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini, yakni Anak Manusia (the Son of Man; ayat 13)? Jawaban rasul Petrus – Engkau adalah Mesias, Putra Elohim yang hidup (the Son of God)!”[9]  – jawaban ini dikatakan Yeshua berasal dari hikmat Elohim Sorgawi, “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.  (Mat 16:15-17)
  • Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”  (Yoh 8:12). Klaim ini membuat orang-orang Farisi marah besar, namun Yeshua memperjelas kemahakuasaan-Nya atas kehidupan dan kematian kekal, kata-Nya:
  • Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.” (Yoh 8:51). Mereka tambah marah, menganggap Dia kerasukan Setan, lalu berkata, dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?  Dia akhirnya menyatakan Siapa Dia sesungguhnya:
  • “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”  (Yoh 8:58). Rasul Yohanes mencatat reaksi mereka atas pernyataan Yeshua yg terakhir ini, Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yahshua menghilang dan meninggalkan Bait Elohim. (59). Setiap orang yang mengerti hukum Yahudi saat itu – dan itu dikopi oleh para Muslim, pengikut Muhammad sampai saat ini – hukum rajam berlaku hanya bagi orang yang telah menghujat Elohim (Allah), jelas mereka mengerti bahwa Yeshua telah mengklaim menyamakan diri-Nya sebagai ELOHIM!!
  • Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi,  (Yoh 6:35b)
  • Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”  (Mat 28:20)

5. Statunya sebagai Pengampun dosa, Hakim bagi semua manusia sedunia dan Pemberi kehidupan kekal bagi semua manusia:

  • Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” (Mat 9:6)
  • Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.  (Yoh 14:6)
  • Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.  (Yoh 5:24)
  • Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.  (Wah 22:12; Yes 10:9-10, ayat 11 nya bandingkan dengan Yoh 10:11-18)

Kesimpulan: Jadi tYeshua dan 12 murid-Nyaerbukti Yeshua Ha Mashiah benar mengklaim ada sebagai Elohim (God/ Allah), lebih lagi Dia membuktikan klaim-Nya tersebut dalam perbuatan-perbuatan yang disertai dengan tanda-tanda ajaib, mujizat. Kuasa yang tetap bekerja di dalam Nama-Nya – sampai sekarang, saat Anda membaca artikel ini – adalah bukti lainnya bahwa Yeshua Ha Mashiah adalah Elohim Yang Mahatinggi (El-Elyon) dan Elohim Yang Mencukupi (El-Shadday).  Keyakinan dan ajaran para rasul Alkitab Perjanjian Baru (Logos) ”Yeshua adalah Elohim” adalah bukti saksi-saksi mata dari klaim dan perbuatan Yeshua sebagai Elohim. Semua ini meneguhkan nubuatan para nabi di Alkitab Perjanjian Lama (Logos). Kebenaran Yeshua adalah Elohim Yang Hidupkekal di Alkitab (Logos) diteguhkan dengan jutaan kesaksian saksi mata yang tidak terhitung banyaknya dari berbagai suku bangsa bagaimana Adonai Yeshua Ha Mashiah menampakkan diri-Nya kepada mereka dan berkomunikasi  (Rhema) melalui mimpi-mimpi, penglihatan-penglihatan (dreams and visions).

Rasul Yohanes membuka Injilnya dengan Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Elohim dan Firman itu adalah Elohim. Firman itu telah menjadi manusia  (Yoh 1:1,14); lalu ia menutup kesaksian Injilnya dengan kalimat:  Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yeshuadi depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Elohim, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya. (Yoh 20:30-31)

Tip: Kunci untuk mengerti Alkitab sebagai Firman Elohim Semesta alam (Elohim Shebaot) adalah Anda harus mengaku dengan mulut Anda bahwa Yeshua adalah Adonai (Tuhan) dan percaya dalam hati Anda bahwa YAHWEH (Bapa Sorgawi) telah membangkitkan Yeshua dari antara orang mati (Lihat Roma 10:8-10 dan Ulangan 30:11-14) – Tanpa anugerah Elohim, Logos-Nya akan seperti Kitab yang tersegel bahkan bagi orang pandai sekalipun.
Tinggalkan kesombongan Anda saat ini juga, akuilah kebutaan Anda tentang Pencipta Anda, katakan kepada Elohim ”Ampunilah saya, tolonglah saya sekarang untuk mengerti Diri-Mu,” maka DIA akan mencelikkan mata rohani Anda sehingga Anda mampu melihat kemulian-Nya.

Bacaan berkait:

Catatan Kaki:
[1] Secara silsilah Yeshua adalah keturunan ke 42 dari bapa Abraham; orang Ibrani pertama. Dari Abraham ke raja Daud 14 genarasi; dari raja Daud sampai pembuangan ke Babilon ada 14 generasi, dan dari Babilon sampai kelahiran Yeshua ada 14 generasi. Lihat Matius 1:17. Abraham, the First Hebrew [2]
[3] Didaskalos –  did-as’-kal-os. From G1321; an instructor (generally or specifically): – doctor, master, teacher. Strong Bible Dictionary. Terjemahan lainnya memakai kata Teacher (Guru) dan juga Master.
[4] Kurioskoo’-ree-os. From κῦρος kuros (supremacy); supreme in authority, that is, (as noun) controller; by implication Mr. (as a respectful title): – God, Lord, master, Sir. Strong Bible Dictionary.
[5] Sanhedrin adalah sebuah Dewan Tinggi di Yerusalem beranggotakan 70 orang Yahudi, terdiri dari imam-imam kepala, tua-tua suku, para ahli Kitab Suci (Pernjanjian Lama), Dewan ini dikepalai oleh Imam Besar. Mereka mendapat mandat penuh dari Gubernur Romawi di Yudea untuk urusan keagamaan. Hal-hal yang sangat penting memerlukan konfirmasi Pemerintah Romawi setempat.
[6] Yang Diberkati (The Blessed) adalah kata ganti dari ”Elohim,” untuk menghindari penyebutan Nama-Nya secara sia-sia (Perintah Elohim yang ketiga).
[7] Diambil dari A Concise Look at the Deity of Jesus Christ
[8] Titel “Putra Manusia” adalah titel yang sangat tinggi dan dikenal baik oleh para Ahli Kitab Yahudi merefer dari kitab Nabi Daniel 7:13-14, sosok seperti “putra manusia” yang diberikan oleh YAHWEH kekuasaan kekal selamanya sebagai raja atas seluruh bangsa dan bahasa.
[9] Titel “Putra Elohim” (the Son of God) berarti Yeshua menyatakan bahwa Dia bukan ada sebagai sebuah ciptaan Elohim seperti malaikat atau manusia, tetapi ada sama secara natural (sama ‘genetik’) dengan Elohim Pencipta).

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Iklan

2 Tanggapan

  1. Pak, kalau memang Nama Aslinya adalah Yeshua, Mengapa sekarang Berubah Menjadi Yesus/Jesus(Dibaca:Yesus/Jises)? Setahu saya, nama seorang manusia pun TIDAK BOLEH DIROBAH-ROBAH SEKALIPUN dia pindah ke negara lain,Bahkan Nama Tempat Saja tidak boleh dirobah-robah,contohnya:

    Tokyo adalah Ibukota Kekaisaran Jepang

    Kenapa di Indonesia,nama Tokyo Tidak Berubah Menjadi: Ibukota Timur, padahal Tokyo artinya adalah: Ibukota Timur

    Di Tiongkok pun nama Tokyo Tidak Berubah menjadi: Tung Jing:= Ibukota Timur

    Di USA pun nama Tokyo Tidak Berubah menjadi: East Capital

    Mengapa Nama Aslinya : Yeshua/Yahsyuah Berobah Menjadi Yesus/Jesus, Padahal orang-orang Yunani/Romawi Kuno menyembah zeus ( dibaca: sus atau dibaca: ses) sebagai tuhan mereka

    Jadi Mengapa orang-orang Kresten sekarang Malah Memanggil Nama Tuhan Mereka Dengan Nama: Yesus/Jesus yang Berasal dari nama dewa zeus sembahannya masyarakat eropah kuno??????

    • Salam sejahtera Achmad Ali99. Selamat datang.
      Itu suatu pertanyaan yang bagus!

      Yesus dari bahasa Yunani Ἰησοῦς (Iēsoûs). Beda dengan “zeus.” Nama Yunani dengan akhiran “us” adalah umum: Julius, Martinus, Stefanus dll. Jadi kata Yesus tidak ada kaitannya dengan dewa Zeus.
      Kristen Arab menyebutnya Yasu’ , bukan Isa seperti di Kuran.
      Untuk informasi lebih lengkap baca:
      Is ‘Isa the true name of Jesus? Jochen Katz
      Muslim Jesus Vs Biblical Jesus
      Atau baca di “Penulisan Deiti Yang disembah” pada kolom “Pages”
      Salam.

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: