Daftar Negara terbaik di Dunia


Silahkan Anda tebak, negara-negara apa saja yang termasuk di dalam daftar negara terbaik di Dunia? Setiap kepala negara masing-masing sering kali berkata kepada rakyatnya bahwa negara mereka adalah negara yang terbaik, ini umumnya terjadi pada negara-negara dimana para pemimpinnya adalah orang-orang diktator, seperti negara Korea Utara.

Di bawah ini daftar laporan dari sejumlah organisasi internasional, negara yang diteliti mencapai 193 buah. Katagori negara terbaik (2006) yang di daftarkan di sini meliputi: Lingkungan hidup, HAM (hak-hak asasi manusia), pendidikan, hak wanita dan lain-lain.

Lingkungan hidup. 10 terbaik terdapat di negara European Union. Keempat negara Skandinavia (Norwegia, Swedia, Finlandia dan Denmark) termasuk dalam daftar ini. Finland menempati rengking pertama. Daftar ini dikeluarkan oleh IPPR 2006 dikutip oleh Vexen.

Daur ulang (recycling) barang bekas, UK adalah yang terburuk untuk di EU

Persamaan hak antara pria dan wanita. Golongan yang diteliti melibatkan atoritas politik, memasuki dunia pendidikan, gaji, pekerjaan dan kesehatan. Dari 115 negara yang diteliti. Keempat negara Skandianvia masuk 10 besar. Swedia pertama diikuti Norwegia lalu Finlandia. Pilipina urutan ke-eman. Survei dilakukan oleh Geneva-based World Economic Forum.

Level pendidikan tinggi diantara orang dewasa. 10 tertinggi: Swedia, Norwegia, Denmark, Finland, Kanada, Holland, Czech, UK, USA dan Jerman.

Negara terbaik untuk para ibu. Negara mana yang terbaik untuk para ibu dan anak? Organisasi kemanusian Internasional Save the Children pada laporannya “State of the World’s Mothers 2006” menyatakan bahwa negara-negara Skandinavia menempatkan tempat yang tertinggi sementara negara-negara Afrika sub-Sahara berada pada tempat terburuk

Daftar 10 negara terbaik untuk ibu dan anak adalah:

  • Swedia (pertama)
  • Denmark dan Finlandia (kedua)
  • Austria, Jerman, Norwegia (keempat)
  • Australia, Holland (7)
  • Kanada (9)
  • USA, UK (10)

Save the Children pada surveynya menemukan dua factor utama dari rendahnya kematian ibu dan anak serta keberhasilan dalam kesehatan dan pendidikan, yaitu:

  • Ibu-ibu yang berpendidikan nampak pada umumnya menunda pernikahan dan kelahiran yang cepat, … mendorong semua anak-anak mereka, termasuk perempuan-perempuan, masuk sekolah
  • Naiknya pemakain kontrasepsi dan ibu-ibu yang mampu mengatur kelahiran menghasilkan turunnya tingkat kematian pada ibu dan anak.

Pemerintah Swedia sejak 1845 telah menerapkan persamaan hak warisan bagi wanita, pada tahun 1901 merupakan negara pertama yang memperkenalkan program materniti. 1958 gereja Lutheran Swedia telah mengijinkan wanita menjadi pendeta. Dan tahun belakangan ini politikus wanita menempati kira-kira separuh dari Parlement Swedia.

PBB pada Oktober 2009 juga mengeluarkan daftar negara terbaik untuk hidup; didasarkan atas GDP per kapita, pendidikan, life expectancy. Daftar ini berdasarkan data UNDP (The United Nations Development Programme) tahun 2007. Norwegia menempati rengking pertama, diikuti Australia, Iceland sementara negara-negara terburuk adalah Niger, Afganistan. *3

Dari semua aspek yang diteliti (yang tertulis di atas hanyalah sebagian saja), maka dibuat daftar 10 negara terbaik sesuai jumlah nilai angka yang mereka dapatkan, inilah daftarnya:

The Best Countries (dalam jumlah nilai):

#1 Sweden; 1683 points
#2 Denmark; 1598 points
#3 Netherlands; 1572 points
#4 Finland; 1514 points
#5 Germany; 1422 points
#6 UK; 1407 points
#7 Canada; 1373 points
#8 Switzerland; 1326 points
#9 Norway; 1320 points
#10 Belgium; 1208 points

My database-driven algorithm calculates points on the basis of positions and ranks.

Keterangan tambahan: Hampir semua dari pemegang titel “10 Negara Terbaik di Dunia” ini adalah negara-negara yang penduduknya adalah Kristen Injili. Negara-negara Scandinavia (Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swedia) di tahun 2000 penduduknya 85% adalah Kristen Injili (Protestant, Pentakosta, Karismatik dsb.). Spanyol, Portugis, Irlandia, Italia, Belgia adalah negara mayoritas Katolik, sedang dalam kesulitan keuangan. Kitab Ulangan pasal 28 dapat menerangkan alasan tersebut.

Referensi:

  1. Which Countries Set the Best Examples?
  2. A Mother’s Day Report Card: The Best – And Worst – Countries to Be a Mother
  3. Revealed: The 20 best places in the world to live
Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog
Iklan

3 Tanggapan

  1. indonesia kalo masuk negara terbaik, kaya’nya negara terbaik untuk koruptor.. –> hihi

  2. Indonesia bahkan belum bisa dimasukkan kedalam daftar 50 negara terbaik saat ini, sekalipun Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan sumber alamnya yang melimpah. Namun jangan berputus asa dulu bung Jabir, jika HAM berjalan baik dan korupsi diberantas habis, pasti Indonesia bukan hanya terbaik tapi juga terkaya! Bukankah begitu?

  3. Kok Indonesia tidak ada ?

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: