Sir Nicholas Winton meninggal; “Orang Yahudi berhutang kehormatan selamanya,” Netanyahu


Sir Nicholas Winton pahlawan bagi Orang Yahudi di Perang Dunia KeduaMr. Winton dikenal sebagai ”Schindler Britania” karena telah menyelamatkan ratusan anak-anak Yahudi Cekoslovakia dari penganiayaan Nazi menjelang Perang Dunia ke Dua, telah meninggal pada usia lanjutnya, 106 tahun.
Ia meninggal dengan damai, isteri dan anak perempuannya Barbara dan dua cucunya ada disampingnya saat ia berpulang ke Rumah Bapa di Sorga.


Ia baru berusia 29 tahun ketika pergi ke Prague, (ibukota Republik Ceko (Czech) di tahun 1938 untuk menolong para pengungsi Yahudi Cekoslavia tersebut. Mr. Winton berhasil membawa 669 hampir seluruhnya anak-anak Yahudi dalam 8 kereta api ke Britania melalui Jerman di tahun 1939, tetapi kereta api ke sembilian dengan 250 anak-anak lainnya tidak pernah meninggalkan Prague sebab perang meletus.
Pada sebuah suratnya, Mr. Winton menulis: “Ada suatu perbedaan antara kebaikan passive dan kebaikan aktive, yang adalah, dalam pendapat saya, pemberian waktu dan energi seorang dalam melepaskan kesakitan dan penderitaan.”
Selama hidupnya Mr. Winton telah mendapat berbagai penghargaan, baik dari Ratu Inggris, astronomi Czech, dan juga pemerintah Amerika Serikat dalam usaha kemanusianya.
“Masyarakat Yahudi dan Negara Israel berhutang kehormatan selamanya kepada Nicholas Winton, yang telah menyalmatkan ratusan anak-anak Yahdi dari para Nazi,” Mr. Netanyahu, PM Israel berkata.
PM menambahkan, “Dalam suatu dunia yang menderita oleh kejahatan dan ketidak perdulian, Winton telah mendedikaikan dirinya sendiri untuk menyelamatkan yang tidak bersalah dan tanpa harapan tersebut. Kepemimpinan moralnya yang ektraordinari melayani sebagai suatu contoh untuk seluruh kemanusiaan!”

Oskar SchindlerTokoh Eropa Barat lainnya yang terkenal tela berjasa untuk upaya sejenis adalah Oskar Schindler (1908-1974), seorang usahawan bangsa Jerman. Mr Schindler telah menyelamatkan 1200 mayoritas orang Yahudi Polandia selama masa Holokos Nazi. Dengan usaha yang gigil ia berargument kepada pemerintah Jerman Nazi untuk membiarkan orang Yahudi tersebut tetap hidup melalui bekerja di pabriknya (dan Nazi mendapat uang pajak dari keuntungan pabrik tersebut).
Jerih payah Mr. Schindler telah difilmkan pada tahun 1993 dengan judul Schindler’s List, film yang patut ditonton oleh setiap orang yang cinta kemanusiaan, kebenaran dan keadilan.

Saya telah melihat film yang berdasarkan kisah nyata ini di aFilm Schindler's List mendapat 7 Oscar penghargaanwal tahun 20an. Keberaniannya melawan arus, kasih yang besar atas sesama, kerelaan berkorban kekayaan bagi sesama telah menjadikan Oskar Shindler bukan saja bagi bangsa Yahudi tetapi juga bagi setiap orang yang mencintai kerukunan. Ia dan Benjamin Netanyahu adalah salah satu figur tokoh kemanusiaan yang saya hormati. Lihat film Schindler’s List online tersedia text dalam bahasa Arab.
Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: