Mesir: para Jihadist Negara Islam menyerang 5 post militer di Sinai; Pemerintah Mesir mengambil tindakan tegas


Para jihadist sedang melakukan aksi terror merekaPara jihadist Negara Islam telah mengadakan serangan besar-besaran, lebih dari 100 jihadist menyerang 5 post militer di Sinai Utara pada hari Rabu minggu ini. Korban jiwa diantara kedua pihak masih belum jelas, namun menurut sumber militer Mesir yang dikutip oleh situs Israel tertulis: 64 tentara, dan 90 jihadist dan 4 penduduk sipil.
Pihak militer di TV Pemerintah Mesir berkata: 17 tentara tewas, 13 luka-luka , sementara sedikitnya 100 ”pendukung para terrorist” telah terbunuh.


Bentrokan berdarah di bulan Ramadan ini dinyatakan sebagai “medan perang terbesar di Sinai sejak perang Arab-Israel 1973, dimana sedikitnya 55 luka-luka,” laporan mengutip.
Dua hari sebelumnya, Hakim Utama Hesham Barakat tewas dalam peristiwa assassinasi ledakan bom yang dilakukan. Kejadian ini dapat diduga, sebab beberapa hari sebelumnya suatu pernyataan dari kelompok Negara Islam dalam videonya berjanji akan mentargetkan para hakim di Mesir. Mounir Adib berkata, ia seorang jurnalist dan peneliti khusus untuk masalah “radikal Islam.”
Pembunuhan berencana ini berkaitan erat dengan digulingkannya president Morsi, tokoh Muslim Brotherhood pada bulan Juli 2013.


Pemerintah Mesir mengambil tindakan tegas terhadap para kelompok Islam garis keras
Segera setelah tewasnya Hakim Utama Barakat, pemerintah merubah nama Lapangan Rabaa al-Adaweja yang terkenal di Kairo tersebut dengan nama baru: Lapangan Hisham Barakat, untuk mengenang jasa-jasa beliau.
Mr. Barakatlah yang memberi lampu hijau bagi kekuatan militer untuk menghentikan demontrasi dari para anggota Muslim Brotherhood di Lapangan Raaba berkaitan dengan digulingkannya pemimpin mereka, Mr. Morsi. Dikabarkan 900 orang tewas dan lebih dari 3000 luka-luka. Tambahan dari itu, para hakim Mesir menyetujui permintaan President Sisi untuk pihak pengadilan memiliki kuasa yang lebih besar – untuk mampu memproses kasus-kasus kriminalitas dengan lebih cepat.
Nama Lapangan berasal dari nama sebuah mesjid Rabaa al-Adawiya, seorang Muslim abad 8 dari aliran Sufi. Raaba berarti “empat” dalam bahasa Arab, yang mana dipakai sebagai simbul – empat jari – oleh para Muslim Brotherhood pada kampanye mereka.
Serangan para jihadist Negara Islam di hari Rabu ini mendapat perlawanan keras dari pihak militer. Pemerintah mengirim jet-jet tempur F-16 untuk memukul balik para jihadist. Dan malam harinya, pemerintah mengirim sepasukan tentara untuk menggerbek sebuah apartement di Kairo yang dimiliki oleh para tokoh Muslim Brotherhood. Baku tembak terjadi, 9 anggota MB tersebut tewas. Menteri Dalam Negeri berkata mereka adalah orang-orang yang telah merencanakan serangan-serangan atas polisi, pengadilan dan media. Dalam bangunan tersebut disita beberapa senjata api, uang kontan sebesar 43.000 pound Mesir (5.630 US Dollar) dan kartu-kartu memori komputer.

[Anda mungkin bertanya: mengapa NIK yang berbuat, tetapi Muslim Brotherhood yang kena getahnya. Perlu diingat bahwa organisasi MB adalah ibu dari semua organisasi “Islam terrorist;” Prof Mark A. Gabriel berkata. Politik tangan besi pemerintah Mesir ini mengingatkan saya tentang “Peristiwa Tanjung Priok” dimana almarhum President Soeharto tidak segan-segan bertindak keras terhadap para radikal Islam yang mencoba merusak stabilitas Jakarta]


Secara sinis, sumber-sumber keamanan Mesir menuding Turki, Qatar dan Iran. TV Saudi, Al-Arabiya melaporkan orang-orang Mesir menuduh Turki ada beroperasi dibelakang serangan-serangan tersebut.
”In Syria, Irak dan Jalur Gaza, sekarang Turki, ada suatu peristiwa tidak menyenangkan pemerintah Turki mendukung gerakkan-gerakkan dari organisasi Islamist yang sangat radikal. Masalah yang sangat mendasar dengan kenyataan: Mesir adalah rekanan dalam perang melawan terror; Turki adalah tidak,” Michael Rubin mengkomentari bangkitnya terrorisme di Mesir.

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: