Kota Yerusalem merayakan Hari Pentakosta terbesar sepanjang sejarah Gereja!


Pencurahan Roh Kudus di YerusalemRibuan orang Kristen dari seluruh dunia telah datang ke Kota Yerusalem, Israel untuk menyembah, berdoa dan merayakan Hari Pentakosta.
Pertemuan orang-orang percaya kepada Yeshua yang diwakili oleh berbagai denominasi Gereja untuk merayakan Hari Pentakosta dipercayai oleh penyeleggaranya sebagai pertemuan terbesar sejak pertemuan pertama yang terjadi hampir 2000 tahun yang lalu. Tahun 2015 ini para hadirin mewakili setiap benua dan berbagai suku bangsa.
Perayaan Hari Pentakosta adalah aplikasi dari Perayaan Shavout (the Festival of Weeks) bagi orang Israel.
Orang Kristen merayakan Hari Pentakosta sebagai hari peringatan pencurahan Roh Kudus kepada 70 orang Israel yang percaya kepada Yeshua Ha Mashiah di sebuah gedung di kota Yerusalem, Israel. Dimana mereka semua yang ada di gedung tersebut, sedang berdoa dan berpuasa untuk menantikan Roh Kudus seperti yang dijanjikan Rabbi mereka, Yeshua. Mereka pada hari itu tiba-tiba mampu berbicara bahasa-bahasa asing, dikenal sebagai “bahasa lidah.” Kejadian itu tepat terjadi setelah 50 hari Yeshua bangkit dari kematian-Nya. Sebab itulah disebut Pentakosta (pentaykostay; G4005, penta artinya 50/ lima puluh)
Hari Pentakosta (Shavout) adalah satu dari tiga upacara tahunan yang sangat penting bagi orang Israel. Dua lainnya adalah Paskah dan Pondok Daun. Ada orang Kristen yang berkata bahwa ketiga Perayaan di Alkitab ini adalah Perayaan orang Yahudi, namun jika kita membaca Alkitab jelas semua itu adalah Perayaan-perayaan YAHWEH, Alkitab Indonesia Terjemahan Lama (ITL) menulis: “segala masa raya-Ku” (Imam. 23:2), dan ”segala masa raya Tuhan” (ayat 4) hal ini sesuai dengan berbagai terjemahan Inggris: ”the feasts of YAHWEH” atau ”the appointed seasons of YAHWEH” yang umat-Nya ”shall proclaim” atau ”must proclaim.” Perhatikan kata ”the appointed seasons,” tahukah Anda bahwa Yeshua lahir, tersalib, bangkit dari kematian terjadi pada hari-hari Perayaan YAHWEH tersebut? Mengapa? Sebab Dia telah menetapkan Perayaan-perayaan tersebut sebagai tanda dari ”the appointed seasons of Him!”  Perayaan Shavuot Turunnya Torah dan Persembahan buah sulung
Pada Hari Raya Shavout, bangsa Israel membawa persembahan sajian yang baru bagi YAHWEH, Elohim mereka, jadi dikenal juga sebagai ”Perayaan Buah Pertama (Hag ha’Bikkurim/ the Festival of First Fruits. Dan juga sebagai Perayaan Turunnya Torah (Hag Matan Torateinu/ Festival of Giving of the Torah).
Hari Shavout jatuh ”pada hari setelah Sabat yang ketujuh” (mulai hari Saptu minggu pertama dari Paskah dikali 7 minggu = 49 hari), kamu harus menghitung lima puluh hari” (Imamat 23:16).
Hari Paskah, sesuai perintah Torah, (Pehsakh, Ibrani) adalah kewajiban bagi para pria Israel untuk beribadah di Yerusalem. Sebab itulah dapat dimengerti mengapa pada Hari Pentakosta dimana Roh Kudus pertama kali dicurahkan kepada orang-orang percaya, dokter Lukas mencatat bahwa begitu banyak orang Israel dari berbagai negara sedang berkumpul di Yerusalem (Kis 2:5).
Ketika Roh Kudus turun kepada para Kristen Yahudi tersebut dan berbicara dalam bahasa-bahasa asing- bagi mereka sendiri – namun bagi para orang di luar gedung itu sungguh mengejutkan sebab semua orang Kristen tersebut sedang berbicara dalam bahasa-bahasa negara perantauan mereka: bahasa Persia, Media, Elam, Mesopotamia, Yudea, Kapadokia, Pontus, Asia, Frigia, Pamfilia, Mesir, Libya, Arab dan sebagainya (Kis 2:7-12).
Pencurahan Roh Kudus yang diikuti dengan kemampuan ”berbahasa lidah” ini dianggap oleh sebagian Gereja sebagai sudah berlalu, sama hal nya dengan mujizat-mujizat yang tertulis di Kitab Perjanjian Baru. Namun bahasa lidah dan mujizat tetap bekerja di banyak Gereja di seluruh dunia sampai saat ini, dan tentunya Perayaan Hari Pentakosta tahun 2015 di Yerusalem yang baru saja berakhir adalah bukti bahwa Roh Kudus tetap berkerja sampai hari ini.
”Gerakan Pentakosta/Karismatik sedang bertumbuh secara dinamis. Itu adalah ujung perumbuhan Kristianiti. Diperkirakan oleh beberapa ahli theologi bahwa gerakan Dipenuhi kuasa Roh Kudus merangkul antara 600 sampai 700 juta orang percaya,” George Wood, Global Co-Chariman berkata
Billy Wilson, President dari Empowered 21 kepada wartawan CBN News menyatakan tujuan dari gerakan Empowerd 21 ini, ”Kami sedang menghubungkan gerakan Dipenuhi Roh Kudus dan Dipenuhi kuasa Roh Kudus seluruh dunia. Jadi ini adalah membawa bersama-sama Pantekosta dan Karismatik di seluruh cabang-cabang denominasi untuk membicarakan tentang kesatuan, kuasa Roh Kudus, dan bagaimana kita dapat menolong generasi-generasy baru berhubungan dengan Elohim.”

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: