Tanda dari benih (keturunan) Abraham yang benar dan sesungguhnya


Selanjutnya, Yeshua berbicara lagi kepada mereka, berkata, “Aku adalah terang dunia. Siapa yang mengikuti Ku, ia sekali-kali tidak akan berjalan dala kegelapan, melainkan akan mempunyai terang kehidupan.” (Yohanes 8:12)

Alkitab Perjanjian Lama mencatat bahwa Abraham dijanjikan YAHWEH akan memiliki keturunan yang banyak seperti Benih Abraham illustrasibanyaknya bintang di langit atau banyaknya pasir di laut. Banyak orang mengaku bahwa mereka adalah keturunan dari Abraham. Alkitab juga mencatat siapa yang sesungguhnya keturunan Abraham yang benar, baik secara darah (benih keturunan) maupun secara rohani (benih kepercayaan). Artikel ini, berdasarkan ayat-ayat Alkitab akan menjelaskan siapakah sesungguhnya keturunan Abraham yang benar atau sesungguhnya. Apakah Anda termasuk diantara keturunan Abraham yang sesungguhnya tersebut?
1. Benih (Keturunan) Abraham secara darah
a. Dari Sarah, isteri pertama, lahirlah Ishak. Ishak melahirkan Yakub dan Esau.

  • Dari Yakub lahir 12 suku yang membentuk sebuah bangsa, disebut bangsa Israel, berasal dari nama baru yang YAHWEH berikan kepada Yakub, yakni Israel. Lihat Kej 32:28 dan 35:9-13.
  • Dari Esau lahirlah suku Edom; Edom berarti Merah, nama panggilan dari Esau karena menjual hak kesulungannya hanya dengan semangkuk sup kacang merah. Bangsa Edom berasal dari tiga ibu. Ada orang Het dan Oholibama orang Hewi dan terakhir Mahalat putri Ismael. Kedua yang pertama adalah bangsa Kanaan. Kej 28:8-9. Kata Edom dan Ismael karenanya sering kali indentik walaupun tidak seratus persen sama. Suku Amalek, musuh bebuyutan Israel, berasal dari benih Esau

b. Dari Hagar, gundik Abraham, budak perempuan Mesir Sarah, lahirlah Ismael (Kej 16:1). Dari Ismael lahirlah 12 putra yang dari mereka lahirlah 12 suku bangsa. Pria tertuanya bernama Nebayot, dan kedua Kedar. Suku Nebayot ini dikenal juga sebagai suku Nabataea, dengan salah satu kotanya yang terkenal kota Bakka atau orang Romawi menamainya kota Petra. Lihat SarchForMecca.com dan Nabataeans.net
c. Dari Ketura, gundik Abraham, yang ia ambil setelah tiga tahun kematian Sarah.[1] Ketura melahirkan 6 (enam) pria. Dua diantaranya adalah Medan dan Midian, dari kedua pria ini lahirnya suku Median, sering disebut di Alkitab. Wilayah Median terletak di barat tenggara Arab Saudi modern. Kej 25:1-4
Di sini pula Musa dipanggil sebagai nabi untuk melepaskan Israel dari perbudakan Mesir. Di Median pula nabi Musa membawa umat Israel berdiam segera setelah keluar dari Mesir sebelum mereka menuju utara untuk masuk ke Tanah Perjanjian.

2. Tanda yang diberikan YAHWEH sebagai keturunan Abraham
A. Sunat daging. Lagi firman Elohim kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun…., yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. …baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal. (Kej 17:9-13)

Hal-hal yang kita bisa lihat dari ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan sunat daging sebagai Perjanjian antara YAHWEH dengan Abraham:

  • Ishak, putra satu-satunya Abraham dari Sarah, adalah pribadi yang terpilih sebagai garis keturunan Pernjanjian kekal antara Elohim dengan Abraham (Kej 17:19,21)
  • Ismael, putra pertama Abraham, turut disunat sekalipun ia tidak termasuk di dalam pernjanjian kekal tersebut – hanya dinjanjikan “keturunan yang sangat banyak.” (ay. 20, 25-26).
  • setiap bangsa asing (pria dalam hal ini) yang tinggal di dalam lingkungan keluarga Abraham. (ay. 27).
  • bangsa Filistin bukanlah “bangsa Palestina,” sebab Alkitab menulis bahwa bangsa Filistin adalah bangsa yang tidak bersunat. Lihat Suku Filistin dan suku Palestina samakah?

B. Sunat hati. Banyak orang Kristen bepikir bahwa perintah atau ajaran Sunat hati hanya dimulai sejak Pelayanan Adonai Yeshua Ha Mashiah di bumi, nyatanya itu sudah tertulis sejak nabi Musa.
Bagi bangsa Israel, entah seorang pria beriman kepada Yeshua entah tidak, sunat daging adalah keharusan. Namun YAHWEH menuntut lebih dari sekedar tanda jasmani (sunat daging) bagi umat pilihan-Nya. YAHWEH menuntut keturunan Abraham secara daging memiliki tanda sunat hati!
Perhatikan apa yang dikatakan nabi Musa kepada bangsa Israel:
Ulangan 10”Lihatlah, langit, bahkan langit dari segala langit kepunyaan YAHWEH, Elohimmu, bumi dan segala yang ada di dalamnya. YAHWEH hanya memilih para leluhurmu untuk mengasihi mereka, dan Dia memilih benih mereka yang keluar dari mereka, yakni kamu, melampaui semua bangsa-bangsa, seperti pada hari ini.” (14-15). Dan sekarang perhatikan apa yang nabi Musa katakan pada ayat ke 16nya, berbunyi Karenanya kamu harus menyunat kekerasan hatimu,[2] dan janganlah kamu mengeraskan tengkukmu.” Diterjemahkan dari Alkitab LXX [3]
Makna dari sunat hati ini, dijelaskan pada ayat 12 sampai 13, tertulis,
”Dan sekarang, Israel, apakah yang YAHWEH Elohimmu tuntut darimu, tetapi
takutlah (akan) YAHWEH Elohimu, dan
berjalan dalam seluruh jalan-jalan-Nya, dan mengasihi Dia, dan
melayani YAHWEH Elohimmu dengan seluruh hatimu, dan dengan seluruh jiwamu;
memelihara perintah-perintah YAHWEH Elohimmu (the commandments of), dan ketetapan-ketetapan-Nya,
semua yang saya tugaskan mu hari ini, sehingga itu boleh ada baik dengan mu?”[4] (LXX)
Firman-Nya melalui nabi Yeremia, ”Lihatlah, hati-hari tersebut datang, firman YAHWEH, ketika Aku akan mengunjungi semua yang bersunat (kulit khatannya) ketidak bersunatan (hati) mereka (the circumcised their uncircumcision);[5] atas Mesir, dan atas Idumea,[6] dan atas Edom, dan atas bani Amon, dan atas bani Moab, dan atas setiap orang yang bercukup sekeliling mukanya, mereka yang tinggal di padang gurun; karena semua bangsa (the Gentiles) tidak bersunat daging, dan semua keluarga Israel hati-hati mereka tidak bersunat (Yer 9:26; LXX). Tidak bersunat hati ini dijelaskan pada ayat 22 sampai 24.
Juga pada Yehezkiel 44:7,9 ”tidak bersunat hatinya dan tidak bersunat daging.”

Pernyataan Adonai Yeshua tentang benih (keturunan) Abraham
Percakapan antara Yeshua dengan orang-orang Yahudi ini terjadi di Bait Elohim di Yerusalem, tepatnya pada Hari Perayaan Pondok Daun atau Tabernakel, perayaan Musim Gugur. Perayaan Pondok Daun adalah satu dari tiga Perayaan tahunan yang Elohim telah tetapkan bagi setiap orang Israel untuk pergi ke Yerusalem. Jadi orang-orang Yahudi yang berbicara dengan Yeshua jelas mengerti Firman Elohim (Perjanjian Lama). Namun Dia mendapat perlawanan dari orang Yahudi beraliran Farisi:
Bukankah Musa yang telah memberikan torat kepadamu dan tidak seorang pun dari antara kamu melaksanakan torat itu? Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?” (Yoh 7:19)
Setelah Perayaan berakhir, Ia kembali mengajar di Bait Elohim, dan kembali menghadapi perlawanan dari para Farasi – yang menyombangkan diri karena mereka berasal dari benih Abraham (Yoh 8:33), yang dijawab oleh Yeshua: “Aku tahu bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha membunuh Aku, karena firman-Ku tidak mendapat tempat di dalam hatimu.” (37). Sekali lagi mereka berkata kepada Dia, “Abraham adalah bapak kami!” (39). Perhatikan sekarang apa jawaban Yeshua atas klaim mereka tersebut yang ingin membunuh diri-Nya, Dia berkata,
”Jika kamu adalah anak-anak Abraham [itu benar sekali, Yeshua sendiri mengakuinya], kamu melakukan pekerjaan-pekerjaan Abraham; tetapi sekarang kamu ingin membunuh Aku, seorang yang telah mengatakan kebenaran kepadamu, yakni apa yang telah Aku dengarkan dari Elohim. Abraham tidak melakukan itu (membenci apalagi membunuhi orang benar), kamu sedang melakukan pekerjaan-pekerjaan bapakmu. … Jika Elohim adalah Bapamu, kamu akan tetap mengasihi Aku, karena Aku telah keluar dan sedang datang dari Elohim. … Mengapa kamu tidak mengerti perkataan-Ku? Sebab kamu tidak mendengarkan firman-Ku!
Kamu berasal dari bapakmu, si iblis, dan kamu mau melakukan keinginan bapakmu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula. …. Siapa yang berasal dari Elohim, ia mendengarkan firman Elohim; karena inilah kamu tidak mendengarkan, berhubung kamu tidak barasal dari Elohim. … Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum Abraham ada, Aku ada!” (Yoh 8:39-58) (Most assuredly I say to you, before Abraham was, I AM.” (EMTV)[7]

Adonai Yeshua dengan jelas menyatakan bahwa bangsa yang benar-benar berasal dari benih Abraham adalah orang Israel, atau Yahudi. Namun yang mewarisi perjanjian abadi (kekal) adalah mereka yang bersunat hatinya, sebagai mana Abraham adanya, yakni para pelaku perintah, ketetapan dan ajaran Bapa Sorgawi, dan Putra Tunggal-Nya, Yeshua Ha Mashiah.

Setelah kebangkitan Yeshua dari kematian-Nya di kayu salib di atas bukit Golgota tersebut, Dia memerintahkan berita Injil untuk dikabarkan ke seluruh bangsa-bangsa bukan Israel:

“Segala otoritas di surga dan di bumi sudah diberikan kepada-Ku. Pegilah dan buahtlah murid-murid dari semua bangsa, baptiskan mereka dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, ajarlah mereka melakukan segala apapun yang Aku telah perintahkan kamu; dan ketahuilah, Aku (I AM) bersamamu selalu, bahkan pada penghabisan jaman.“ Amin (Mat 28:18-20)

Itulah sebabnya rasul Paulus, – yang hidup bersamaan waktu dengan Yeshua – yang ahli Kitab-kitab Perjanjian Lama, khusunya Torah, dan gurunya adalah seorang termuka agama Yahudi, namanya Gamelius, setelah ia berhadapat muka dengan Adonai Yeshua Ha Mashiah yang merubah seluruh hidupnya dan diutus oleh Yeshua untuk menjadi rasul-Nya bagi bangsa-bangsa bukan-Yahudi, ia dengan berani berkata[8] kepada orang-orang Kristen Yahudi (Jemaat) di Roma:
“Sebab sunat (daging) memang bermanfaat, manakalah kamu melalukan torat; tetapi jika kamu menjadi pelanggar torat, sunatmu telah menjadi yang bukan sunat.
Oleh karena itu, jika yang bukan sunat (mereka yang bukan keturunan Abraham secara daging) dapat memelihara peraturan-peraturan torat, tidakkah yang bukan sunat itu akan diperhitungakan sebagai sunat?
Dan yang bukan sunat, karena menggenapkan torat secara alamiah, akan menghakimi kamu melalui tulisan dan sunat sebagai pelanggar torat.
Sebab, seorang Yahudi bukanlah ada pada apa yang kelihatan, begitu pula sunat bukanlah ada pada apa yang kelihatan secara daging. Namun, seorang Yahudi ada pada yang batiniah, dan sunat hati ada pada roh, bukan pada tulisan, yang baginya, pujian datang bukan dari manusia tetapi dari Elohim (Roma 2:25-29)

Alkitab dari Perjanjian Lama sampai Baru, dengan jelas memaparkan suatu fakta, yakni bahwa sunat daging – sekalipun ia berasal dari benih Abraham – tidak berperan banyak di dalam perolehan jaminan kehidupan kekal; itu hanyalah: bagi bangsa Israel, ia mendapat berkat kepandaian dan jasmani khusus, bagi bangsa Ismael ia mendapat berkat kesuburan kandungan.
Namun bagi mereka yang mengikuti teladan Abraham – sesuai ajaran Alkitab – baik bangsa Israel, bangsa Ismael dan maupun sama sekali tidak ada hubungan benih/ darah dengan Abraham semuanya akan mendapat berkat yang kekal dari Elohim Abraham, Elohim Ishak dan Elohim Israel.

Carilah kehormatan yang berasal dari Elohim, dan bukan manusia. Maka Anda akan dihormati oleh Elohim dan kelah Anda akan beroleh upah yang kekal di Hari Penghakiman-Nya.

Catatan Kaki:
1. John Gill, Exposition of the Entire Bible pada Kej 25:1
2. Hati yang tidak bersunat indentik dengan hati dan pikiran yang tegar/keras, baca: Yeh 3:7-8; Zakaria 7: 8-12 dan 2 Kor 3:3
3. Terjemahan Sir Lancelot Brenton Alkitab bahasa Inggris (1851) yang berasal dari Alkitab Septuagint (LXX) Yunani yang diterjemahkan dari Alkitab Ibrani abad ke 3 Sebelum Masehi. Perhatikan kata “benih” (Their seed after them) sejalan dengan janji-janji nubuatan Elohim di Kej 3:15 (Hawa), Kej 9:9 (Nuh) dan Kej 12:7 (Abraham) dan Kis 3:25-26 (Yeshua, Putra Elohim)
4. a. Perintah dalam bentuk kalimat pertanyaan. b. “…, that it may be well with thee?” Perintah YAHWEH bisa diberikan bagi umat-Nya agar umat-Nya sedikitnya “OK,” terlebih berkelimpahan (Ul 28:1-14 dan Yoh 10:10a), TETAPI, itu bisa juga menjadi sedikitnya “problem,” dan bahkan “kutuk” jika tidak diikuti (Ul 28:15-68). Elohim tahu jiwa dan tubuh kita, dan Dia tahu kondisi ciptaan-Nya (bumi, langit dan laut dengan masing-masing isinya), itulah sebabnya Dia memberi perintah agar umat-Nya mendapat yang terbaik.
5. HCSB menulis: Ketika Aku akan menghukum semua the circumcised yet uncircumcised: Mesir, Yudea …”
6. Terjemahan KJV tertulis Yehuda sebagai ganti dari Idumea. Edom dan Idumea sesungguhnya sejenis, hanya beda bahasa. Jika LXX ini memisahkan keduanya, besar kemungkin bahwa pada jaman penterjemahan tersebut kerajaan Yehuda, setelah mengalami pembuangan ke Babilonia, dihuni oleh oleh bangsa “Idumea.” Berarti orang-orang Edom yang awalnya berlokasi di selatan kerajaan Yehuda (wilayah Yudea) dengan ibukotanya Bakka/Petra, bergerak ke utara menghuni tempat kosong tersebut. Timur Syria juga ditempati oleh Edom. Amon dan Moab berasal dari Lot, keponakan Abraham; lokasi mereka sekang ada Yordania
7. EMTV: the English Majority Text Vestion. MT, dikenal juga sebagai Byzantine dan Ekklesiatical Text. Adalah text-text Kitab Suci bahasa Yunani yang diterima dan dipakai secara umum di Gereja-gereja Eropa Timur (dari Israel, Syria, Yunani sampai ke Asia Minor (Turky) sebelum Konstantine hidup dan bahkan setelah. Text Mayoritas ini isinya secara umum sama dengan Textus Receptus, dari mana Alkitab King James Verstion (KJV) dibuat, KJV dibuat berdasarkan manuskrip-manuskrip Yunani Byzantine yang diterjemahkan oleh Erasmus.
8. Setiap tuduhan yang mengatakan bahwa Kristianiti adalah ajaran rasul Paulus semata – berkaitan soal sunat dan makanan bersih-kotor – jelas si penuduh tidak mengerti isi Alkitab, dan hanya ingin membela sekte agamanya sendiri yang sama sekali berbeda dengan ajaran Alkitab yang diajarkan oleh para nabi dan para rasul Adonai Yeshua. Melalui observasi yang teliti pada surat-surat Paulus, semua ajarannya dan praktek imannya ia sungguh-sungguh mengikuti ajaran Yeshua sebagai mana para rasul lainnya juga lakukan.

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: