Orang Kristen Finlandia merayakan 25 tahun menolong Yahudi Russia balik ke Israel


Orang-orang Yahudi Ukrainia berimigrasi ke IsraelTime of Israel.com menulis: ”Para Zionist Kristen di Finlandia merayakan ulang tahun ke 25 tahun sejak komunitas mereka melai menolong para Yahudi berbahasa Russia berimigrasi ke Israel, atau membuat aliya.”
Perayaan mengambil tempat pada awal bulan ini (Maret), dengan tibanya bus ke dua tahun ini ke Helsinki para Yahudi berbahasa Russia yang datang dari (kota) St. Petersburg membuat ”aliya” (berimigrasi pulang ke tanah air) melalui apa yang saat itu dikenal sebagai ”Rute (bangsa) Finlandia” (the Finnish Route). 30 penumpang bus terbang ke Israel setelah menetap tiga hari di rumah-rumah para sukarelawan Kristen.
Sejak 1990, orang Kristen Finlandia telah mengorganisasikan pelayanan bantuan bagi para Yahudi dari Russia dan negara-negara bekas Perserikatan Russia yang ingin melakukan aliya namun tidak memiliki biaya atau kemampuan sendiri.
Sejak itu ada kira-kira 20.000 orang Yahudi telah kembali ke Israel melalui jasa baik para Kristen Finlandia tersebut.
Sewaktu saya berada di Israel untuk suatu urusan kerohanian, saya bertemu dengan orang-orang Yahudi (Kristen) dan para delegasi dari negara-negara Skandinavia. Dari mereka saya ketahui bahwa Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swedia adalah negara-negara yang sangat berjasa bagi dan pendukung kuat bangsa Yahudi.  Finlandia menolong orang-orang Yahudi berbahasa Russia balik ke Israel
Dari salah seorang Finlandia yang mengurus yayasan jasa aliya bagi keluarga Yahudi berbahasa Russia, ibu ini bercerita bahwa yayasannya menolong mereka mulai dari surat perjalanan keluar dari Russia, kendaraan, penginapan di Finlandia (di keluarga Kristen), penerbangan, menanggung biaya tempat tinggal sementara di Israel sementara surat-surat ijin tinggal diproses oleh yayasan. Para imigran hanya membayar apa yang mereka bisa bayar. Saya sungguh salut dengan semua pengorbanan orang-orang Kristen Finlandia tersebut. Kemudian waktu saya baru ketahui bahwa Finlandia memiliki beberapa yayasan seperti yang ibu itu pimpim dan yayasan kemanusian lain yang berkaitan dengan mendukung Israel, seperti contohnya Hostel Yad Hashmona tidak jauh dari kota Yerusalem. Didirikan tahun 1971 atas inisiatif beberapa orang Kristen Finlandia untuk mengenang para korban Nazi Holocaust. Yad Hashmona artinya “Monument untuk Delapan.” Nama ini diambil dari delapan orang pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari Austria di tahun 1938, dan tiba dengan aman di Finlandia. Malangnya bagi mereka, ketika Perang Dunia Ke Dua meletus tahun 1942, Russia menyerang Finlandia, kemudian pemerintah Finlandia bekerja sama dengan Jerman sebab mendapat bantuan militer dari Jerman berakibat delapan orang Yahudi tersebut (pria, wanita dan anak-anak) diserahkan ke orang Jerman dan kemudian dikirim ke kamp kematian, hanya satu yang berhasil tetap hidup.
Empat negara Skandinavia adalah negara-negara yang diberkati YAHWEH, keempanya adalah negara-negara Eropa yang sangat maju dan makmur. Di sini kita bisa lihat bahwa janji Elohim kepada Abraham:  ”Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” (Kejadian 12:3)

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: