Hamas kembali melanggar perjanjian gencatan senjata


berbagai jenis roket Hamas dan jangkauannyaSelasa malam konflik senjata Israel melawan Hamas meletus kembali, serangan roket-roket Hamas ke Israel dibalas dengan serangan udara Israel ke poket-poket ruang operasi dan fasilitas pembuatan persenjataan Hamas.

Konflik Israel-Hamas 2014 ini berlanjut setelelah kira-kira delapan jam sebelum akhir dari waktu gencatan senjata yang diprakasai oleh negara Mesir itu dilanggar ole Hamas dengan meluncurkan 7 roket ke kota Ashdod dan Ashkelon bahkan sejauh kota metropolitan Tel Aviv, kota kedua terpenting di Israel. Ini merupakan kedua kalinya Hamas telah melanggar perjanjian gencatan senjata selama periode dua bulan koflik ini.

Tindakan Hamas ini dibalas oleh pemerintah Israel dengan memanggil pulang para delegasi perdamaiannya dari Mesir dan membalas balik, khususnya mentargetkan pemimpin Hamas Mohammed Deif, kepala komando militer Hamas. Deif bertanggung jawab atas belasan korban jiwa dari rangkain bom bunuh diri tahun 1996, dan ia orang teratas yang sedang diburu oleh Israel. Pihak Gaza melaporkan isteri dan anak dari Deif tewas pada serangan Israel tersebut namun tidak menyebutkan kondisi Deif.

Menurut pihak Israel, Selasa pagi ini (waktu setempat) Hamas telah meluncurkan sekitar 50 roket pada Selasa malam dan 20 buah pada Rabu pagi.

Tuntutan kedua belah pihak. Hamas menuntut pelabuhan di Laut Mediterranian dan ”zone memancing” serta dibukanya kembali gerbang antara Mesir dengan Gaza (yang ditutup Mesir sejak Morshi ditangkap). Sebaliknya Israel menuntut Hamas untuk menyerahkan semua senjata mereka. Selama gencatan senjata yang kedua ini, pemerintah Israel telah mengijinkan warga Gaza kembali menangkap ikan di laut, namun tidak memberi ijin pemakain pelabuhan sebab pemerintah Israel takut pelabuhan tersebut dapat dipakai untuk pengapalan senjata-senjata, seperti telah terjadi sebelumnya.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: