R.R.Cina: 37 tewas 13 luka-luka dalam serangan terror di Xinjiang


Serangan Islam terrorist di XinjiangSekumpulan pemuda bersenjata pisau dan kampak menyerang kantor polisi dan kantor-kantor pemerintah di desa Elixku pada Senin dini hari (28 Juli), lalu bergerak ke dekat desa Huang menyerang warga sipil dan menghacurkan 31 dan membakar 6 kendaraan-kendaraan sementara mereka melewatinya, menyebabkan 37 warga sipil tewas dan 13 luka parah, pemerintah setempat melaporkan.
Penelitian menyatakan bahwa serangan tersebut “terorganisasi” dan “terencana” oleh para terrorist dari dalam dan luar negara Cina. [Barat Cina berbatasan dengan Kirgistan dan Tajikistan]
Otak dari penyerangan berdarah tersebut dikenali sebagai Nuramat Sawut dari Desa Elixku, ia memiliki hubungan dengan organisasi terrorist Gerakan Islam Turkestan Timur (East Turkestan Islamic Movement , disingkat ETIM).

Aksi terror ini dibalas oleh pemerintah Cina dengan menembak mati 59 pelaku dan menahan 215 lainnya. Polisi menahan pisau-pisau panjang dan kampak-kampak serta banner-banner terrorist yang menyerukan ”jihad” / ”perang suci.”

Di tempat yang sama 30 Desember 2013 sembilan terrorist bersenjata pisau menyerang sebuah kantor polisi dan mereka melemparkan bahan-bahan peledak dan membakari mobil-moblil polisi. Polisi menembak mati delapan dari mereka.
Pada tanggal 22 Mei 2013, serangan terrorist terjadi di sebuah pasar di Urumgi, ibukota dari Xinjiang, 31 tewas dan 94 luka-luka.
Laporan 1 Maret 2013, lebih dari 10 pemuda berbaju hitam bersenjata pisau menyerang warga sipil di stasiun kereta Kunming di provinsi Yunnan. Menyebabkan 28 tewas dan 113 luka-luka, termasuk 5 terrorist yang ditembak mati petugas keamanan.

Surat kabar elektronic Australia mengutip koran Cina menyatakan bahwa baru-baru ini Pemerintah RRC menawarkan 300 juta Yuan (sekitar 49 juta Dollar Australia) bagi para penduduk yang menolong membongkar aksi ”terrorisme” di Xinjiang.
Komentar: Dari subkatagori China Fights Terrorism and Violent Attacks”  nampak bahwa pemerintah Cina menghindari kata “Islam”, namun jelas semua serangan terror umumnya terjadi di wilayah Uygur (Xinjiang BaraShache distrik Kashgar, Xinjiang Cinat) yang mayoritas adalah orang Muslim Uygur – dipercayai sebagai ”suku Turki yang paling tua” – (lebih dari 43%) dan dilakukan oleh Muslim Uygur. Aksi Pemerintah (Komunis) RCC menekan kelompok agama bukanlah hal baru: itu terjadi juga pada orang Budha Tibet, Kristen Cina dan orang Falun Gong Cina. Aniaya terhadap orang Kristen di Cina bahkan tercatat sejak tahun 845 AD, dan semakin berat pada masa pemerintahan Komunis dikenal sebagai ”the Iron Curtain atau Bamboo Curtain.” Buku China’s Christian Martyrs by Paul Hattaway, mendokumentasikan hal itu baik sekali. Paul adalah penulis biografi dari pendeta China “Brother Yun” berjudul The Heavenly Man yang dianiaya dan karena mujizat ia bisa bebas dari penjara Cina dan kaki pulih dari rantai besi yang ketat, ia hidup di Jerman saat ini
Perbedaan disini adalah ketiga kepercayaan yang disebut belakangan tidak melawan pemerintah komunis dengan kekerasan seperti Muslim Uygur lakukan. Hasilnya pun berbeda: Orang Muslim Uyghur Cina hanyalah sekitar 10 juta (dengan asumsi 100% dari suku Uyghur adalah pemeluk Islam). Sedangkan orang Kristen telah bertumbuh menjadi lebih dari 100 juta. Koran sekuler Inggris, the Telegraph memprediksi bahwa “RRC dapat menjadi ‘Negara Kristen terbesar di dunia’ sekitar 160 juta di tahun 2025 atau 247 juta di tahun 2030 melampau jumlah orang Katolik di Mexico dan Brazil.” Dari sumber Kristen; orang Kristen di Cina telah lebih dari 200 juta, Partai Komunis Cina melaporkan sekitar 18 juta Kristen di tahun 2004 (yang terdaptar di pemerintah; disebut Three Self Churches.

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Iklan

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: