Pemerintahan: Memilih menteri dan gubernur menurut contoh Alkitab


Jika ada sebuah negara di dunia yang mencapai tangga sukses dan jaya hanya dalam periode yang singkat, sekitar 300 tahun, itu adalah negara Israel. Rahasianya ada tertulis di Kitab Perjanjian Lama. Bangsa Israel keluar dari perbudakan bangsa Mesir

Bayangkan ini. Ada sebuah suku bangsa selama 430 tahun[1] tidak memiliki negara, mengembara dari kota ke kota di Tanah Kanaan, dan pindah ke negara Mesir. Di Mesir, status mereka dari tamu berakhir menjadi budak, perbudakan yang panjang dan berat. khususnya tahun-tahun menjelang kelahiran Musa dimana semua anak laki-laki Ibrani yang baru lahir harus dibunuh yang kemudian diikuti pembunuhan masal.[2]
Jadi ketika nabi Musa di tahun 1280 BC[3] memimpin 600.000 laki-laki Israel (tidak termasuk wanita dan anak-anak),[4] kondisi bangsa Israel seperti ini:

  • Belum memiliki sistim pemerintahan dan tanah
  • Belum memiliki sistim ekonomi, sosial dan budaya
  • Belum memiliki ilmu teknologi cangih, pisau mereka masih dari batu[5]
  • Belum memiliki sistim pendidikan dan keagamaan
  • Belum memiliki sistim pertahanan militer, satu-satunya perlindungan mereka adalah YAHWEH

Selama perbudakan, kebutuhan utama mereka bergantung dari pemerintah Mesir, seperti kebanyakan penduduk di jaman Uni Soviet dan Korea Utara saat ini. Mereka tidak tahu gotong-royong untuk kesejahteraan bersama atau ilmu kebersihan dan kesehatan. Yang mereka tahu adalah bagaimana ”bisa tetap hidup.”

Landa Cope, pemimpin eksekutif dari The Template Institute, menggambarkan kondisi bangsa Israel saat itu sebagai, ”Mereka adalah, tidak diragukan, kumpulan dari orang-orang terbesar, sangat tidak-maju yang pernah ada pada permukaan bumi. Dibandingkan pada negara apapun saat ini, Israel saat itu dalam kondisi yang lebih buruk.“[6]
Jika kita bandingkan dengan kondisi ”pengungsi” Palestina di Jalur Gaza saat ini, maka penduduk Palestina masih jauh lebih baik mereka; orang Israel tinggal di tenda-tenda seadanya, sementara orang Palestina di gedung-gedung bertingkat; mereka tidak memiliki kamar mandi dan wc, sementara orang Palestina memiliki yang permanen, bahkan memiliki kolam-kolam renang. Penduduk Palestina bahkan memiliki sekolah, universitas dan mobil-mobil mewah – jadi sebenarnya mereka tidak pantas disebut pengungsi.

Kondisi bangsa Israel bertumbBangsa Israel tidur dalam tenda-tenda di padang pasiruh pesat dalam segala bidang. 300 tahun setelah Exodos dari Mesir, ketika Raja David (Daud) mulai memerintah atas seluruh (12 suku) Israel dan menjadikan kota Yerusalem sebagai pusat pemerintahannya (1000-967 BC);[7] jadi hanya sekitar 280 – 311 tahun sejak Exodus[8] kondisi bangsa Israel telah menjadi:

  • Telah memiliki raja Daud, menggantikan raja Saul
  • Negara kekuasaannya dari Laut Mediterenian sampai sungai Efrat, dan berbatasan dengan Libanon di utara dan sampai Elat di selatan.
  • Memiliki sistim ibadah yang rapi; keimaman, pemimpin koor sampai karyawan perawatan rumah ibadah.
  • Memiliki rumah ibadah yang sangat besar. Raja David memperisiapkan banyak emas, perak dan tembaga, kayu Aras yang sangat banyak untuk putranya Salomo bagi pembangunan gedung Bait Elohim.
  • Memiliki hubungan diplomatik yang bagus sekali dengan Libanon, Mesir dan negara-negara lainnya.
  • Memiliki sistem pertahanan dan kekuatan militer yang besar. 1.100.000 (satu juta seratus ribu) pria yang mampu berperang di seluruh Israel dan 470.000 di Yudea. – Ingat ini sekitar 3000 tahun yang lalu! Lihat Prestasi Israel dalam IPTEK dalam abad modern 

Rahasia kesuksesan mereka terdapat pada pesan Elohim YAHWEH melalui nabi Musa di Kitab Ulangan pasal satu, diberikan tepat sebelum mereka menyeberangi sungai Yordan.
Ul 1:5 – Di seberang Yordan, di tanah Moab. Musa mulai menguraikan Torat[9] ini, dengan mengatakan:” YAHWEH memberi intruksi kepada bangsa Israel bagaimana membangun sebuah negara,
• Sistim dan struktur pemerintahan – Ul 1:9-18; ”Ambillah bagimu orang-orang …, dan aku akan menetapkan mereka sebagai pemimpinmu.”
• Sistim ekonomi – Ul 15:1-10; ”Maka tidak akan ada orang miskin di antaramu, sebab …” (ay. 4)
• Ilmu kebersihan – Ul 23:9-14; ”haruslah perkemahanmu itu kudus” (ay. 14)
• Ilmu sosial dan kemasyarakatan – Ul 23.15-18; ”Janganlah … itu adalah kekejian bagi YAHWEH, Elohimmu.”
• Ilmu perbankkan – Ul 23:19-20; ”memungut bunga”
• Hubungan dengan Elohim – Ul 23:21-23; ”Apabila engkau bernazar kepada YAHWEH, Elohimmu, …”
• Sistim kepemilikan – Ul 23:24-25; ”Apabila engkau melalui kebun / ladang sesamamu …”
• Aturan pernikahan dan perceraian – Ul 24.1-5; ”Janganlah engkau mendatangkan dosa atas negeri yang diberikan YAHWEH, Elohimmu.”
• Sistim pengadilan – Ul 24:16;
• Aturan komunitas terhadap orang miskin dan asing – Ul 24:17-22; ”engkau ditebus YAHWEH, Elohimmu, dari sana; itulah sebabnya aku memerintahkan engkau melakukan hal ini.”
• Sistim keagamaan – Bilangan 1:47-54; Perhatikan!, Elohim memerintahkan suatu hal yang sama sekali berbeda dengan sistem pemerintahan.  Kita akan bahas ini di bagian akhir.

Daftar perintah, pengajaraKerajaan Raja David  Daudn dan hukum YAHWEH di atas hanyalah sebagian kecil dari apa yang Musa catat di kelima kitabnya. Jika Anda pelajari butir-butir di atas, maka Anda akan mengerti bahwa nilai-nilai kehidupan di atas sungguh luar biasa indahnya dan sangat masuk akal – itulah yang membuat bangsa Israel meloncat ke atas dari status budak menjadi pemimpin hanya dalam 300 tahun.

Loren Cunningham[10] dalam bukunya The BOOK That TRANSFORMS Nations, The Power of the BIBLE to change any Country, memaparkan berdasarkan sejarah dan penelitian bahwa India, Belanda, Norwegia, Korea Selatan, Pitcairn, Jerman, Switzerland menjadi sukses oleh karena negara-negara tersebut menerapkan prinsip-prinsip yang diajar di AlkitabThe BOOK. Bahkan negara makmur Jepang sekalipun yang Kristennya hanya 6 %, namun secara tidak langsung bangsa Jepang memegang kebenaran Alkitab: kejujuran, kerja keras, tertib.
Saya pribadi yakin, nilai-nilai sosial dan budaya orang Jepang yang bagus tersebut telah dipengaruhi budaya Israel kuno.[11] Seorang professor Jepang dalam bidang budaya dan bahasa Jepang mendapatkan bahwa karakter bahasa Jepang kuno dan ibadah Shinto mereka mirip dengan bahasa dan ibadah Israel. Juga Bahasa Mandarin meneguhkan Kitab Kejadian.

Sistim pemerintahan menurut Contoh Perjanjian Lama
Baca Ulangan 1:9-12. Nabi Musa menyadari bahwa bangsa yang besar tidak dapat dipimpin dengan efektif hanya melalui satu pemimpin – sekalipun orang itu punya hikmat, pengertian dan pengetahuan yang luar biasa hebatnya. Musa sadari itu! Musa sejak bayi diadopsi oleh keluarga Firaun, ia adalah pangeran Mesir selama 40 tahun. Mesir adalah sebuah kerajaan yang mungkin terbesar di dunia saat itu, kerajaan Babilonia dan Medi-Parsi lahir kemudian, lalu diikuti oleh Yunani dan kemudian Romawi.
Musa menjadari semua ilmu yang ia miliki dari Mesir ditambah hikmat dan pimpinan YAHWEH secara langsung kepada dirinya tetaplah tidak cukup untuk memimipin suatu bangsa yang berjumlah 2-3 juta jiwa ke atas apalagi membuat menjadi makmur.
Itulah sebabnya nabi Musa bekata: (ay. 13) – ”Ambillah bagimu orang-orang yang bijaksana, yang bepengertian dan yang disegani oleh suku-sukumu, dan aku akan menetapkan mereka sebagai pemimpinmu. Terjemahan Jewish Publication Society Bible (JPS) menulis: Get you, from each one of your tribes, wise men, and understanding, and full of knowledge, and I will make them heads over you.’
Pada ayat ini YAHWEH mengajar dua hal penting di dalam memilih menteri dan gubernur:

  1. Para pemimpin suku dan provinsi harus dipilih oleh suku dan berasal dari daerah mereka sendiri. – orang Aceh, Sunda, Jawa, Bali, Menada, Maluku, Irian Jaya masing-masing untuk provinsi mereka.
  2. Penduduk (suku) setempat haruslah memilih pemimpin mereka para pria yang bijaksana, bepengertian, penuh pengetahuan.

Kedua hal ini juga berlaku untuk para hakim. Hakim yang tidak memandang muka, jujur, adil dan takut akan Elohim. Baca Ul 1.16-18.

Penting: Untuk memilih para pemimpin agama sama sekali berbeda dengan memilih pemimpin poKota David by Dr. Ritmeyerlitik.
Kitab Bilangan 1:47-54 menulis bahwa calon pemimpin agama haruslah berasal dari keluarga yang memang mengurus perkara-perkara keagamaan. Bukan dari latar belakang militer, politik, ekonomi, bisnisman. Pada bangsa Israel ini adalah suku Lewi, yakni keluarga Harun dan Musa.
Kitab-kitab Perjanjian Lama menulis dengan jelas bahwa para nabi mengurapi raja-raja yang telah terpilih. namun raja tidak memilih dan menetapkan para nabi. YAHWEH sendiri yang menetapkan para nabi – rakyat akan tahu dari perbuatan dan pelayanan apakah seorang nabi atau bukan.
Seorang Raja atau President tidak dipilih oleh nabi, tetapi oleh rakyat, itu nampak jelas pada pemilihan raja Saul dan raja Daud, dimana rakyat datang meminta mereka menjadi raja mereka dan kemudian nabi mengurapi calon raja tersebut.

Pemisahan antara otoritas politik dan rohani (keagamaan) dalam prinsip Alkitab jelas sekali. Keduanya tidak overlaping masing-masing ada batasnya dan menjaga batas. Jika pemerintah mencoba memcampuri urusan agama maka musibah akan terjadi, demikian juga sebaliknya. Raja David telah mengambil pelajaran ini melalui peristiwa pemindahan Tabut YAHWEH; bandingkan peristiwa di 1 Tawarikh 13 dengan pasal 15 – perhatikan ayat 2 dan 13.
Faktor utama keberhasilan, stabilitas dan kemakmuran negara-negara Protestant (seperti Belanda, Norwegia, Swedia, Finland, Jerman, Switzerland dll) adalah bahwa negara-negara tersebut mengalaskan kebijakan negara mereka pada ajaran John Calvin,[12] pentingnya pemisahan kekuasaan pemerintah dengan Gereja. Sebelum Calvin tiba, Geneva (ibukota Swiss) telah memiliki reputasi sebagai satu dari komunitas-komunitas yang sangat immoral di Eropa.
John sebagai ahli hukum dan sekaligus theologian melihat bahaya pencampuran tersebut di depan di berbagai negara Eropa Barat, dimana pada masa hidupnya para pengurus gereja Katolik mengontrol para raja dan pangeran, (dan melalui otoritas politik) para penguasa politik ini mengontrol Gereja Protestant dan keyakinan lain di luar keyakinan Roma Katolik, sehingga selalu terjadi ketidak stabilan negara, korupsi dan hancurnya ekonomi negara. Lihat:  Ketika Anda – PEMIMPIN – jatuh ke dalam Dosa

Bacaan berkait:

Catatan Kaki: 

1. Terhitung sejak lahirnya Ishak, anak tunggal Abraham dari Sarah. Abraham disebut sebagai Orang Ibrani (Hebrew) pertama (Kej 14:13). Alkitab versi the Septuagint menulis 430 tahun termasuk di tanah Kanaan, dengan tambahan: “… dan di tanah Kanaan.” Versi Samaritan: ”Lamanya orang Israel dan nenek moyang mereka, di tanah Kanaan, dan di tanah Mesir.” Lihat John Gill, Exposition of the Entire Bible pada Kel 12:40. Atau generasi keempat terhitung dari saat mereka pindah dari Kanaan ke Mesir atas undangan Firaun di jaman Yusuf sampai jaman nabi Musa. (Kej 15:13-16 dan Kel 6:15-19)
2. Kel 1:15 – Kej 2:10.
3. Perhitungan perkiraan.
4. Kel 12:37-38; Laki-laki disini termasuk para pria dari bangsa lain yang ingin mengikuti mereka. Jadi total keseluruhan bisa mencapai 1,5 sampai 2,5 juta jiwa. How many Hebrews were in the Exodus
5. Yoshua 5:1-9.
6. Landa Cope, An Introduction to THE OLD TESTAMENT TEMPLATE. Rediscovering God’s Principles For Discipling Nations. Ia juga pendiri dari the College of Communicating untuk the University of the Nations. Landa telah mengajar di berbagai negara di negara telah berkembang maupun terbelakang lebih dari 20 tahun lamanya.
7. 1 Raja-raja 2:11-12. Terdapat lima generasi dari Nahason ke raja David (Ruth 4:20-22). Harun (kakak dari nabi Musa) adalah ipar Nahason (Kel 6:22). Nahason adalah kepala dari suku Yehuda di masa Exodus (Bil 10:14)
8. Jumlah tahun ini di dalam termasuk 40 tahun hidup dipadang belantara, dari Mesir menuju timur sungai Yordan sebelum masuk ke Kanaan, Tanah Perjanjian yang Elohim mereka janjikan kepada Abraham dan keturunannya.
9. Dikutip dari Alkitab versi ILT (Indonesian Literal Translation). Torat atau Torah (Ibrani) berarti hukum, perintah, pengajaran. Menterjemahkan Torah sebagai ”Hukum Taurat” adalah terjemahan yang sangat buruk dan mengurangi tujuan Torah yang sebenarnya.

10. Loren Cunningham adalah pendiri the Youth With A Mission (www.YWAM.org), sebuah yayasan Misi internasional yang memiliki cabang lebih di 130 negara

11. Dr. Samuel Lee dalam buku Rediscovering Jepan, Reintroducing Christendo menerangkan bahwa orang-orang Israel masuk ke Jepang melalui Jalan Sutra setelah mereka dibuang dari tanah mereka oleh Kerajaan Assyria di 722 BC. Ia juga menunujukkan bukti-bukti yang kuat bahwa Kristianiti telah masuk Jepang dalam empat gelombong dalam periode 2000 tahun yang silam. Does Japanese culture have ancient Israelite connections?
Lihat juga video ini: Japanese are jewish; part 1.

12. John Calvin /Kalvin (1509-1564) terlahir dari keluarga Roma Katoik yang taat di Perancis, tahun 1533, di bangku kuliah ia pindah ke Protestant. Tahun 1533 ia mulai menerbitkan bukunya yang pertama Institutio Christianae religionis. (Institut-institut Keyakinan Kristen) di Basel Switzerland. Tahun 1559 ia merefisi bukunya dan kemudian diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa untuk disebar luaskan di seluruh Eropa. Switzerland, Belanda dan Jerman dipengaruhi ajaran Kalvin dan juga Scotland melalui John Knox (1514-1572). Pada masa hidupnya ia tidak terkenal jika dibanding Martin Luther, yang hanya lebih tua beberapa tahun darinya. Calvin banyak memikirkan masalah kenegaraan – pemerintahan Kristen. Joseph Renan, sejarawan Perancis abad 19 menyebut Calvin sebagai “orang yang sangat Kristen pada jamannya.”
JOHN CALVIN (1509-1564) by B. G. Armstrong

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: