Konflik bersenjata negara Israel dengan militan Hamas mulai lagi


Roket import Hamas lawan Iron Dome IsraelSaling serang terjadi lagi antara tentara Israel dengan militan Hamas. Hamas meluncurkan roket-roket missil importnya dari Gaza ke Israel dan Israel membalas dengan serangan udaranya. Ini berarti mengakhiri Gencatan senjata Israel-Hamas yang diprakasai oleh Mesir di tahun 2012.
Konflik kali ini meletus setelah tiga remaja pria Yahudi, diculik lalu dibunuh – dan Hamas memuji para pelakunya, bahkan mengancam Israel: ”akan membuka gerbang-gerbang Neraka” jika Israel mengusir para pemimpin Hamas dari West Bank ke Gaza. Satu dari tiga korban penculikan tersebut adalah warga negara Amerika Serikat.
Seminggu setelah ketiga mayat ditemukan, pemerintah Israel memerintahkan menangkapi para pelaku pembunuhan tersebut. Seorang remaja Palestina ditembak mati saat penggerebekan karena ia melempari granat ke para petugas. Sekelompok remaja Yahudi balas menculik dan membunuh remaja Palestina. Pemerintah Israel telah menahan semua enam tersangka yang terlibat dalam pembunuhan remaja Palestina tersebut, dan para Rabbi juga mengutuki aksi main hakim sendiri, berkata ”Bagaimana dapat seorang yang percaya Torah membunuh seorang yang tidak bersalah?” – namun orang-orang Palestina tidak puas dan turun kejalan.

Tentara Pertahanan Israel (TPI; Israel Defend Force /IDF) mengatakan Hamas telah meluncurkan sedikitnya 225 roket missil terhitung sejak Senin malam (7 Juli). Roket-roket tersebut diarahkan ke berbagai kota di selatan Israel, dan kota penting seperti Yerusalem, Tel Aviv dan Haiva. Dua komplek militer Israel juga terkena serangan. Beberapa roket berhasil di hancurkan di udara dengan teknologi militer Israel yang disebut Iron Dome. Tiga roket telah jatuh ke kota Yerusalem, kota yang dianggap suci bagi empat agama monotheisme (Yahudi, Kristianiti, Katolik dan Islam). Itu bukanlah serangan roket pertama Hamas ke kota suci Yerusalem, tahun lalu itu juga terjadi.

Tentara Israel sedang beroperasi”Kita tidak akan mengijinkan peluncuran roket melawan kota-kota dan desa-desa kita, dan karenanya saya memerintahkan sejumlah besar operasi-operasi TPI /IDF) melawan para terrorist Hamas dan kelompok-kelompok lainnya di Jalur Gaza,” Perdana Menteri Israel meresponi serangan Hamas tersebut.
Senin malamnya, Israel membalas serangan Hamas dengan 160 serangan pada kantong-kantong pertahanan Hamas dan terowongan untuk (penyelundupan) bawah tanah di dekat Rafah, media Israel berkata. Media Palestina melaporkan Hafez Hamed, pemimpin komando Jihad Hamas dan lima lainnya telah tewas dalam serangan balasan Israel tersebut. Media Hamas memuat foto-foto anak-anak yang terluka atas serangan Israel tersebut – namun BBC menyatakan kebanyakan dari foto-foto tersebut tidak benar: ”beberapa foto kejadian sekarang di Gaza, sebagian foto lama bahkan mundur ke tahun 2009 dan sebagian lainnya dari konflik di Syria dan Iraq.”
PM Israel, Benjamin Netanyahu, dalam pernyataannya di hari Selasa berkata, ”Hamas memilih bentokan dan akan membayar harga yang mahal untuk itu. Lebih lanjut PM berkata ”para terrorist Hamas sengaja bersembunyi dibalik rakyat Palestina, dan karena itu (mereka) bertanggung jawab atas luka-luka kecelakaan.”

Sering kali Hamas memakai pemimpin negara-negara Arab untuk berbicara di forum internasional menekan Israel untuk melakukan gencatan senjata ketika Israel balas menyerang atau Hamas sudah hampir kalah. Namun belakangan ini pihak Arab Saudi dan Mesir tidak memperdulikan permohonan Hamas, bahkan kedua negara ini telah secara resmi melabelkan pemerintahan Hamas di Gaza sebagai pemerintahan terrorist. Mesir tahun lalu setelah memenjarakan Muhammad Morsi, president Mesir yang berasal dari Islam the Muslim Brotherhood (ibu dari para organisasi jihad) tentara Mesir langsung dikerahkan ke wilayah Sinai untuk menghancurkan terowongan-terowongan bawah tanah Hamas dan membinasakan para aktivisnya.
Simpati terhadap Hamas telah lama hilang dari hati banyak orang Arab Palestina. Bahkan di bulan pada konflik yang baru ini dua Arab Palestina Muslim secara terang-terangan mendukung Israel dan mencela pemimpin Palestina. Ali Shaban, seorang Arab Muslim yang tinggal di Israel menulis surat kepada PM Israel, ”jika negara Israel ingin damai, haruslah mencabut kekuatan para kelompok terror yang sedang mengontrol populasi orang Palestina…” militant Hamas
Di Facebooknya Ali menulis: ”Mengapa Anda (Netanyahu) menunggu? … Kuasai Gaza. Kuasai West Bank. Tumbangkan Hamas dan Fatah. Tegakkan dan dukung kemempinan baru untuk rakyat Palestina, seorang pemimpin yang mencari damai dan sebuah kehidupan yang lebih baik untuk kita semua.” Pada interview di Channel 10 ia ditanya tentang pernyataannya yang tidak umum tersebut – membela Israel.
Ali menjawab bahwa selama ia dalam tugas ketentaraan di TPI /IDF di berbagai tempat di wilayah sengketa ia “telah bertemu dengan banyak sekali orang Palestina yang mendukung damai dan muak dengan situasi. Tetapi, mereka takut untuk berbicara sebab setiap orang yang bersuara berlawanan (dengan pemerintah Palestina yang sekarang baik di Gaza WB) akan segera dilabelkan penghianat … dan aka nada dieksekusi secara umum.”
Muslim lainnya yang secara terang-terangan pro-Israel adalah Mohammad Zoabi. Pada pesannya di YouTube dengan bendera Israelnya ia melabelkan para penculik tiga remaja Israel sebagai terrorist, dan mengkritik dengan pedas seorang Palestina anggota Parlement Israel sebagai anti-Zionist sebab Haneen Zoabi (bibi dari Mohammad) menolak menyebut para penculik tersebut sebagai terrorist, pemuda ini menganjurkan untuk bibinya keluar dari Israel pergi kesalah satu 22 negara Arab dan “Sebagai wanita, menurut tradisi Arab, ia hanya di dalam rumah, hanya untuk merawat suaminya. Tetapi karena Israel adalah negara yang sangat modern dan demokrasi, mereka telah memberikan dia hak untuk keluar (dari rumah) dan mengungkapkan pendapat sebagai seorang wanita.”

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: