Irak: PM Maliki menuduh Arab Saudi dan Qatar men-tidak-stabilkan Irak


Dalam suatu wawancara dengan TV Perancis saluran France24, Perdana Menteri Irak, Nouri Maliki berkata bahwa Arab Saudi dan Qatar telah sejarah efektif menyatakan perang di Irak,

“Saya menuduh mereka menghasut dan mendorong gerakan-gerkan terrorist. Saya menuduh mereka mendukung mereka secara politik dan dalam media, mendukung mereka dengan uang dan membelikan senjata-senjata untuk mereka. Saya menuduh mereka memimpin perang terbuka melawan pemerintah Iraq.”

PM Maliki menyatakan juga bahwa tidak hanya Arab Saudi telah mendukung terrorism di negara-negara seperti Irak dan Syria, tetapi di seluruh dunia.

Diagram di kanan adalah Diagram Serangan Mingguan terrorist Sunni di Irak dari Septermber 2011 ke Maret 2012. 

“Mereka menyerangi Irak melalui Syria, dan dengan jalan langsung.” Misalnya memberi bantuan keuangan kepda para pejuang Sunni di provinsi Anbar, wilayah dimana pemerintah Irak kesusahan mengendalikannya.Diagram Serangan Terrorist Mingguan di Irak 2011 ke 2012

“Kami tidak berharap untuk memperlebar arena konfrontasi,” Mr. Maliki berkata. “Tetapi, kami mengatakan kepada negara-negara tersebut, berhati-hatilah, sebab pendukungan atas terrorism akan berbalik menyerang kalian.”

Irak sejak bebas dari pendudukan militer Amerika Serikat (AS) mengalami konflik berdarah dalam negeri, kelompok Sunni sangat sering melakukan bom bunuh diri atau ledakan bom mobil dan serangan mendadak di permukiman Muslim Shia. Tahun 2013, menurut laporan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), Iraq mengalami kematian tertinggi sejak tahun 2007, menurut PBB kekerasan di tahun 2013 saja telah membunuh 8,868 jiwa.

Minggu (Maret 2014) ini di kota Hilla  (selatan Bagdad) dikabarkan seorang pembom bunun diri Muslim Sunni meledakkan mobilnya yang penuh dengan bahan peledak, sedikitnya 34 meninggal ditempat dan 167 lainnya luka-luka. Sumber terbaru bilang 45 meninggal.  Peristiwa terjadi di titik pemeriksaan di sebuah jalan. Polisi yang telah mencurigai si pelaku menghentikan si pengendara mobil, namun militan Sunni ini meledakkan mobilnya. 50 mobil lainnya juga terbakar dengan para penumpangnya yang terjebak di dalamnya.
Daftar serangan terrorist di Irak dan global bisa di lihat di sini: Couse for Concern the List of Terrorist Attacks

Namun pihak Saudi menyatakan tuduhan Irak itu sebagai tidak bertanggung jawab,  “Nouri al-Maliki tahu baik sekali, lebih dari siapapun, posisi kerajaan jelas dan berkatagori melawan terrorism … secara lokal dan global.”

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: