Konflik Islam Sunni VS Islam Shia meluas ke Libanon


Islam Sunni vs Islam ShiaSebagian Anda yang cukup umur mungkin ingat peristiwa Perang Iran-Irak atau  Perang Teluk Persia I yang berlangsung selama delapan tahun (September 1980 sampai Agustus 1988). Itu adalah perang frontal antara Islam Shia yang dipimpin oleh Ruhollah Ayatollah Khomeini melawan Islam Sunni dibawah pimpinan President Saddam Husein. Perang ini meletus segera setelah lahirnya Negara Revolusi Islam Iran, pemimpin tertinggi Islam Shia, Ayatollah Khomeini, kembali ke Iran. Korban jiwa di pihak Iran berkisar antara 300-900 ribu pejuang, dan di pihak Irak korban jiwa 150-375.000 pejuang. Lebih dari 100.000 orang sipil meninggal.

Bahrain. Demontrasi  Jalan Arab (Arab Spring, orang Barat menyebutnya)  di Bahrain yang masih berlangsung sampai sekarang adalah kelanjutan dari konflik Muslim Suuni dengan Muslim Shia; Bahrain dahulunya adalah milik Iran, namun sekarang dimiliki oleh seorang raja beragama Sunni.

Irak. Mayoritas penduduk Irak adalah Muslim Shia dipimpin oleh Perdana Menteri yang juga Shia. Hampir setiap minggu ada saja bom mobil meledak di kota-kota di Irak, mentargetkan para Muslim Shia. Hari Minggu, kemarin, 25 Agustus, para militant Sunni kembali menyerang pemerintah dan rakyat Irak yang berlatar belakang Islam Shia, di Baqouba dan Mosul; mentargetkan pesta pernikahan, cafeteria dan para tentara. Total jiwa yang meninggal sedikitnya 46 orang dan ratusan luka-luka . Menjadikan total kematian di bulan Agustus menjadi 420 orang; atau lebih dari 4000 (empat ribu) jiwa sejak Januari 2013 di Irak saja.

Konflik Sunni-Shia selama bulan Ramadan saja di berbagai negara bermayoritas Islam dikabarkan lebih dari 670 orang meninggal dunia. Di Afganistan dan Pakistanpun juga mengalami hal sejenis.

Syria. Perang  berkelanjutan antara Pemerintah Syria yang dipimpin oleh President Bashar al-Assad, Islam Shia Alawit melawan para pemberontak Islam Sunni (mereka datang dari berbagai negara Islam, dan beberapa orang Barat yang jadi Islam) telah mencapai dua tahun lamanya telah sedikitnya 100.000 orang meninggal menurut laporan PBB dan menyebabkan hadirnya lebih dari 1,5 juta pengungsi – sangat diperlukan tenaga sukarelawan dengan berbagai bidang keahlian masing-masing.

Libanon. Organisasi Islam Hezbollah Libanon selalu berkaitan dengan Iran dan Syiria. Sejak Perang ’saudara’ di Syria, telah terjadi beberapa konflik kekerasan antara pro dan anti- pemerintah Syria, yang meminta korban jiwa; tercatat sejak bulan Mai 2012, lalu Agustus dan Oktober. Tahun 2013, sedikitnya 15 tewas di Tripoli kota kedua terbesar di Libanon; Juni 17 Mesjid-mesjid diserang bom di Tripoli Libanontentara terbunuh oleh para pendukung Ahmad al-Assir,  pemimpin  Sunni radikal dari kota Sidon. Dengan semakin terlibatnya pengikut Hizbollah di Syria membela president al-Assad,  9 Juli kelompok Islam Sunni meledakkan mobil di wilayah pertahanan Hizbollah di Libanon, belasan luka. Terulang kembali pada tanggal 15 Agustus, kali ini 27 jiwa tewas. Hari Jumat kemarin, 23 Agustus, dua mesjid di Tripoli, yang umumnya dipakai oleh radikal Islam Sunni di bom; laporan setempat mengatkan kedua ledakan hanya berbeda dalam hitungan menit. Serangan ini terjadi ketika Muslim Sunni sedang sembayang Jumat; 42 meninggal dan sedikitnya 500 orang luka-luka. Pihak keamanan Libanon mengatakan ledakan mobil yang kedua, di depan Mesjid Salam, memakai 100 kilogram bahan peledak – menghasilka lubang besar di jalanan (4 meter lebar dan 2,5 meter kedalaman).

Al-Nusra cabang dari Al-Qaida (Islam Sunni) menyatakan perang atas Hezbollah (Islam Shiah) sehubungan dengan dua ledakan mesjid di Tripoli ini.

Bekas pemimpin keamanan dalam negara Mr. Ashraf Rifi, yang rumahnya juga rusak oleh ledakan kedua ini memperingatan bahwa Libanon sedang menghadapi kumpulan topan kekerasan, ia berkata, ”Kita masih dalam permulaan badai tersebut dan kita harus waspada dan mencoba untuk melindungi negara ini. Topan ini telah menjadi begitu besar, sangat berbahaya.”

Komentar: Jihad dilawan dengan jihad, kedengarannya sangat umum; Jihad adalah ajaran utama di dalam Islam, kata Prof Sejarah Islam, Mark A. Gabriel, pada sebuah kesaksiannya mengapa ia keluar dari Islam. Namun jutaan umat Islam masih percaya pada ajaran imamnya bahwa “Injil telah dikorupsi,” Berpikirlah sekarang ini juga! Siapakah yang sesungguhnya telah mengkorupsi Injil – ajaran Yeshua Ha Mashiah??

Contoh ajaran Injil:
“Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. …
“Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
(Mat 5:38-39 dan 43-45)

Maafkan saya yang telah membuat Anda untuk berpikir. Dari suatu penelitian yang cukup lama, saya menemukan 7 kesalahan umum umat Islam tentang Alkitab dan ajaran Kristiani, silahkan Anda membaca tulisan ini.

Libanon awalnya negara Kristen, namun sekarang orang Kristen menjadi minoritas di Libanon. Berdoalah melalui kejadian-kejadian ini, orang Kristen Libanon semakin dimurnikan imannya, dan banyak orang Muslim di Libanon dapat menemukan Juruselamat yang sejati – Yeshua Ha Mashiah, Raja Damai, Bapa Yang Kekal, Penasehat Ajaib.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: