Mengapa kerusuhan, pemberontakan kepada pemerintah terjadi setelah sembayang Jumat?


Jalan Arab (Arab Spring/ Arab Jasmine) (17/12/2010- sampai sekarang) yang berawal dari Tunisia dan telah terjadi di 20 negara di Timur Tengah adalah suatu gerakan turun kejalan orang-orang Islam untuk menumbangkan pemerintah-pemerintah negara yang juga orang Islam kecuali di Israel. Dua bulan lagi gerakan Jalan Arab ini akan mencapai usia dua tahun, di Syria Jalan Arab menjadi perang; 30 ribu telah tewas.

17 Desember 2010, hari pertama Jalan Arab ini meletus di Tunisia adalah hari Jumat. Demo-demo Jalan Arab di  yang merekrut banyak orang umumnya terjadi pada hari Jumat. Hari Jumat umat Islam berkumpul sembayang di mesjid-mesjid dan setelah bubaran sembayang mereka langsung turun kejalan untuk membuat kerusuhan dan pengerusakkan dan umumnya berakhir dengan bentrokkan fisik dengan aparat keamanan negara (polisi dan tentara).

Hari Nakba artinya Hari Katastrofi atau Kehancuran (hari ’protes’ orang-orang Arab menentang kehadiran negara Israel)  diperingati pada tanggal 15 Mei, satu hari setelah Lahirnya kembali Negara Israel Merdeka. Namun, sekali lagi, aksi kekerasan melawan pemerintah juga umumnya terjadi setelah sembayang Jumat. Tanggal 13 Mai 2011, dua hari sebelum tanggal 15,  dimana pemuda-pemuda Arab melempari batu-batu kepada para tentara yang menjaga keamanan adalah hari Jumat. 12 orang meninggal ketika mencoba memasuki perbatasan-perbatasan utara Israel dengan paksa di hari peringatan Nakbra tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang perlu direnungkan:

  1. Mengapa para tokoh pemimpin agama Islam memakai hari Jumat- hari yang dianggap suci dalam agama Islam- menjadi ujung  tombak perjuangan anti-non-Islam dan anti-pemerintah?
  2. Apakah ini berarti bahwa pemimpin agama Islam memakai wadah keagamaan untuk meraih kekuasaan politik atau sebaliknya, memakai wadah politik untuk meraih kekuasaan Islam demi terciptanya kembali Kerajaan Kalifah?
  3. Apakah sesungguhnya yang diajarkan dan diperintahkan oleh pemimpin Islam di mesjid-mesjid setiap hari Jumat? Telitilah isi film FITNA(H) buatan Geert Wilders.
  4. Jika berjihad adalah ajaran fundamental agama Islam, siapakah yang bertanggung jawab atas ajaran kekerasan tersebut, kitab suci Islam atau para tokoh Islam?  (Fundamental berasal dari kata fundamentum, bhs Latin; berarti dasar (fondasi) dan temu/ bangun (berdiri atau dibangun).
  5. Benarkah mati di dalam jihad (bom bunuh diri, aksi kekerasan, perang dsb) akan masuk Sorga atau hanyalah jaminan palsu para tokoh Islam untuk agenda mereka sendiri?
  6. Apakah usaha pemerintah untuk mencegah kekacauan massal ini agar stabilititas sosial, politik dan ekonomi seluruh rakyatnya tetap terpelihara?
  7. Apakah peranan umat Kristen sebagai rakyat untuk menolong usaha baik pemerintah di atas? Cukupkah hanya berdoa syafaat bagi umat Islam, perlukan kita juga memberitakan Kabar Baik kepada umat Islam bahwa ada JALAN yang pasti dan benar untuk kepastian masuk Sorga?

Catatan: Tgl 15 Mai 1948 sesungguhnya adalah hari dimana tentara-tentara negara Arab (Mesir, Syria,  Jordan dan Irak memasuki negara Isral yang baru satu hari mendeka untuk menghapus bukan saja negara Israel tetapi jika mungkin bangsa Israel. Pertempuran ini bukan saja merusak Israel tetapi juga rakyat Palestina yang tinggal berdekatan dengan bangsa Israel. Semua negara Arab ini berhasil dipukul mundur oleh Israel. Jadi sesungguhnya hari peringatan Nakbra (Katastrofi/ Kehancuran) ini adalah memperingati hari kekalahan bangsa Arab yang anti-Israel.

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: