Megenal Alkitab Anda; buku panduan cepat


Buku kecil namun padat dengan pengetahuan ini sangat dianjurkan untuk dimiliki bagi mereka yang ingin megetahui isi dan tujuan setiap kitab di Alkitab dengan baik dan cepat.

Buku aslinya Know Your Bible,  memakai ayat-ayat diambil dari King James Version (KJV), sebuah versi terjemahan Alkitab yang sangat populer dikalangan guru-guru Alkitab.  Contoh isinya sebagai berikut:

PENDAHULUAN
Melalui enam puluh enam buku yang terpisah, 1.189 bab, dan ratusan ribu kata, Alkitab membagikan satu pesan yang luar biasa: Elohim mengasihi Anda.

Dari bab pertama kitab Kejadian, di mana Elohim menciptakan manusia, melewati bab terakhir dari kitab Wahyu, dimana Elohim mengundang siapapun untuk ”mengambil air kehidupan secara bebas” (22:17), Alkitab membuktikan Elohim secara intim terlibat dalam, akrab dengan, dan prihatin tentang kehidupan orang. Kasih-Nya yang luar biasa ditunjukkan dalam kematian Putra-Nya, Yeshua Ha Mashiah,  di atas kayu salib. Bahwa korban untuk dosa melayakkan siapapun untuk ada dibenarkan bersama Elohim melalui iman yang sederhana di dalam pekerjaan Yeshua.

Kebenaran ini ditemukan di halaman Kitab Suci. Tetapi kadang-kadang dapat dikaburkan oleh sejumlah besar informasi yang terkandung di Alkitab. Itu alasannya mengapa Mengenal Alkiab Anda (Know Your Bible) ditulis.

Dalam buku kecil ini, Anda akan menemukan survei-survei singkat dari semua enam puluh enam buku Alkitab. Tiap-tiap survei merangkum tentang apa isi buku- selalu di dalam kontek kasih dan keperdulian Elohim untuk manusia.

Setiap bagian dari data mengikuti jalur ini:

  • PENGARANG: siapa yang menulis kitab, menurut Alkitab itu sendiri atau tradisi kuno.
  • PENANGGALAN: kapan kitab ditulis atau waktu kitab ini mencakup.
  • DI DALAM 10 KATA ATAU KURANG: melihat secara singkat pada thema kunci kitab
  • PENJELASAN, PLEASE: sinopsis dari orang-orang penting, peristiwa, dan pesan yang tercakup dalam kitab.
  • KUTIPAN: satu, dua , atau beberapa ayat-ayat kunci dari kitab.
  • UNIK DAN TIDAK UMUM: bukti-bukti-beberapa serius, beberapa kurang- yang membuat kitab tersebut penting.
  • LALU KEMUDIAN? sebuah inpirasi atau perenungan pikiran untuk setiap kitab.

Alkitab Anda  pastinya layak mengetahui. Pergunankan buku ini untuk memulai perjalanan penemuan yang sungguh dapat merubah kehidupan Anda!

Kitab KEJADIAN
PENGARANG
Tidak dinyatakan tetapi secara tradisi telah menunjuk kepada Musa.

PENANGGALAN
Musa hidup sekitar 1400 BC, tetapi peristiwa-peristiwa di kitab Kejadian mewaktukan kepada awal permulaan waktu.

DI DALAM 10 KATA ATAU KURANG
Elohim mencipta dunia dan memilih bangsa yang khusus.

PENJELASAN, PLEASE
Kitab pertama dari Alkitab tidak pernah menerangkan Elohim (God/ Allah); itu mengasumsikan dengan sederhana kehadiran-Nya: ”Pada mulanya, Elohim…” (1:1). Bab 1 dan 2 menerangkan bagaimana Elohim telah menciptakan dunia dan segala sesuatu secara sederhana melalui berkata: “Elohim berkata…dan jadilah demikian” (1:6-7,9, 11, 14-15). Manusia, bagaimanapun, telah menerima penangan special,  “Elohim YAHWEH membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya” (2:7), dan wanita telah dibentuk dari tulang rusuk pria. Dua orang pertama tersebut, Adam dan Hawa, hidup di dalam kesempurnaan tetapi menghancurkan sorga melalui tidak mentaati Elohim pada desakan kelicikan ular (crafty, 3:1). Dosa melempar manusia kedalam kejatuhan moral yang tidak terkendali sebagaimana anak pertama dunia – Kain- membunuh adik laki-lakinya Habel. Manusia telah menjadi begitu buruk sehingga Elohim memutuskan membanjiri seluru planet, menyelamatkan hanya orang benar Nuh, keluarganya, dan bahtera penuh dengan berbagai binatang. Setelah bumi dipenuhi orang kembali, Elohim memilih seorang pria bernama Abram sebagai patriark (kepala suku) dari bangsa yang diberkati secara khusus, kemudian dipanggil “Israel” dari nama Yakob cucu lakinya Abram. Kitab Kejadian berakhir dengan Yusuf putra Yakub, melalui rantai-rantai peritiwa ajaib, memerintah di Mesir-mempersiapkan peristiwa-peritwa mengikuti kitab Keluaran.

KUTIPAN
Berfirmanlah Elohim: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.” (1:3-4)
Firman YAHWEH kepada Kain: “Di mana Habel, adikmu itu?” Jawabnya: “Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?” (4:9)

UNIK DAN TIDAK UMUM:
Kitab Kejadian memperkenalkan secara cepat konsep satu Elohim di dalam banyak pribadi, konsep yang kemudian dikenal sebagai Tritunggal: “Berfirmanlah Elohim: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita.” (1:26). Juga dipermulaan Elohim memberikan sebuah pengertian penderitaan  dan kemenangan Yeshua di masa depan [sudah terjadi]  ketika Dia mengutuki ular karena membohongi Hawa:  “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (3:15)

LALU KEMUDIAN?
Kitab Kejadian menjawab pertanyaan besar ”Dari mana saya telah berasal?” Mengetahui jawabannya dapat memberikan kita arti di dalam dunia yang kebalikannya susah untuk membayangkannya.

Artikel ini diambil dari:
Know Your Bible, diterbitkan oleh Barbour Publishing, Inc. Dipakai melalui ijin.
Buku-buku menarik lainnya dapat ditemukan di alamat ini: http://www.barbourbooks.com

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: