Irak: Al-Qaeda menterror Islam Shia, 107 tewas


Suatu serangan terror yang terencana merusak ketentraman 13 desa dan kota di Irak pada hari Minggu 22 July. Kebanyakan yang terbunuh adalah tentara-tentara keamanan negara. Sedikitnya 107 meninggal dunia dan 216 luka-luka.

Sedikitnya lima mobil bom mentargetkan kota Kirikuk, wilayah-wilayah Islam Shia di Bagdad juga diserang dengan bom. Di desa Udaim, sepasukan terrorist dengan 3 mobilnya tiba di komplek militer menembaki para tentara, 13 tewas.

Laporan mengatakan kebanyakkan dari korban adalah tentara-tentara keamanan – yang nampak telah menjadi target utama serangan berdarah Minggu itu.

14 polisi juga tewas; post-post pemeriksaan mereka diserang dengan mobil-mobil bom dan dikabarkan juga bahwa rumah-rumah polisi pun telah menjadi sasaran.

Serangan datang setelah beberapa hari sebelumnya pemimpin Al-Qaeda Irak, Abu Bakr al-Bagdadi mengumumkan akan merebut kembali kekuasaan yang di ambil oleh pemerintah Islam Shia dari tangan Islam Sunni (Saddam Hussein).

Menurut Associated Press, Abu Bakr pada rekaman suara yang dimuat pada situs Al-Qaeda menyatakan bahwa “Mayoritas Sunni di Irak mendukung al-Qaeda dan sedang menantikan kembalinya.”

Komentar: Jika benar agama Islam adalah jawaban bagi dunia; membawa keberadaban dan kemakmuran seperti yang sering di dakwakan oleh para imam dan pengkotbah Islam,  sekali lagi dunia internasional bertanya: Mengapa Islam radikal membenci pendidikan dan stabilitas, yang keduanya merupakan sumber essensi dari terciptanya suatu negara yang beradab dan makmur?

Di Syria, President Assad (Islam Shia) sedang diserang oleh ‘pasukkan pembebasan Syria’ dan kelompok pemberontak lainnya, yang semuanya adalah Islam Sunni, dan negara-negara Arab (Sunni) adalah penyokong keuang mereka (gaji dan pembelian senjata). Adakah orang yang menyangkal bahwa perang di Syria adalah perang antara Islam Shia versus Islam Sunni?

Referensi:

Bacaan berkait:

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: