Mesir: 74 mati terbunuh setelah pertandingan sepak bola


Mesir: 74 mati, 1000 luka-lukaPertandingan sepak bola di Port Said, Mesir antara klub juara bertahan dr Kairo, Al Ahly, melawan Al Masry (tuan rumah pertandingan) berakhir dengan peristiwa berdarah dan memalukan bagi sejarah kebangsaan Mesir. Setelah tuan rumah dapat menggilas klub juara bertahan dengan 3-1, tiba-tiba ribuan pendukung Al Masry datang menyerbu pendukung dan pemain Al Ahly. Dengan bersenjatakan batu-batu, tongkat, pisau mereka menyerang klub lawan mereka. Sedikitnya 74 orang mati dan lebih dari 1000 (seribu) luka-luka.
Para pemain Al-Ahly dan pendukungnya terjebak di ruang ganti pakaian. Abo Treika, Penyerang bagian tengah dari Al-Ahly berkata pada saluran TV: “Ini bukanlah sepak bola. Ini adalah perang dan orang-orang mati berjatuhan di depan kami. Tidak ada pergerakan dan tidak ada petugas keamanan dan tidak ada ambulan. Ini ada situasi yang sangat kacau dan hari ini tidak akan dapat dilupakan.”
Pada video nampak ada petugas keamanan, namum mereka hanya nonton atau berdiam diri tidak berdaya menghadapi massa yang beringat dan banyak tersebut
Laporan menyatakan bahwa pendukung tuan rumah menereakkan kata-kata kotor kepada klub Kairo, dan seorang pendukung Al-Ahly bercerita mereka menyanyikan slogan-slogan ”hancurlah kuasa militer.”
Muslim Brotherhood, pemegang mayoritas kursi parlement pemerintah setelah masa Mubarak, menuduh pihak militer dibalik tragedy ini. Laporan harian menyatakan bahwa Muslim Brotherhood belum puas sebab kekuatan militer Mesir masih punya kuasa di Mesir.
Kedua klub ini adalah musuh bebuyutan, dan telah terjadi perkelahian banjir darah sebelumnya, namun kali ini adalah yang pengeroyokan terburuk dalam sejarah sepak bola Mesir.
Hesham Sheiha, deputi menteri kesehatan menyebut itu sebagai “Kerusakan terbesar di dalam sejarah sepak bola Mesir.”

Referensi:

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: