Jalan Arab di Syria memperlihatkan konflik Sunni lawan Shia


President Bashar al-Assad semakin ditekan oleh banyak pihak luar termasuk Persatuan negara-negara Arab yang mayoritas adalah beragama Islam Suuni. President Assad berasal dari aliran Shia Alawite, dan mayoritas penduduk Syria adalah sunni. Menurut laporan PBB korban terbunuh dari Jalan Arab di Syria telah mencapai 3500 jiwa, namun laporan dari pelaku Jalan Arab masyarakat yang terbunuh sebanyak 4200 jiwa.

Liga Arab ingin menghentikan kekerasan Bashar al-Assad dengan jalan militer, sebab Damaskus “telah pergi terlalu jauh” setelah 100 penduduk sipil terbunuh selama seminggu ini setelah president Syria ini berjanji kepada Liga Arab  untuk melakukan reformasi damai. 22 anggota Liga Arab menyatakan “setuju.” Iran, Irak, Libanon dan Yaman menentang keputusan mayoritas Liga Arab tersebut.

Iran yang sangat mendukung Jalan Arab menggulingkan para pemimpin Suuni (Bahrain, Yaman dsb.) sejak meletus Desember 2010, sekarang menentang keputusan Liga Arab, Menlu Iran berkata: “Keluarnya pernyataan Liga Arab terjadi saat pasukan asing mencoba untuk campur tangan dalam urusan internal Syria.”

Pemerintah Irak yang didominasi oleh Islam Shia takut bahwa penggantian regim di Syria dapat berarti bahwa orang-orang Sunni Irak akan menguasai Irak kembali.

Minggu lalu Iran menangkap dua warganegara Kuwait (Arab Sunni) dengan alasan mata-mata. Kuwait menolak tuduhan tersebut. Bulan Maret tahun ini Kuwait telah mengusir pulang 3 deplomat Iran dengan tuduhan yang sama, dan Iran menolak tuduhan Kuwait.

Komentar: Peristiwa Jalan Arab yang hampir setahun ini semakin jelas menampakkan konflik turun temurun antara pemeluk Islam Suuni dengan Islam Shia. Konflik Suuni lawan Shia ini terjadi tidak lama setelah nabi Muhammad pendiri Islam meninggal dunia.

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog
Iklan

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: