Perancis: Heboh karikatur nabi Muhammad buatan Charlie Hebdo


Majalah karikatur Perancis terkenal yang bernama Charlie Hebdo membuat Perancis panas dengan karikatur-karikatur terbarunya tentang Muhammad. Diilhami oleh hasil Jalan Arab yakni partai Islam Ennahda Tunisia dan Dewan Transisi Nasional Libya telah mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan hukum Sharia (hukum Islam) sebagai landasan hukum kedua negara tersebut, maka majalah mingguan Charlie Hebdo menerbitkan majalah terakhirnya dengan pengumuman “telah meminta nabi Muhammad sebagai tamu editor untuk terbitan terakhirnya, sehubungan dengan bangkitnya partai-partai politik yang berdasarkan Islam di beberapa negara seperti Tunisia dan Libya.”

Bangkitnya kembali demo dunia Islam atas film Innocent of Muslims membuat redaksi majalah Charlie Hebdo membuat karikatur/ kartoon yang baru, baca Alasan Majalah Charlie Habdo membuat karikatur nabi Muhammad.

Dan majalah ini menambahkan pada pernyataannya: “Nabi Islam tidak perlu diminta untuk kedua kalinya dan kami berterima kasih kepadanya untuk hal itu.”

Sampul pada terbitan berikutnya menggambarkan nabi Islam berkata: “100 cambukan jika Anda tidak mati tertawa.” Pada halaman belakangnya, sebuah gambar Muhammad berhidung merah terbaca “Ya, Islam cocok dengan humor.”

Perkataan nabi Muhammad lainnya pada karikatur ini adalah “Alkohol Halal.”

Majalah ini juga berencana menerbitkan edisi ”Sharia Hebdo” (sebagai ganti dari Charlie Hebdo) dan Madam (Nyonya) Sharia.”

Hal-hal ini telah membuat beberapa orang Islam marah, membajak situs majalah ini dengan pesan: “Kamu terus menyalah gunakan Nabi mahakuasa Islam dengan karikatur-karikatur yang menjijikan dan menghina menggunakan alasan ‘freedom of speech. Semoga kutukan Allah turun ke atasmu!” Pagi rabu ini waktu setempat kantor pusat majalah ini dibom.

Pemimpin editor Charlie Hebdo bagaimanapun membela apa yang majalah ini buat, kepada kantor berita AFP  “Kami tidak merasa menyebabkan provokasi yang lebih lanjut. Kami sederhananya hanya merasa melakukan pekerjaan kami sebagaimana biasanya. Hanya perbedaannya minggu ini Muhammad pada permukaan majalah dan itu sangat jarang menaruhnya pada sampul majalah.”

Meresponi serangan bom rabu tersebut, pemimpin editor majalah ini berkata “Jika kita dapat menbuat lucu segala sesuatu di Perancis, jika kita dapat berbicara tentang apapun di Perancis terpisah dari Islam atau konsekuensi dari doktrin Islam, itu adalah menjengkelkan.”

Menteri Ekonomi Perancis menyalahi serangan bom tersebut, katanya: “Kamu tidak bernegosiasi kebebasan press dengan bom-bom … Jika kamu senang dengan apa yang ada di koran, kamu bawa itu kemeja pengadilan.”

Menteri Tenaga Kerja sungguh terkejut dengan serangan bom itu, berkata: “Itu berfungsi sebagai pengingat tindakan macam apa yang dapat dilakukan oleh para fundamentalist yang memanipulasikan agama untuk tujuan-tujuan politik.”

Calon president dari sebuah partai politik Perancis menyatakan: “Hujat (Blasphemy) tidak ada sebagai sebuah kesalahan, ini negara Republik Perancis, itu adalah hukum (tentang kebebasan press).”

Komentar: Memang tidak mudah hidup di negara sekuler seperti Perancis yang menaruh “kebebasan press” lebih tinggi dari “keyakinan keagamaan.” Seorang penasehat hukum yang bekerja di media menjawab pertanyaan “dimana batas dari kebebasan press?” Ia menjawab dengan senyum: “Dimeja pengadilan!”Kami semua tertawa. Ya begitulah Barat. Cara mengalahkan sekulerisme yang paling efektif bukanlah dengan bom atau sejenisnya, tetapi dengan “good will and good deed.”
Untuk mengerti pola pikir orang Perancis, Anda perlu membaca sejarah “Revolusi Perancis,” patung Liberty di NY USA adalah hadiah dari negara Perancis.

Catatan:

  • Partai Islam Ennahda hampir sama kondisinya dengan kelompok Muslim Brotherhood (Mesir), kedua partai Islam ini adalah partai Islam terlarang di negara asal mereka di jaman pemerintahan yang baru tumbang.
  • Majalah Charlie Hebdo, telah terkenal dengan satir karikaturnya yang mentargetkan agama, kelompok radikal dan president Nicolas Sarkozy.
  • Charlie Hebdo juga pernah menerbitkan kembali karikatur-karikatur nabi Muhammad buatan Koran Denmark yang menimbulkan protes di banyak negara Islam di tahun 2005.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: