Syria: Demontrasi anti-pemerintah Bashar Assad ratusan meninggal


Pemerintah Syria yang dipimpin oleh president Bashar Assad semakin frustasi dengan jumlah demontranst yang semakin banyak dan beringas. Pemerintah sejak awal menangai para demontranst ini dengan tangan yang keras. Hari Jumat (22/4) korban terbunuh 112 jiwa dan 8 jiwa sedikitnya di hari Saptunya, kata organisasi kemanusia dari Syria. Ini terjadi setelah peringatan pemerintah seminggu sebelumnya bahwa ”demo berlanjut akan dianggap sebagai ’sabotase’ terhadap negara Syria.

Saksi-saksi mata mengatakan banyak para demo yang mati tertembak oleh penembak gelap yang berasal dari gedung-gedung rumah.

Aksi demo besar-besar di negara-negara Islam memiliki kesamaan yang nyata, yakni terjadi pada hari Jumat, hari sembayang Jumat dipakai sebagai momentum para anti-pemerintah untuk turun kejalan. Jumat ini Muslim Brotherhood akan menggerakan aksi demo yang lebih besar lagi.

Demo yang telah mencapai minggu ke enam ini telah menewaskan sedikitnya 300 nyawa, berita lainnya mengatakan sekitar 500 jiwa.

PBB, USA dan EU tidak mengambil tindakan apapun atas kematian dari para demontrant yang tidak bersenjata ini, demikian pula terhadap negara Bahrain dan Yaman. Tetapi terhadap pemerintah Libya, bertolak belakang 180 derajat. Barat dengan NATO-nya terus-menerus mengebomi pasukan Libya. Serangan Barat atas Libya bahkan terjadi sebelum pemerintah Libya memerangi para pemberontak yang bersenjata berat.

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: