Jepang: NGO Israel dan Iran kerja sama menolong korban gempa


Secara politik negara Iran merupakan musuh yang paling berbahaya  di Timur Tengah bagi Israel, tetapi tidaklah selalu demikian, orang-orang dari kedua negara tersebut masih mengingat hubungan yang hangat diantara dua bangsa tersebut, tulis Israel Today Magazine (5 April 2011).

Kedua team NGO ini bertemu di Kamaishi, Jepang Utara, yang dilanda tsunami setelah gempa bumi.

“Kami berjabatan tangan dan menjadi teman, pemimpin ZAKA bercerita, mereka  mendirikan tenda dan ingin membagikan makanan dan obat-obatan untuk penduduk setempat. Kami bergabung dan berdiri bersebelahan, memberikan makanan dan obat-obatan.”

Untuk mengurangi ketegangan, team Iran mencopot bendera kebangsaannya dari tenda mereka, dan team Israel mengikutinya.

Orang-orang Iran ini mengingatkan team ZAKA, yang semuanya adalah Yahudi Orthodox: “Kalian tahu bahwa kita adalah sepupu (cousins). Perang dan konflik adalah antara para pemimpin (politik), tetapi diantara masyarakat seharusnyalah ada damai. Kita tidak dapat melupakan bahwa kita adalah kerabat.”

Meshi-Zahav, pemimpin team, mengakui bahwa pada mulanya teamnya sedikit curiga, sebab orang-orang Iran ini banyak sekali memeluki mereka.

Negara Israel dan Iran memiliki hubungan yang sangat luar biasa baiknya sebelum munculnya Revolusi Islam Iran di tahun 1979.

Yayasan Kemanusian Israel yang bernama ZAKA, merupakan team bantuan luar negeri pertama yang memasang tenda mereka untuk menolong para korban gempa bumi di Jepang: mencari mayat dan orang yang terjebak diantara reruntuhan, pengobatan, pendistribusian obat dan makanan. Team ZAKA, adalah orang-orang yang sangat terampil dan berpengalaman di dalam menangani pertolongan pertama bagi para korban kecelakaan, di Israel mereka terlatih menolong para korban yang menderita serangan bom terrorist, tulis majalah (online) Israel Today.

Masyarakat Jepang sangat menghargai kehadiran ZAKA ini, bahwa ada bangsa lain yang begitu bersimpati atas penderitaan mereka, tulis Israel Today pada edisi sebelumnya. Meshi-Zahav sangat senang dengan apa yang teamnya kerjakan di Jepang, “Ini suatu  pengudusan nama Elohim yang sangat besar. … Kami melihat sisi baik Israel.” katanya.

ZAKA bermotto: ”Menyelamatkan yang hidup, Menghormati kehidupan, Untuk setiap sesama manusia,” adalah orang-orang Israel beragama. Mereka ingin menggenapi panggilan yang nenek moyang mereka telah terima di tanah Kanaan, jauh sebelum bangsa Israel terbentuk; Elohim berkata kepada Yakub (Israel) di kitab Kejadian: Berdirilah YAHWEH di sampingnya dan berfirman: “Akulah YAHWEH, Elohim Abraham (12:2), nenekmu, dan Elohim Ishak (25:11); tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat. (Kej 28:13-14)

Aksi kemanusian ZAKA untuk kelas internasional lainnya ialah Tsunami di Thailand, imbas dari Tsunami Aceh),  gempa bumi Haiti.

Komentar: Kitab-kitab Perjanjian Lama; nabi Daniel, Ester, nabi Nehemiah, nabi Ezra (pasal 1) mencatat kedalaman dan kuatnya hubungan antara bangsa Persia dan Israel.

Berawal dari raja Darius dan raja Koresh (2Taw 36:22-23) yang membebaskan bangsa Israel dari perbudakan raja Nebukadnezar (Babilon, Irak), Daniel adalah pejabat tinggi di Iran, raja Darius bahkan menulis surat ke seluruh negara kekuasaannya untuk semua bangsa menghormati YAHWEH, Elohim-nya Daniel (Dan 6:26-28). Nehemiah adalah Juruminum raja Koresh (pasal 2). ratu Ester (Esther) adalah isteri resmi yang sangat disayang oleh raja Ahasyweros (Est 2:16-18). Paman Ester, Mordekhai, adalah pahlawan dan sekaligus pejabat tinggi dari raja tersebut (Est 2:21-23; 8:15)

Tentang raja Koresh, nabi Yesaya melalui hikmat Roh Kudus, telah menubuatkan dan menyebut nama raja ini, Koresh, Cyrus, sekitar 150 tahun sebelum ia jadi raja, dan nubuatan tersebut mengatakan bahwa Koresh akan dipakai oleh Elohim untuk membebaskan dan mengembalikan bangsa Israel ke tanah mereka, Kanaan. dan membangun dasar Bait Suci (Yes 44:28 ). Pada Yesaya 45, nubuatan tentang ”akan datangnya seorang raja yang berkuasa bernama Koresh” tertulis dengan jelas APA TUJUAN YAHWEH dari panggilan raja ini: supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah YAHWEH dan tidak ada yang lain, (Yes 45:6). Untuk lebih lengkap tentang keajaib ini silahkan baca: Tanah Kanaan / Israel / Palestina, dan kota Yerusalem milik siapa sebenarnya?

Jika kepentingan pribadi dan politik kotor disingkirkan maka akan keluar keindahan dan keharuman dari hidup bersama, terlepas bahasa dan kewarganegaraan kita. Inilah berkat yang dinanti-nantikan oleh setiap suku bangsa di dunia.

Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Zion. Sebab ke sanalah YAHWEH memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya. (Maz 133:1-3)

Yeshua Ha Mashiah pada kotbahnya di bukit: Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Elohim (Mat 5:9)

Kiranya Elohim Abraham, Daniel memberkati team ZAKA dan team Iran beserta keluarga mereka masing! Amin.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: