Bahrain: Konflik Jalan Arab melibatkan Saudi, Iran, Pakistan


Aksi Jalan Arab (Demontrasi orang Arab) yang dilakukan orang Bahrain Shia menentang  pemerintah Sunni di Bahrain semakin besar dan melibatkan negara Islam lainnya. Iran menyelundupkan senjata untuk para demontrant. Dan Pemerintah Arab Saudi mengirim bantuan tentara untuk melindungi pemerintah Bahrain. Berita mengatakan para Jalan Arab ini telah menyerang warganegara Pakistan yang bekerja kepada pemerintah setempat.

Dari sekitar 65 ribu orang Pakistan di Bahrain, ribuan dari mereka bekerja sebagai tenaga keamanan. Belum lama ini seorang dari mereka, polisi, dibunuh oleh demontrant.

Jalan Arab di Bahrain ini tidak sekeras di Mesir, karena  Bahrain, termasuk Yaman, Libya dsb., menurut Munawar Hasan, seorang pemimpin Jemaat Islamiah (sebuah organisasi Islam radikal yang memiliki tali ikatan dengan Muslim Brotherhood) bukanlah medan kunci dari gerakan mereka. – Jatuhnya Mesir berarti Islam radikal telah menguasai salah satu benteng terkuat dari Islam Moderat di Afrika dan Timur Tengah.

Penyerangan orang Bahrain Shia kepada WN Pakistan ini dikuatirkan akan bangkitnya kelompok militan Shia yang hampir mati di Pakistan, kata jurnalist Pakistan yang khusus membahas masalah militansi Islam. USA yang sangat mendukung ”regime change” di Timur Tengah, tidak banyak mulut atas peristiwa Jalan Arab di Bahrain, mungkin karena ikatan bisnis yang kuat antara USA dan Saudi Arabia.

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: