WikiLeaks membocorkan 250 ribu data rahasia diplomatik USA


Minggu 28 November data kabel rahasia Seketaris Depatment dan kedutaan-kedutaan USA telah bocor ke media international, yang mana Gedung Putih telah menyatakan perbuatan tersebut sebagai “ceroboh.”

Pernyataan Julian Assange (kelahiran Australia) pendiri WikiLeaks.org, yang dikeluarkan pada hari Minggu mengatakan, ”Kabel-kabel menunjukkan USA memata-matai negara-negara temannya dan PBB; … menyatakan kontradiksi antara penampilan USA dimuka umum dengan apa yang dikatakan dibalik pintu –pintu tertutup.”

Berita bocoran WikiLeaks  yang dikutip oleh media internasional:

The Guardian: Raja Abdullah (Arab Saudi) mendorong USA berkali-kali untuk menyerang Iran untuk menghancurkan program nuklirnya. “Dia telah berkata kepada Anda untuk memotong kepala  ularnya,” tulis laporan diplomat USA kepada kantor pusatnya mengutip hasil pertemuan tingkat tinggi bilateral kedua negara ini. Jordan dan Bahrain juga mendukung hal tersebut. Dan para pemimpin Saudi, Kesatuan Arab Emirat dan Mesir telah merefer Iran sebagai ‘evil’  (setan), sebuah ‘bahaya yang nyata’ dan sebuah kekuatan yang “adalah membawa kita untuk perang.” [Harap ingat bahwa Islam Sunni dan Shia adalah bermusuhan sejak meninggalnya nabi Muhammad].

The Times: kegagalan USA dalam mengusahakan pemimpin Pakistan untuk menyingkirkan program pembuatan uranium  yang kemungkinan dapat dipakai untuk reactor atom; President Yamen, Ali Abdullah, bercerita kepada Jenderal Petraeus USA bahwa negaranya akan berpura-pura bahwa missil Amerika menyerang sebuah kelompok al-Qaida lokal yang sebenarnya serangan itu datangnya dari tentara Yamen sendiri. Dokumen-dokumen menunjukan USA memakai taktik garis keras untuk memaksa negara-negara tertentu menerima para bekas tahanan Guantanamo Bay, misalnya Slovania jika presidennya ingin bertemu president Barack Obama. tentang Google di China.

Le Monde: sebuah memo menganjurkan para diplomat USA mengumpulkan data rahasia pemimpin dan para diplomat PBB, termasuk internet pasword, kartu kredit, sidik jari, ID foto dan DNA.

Data lainnya dapat di lihat di BBC

Bocornya data rahasia diplomatic di atas telah membuat kantor admistrasi Obama menjadi marah, sebab itu dapat merusak masalah nasional USA.

Kebocoran data ini merupakan pukulan kedua bagi Gedung Putih, sebelumnya 40 000 data tentang Perang Irak .

Julian belum lama ini dituduh pemerintah Swedia telah terlibat di dalam kejahatan pemerkosaan wanita, – ia meresponi hal ini sebagai efek dari bocornya 40 000 data tersebut.

Meresponi ancaman yang dikeluarkan Gedung Putih untuk kebocoran yang  baru ini, Julian menyebut pemerintahan Obama  “sebuah regim yang tidak percaya pada kebebasan press dan tidak bertindak seperti yang (kita) percaya.”

Namun siapa sesungguhnya yang membocorkan data rahasia diplomatik USA ini? Bradley Manning, seorang tentara dari bagian analisa intellegen USA. Ia yang yang mendownload semua data tersebut dari kantornya dan memberikannya kepada WikiLeaks. Bradley berkata pada chatting onlinenya: “it belongs in the public domain. information should be free.”

Dengarkan perdebatan masalah ini:
Wikileaks – Is truth dangerous? Part 1 ; Part 2

Dalam dunia politik, para bangsawan (princes) dapat saja nampak bersahabat, tetapi ternyata musuh, dan sebaliknya nampak bermusuhan, sesungguhnya sahabat dekat. Sebab dunia politik tidak menganut paham Kerajaan Sorga: “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. (Mat 5:37)

Itulah sebabnya slogan “damai! damai! yang diteriakkan oleh para politikus tidak menghasilkan apa-apa. Di tengah-tengah ketidak percayaan yang semakin besar masyarakat dunia kepada para pemimpin negara mereka saat ini, YAHWEH telah menaruh perkataan peringatan di bawah ini tepat pada tengah-tengah Kitab Suci-Nya:

It is better to take refuge in YAHWEH than to trust in man.
It is better to take refuge in YAHWEH than to trust in princes. (Psa 118:8-9 The Scriptures)

Bacaan berkait:

WikiLeaks: Pesta para pangeran Saudi beda jauh dari yang diharamkan Islam

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog
Iklan

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: