Daftar Negara Penganiaya Kristen 2010


Organisasi Open Doors telah mengeluarkan laporan World Watch List 2010. Open Doors adalah organisasi internasional yang bergerak di bidang kemanusia menolong kelompok-kelompok yang memerlukan bantuan.

Tentang Daftar Negara Penganiaya Kristen / The World Watch List (WWL). DNPK adalah sebuah ranking 50 negara dimana penganiayaan terhadap orang-orang Kristen dari semua denominasi adalah yang terburuk…. Fokusnya ialah pada penganiayaan terhadap kepercayaan, bukan penganiayaan karena politik, ekonomi, sosial, etnis atau alasan-alasan yang kebetulan.

Pertanyaan yang diberikan diantaranya:

  • Apakah negara memiliki hukum yang menyediakan kebebasan-kebebasan beragama?
  • Apakah legal untuk menjadi orang Kristen?
  • Apakah orang Kristen dibunuh / dipenjarakan karena iman mereka?
  • Apakah tulisan-tulisan Kristen dilarang beredar?
  • Apakah tempat-tempat pertemuan Kristen (gereja, rumah) diserang untuk alasan-alasan keagamaan?

Pengelompokan tingkat aniaya:

1: aniaya berat; 2-10: Tekanan; 11-28: pembatasan berat; 29-49: pembatasan tertentu; 50: masalah-masalah.

1Korea Utara. Faham Negara (FN): Sosial Komunis.
Setiap kegiatan keagamaan dianggap ancaman bagi Negara. orang –orang Kristen disiksa dan dipergunakan sebagai kelinci percobaan untuk senjata biologi dan kimia.

2. Iran. FN: Islam.
Hukuman mati tahun 2009 berkurang, namun penangkapan dan siksaan serta pengawasan ketat yang telah dibebaskan sangat ketat. Hukuman mati jika pindah dari Islam.

3. Arab Saudi. FN: Islam.
Dalam kerajaan Wahabi ini agama Islam [Sunni] saja yang harus dianut. Negara jalan berdadarkan hukum Sharia. Tidak ada hak resmi untuk kebebasan beragama. Hukuman mati untuk bangsanya yang keluar dari Islam.

4.  Somalia. FN: Islam, menerapkan hukum Sharia.
Pemerintah dan kelompok Islam radikal terus berperang [lebih dari 20 tahun]. Gerak orang Kristen  (umunya mereka di selatan Somali) dimonitor oleh pemerintah dan Islam radikal, 11 orang Kristen terbunuh oleh karena iman mereka, dianiaya dengan berat. Sebagian dari mereka telah meninggalkan tanah airnya sendiri karena tekanan yang berat ini, sebagian hidup di kamp-kamp pengungsian di negara tetangga.

5. Maldives. FN: Islam.
Semua penduduknya harus Muslim. Praktek agama lain terlarang di bawah hukum pemerintah.

6. Afganistan. FN: Islam.
Menjadi seorang Kristen di sini tetap sangat sulit. Kristen menghadapi diskriminasi di sekolah, pekerjaan dan kantor pemerintah. Taliban mengancam tidak hanya orang lokal tetapi juga para pekerja yayasan sosial. Di ’bawah tanah’ Kekristenan terus bertumbuh.

7.  Yemen. FN: Konstitusi negara menjamin kebebasan beragama, tetapi juga menyatakan Islam sebagai faham negara dan Sharia sebagai sumber dari semua legislasi. Keluar dari Islam terancam hukuman mati jika ia diketahui. Juni lalu 9 pekerja yayasan kesehatan Kristen diculik, beberapa hari kemudian 3 mayat mereka ditemukan dalam kondisi yang mengerikan, sisa dari yang terculik belum diketahui nasibnya.

8. Mauritania. FN: Islam.
Konstitusi mengenali Islam sebagai agama penduduknya dan negara. Seorang pekerja sosial Kristen terbunuh di bulan Juni 2009, Julinya 35 orang Kristen lokalnya ditangkap dan disiksa. Pada bulan Agustus pemerintah kembali menangkap 150 orang Kristen Sub-Sahara ketika mengadakan ibadah mereka. Mencetak dan menyebarkan literatur yang bukan Islam dilarang.

9.  Laos. FN:
Sikap pemerintah terhadap orang Kristen sangat negatif dan keras. Terus-menerus orang Kristen di tangkap, banyak di antara mereka mengalami aniaya fisik dan mental untuk menolak kepercayaan Kristennya. Bagaimanapun juga laporan mengatakan bahwa Kekristenan berkembang ada sekitar 200 ribu orang percaya, kebanyakan dari kelompok  minoritas Laos.

10. Uzbekistan. FN: Islam.
Program-pragam media dan tindakan pemerintah semakin anti-Protestant. Polisi menangkap dan mendenda banyak orang Kristen. Sanak keluarga memakai penyalah gunaan fisik untuk memurtadkan Kristen masuk Islam. Pemerintah bertanggung jawab di dalam memupuk rasa benci diantara rakyatnya, dalam hal ini membenci orang-orang Kristen.

Delapan dari sepuluh negara penganiaya terburuk terhadap orang-orang yang percaya Alkitab adalah negara-negara yang sedikitnya menerapkan hukum Sharia.

11. Eritrea
12. Bhutan
13. China
14. Pakistan
15. Turkmenistan
16. Comoros
17. Irak
18. Qatar
19. Chechnya
20. Mesir

Lainnya:29. Brunai; 46.  Daerah kekuasaan Palestina (Gaza & West Bank) dan kedua terakhir terburuk (48) ialah negara Indonesia.

Negara-negara di mana situasi telah bertambah baik: Tersusun sebagai berikut, diambil dari posisi yang terburuk: Arab Saudi, Algeria, India, Kuba, Yordan, Sri Langka dan Indonesia.

Negara Indonesia semakin memperbaiki dirinya. Open Doors dalam laporannya kali ini (Januari LWW 2010) menulis sbb.: Selama periode pelaporan kami tidak menemukan informasi bahwa ada seorang Kristen di Indonesia ditahan dan /atau diculik. Lebih sedikit orang-orang Kristen secara fisik di lecehkan dibanding periode sebelumnya. Jumlah gereja yang dipaksa tutup kurang dibanding sebelumnya. Masalah mayor di dalam periode laporan hanyalah masalah murid-murid SETIA di Jakarta, yang dipaksa keluar dari kampus Kristen mereka.

Referensi:

Bacaan berkait:

Daftar Negara Penganiaya Kristen 2009

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Satu Tanggapan

  1. Indonesia, sebenarnya tidak lebih dan kurang dengan Timur tengah, cuman karena budaya timur dan kebiasaan suku2 yg ditindas serta ajaran keKritenan yg harus memaafkan perbuatan muslim maupun pemerintah muslim yg diskriminatif dgn kejam terselubung undang2 serta peraturalah yg membuat sepertinya tidak ada penindasan…

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: