Difinisi Antimashiah/ Antikristus dan ciri-cirinya


Firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, kaulihatkah apa yang mereka perbuat? Engkau masih akan melihat perbuatan-perbuatan kekejian yang lebih besar lagi dari pada ini.” Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran dalam rumah YAHWEH; sungguh, dekat jalan masuk ke bait YAHWEH, di antara balai Bait Suci dan mezbah ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait YAHWEH dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur (Yeh 8:15-16)

Kata ”antikristus” ditemukan hanya di dalam suratan Yohanes 1 dan 2, ini bukan berarti para nabi dan rasul Yahshua tidak tahu soal ”antikristus” ini, hanya mereka memanggil namanya dengan sebutan yang lain, seperti: manusia durhaka yang harus binasa (2Tes 2:1-8), binatang buas  serupa macan tutul (Wah 13:2-8).

Antimashiah atau Antikristus bersumber dari kata Yunani antikristos (kamus Strong G500). Kata ini bisa dijumpai pada ayat-ayat 1Yoh 2:18,22; 4:3; 2Yoh 1:7.

Kata ”antikristos” terdiri dari dua kata: ”anti” dan ”kristos”

Anti dapat berarti:

  • melawan, seperti dalam perkelahian atau pertandingan (Maz 2:1-3; Kis 4:25-27; Wah 13:1-7)
  • mengganti, seperti dalam menukar, memalsukan sesuatu, dan meniru seperti dan juga nampak sama seperti (Mat 7: 15; 24:5,24; Wah 17:4; 18:16 dalam hal warna pakaian, bandingkan dengan Kel 26:1,31;28:5-6)
  • menggambil tempat, seperti dalam penggantian kepemimpinan, menyingkirkan pemimpin lama. (2 Sam 15:4-14; Mat 23:1-3;)

Kristos berarti: Kristus atau Mashiah (Ibrani) yang berarti Yang Diurapi – dipilih untuk jawatan kerohanian dan kerajaan. Dalam kontek ini Kristus yang dimaksud bukanlah siapa-siapa kecuali Yahshua- Yahshua Ha Mashiah /Jesus the Messiah / Yesus Kristus.

Ciri-ciri Antikristus digambarkan oleh rasul Yohanes sebagai:

  • Kehadirannya: sudah ada dan akan datang ”… seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus (1Yoh 2:18), dan ”…ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia” (1Yoh 4:3).
  • Asalnya: berasal dari lingkungan Kristen tetapi bukan pengikut Yahshua, termasuk di dalam katagori ”mengganti” pada kata Anti di atas (1 Yoh 2:19). Bagi mereka yang diurapi-Nya tahu siapa ”serigala berbulu domba” tersebut. Mereka adalah orang Kristen yang tidak lahir baru alias duniawi (1Yoh 4:5)
  • Doktrinnya: Tidak mengaku bahwa Yahshua berasal dari Elohim (1 Yoh 4:3), … mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.” (5)
  • Tidak mengikuti ajaran para rasul Yahshua (6)
  • Tidak mengasihi pengikut Yashua atau saudara-saudari yang beriman kepada ajaran Alkitab (7)
  • Tidak mengikuti perintah Yahshua: saling mengasihi (2Yoh1:6-7; Mark 12:30-31)
  • Mulut yang penuh kesombongan dan hujat (Wah 13:5)
  • Ia menghujat Elohim dan nama-Nya, kemah kediaman-Nya dan semua yang diam di sorga (6)
  • Diperkenankan memerangi orang-orang kudus-Nya dan mengalahkan mereka; memiliki kuasa atas suku, umat, bahasa dan bangsa (7)
  • Ia bahkan disembah oleh semua orang (yang bukan murid Yahshua) di bumi (8)

Ciri-ciri Antikristus digambarkan oleh rasul Paulus:

  • Ingin disembah seperti Elohim , bertahta di Bait Elohim dan mau menyatakan diri sebagai Elohim (2Tes 2:3-4)
  • Ia diutus oleh Iblis dan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu (2:9-10)
  • Akan membuat banyak orang tersesat dan percaya akan dusta (11)

Dari difinisi dan ciri-ciri Antikristus di atas kita mendapat pengertian bahwa:

1. Setiap pribadi maupun kelompok yang menolak  atau melawan Yahshua Ha Mashiah dan otoritas ke-Elohiman-Nya adalah antikristus-antikristus.  Jenis antikristus yang satu ini (melawan atau menolak) ada banyak sekali, mereka telah bangkit sejak abad pertama (Kis 4:25-27) bahkan saat Yashua lahir (Mat 2:13), dan berlanjut sampai sekarang – baca: Daftar negara penganiaya Kristen. Nasehat Yahshua pada pengikutnya: Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa (Mat 10:28a)
2. Antikristus yang lebih berbahaya dari jenis pertama ialah antikristus “serigala berbulu domba”. Luarnya putih dan lembut seperti bulu domba – yang membuat banyak orang tertipu olehnya. Namun Anda akan tahu bahwa ia adalah “serigala” jika memperhatikan “suaranya”, “matanya” dan “cara jalannya.” Nasehat Yahshua untuk menghadapi Antikristus jenis ini ialah: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! (Mark 13:5; Mat 24:4)

3. ” Seorang antikristus-yang-akan-datang” (1Yoh 2:18) dilain waktu penulis yang sama ini, yaitu rasul Yohanes anak Zebedeus, diberi hikmat oleh Yahshua orang ini mempunyai nama atau gelar: Enam ratus enam puluh enam /666 (Wah 13:18). Sekarang Anda perthatikan pewahyuan rasul ini pada 1 Yoh 4:3 tertulis: ”dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia (1Yoh 4:3). Banyak orang berpikir bahwa Antikristus yang bertitil 666 ini belum datang, namun Firman YAHWEH menulis  ia sudah ada di dalam dunia! Dari pernyataan ini kita tahu mengerti bahwa:

a. Istilah Antikristus satu ini adalah orang, bukan Iblis atau roh jahat, sebab tertulis ”Seorang antikristus” (1Yoh 2:18) atau bilangan itu adalah bilangan seorang manusia (Wah 13:18)
b. Nama orang ini ialah ”666”, adalah titelnya /jabatannya, sebab tidak ada orang yang hidup hampir 2000 tahun lamanya, umur seorang manusia pada umumnya dibawah 100 tahun. Jadi ini adalah sebuah organisasi yang dipimpin oleh seorang pemimpin, dimana pemimpin organisasi ini bergelar “666“, seperti gelar pemimpin organisasi perusahaan ”CEO” (Chief Executive Officer

4. Dengan mengkombinasikan perkataan Yahshua pada butir 2  dan butir 3 tentang tanda 666 (keduanya tentang akhir jaman), kita mendapat sebuah pengertian bahwa Antikristus (organisasi/ institusi ini) memanifestasikan keberadaannya seperti kepribadian Ha Mashiah atau Kristus (dalam arti ”mengganti” dan ”menggambil tempat” seperti ”serigala berbulu domba”) dan diakhir jaman Antikristus ini membuka jubah dombanya artinya dari posisi ”berpura-pura seperti” berubah menjadi ”berperang melawan” Ha Mashiah / Kristos / Kristus.

Tujuan dari para Antikristus (jamak, menyatakan kepada siapa saja yang anti kepada Yahshua sejak jaman dahulu sampai sekarang) dan Antikristus (tunggal, menyatakan seorang yang akan memegang jabatan kepemimpinan dunia dan mengerakan perlawanan akhir kepada Yahshua) adalah jelas, yaitu:

  • Menolak kepemimpinan YAHWEH dan Putra Tunggal-Nya, Yahshua Ha Mashiah, sebagai Tuan dan Raja mereka (seperti pada Mat 21:37-39)
  • Menolak Firman-Nya sebagai tuntunan kehidupan mereka,
  • Dan tentunya secara otomatis menolak keberadaan umat pilihan-Nya: bangsa Israel (sebagai benis Abraham, Ishak dan Yakub) dan jemaat Kristus (orang-orang Kristen lahir baru) sebagai benis rohani Abraham, Ishak dan Yakub.

Pada waktunya Yahweh Yahshua akan membunuhnya,  cukup hanya melalui  nafas mulut-Nya (2Tes 2:8).

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: