Apa yang orang harus lakukan untuk dapat masuk Sorga?


Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu, bahwa tangan Elohim yang melakukan itu; bahwa di dalam tangan-Nya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia? (Ayub 12:9-10)

Pernahkan Anda bertanya kepada diri Anda sendiri atau kepada orang lain pertanyaan di atas?

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, bahkan ditanyakan sejak ribuan tahun yang lalu, seperti kepala penjara Romawi kepada rasul Paulus dan Silas: “Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?” (Kis 16:30);

Sorga di BumiKehausan akan Jalan Kebenaran yang memimpin orang bisa masuk ke Sorga ini juga terjadi pada orang-orang besar lainnya: seperti seorang pembesar dan kepala bendara ratu negara Etiopia (Kisah para Rasul 8:27-40) bahkan sampai pemimpin agama orang Israel, Nikodemus, menyempatkan diri untuk bertanya, gengsi pada dirinya – itu sebabnya ia datang kepada Yahshua pada malam hari – tidak dapat menghentikan kehausannya akan perkara yang penting ini: mengenal siapakah Mashiah / Kristus (artinya Yang Diurapi) dan Mashiah menjawab pertanyaan yang ada di hati rabi agama Yahudi: ”apa sesungguhnya yang orang harus lakukan untuk dapat masuk sorga?” (Yoh 3:1-21).

Terpujilah YAHWEH, bahwa Ia tidak pernah membiarkan seorangpun yang haus akan kebenaran dan mencari Dia pulang dengan tangan hampa! Firman yan keluar dari mulut-Nya mengatakan:

  • ”Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. (Mat 5:6).
  • Tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi atau di tempat bumi yang gelap. Tidak pernah Aku menyuruh keturunan Yakub untuk mencari Aku dengan sia-sia! Aku, YAHWEH, selalu berkata benar, selalu memberitakan apa yang lurus.” (Yes 45:19)

Jika Anda tertarik dengan berita Kabar Baik ini, teruskanlah pembacaan Anda, saya akan menulikan langkah-langkah praktis yang Anda harus perbuat agar Anda juga bisa masuk ke Sorga, semua ini bukan teori agama, atau langkah-langkah majik (perdukunan), melainkan hanyalah ajaran Yahshua Ha Mashiah dan para nabi dan murid-Nya (yang disebut para Rasul) bagaimana memiliki kewarganegaran Kerajaan Sorga.

Empat langkah tindakan untuk bisa masuk Sorga, juga dikenal sebagai ”jaminan keselamatan kekal”:

  1. Sadarilah bahwa Anda orang berdosa. Firman Elohim berkata bahwa semua orang telah berdosa. Arti dosa adalah pelanggaran atas perintah, ketetapan dan kehendak YAHWEH, yakni Elohim penicipta manusia dan segala isinya. # 1
  2. Akuilah dosa-dosa Anda kepada Yahshua Ha Mashiah, dan minta maaf kepada-Nya. # 2
  3. Undanglah Yahshua masuk kedalam hati Anda. Jadikan Ia Tuan / Penguasa / Master / Lord dan Raja / Pemerintah atas seluruh kehidupan Anda, maka Anda akan dipanggil oleh-Nya ”anak-Ku.” Ajaib bahwa Ia memberi status “anak” (dan bukan “pembantu” apalagi “budak”) kepada mereka yang menjadikan Diri-Nya sebagai Tuan dan Raja. # 3
  4. Berilah diri Anda dibaptis (dari kata Yunani: baptiso, artinya diselam). Anda bisa minta seorang Penginjil atau Pendeta untuk melakukannya. # 4

Keempat langkah ini telah cukup menjadikan Anda sebagai Warganegara Kerajaan Sorga.

Empat langkah ini jika dijabarkan dalam bentuk doa kira-kira seperti ini:

Doa Pertobatan:

Yahshua Ha Mashiah, saya datang kepada-Mu saat ini. Saya mennyadari bahwa saya telah sering melukai hati Mu; melakukan banyak dosa (sebutkan dosa-dosa Anda), saya telah mencintai dunia ini dan segala kenikmatannya lebih dari pada mengasihi Engkau dan sering kali saya menghina diri dan firman-Mu melalui perbuatan dan perkataan saya.

Saat ini saya datang kepada Engkau untuk meminta pengampunan dari Engkau, ampunilah segala dosa-dosa dan pelanggaran saya itu sesuai dengan kemurahan dan anugerah-Mu. Saya menyesali segala perbuatan jahat dan kotor saya itu. Sucikanlah roh, jiwa dan tubuh saya ini.

Sekarang saya mengakui bahwa Engkau sajalah Jalan, Kebenaran dan Hidup dan bahwa tidak ada seorangpun dapat datang kepada Bapa di Sorga kecuali melalui Engkau, sebab itu saya memohon kepada Engkau Yahshua, kiranya Engkau sudi masuklah kedalam hati saya ini. Yahshua Ha Mashiah ambilah hidupku ini jadikanlah saya milikmu . Engkaulah Tuan dan Raja dan tidak ada yang lain dihati saya. Jadikanlah saya yang hina ini menjadi anak-Mu, pakailah saya di dalam Kerajaan Mu jadikanlah saya berkat bagi banyak orang.

Di dalam nama-Mu saya memohon yaitu di dalam nama Yahweh Yahshua Ha Mashiah. Terima kasih, Amin.

Setelah Anda berdoa, langkap-langkah berikut ini penting untuk Anda lakukan demi memelihara kewarganegaraan Sorga atau jaminan keselamat kekal yang telah Anda miliki:

  • Bacalah Alkitab dan hiduplah sesuai perintah-Nya. # 5
  • Hiduplah benar dan jagalah kekudusan Anda. Agama-agama mengajarkan point ini untuk manusia bisa diampuni dosanya supaya masuk Sorga. Alkitab jelas berkata bahwa manusia tidak bisa mencuci / menebus dosa mereka sendiri. Keselamatan hanyalah anugerah YAHWEH melalui iman kita kepada Yahshua yang telah mati tersalib sebagai korban penebus dosa-dosa kita. # 6
  • Setialah kepada Yahshua Ha Mashiah apapun yang terjadi, maka ketika Ia kembali kebumi untuk menjadi Hakim dipengadilan terakhir Anda PASTI diterima-Nya masuk kedalam Sorga-Nya dan hidup kekal bersama-sama Dia dan para orang kudus lainnya. # 7


Yahshua Ha Mashiah, Penebus dosa seluruh umat manusia, menggaransi setiap kita: Jawab Yahshua kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” (Yoh 4:13-14). Ia mengingatkan kembali janjinya yang Ia pernah katakan melalui mulut nabi Yesaya (abad 7-6 BC): Beginilah firman YAHWEH, Penebusmu, Yang Mahakudus, Elohim Israel: “Akulah YAHWEH, Elohimmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti (Yes 48:17-18).

Penebus / Saviour dalam Alkitab Ibrani tertulis Y’shua (Malaikat Gabriel memberi wahyu kepada Yusuf dan Maria bahwa makna arti dari nama Yahshua /Yesus adalah “karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Mat 1.21). Baca juga Luk 1:31-33; 2:10-11

Bagian akhir Alkitab dimateraikan oleh janji Yahshua yang pasti / tidak mudah-mudahan:

Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Elohimnya dan ia akan menjadi anak-Ku. (Wah 21:6-7)

Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut. (Ams 11:4)

#) Referensi ayat-ayat:

  1. Dosa mulut: (Maz 59:13; Ams 14:21; Mat 12:34; Roma 3:13-14), Dosa bersaksi (Yes 59:10-15). Semua orang berdosa (Pengk 7:20; Yes 24:20; Rom 3:9-23; 5:14) Akibat dosa (Yes 64:7; Yer 16:18; Yoh 8:34; Rom 6:23; Wah 22:15).
  2. Mengaku dosa (Kis 19:18; Yak 5:16; 1Yoh 1:9). Penghapus dosa (Yes 43:25; 44:22; 53:12; Yoh 1:29; Luk 5:24-25: 7:49: Kis 10:43; 13:39; Rom 5:15). Mengakui Yahshua (Mat 10:32; Rom 10:9-11; Fil 2:11; 1Yoh 2:23; 4:15 ). Harga pengakuan (Yoh 9:22; Mat 5:11-12)
  3. YAHWEH adalah BAPA orang percaya (Yes 64:8; Mal 1:6; 2:10: 6:9; 16:17; 1 Tes 3:11 ). Jalan ke Sorga (Yoh 14:6; 5:24; 1Yoh 1:2-5)
  4. Di baptis (Mat 3.6; 14-17; Kis 2:38, 41; 8:12, 36-38; 9:18; 10:48; 22:16; Gal 3:27)
  5. Manfaat membaca Alkitab (Yos 1:7-8; Maz 119:97-100;). Pelaku Firman (Maz 119:9-11; Luk 6:47-48; Yoh 14:12)
  6. Hidup benar dan kudus (Rom 6:11-14) (Maz 49:7-9; Mat 7:21; 12:50; Yoh 12:26; Roma 2:7 )
  7. Hari Penghakiman ( Wah 24:21-23)

Bacaan berkait:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

2 Tanggapan

  1. Shalom brother Anggur Baru,

    Pertama, saya bersyukur ada weblog ini, semoga Bapa Tuhan YHWH memberkatinya. Ada beberapa tanggapan dan pertanyaan dari saya:

    Anda menulis: “Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, bahkan ditanyakan sejak ribuan tahun yang lalu, seperti kepala penjara Romawi kepada rasul Paulus dan Silas: “Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?” (Kis 16:30); ,……Kehausan akan Jalan Kebenaran yang memimpin orang bisa masuk ke Sorga ini juga terjadi pada orang-orang besar lainnya: seperti seorang pembesar dan kepala bendara ratu negara Etiopia (Kisah para Rasul 8:27-40) bahkan sampai pemimpin agama orang Israel, Nikodemus, menyempatkan diri untuk bertanya, gengsi pada dirinya – itu sebabnya ia datang kepada Yahshua pada malam hari – tidak dapat menghentikan kehausannya akan perkara yang penting ini: mengenal siapakah Mashiah / Kristus (artinya Yang Diurapi) dan Mashiah menjawab pertanyaan yang ada di hati rabi agama Yahudi: ”apa sesungguhnya yang orang harus lakukan untuk dapat masuk sorga?” (Yoh 3:1-21).”

    Untuk Yoh 3, tertulis :3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, b seorang pemimpin agama c Yahudi. 3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, d kami tahu, e bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Elohim; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda f yang Engkau adakan itu, jika Elohim tidak menyertainya. g ” 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali 1 , h i ia tidak dapat melihat Kerajaan Elohim.”

    Jadi dari ayat tersebut Tuhan Yahshua tidak menjelaskan jalan ke Sorga, tetapi ke Kerajaan Sorga (Kerajaan Elohim).

    Dari sejak penciptaan manusia, TUHAN berencana agar manusia berfungsi/bertugas untuk menguasai dan memelihara Bumi dan segala isinya. (Kejadian 1)

    Dalam kepercayaan Yahudi juga mereka tidak pernah diajarkan untuk mereka akan diangkat ke sorga, tetapi ke “dunia/bumi yang akan datang” atau “Olam Ha Ba”

    Dalam semua kitab para Nabi-nabi, mulai dari Yesaya hingga Maleakhi, TUHAN berencana untuk memulihkan kerajaan Israel atau Tahta Daud di Bumi. Karena Bumi juga Rumah Bapa YHWH. Bahkan di Kitab nabi Zakaria 8 , Bapa YHWH berusaha keras/cemburu untuk mau berdiam/tinggal di Yerusalem. Tuhan Yahshua juga berjanji akan datang di bukit Zaitun (Kisah PR 1) dan banyak lagi yang dijelaskan di kitab-kitab para Nabi. Pengikatan perjanjian Tuhan YHWH Zevaoth dengan Israel adalah kekal/abadi.

    Mohon dipelajari saudara yang kekasih, jangan sampai umat kecewa. Dan di kitab Wahyu jelas-jelas mengatakan Yerusalem yang baru TURUN dari sorga. “Singa dan lembu akan makan rumput”. Ini juga tugas kita untuk meluruskannya.

    Konsep sorga yang kita terima selama ini, dicurigai berasal dari ajaran agama-agama bumi, sperti nirwana dsb.

    Mohon tanggapannya

    Shalom

    • Shalom Sdr. Henry Marpaung.
      Pertama saya ingin berterima kasih untuk kunjungan dan terlebih komentar Anda. Anda sangat jeli dan berpengetahuan; kiranya Elohim semakin menambah karunia ini kepada Anda.
      Tanggapan saya: Dari penjabaran Anda (jika saya benar mengerti maksud Anda) ialah Kerajaan Elohim (atau Kerajaan Sorga) berada di bumi, BUKAN di atas bumi.Konsep Anda ini benar, tapi tidak SEPENUHNYA benar. Mari kita lihat ayat-ayat Alkitab.

      1.Pertama-tama yang perlu diingat bahwa Artikel “Apa yang orang harus lakukan untuk masuk ke Sorga?” adalah mengacu kepada “cara” untuk seorang dibenarkan Elohim sehingga dapat diterima di dalam Kerajaan-Nya. Ini tidak mengacu kepada dimanakah Kerajaan Elohim / Kerajaan Sorga itu berada.

      2. Dimanakah Kerajaan Sorga (sebagaimana Matius menyebutnya) atau Kerjaan Elohim berada?
      A. Kerajaan Sorga itu di bumi. 2 Raja2 19:15 dan 2Taw 13:8. Lukas 11:20; Yoh 3:3. Yeshua berbicara ttg konsep pemerintahan Elohim (abstrak) yang diaplikasikan di dalam kehidupan orang percaya saat ini (sebelum bumi baru). Dr. Myles Munroe mengumpamakan ini negara Bahama yang melakukan hukum negara Inggris sewaktu Bahama masih dikuasai oleh Kerajaan Inggris, baca bukunya “Kingdom Principles” Roma 14:17 juga konsep Kerajaan yang abstrak (konsep hidup).
      B. Kerajaan Sorga itu di bumi. Wahyu 3:12 dan 21:2 – seperti Anda telah tulis. Ini adalah Kerajaan Sorga / Kerajaan Allah secara fisik untuk 1000 tahun, sebelum Iblis benar-benar dimasukkan kedalam hukuman kekal.
      C. Kerajaan Sorga /Kerajaan Elohim tidak di bumi, tapi di atas Bumi. Ini banyak ayat yang mendukungnya. Contoh:
      1 Raja2 8:39, 43, 49; Engkaupun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap.“supaya segala bangsa di bumi tahu, bahwa Tuhanlah Allah, dan tidak ada yang lain” (1Rj 8:60)
      Wahyu 3:12 dan 21:2; Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku
      Mat 6:9-10; Bapa kami yang di sorga, … datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
      Yoh 3:3; Aku berkata kepadamu, jika seorang tidak dilahirkan dari atas, ia tidak dapat melihat Kerajaan Elohim.” (Kitab Suci ILT). Untuk lebih jelas ttg kata “dari atas,” lihat Keabsahan Alkitab sebagai Firman TUHAN, Allah semesta alam.
      Yoh 8:23; Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
      Rasul Paulus berkata: karena di dalam Dialah telah diciptakan … yang ada di sorga DAN … di bumi (Kol 1:16) dan Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. (2Tim4:18), dan lagi:
      Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. (2 Kor 5:1)
      Baca juga Yakobus 1:17.

      Pesan saya kepada Anda, jika Anda membaca suatu artikel doktrin, ujilah doktrin itu dengan Alkitab. Sebab telah lahir banyak pengajaran Kristen yang lebih membawa orang Kristen keluar iman daripada mendekat kepada ajaran Alkitab.
      Yeshua Memberkati Anda. Anggur Baru

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: