Masalah serius jemaat yang sering tidak disadari


Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. (Mat 10:38)

Banyak orang Kristen berkata: Sebelum saya percaya Yahshua masalah saya tidak sebanyak sekarang ini” lainya berkata ”Saya tidak tahu mengapa saya selalu kalah di dalam kehidupan rohani saya” temannya menanggapi ”Sama dong dengan saya, saya juga jatuh bangun dalam dosa.”

Namun YAHWEH menjanjikan umat-Nya kemenangan dan bukan kekalahan,

  • Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, … (Mark 16:17)
  • mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Isa 40:31)
  • Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. (Rom 8:37)
  • Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. (Fil 4:13)

YAHWEH dan firman-Nya tidak pernah berubah, benar? Jadi dimana salahnya, mengapa beberapa orang Kristen jatuh bangun di dalam kehidupan mereka? YAHWEH mengingatkan saya perumpamaan ini berkali-kali untuk ditulis dan diingatkan kepada umat-Nya.

Ketiak Ia menjadi manusia Ia mengingatkan umat-Nya dalam perumpamaan ini:

Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya. Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula.” (Mark 2:21-22)

Ayat ini berkaitan dengan ayat 18-20. Yahshua mengkaitkan waktu dan kondisi pada ketiga perumpamaan ini:

  • Mempelai sekarang bersama teman-temannya, belum waktunya berpuasa
  • Bila kain yang baru dipakai sebagai penambal untuk kain yang lama, kain lama segera akan semakin rusak dan kain baru menjadi sia-sia
  • Bila anggur baru disimpan pada kulit kantong yang lama, lambat atau cepat kantong itu akan rusak, anggurnya pun akan terbuang

Apa arti perumpamaan di atas tersebut dan apa maknanya untuk kehidupan orang Kristen yang telah menjadikan Yahshua sebagai Yahweh dan Juruselamat dalam hidupnya? Apa hubungannya dengan kekalahan orang Kristen di dalam kehidupan sehari-hari?

Banyak orang Kristen tidak tahu dimana posisi mereka, tidak sadar atau lupa diwaktu apa ia berada. Itulah akar masalah mereka. Ayat-ayat di bawah ini akan membuat Anda (orang Kristen) menemukan posisi Anda kembali:

  • Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Elohim sendiri, … yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (1Pet 2:9)
  • Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2Kor 5:17)
  • Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru. Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka. (Mark 13:8-9).Waktu dari semua nubuatan Yahshua ini adalah SEKARANG!

Anda yang telah mengundang Yahshua Ha Mashiah masuk kedalam kehidupan Anda, maka sesuai Alkitab (tiga ayat diatas hanya sedikit contohnya),  di mata Bapa Surgawi, Anda adalah ”kain yang baru” ; ”anggur baru” atau ”teman dari mempelai pria yang sekarang saatnya berpuasa” Sesungguhnya janji-janji- kemenangan-Nya di atas berlaku untuk Anda!!

Dari perumpamaan di atas nampak bahwa orang Kristen akan memiliki masalah yang jauh lebih besar dibanding orang Duniawi jika ia

  • sebagai anggur baru masih tetap mau tinggal di kantung kulit yang tua
  • sebagai kain baru namun menempel kepada kain yang lama
  • sebagai mempelai Yahshua di akhir jaman namun tetap hidup glamor dan duniawi

”Orang lama” tinggal di dalam ”kehidupan lama” tidak banyak masalah. Inilah sebabnya orang Duniawi nampak lebih gemuk, ceria dan makmur daripada ”orang ciptaan baru” – yang hidup dalam ”kehidupan gaya lama”.

Orang lahir baru akan berbahagia jika ia hidup di dalam pola kehidupan yang  baru yaitu pola Kerajaan Surga. Meninggalkan kehidupan lamanya, menguburkan semua masalah-masalah lamanya, menyalibkan semua cara-cara yang tidak sesuai dengan pola Kerajaan Surga.

Yahshua pada ketiga perumpaan di atas dengan jelas menyatakan,  Jika umat-Nya tidak hidup sesuai dengan perintah dan ketetapan-Nya yaitu ”keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib atau ”yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”, sesungguhnya orang ini bukan saja membuat dirinya bermasalah, dan merusak dirinya sendiri, lebih lagi ia membuat masalah dan merusak nama YAHWEH dan citra Kerajaan Surga-Nya. Perhatikan ayat-ayat ini:

  • ”… para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?” Kamu membawa roti cemar ke atas mezbah-Ku, tetapi berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami mencemarkannya?” Dengan cara menyangka: “Meja YAHWEH boleh dihinakan!” Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? … (Mal 1:6-8)
  • Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: “Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. (Mat 3:7-8)
  • Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, … Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Elohim, melainkan apa yang dipikirkan manusia.” (Mat 16:22-23)

YAHWEH cinta kepada setiap orang termasuk orang Farisi dan Saduki, namun Ia menentang pola hidup mereka. Musuh orang Kristen yang hidup dalam pola duniawi ialah double: yaitu YAHWEH dan Iblis. Petrus sekalipun ditegur-Nya dengan keras karena ia sebagai orang percaya namun tidak menerima ajaran pikul salib. Jadi mengaku Kristen tapi hidup secara duniawi, memberikan yang sisa kepada-Nya itu merupakan penghinaan bagi NAMA-Nya!

Kita tahu bahwa kita hidup di masa akhir dari jaman ini, jaman anugerah. Segera Penghakiman terakhir akan tiba, sebelum Jaman yang baru datang – Jaman Damai 1000 tahun. Pesan firman YAHWEH kepada setiap kita yang hidup di jaman ini ialah

Yashua ingin kita tidak setengah-setengah; Dia meminta kita untuk jadi ”dingin” atau ”panas” tidak suam-suam. (Wah 3:15-6), atau kalau memang mau jahat teruslah berbuat jahat atau sebaliknya (Wah 22:11, 2 Tim 3:13)

Pada hari pengadilan terakhir Ia hanya menggolongkan manusia kedalam dua jenis dan tidak lebih, yaitu ”domba” dan ”kambing”, tidak ada ”dombing.” Marilah kita membuat indentitas kita menjadi jelas dihadapan-Nya:

  • apakah kita mengasihi Dia atau membenci-Nya, sebagai domba atau sebagai kambing
  • apakah kita dipihak Dia atau musuh-Nya, domba selalu berpihak dan perlu gembala, kambing tidak suka menurut dan tidak merasa perlu gembala

Orang-orang yang berkeputusan mengikut Yahweh,

  • adalah orang-orang yang mendapatkan kebahagian kekal pada ujung perjalanan mereka. (Wah 21:6-7)
  • adalah juga orang-orang yang tidak luput dari kegagalan, namun janji-Nya ialah tujuh kali orang benar jatuh, tujuh kali ia akan bangun kembali (Ams 24:16)
  • adalah juga orang-orang yang turut mengalami kesusahan hidup, namun janji-Nya ialah Ia menyertai kita dan penghiburan dan penyediaan-Nya akan selalu cukup. (Maz 23)
  • adalah orang-orang yang menghasilkan buah-buah yang kekal (Yoh 15)

Kemenangan hidup orang Kristen tidaklah keluar dari memegang dan melakukan firman-Nya, beberapa contohnya:

  • Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (Mark 8:34)
  • tetapi orang-orang yang menanti-nantikan YAHWEH mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Yes 40:31)
  • Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. … kamu berbuah banyak…” (Yoh 15:7-8)

Bapa Surgawi sungguh mengasihi Anda, sehingga Ia rela melihat Putra Tunggal satu-satu-Nya  dihina dan mati terkutuk untuk  dosa-dosa Anda dan saya. Roh Kudus-Nya telah diberikan-Nya tinggal bersama kita tanda kasih dan penyertaan-Nya. Tidakkah kita juga akan memberi yang terbaik kepada DIA yang telah mengasihi kita terlebih dahulu? Tidakkah kita sanggup hidup kudus demi hormat dan kemulaan NAMA-Nya?

YAHWEH di dalam Yahshua Ha Mashiah memberkati Anda dari hari ini sampai selamanya.

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: