Irak: Serangan bom berantai Islam Sunni menewaskan lebih dari 100 jiwa


Sebuah serangan bom berantai kembali merobek daerah-daerah Islam Shia pada hari Minggu 9 September ini. 6 ledakan bom di kota Bagdad dan ledakan bom di kota-kota lainnya (Kirkuk, Baquba, Basra dan Tuz Khurmato, dan lainnya)  telah menewaskan lebih dari 100 jiwa. Serangan bom Irak Sunni kali ini berkaitan dengan sidang pengadilan bekas Wakil President Tareq al-Hashemi, politikus Sunni, ia dituduh berada di belakang aksi-aksi serangan bom pada tahun-tahun sebelumnya. Pada sidang ini Tareq hakim memutuskan hukuman mati atas dirinya.

Sebelum persidangan dimulai, sekitar 50 jiwa telah tewas dari serangan Islam Sunni, dan setelah sidang enam wilayah sekitar Bagdad bom-bom diledakan di tempat-tempat komersil, menghasilkan sekitar 50 jiwa lagi tewas terbunuh.

Setelah tentara Amerika dan Inggris meninggalkan tanah Irak, perselisihan kekuatan politik  antara kubu Sunni dan Shia semakin tajam. Orang Shia adalah mayoritas di Irak dan PM Irak, Nuri al-Maliki, adalah orang Shia. Saddam Hussein, bekas president yang dihukum gantung, adalah Islam Sunni. Ia tidak hanya membuat masyarakat Islam Shia miskin, tetapi juga membunuh ribuan suku Kurdi, yang adalah Sunni.   Irak Selatan umumnya dihuni oleh orang Arab, bagian utara (Kurdistan) dikuasai oleh suku Kurdi.  Suku lainnya yang penting di Irak adalah suku Kasdim (Chaldean) memiliki bahasa ibu sendiri, kulit mereka lebih putih bahkan dibanding suku Kurdi sekalipun. Suku Kasdim ini adalah orang-orang penting di Kerajaan Babilonia di jaman nabi Daniel (Ibrani). Mereka terbagi dalam dua kelompok besar agama: Kristen (lebih dikenali sebagai bangsa Assur (Assyrian) berbahasa Aram, dan satunya lagi Roma Katolik (lebih dikenal sebagai bangsa atau suku Chaldean, seperti yang ada di Irak). Dipercayai bahwa rasul Thomas orang pertama yang memberitakan Injil ke wilayah Assur (Mesopotamia) termasuk India.

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya https://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

Tulis komentar Anda di sini - dengan etika dan integrity. Thanks!