Kurdistan: Bangsa Tanpa Negara


Berapa banyak dari orang Indonesia yang tahu dimana letak Kurdistan atau pernah mendengar nama ”Kurdistan” sebelum membaca artikel ini? Suku bangsa yang tinggal di wilayah Kurdistan ini disebut Kurdi. Secara politik Negara Kurdistan (sampai saat ini) bisa dikatakan sama dengan Negara Israel (dari 723 BC sampai 1948 AD) – tanpa negara. Bangsa Kurdi terjajah dan terbuang dari tanah air mereka sendiri. Sampai sekarang sebagian besar tanah mereka masih dimiliki oleh negara-negara tetangga mereka. Kehadiran mereka sebagai suatu bangsa yang bernegara belumlah diakui oleh negara-negara tetangga mereka. Menurut K.N. Jamili, suku Kurdistan ini merupakan kelompok etnik keempat terbesar di Timur Tengah, setelah Arab, Persia dan Turky. Setelah suku Kurdi lalu Iran, Iraq dan Syria. Jumlah mereka sekitar 40 juta orang, dan … tanpa memiliki negara pemerintahan!

Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri. Dari jarak empat ratus meter pembaca akan dapat mengenali dengan mudah seorang pria Kurdi hanya dengan melihat celana panjang yang dipakainya. Alkitab mencatat empat nama kota di jantung wilayah Kurdistan:  Dari negeri itu ia pergi ke Asyur, lalu mendirikan Niniwe, Rehobot-Ir, Kalah dan Resen di antara Niniwe dan Kalah; itulah kota besar itu. (Kej 10:11-12). Dari ayat ini nampak bahwa nama kuno Kurdistan ialah Asyur. Dari peta-peta ini nampak bahwa Turky (43%), Iran (31%), Irak (18%), Syria (6%) membagi-bagi tanah orang Kurdi untuk mereka sendiri. Lihat peta. Garis-garis hitam pada peta ialah batas negara.   Perlu diingat bahwa mayoritas orang Kurdi beragama sama dengan negara-negara tetangga mereka, yakni Islam Suuni, dan sebagian kecil Islam Sufi. Dalam hal bangsa Kurdi ini kesamaan agama tidak mencamin persahabatan dengan negara-negara tetangganya. Dan bahkan dunia Internasional tidak perduli dengan bangsa yang tertindas ini. Tetapi jika aktivis Hamas diserang balik oleh Israel, seluruh dunia Islam ramai membuka mulut. Ada sesuatu yang salah di sini!

Ini beberapa contoh bagaimana tetangga Kurdistan menekan bangsa Kurdi dan tidak ingin orang Kurdi merdeka:

  • Di Turky: sampai tahun 1991 adalah kejahatan hukum bagi orang Kurdi berbicara dengan bahasa mereka sendiri sekalipun bukan di tempat umum. Sampai sekarang bahasa ini masih terlarang untuk dipakai secara umum. Beberapa tahun lalu, tentara Turky memasuki Irak Utara (Kurdistan Selatan) untuk memburu ’para terrorist’ Kurdi. PBB tutup mata.
  • Di Iran: orang-orang Kurdi tidak boleh memakai nama Kurdi mereka. Banyak dari mereka yang digantung dan masih mendekam dalam penjara oleh karena masalah kemerdekaan ini. Arab tutup mata, termasuk Barat.
  • Di Irak: Saddam Hussein mencoba memusnakan empat juta Kurdi-Irak. 300.000 (tiga ratus ribu) orang ’hilang’ antara 1983-1987. 4000 (empat ribu) desa orang Kurdi diracuni secara serempak,  membunuh 100.000 (seratu ribu) tambahan jiwa. Menebangi pohon-pohon mereka dan menghancurkan infratruktur mereka: rumah sakit, listrik, saluran air, dsb. Siapa yang perduli? NGO-NGO Kristen tentunya; kasih dan perhatian yang sama pada peristiwa Tsunami Aceh.

Dari dua contoh di atas (dan tentunya ribuan lainnya) bagaimana NGO-NGO Kristen menolong bangsa-bangsa yang beragama Islam yang tertimpa malapetaka, membuktikan bahwa Kuran salah! Orang Kristen TIDAK pernah terbukti MEMBENCI orang Muslim!!

Sekarang kita lihat kepada catatan Alkitab. Kejayaan Asyur (Kurdistan Kuno) sudah dikenal sejak 2700 tahun yang lalu, banyak bangsa ditaklukan oleh Asyur:  Damaskus; Syria (732), Tyre; Libanon (723 BC) dan Yehuda; Israel (701), juga Sidon; Libanon (677). Raja Asyurlah yang membawa bangsa Israel keluar dari tanah mereka, Kanaan, dan kemudian mengisinya dengan berbagai suku bangsa dari negara-negara yang dijajahnya (lihat peta!). Informasi lebih detil dan bukti-bukti firman Elohim tentang ini dapat di baca di ”Tanah Kanaan/ Israel/ Palestina dan kota Yerusalem milik siapa sebenarnya?” Apakah kondisi Kurdistan selama ratusan tahun belakangan ini adalah sebuah tuaian dari apa yang nenek moyang mereka telah tabur pada bangsa Israel, hanya Elohim yang bisa jawab dengan benar. Tepatnya Alkitab menelus bahwa Asyur dipakai Elohim saat itu sebagai cambuk dan tongkat-Nya untuk memurnikan Israel (Yes 10:5-6), yang menjadi masalah ialah Asyur bertindak diluar batas dari apa yang Elohim perintahkan kepadanya. Sehingga Asyur pun, dinubuatkan, akan dihukum. Alkitab berkata ”Tetapi apabila YAHWEH telah menyelesaikan segala pekerjaan-Nya di gunung Sion dan di Yerusalem, maka Ia akan menghukum perbuatan ketinggian hati raja Asyur dan sikapnya yang angkuh sombong. (Isa 10:12)- baca ayat 13 dan 14.

Bukan tugas manusia menghakimi sesamannya, sekalipun ada kemungkinan Elohim memakai suatu bangsa untuk menghukum bangsa lainnya seperti contoh di atas, namun perlu diingat bahwa kemarahan YAHWEH itu tidak selamanya, dan tujuan Ia menghukum bukanlah untuk menghancurkan tapi untuk menyempurnakan. Kebaikan hati-Nya ini bisa di lihat pada Yes 8:23 dan 9:1 (9:1-2 in English). Dengan kata lain, jika YAHWEH telah mengangkat hukuman-Nya terhadap suatu bangsa yang berontak kepada-Nya, bangsa yang dipakai sebagai cambuk dan tongkat-Nya haruslah berhenti menindas bangsa yang terhukum tersebut, jika tidak, maka Elohim sendiri akan menghukum si negara penghukum tersebut.

Hukuman YAHWEH atas negara Israel telah selesai, lahirnya kembali negara Israel (1948) adalah penggenapan nubuatan nabi-nabi. Jadi jika masih ada negara yang masih terus ingin menghukum Israel, negara tersebut sesungguhnya sedang melawan YAHWEH.

Hukuman atas Asyur (Kurdistan) pun sudah selesai,  Alkitab berkata: Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. …ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari … (Pkb 3:1-4)

Saatnya sekarang Elohim YAHWEH memulihkan Kurdistan seperti janji-Nya melalui nabi Yesaya: Pada waktu itu akan ada jalan raya dari Mesir ke Asyur, sehingga orang Asyur dapat masuk ke Mesir dan orang Mesir ke Asyur, dan Mesir akan beribadah bersama-sama Asyur. Pada waktu itu Israel akan menjadi yang ketiga di samping  Mesir dan di samping Asyur, suatu berkat di atas bumi, yang diberkati oleh YAHWEH semesta alam dengan berfirman: “Diberkatilah Mesir, umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel, milik pusaka-Ku.” (Yes 19:23-25)

Ayat ini berkata bahwa Israel bukan saja akan berdamai dengan Mesir dan Asyur, lebih dari itu Israel akan menjadi pendamai untuk keduanya!

YAHWEH mengasihi semua bangsa, termasuk Anda bangsa Kurdi, sebab Anda juga adalah ciptaan tangan-Nya. YAHWEH kiranya melihat air mata dan jeritan penderitaan Anda. Dan kiranya Dia mematahkan beban-beban berat di bahumu yang telah ditaruh oleh para tetanggamu. Lihatlah ke atas, bangkitlah dari perkabunganmu, sebab Dia sudah mendengar doa-doamu. Amin!

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya http://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog
About these ads

10 Tanggapan

  1. @ Anggur Baru
    Saat ngobrol dengan neutrona lebih baik dijelaskan dengan ufology seperti alien-alien zeta reticulans dan alien-alien pleaidians serta 7000 ramalan vanga vangelia pandeva supaya nyambung.

    @ neutrona
    Bumi ini adalah milik zeta reticulans …[edit]

    • Selamat datang untuk Anda di forum ini.
      Maaf tulisan Anda saya edit, saya berusaha membatasi diskusi kita hanya tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan Kristianiti.

      Alkitab menulis adanya mahluk-mahluk roh, seperti malaikat dan roh-roh jahat. UFO dan mahluk2 anehnya hanyalah penjelmaan roh-roh jahat. Alkitab berkata bahwa Iblis dapat merubah wujud, bahkan menipu manusia dalam wujud palsu sebagai “malaikat terang.”

      Apa komentar Anda tentang artikel “Kurdistan: Bangsa tanpa Negara”?
      Salam, Anggur Baru

  2. Selamat ya Anggur Baru,

    Rasanya pandangan anda ni kita cuba perbetulkan. Cuba lihat komik cartoo yang lucu betapa dunia telah memesongkan mata masyarakat dunia.

    Sanggup kok. Ada saya omong mereka zionist? lawak.. Saya omong aktivis yang mana? cuba baca semula.. Anda menuduh saya enggak tahu tentang agama anda. Saya juga bisa kata gitu karena dalam Islam itu ada 73 firkah dan hanya satu yang benar. Iaitu Ahli Sunnah Wal Jamaah.

    Buat perhitungan kamu ya, Rasulullah SAW itu telah melakukan mukjizat sebanyak 400 mukjizat. Dan Al-Quran pula mukjizat teragung dan KEKAL hingga kiamat.
    Wallahua’lam…

    • Masalah besar di dalam dunia jaman ini ialah masing-masing kelompok bikin standard kebenarannya sendiri, dan standard Elohim disingkirkan. Inilah akar dari semua kekacauan di Dunia Modern.

      Sekarang Anda berkata bahwa Muhammad membuat 400 mujizat, saya tidak heran jika beberapa tahun kemudian akan ada yang berkata Muhammad membuat 500 mujizat, dan lalu 600. Fakta ialah tokoh-tokoh Alkuran berkata Muhammad tidak membuat mujizat satupun selama hidupnya. Jadi setelah 1400 tahun kematiannya muncul kepercayaan ia membuat 400 mujizat, itu benar-benar mujizat! Itulah Agama suatu proses yang berkembang bertahun-tahun.

      Tentu saya telah tahu bahwa cabang Islam ada lebih dari 70 buah. Masalah besar dalam Islam, seperti Anda menunjukkan itu kepada kami di atas, ialah masing-masing cabang Islam menganggap dialah yang paling benar – sehingga tumpah darah selalu terjadi; bahkan telah terjadi sejak kematian Muhammad. Ini menyedihkan.
      Salam, Anggur Baru

  3. Selamat sejahtera,
    Enggak kok, saya enggak pengen bahas soal Islam di tajuk post ini. Tapi saya cuba terangkan kepada anda betapa pentingnya cara berpikir agar anda dan juga mereka yang lain tidak terpesong.

    Mudah saja saya kemukakan hujah, misalnya daripada ayat yang anda tulis :

    “jika kamu ingin mengetahui suatu ajaran benar atau salah lihatlah hasil perbuatannya.”

    Maka sangatlah pincang pemikiran anda sekiranya anda sendiri tidak mampu mencernakan ayat Yashua itu sendiri. Malang kok.. Kasih kami kepada Isa Alaihi Salam lebih lagi.
    ….[di edit moderator]

    Itu sungguh jelas bahawa Qur’an itu mendesak pembacanya agar sentiasa berpikir secara kritis dan kritikal bukan semborono sahaja. Lawak sih kamu ni ingin memanipulasi Al-Qur’an. Maka dengan al-Quran jugalah pikiran saya makin jelas dan bisa berpikir jauh kehadapan dan mampu menjawab pertanyaan kamu yang lucu bangat.
    …. [di edit moderator]
    Taliban? Al-qaeda? Kamu juga senang kok tertipu dengan lakonan Zionis laknatullah. Tahu kenapa? Taliban itu bukannya orang Islam. pegawai polis negara berkaitan sendiri mengakui taliban itu bukan orang Islam. Itu semua tajaan yahudi lah.

    Makin sedih melihat umat akhir zaman ramai yang tersesat. Ingat ya cara pemikiran kamu itu belum setanding dengan mukjizat quran yang melampaui zaman.
    Orang yang cintakan kebenaran tidak bersikap berat sebelah dengan perkara yang dinilainya.

    • Salam juga untuk Anda Neutrona.
      Baguslah jika Anda bersedia berpikir kristis terhadapat Alkuran. Pembelaan Anda kepada agama Anda tidak cukup meyakinkan dunia. Buku-buku tentang Islam telah banyak dibuat oleh guru-guru Islam dan aktivist Islam, ditambah dengan berita-berita internasional dari media Islam dan non-Islam meneguhkan bahwa aksi-aksi jihad yang dilakukan , dipanggil media sekuler sebagai “Islam ekstrimist,” di negara-negara Islam adalah dipimpin oleh mereka yang bahasa ibunya adalah bahasa Arab, seperti Osama bin Laden misalnya. Saya tidak berteori, tapi menyunjukan kepada Anda “buah dari pohon” agama Anda. Maaf jika itu menyakitkan, tapi obat memang terasa pahit namun perlu dimakan demi penyembuhan.

      Anda menulis:

      Taliban? Al-qaeda? Kamu juga senang kok tertipu dengan lakonan Zionis laknatullah. Tahu kenapa? Taliban itu bukannya orang Islam. pegawai polis negara berkaitan sendiri mengakui taliban itu bukan orang Islam. Itu semua tajaan yahudi lah.

      Ini adalah “DUSTA yang paling jahat” yang Anda pernah buat di forum ini.
      Taliban, Al-Qaeda, Hisbolah, PLO; Mujahidin, Islam Brotherhood etc. ADALAH jelas orang Islam. Jika Anda berani berkata kepada aktivist tersebut mereka adalah Zionist. Kepala Anda dijamin lepas dari leher Anda! Ha ha ha.

      Anda menulis:

      mukjizat quran yang melampaui zaman.

      Sewaktu di universitas, dalam forum agama, seorang imam Islam yang berbewok dan berjanggut tebal berkata kepada kami, sekitar 150 mahasiswa, Ia dengan jelas mengakui dihadapan kami semua bahwa “Muhammad tidak pernah membuat mujizat.” Pernahkan Anda mempelajari tulisan ini Sources of the Quran?
      Yeshua membuat banyak sekali mujizat, bahkan hidup-Nya sendiri adalah mujizat:
      Sebelum Ia lahir, nabi-nabi telah bernubuat tentang kedatanga-Nya dan bagaimana Ia akan mati,
      Lahir melalui seorang perawan tanpa hubungan badan,
      Meramalkan diri-Nya sendiri berapa lama Ia akan terkubur dan bangkit kembali,
      Terangkat ke Sorga disaksikan oleh murid-murid-Nya, dst.
      Itu sebabnya Alkitab penuh dengan mujizat, baik histori maupun sehari-hari.
      Mujizat tetap berlangsung sampai hari dalam kehidupan orang-orang Kristen!! Itulah tanda kenabian dari YAHWEH. Itulah sebabnya ketika bukti-bukti ini di nyatakan pada forum agama tersebut, imam Islam ini dengan muka merah, namun tidak bisa membantah semua fakta yang ada, mengakui dengan tulus di depan para mahasiswa tersebut. Ini terjadi kira-kira 25 tahun yang lalu.
      Kita tidak perlu self-proclaim atau saling tuduh, tetaplah berkepala dingin dan lapangkan hati kita untuk menerima fakta apa adanya.
      Beranilah bertanggung jawab, janganlah mempersalahkan orang Yahudi jika “teman” Anda sendiri yang melempar batu.
      Salam, Anggur Baru.

  4. Lucu sungguh saya mendengarnya. Rasanya pemikiran yang tersekat tidak mampu mencerna pemikiran universal Islam ya.
    Apa yang Islam ajar pasal keganasan?
    1) Jika ada orang bukan Islam memohon perlindungan mesti memberi bantuan.
    2) Menjamin keselmatan non-muslim
    3) Jika ade permusuhan dengan non-muslim diharamkan menyerang mereka hingga mereka menyerang dan kami mempertahankan diri

    Sabda Nabi Muhammad itu jelas “Barangsiapa yang menyakiti kafir zimmi seolah-olah dia menyakitiku”

    Lihat betapa sayangnya Rasulullah terhadap kafir yang tidak menentang Islam.

    Nasihat kepada orang yang enggak pingin mengenali yang lain tetapi sesuka hati aja menuduh orang. Kasihan sih

  5. “Dari dua contoh di atas (dan tentunya ribuan lainnya) bagaimana NGO-NGO Kristen menolong bangsa-bangsa yang beragama Islam yang tertimpa malapetaka, membuktikan bahwa Alkuran salah! Orang Kristen TIDAK pernah terbukti MEMBENCI orang Muslim!!” -AB-

    “Rasa-rasanya anda memang tidak tahu sejarah lampau. Hanya tekaan saya.

    1) kisah pembebasan baitul maqdis dari tangan tentera salib, tentera Islam menjamin keselamatan mereka di bawah pimpinan Salehuddin Al Ayubi tetapi sebelum itu ketika kekalahan Islam dalam perang, Mereka inilah yg melakukan pembunuhan umat Islam beramai-ramai.

    2) Kota Andalusia di Sepanyol, di bawah zaman pemerintahan Islam, mereka juga hidup di beri keselamatan namun apabila bertukar milik dengan peperangan orang Islam sekali lagi dibunuh dengan kejam

    3) Pada zaman Nabi Muhammad SAW, baginda sering diburu dan diancam bunuh. Namun setelah pembukaan kota mekah, orang Quraisy diberi kemaafan dan bebas menganut agama mereka.

    4) Dakyah ahli gereja yang membuat air holy water untuk diberi minum kepada orang Islam hingga mereka (umat Islam) terus tidak boleh mengucap gara-gara white msgic yang digunakan paderi.

    5) Agenda ahli gereja di Malaysia yang cuba memalsukan tafsiran al-Quran, Alhamdulillah gerakan itu dapat dikesan awal.

    Jelas bukan, siapa yang memusuhi siapa?” -Neutrona-

    “Ini beberapa contoh bagaimana tetangga Kurdistan menekan bangsa Kurdi dan tidak ingin orang Kurdi merdeka:” -AB-

    “Rasanya saudara tidak mampu membedakan antara semangat perkauman dan keagamaan. Hal itu karena adanya sikap assabiyah bukannya agama semata-mata. Misalnya di turkey, Umat Islam juga tidak bisa azan dalam bahasa Arab tetapi dalam bahasa Turkey.” -Nutrona-

    • Hallo Nutrona,
      Nampaknya Anda tidak mengerti antara ajaran Kristen dengan ajaran Roma Katolik. Perang Salib di Spanyol, Timur Tengah, dan juga Eropa adalah pekerjaan ‘Gereja’ Roma Katolik, bukan ajaran Alkitab. Sejarah GEREJA membuktikannya. Alkitab berkata:

      Lalu aku [Daniel] ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya; dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain. Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus [pengikut ajaran Yeshua] dan mengalahkan mereka, sampai Yang Lanjut Usianya [Yeshua Ha Mashiah/ Isa Al Masih] itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan.
      (Dan 7:19-22)

      Mungkin video ini bisa menolong Anda mengerti isi Alkitab dengan benar.

      Nutrona: “Rasanya saudara tidak mampu membedakan antara semangat perkauman dan keagamaan. Hal itu karena adanya sikap assabiyah bukannya agama semata-mata.”

      Anda bisa membohongi orang lain dan diri Anda sendiri, tetapi fakta dan sejarah tidak bisa dibohongi, maaf.
      Negara-negara tetangga suku Kurdi adalah orang-orang Muslim. Apakah Anda berkata orang Irak tidak berbahasa Arab? Para pemimpin agama Iran dan Turkey tidak bisa bahasa Arab?
      Apakah Al Qaida, Taleban, dll membunuh sesama Muslim dan sesama bangsa bukan berlandaskan agama??

      Inti penindasan dan pembunuhan bukanlah “bahasa Arab”, atau “suku/kaum/etnis apapun” dari si pelaku atau sikorban. Tidak sama sekali!! Tetapi masalah “AJARAN” – Islam mengajarkan terror dan pembunuhan.
      Orang Arab, Mesir dan Palestina Kristen misalnya sekalipun mereka berbahasa Arab mereka tidak menterror dan membunuh orang lain.

      Nutrona, Anda harus bangun dari ketiduran rohani Anda. Yeshua Ha Mashiah mengasihi Anda adalah juga sebuah kebenaran dan fakta yang tidak bisa Anda hindari, terlepas seberapa besarpun kebencian Anda kepada Dia. Masa anugerah-Nya masih berlaku untuk Anda.
      Anggur Baru

Tulis komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: