Perang suku di Nigeria, konflik agama?


Updated Oktober 2013. Bako Haram membunuh 50 murid sekolah saat dini hari ketika mereka sedang tertidur. Semua pendidikan adalah haram kecuali pendidikan agama Islam, kelompok Islam ini berkata.

Hari Minggu 7 Maret 2010 dinihari sedikitnya 500 jiwa dibantai, banyak diantara korban adalah para bayi dan wanita. The Guardian.co.uk

Yahshua Ha Mashiah:  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. (Yoh 10:10)

Nigeria adalah negara mayoritas Kristen, khususnya di bagian selatan. Orang-orang Islam yang masuk ke Negeria dari negara-negara Utara Afrika membuat Nigeria menjadi tidak stabil.

Tanggal 16-17 Januari perang antar suku di Nigeria meletus kembali, 40 orang meninggal dunia. Berawal dari remaja-remaja Muslim yang sedang merenofasi sebuah rumah bersebelahan dengan gereja Katolik St. Michael. Rumah ini adalah milik seorang Muslim yang terlibat pembunuhan tiga orang Kristen pada Nofember 2008. Sebelum penyerangan terjadi, dikatakan bahwa remaja-remaja tersebut melecehkan seorang wanita yang lewat. Disusul dengan merusak gereja Katolik tersebut dan lalu membakar atau merusak gedung-gedung gereja lainnya.  Peristiwa ini terjadi di kota Jos di daerah Kristen, profinsi Plateau.

Konflik antara Muslim dan Kristen di bulan Nofember 2008 di Jos menewaskan lebih dari 300 orang. Konflik tahun 2004 menelan korban 700  jiwa dan lebih dari 100 gereja dirusak. Tahun 2001, lebih dari 1000 meninggal dunia.

Kemarin (19), dikabarkan korban meninggal sekitar 300 orang. Hari ini pemerintah mengeluarkan perintah ”24 jam diam di rumah” dan militer berjaga-jaga di jalan. Ketua Christian Solidarity Worldwide Nigeria menanggapi peristiwa Januari ini berkata bahwa jika orang-orang yang terlibat di dalam kekerasan Nofember 2008 diadili, kemungkinan konflik tersebut tidak akan terjadi.

Seorang peneliti dari Organisasi Human Rights Watch menyatakan bahwa sejak 1999 lebih dari 13.500 orang telah meninggal di dalam konflik suku atau agama ini, tetapi banyak pengacau keributan ini tidak dihukum, ini kesalahan pemerintah yang mengejutkan.

Apakah konflik yang terjadi tahun-tahun ini di Nigeria dimotori oleh perbedaan agama? Benar, bahwa nabi Muhammad mengajari pengikutnya untuk membenci orang-orang Kristen (semua denominasi, tanpa terkecuali), tetapi inikah akar konflik yang sesungguhnya?

10 tahun lalu ketika pemerintahan militer yang brutal berakhir di Nigeria, dan digantikan oleh pemerintahan sipil, rakyat bersukacita. Harapan masa depan bangkit. Namun pemerintah sipil yang pertama dan yang sekarang ini pun terlibat korupsi. Seperti pemimpin-pemimpin sebelumnya, presiden Yar’Adua yang sekarang ini berkuasa bahkan tidak mampu memberikan pelayanan-pelayan yang mendasar bagi rakyatnya seperit pipa-pipa air, listrik dan kesehatan.

Apakah Nigeria negara miskin sehingga kebutuhan pokok sangat kekurangan? Fakta adalah Nigeria negara pengexport minyak kedelapan terbesar dunia, dan kelima terbesar sumber import minyak USA. Menurut Michelle Faul yang telah mengamati masalah Afrika selama 25 tahun mengatakan bahwa kemiskinan yang sekarang minimpa negara ini disebabkan oleh korupsi dan tidak effisiennya kerja pemerintah

Masalah dalam negeri lainnya ialah hadirnya kekuatan kelompok-kelompok milisia yang ingin hukum Saria diterapkan di seluruh wilayah Nigeria. Mereka ini juga ingin mendapatkan kekuatan politik dan kekayaan minyak negara yang dikuasai orang-orang pemerintah. Ini menyebabkan seringnya terjadi serangan terhadap istalasi minyak dan penyerangan terhadap polisi yang membunuh 80 orang. Rakyat yang miskin dan rendahnya pendidikan membuat mereka mudah dikendalikan oleh pemimpin yang jahat, seperti aliran agama yang menamakan dirinya ”Boko Haram”, artinya ”Pendidikan Barat adalah haram atau dosa.” Ini mungkin sejenis FPI di Indonesia, yang merusak dan menutup gereja-gereja atas nama membela Islam.

FPI adalah organisasi agama bayaran / alat pemimpin pemerintah tertentu untuk mengontrol kekuasaan politik Indonesia demi kemakmuran kelompok, demikian juga Boko Haram dipakai untuk mendapatkan bagian selatan Negeria yang kaya akan minyak. Barat, Rusia dan RCC melihat dan menunggu celah keuntungan ekonomi terbesar bagi mereka sendiri – inilah sebabnya damai yang sesungguhnya semakin jauh dari bumi ini.

Penerapan hukum Sharia membawa keributan di Nigeria, namun akar masalah yang lebih dalam ialah rakusnya para pemimpin negara itu sendiri. Alkitab berkata, ”Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. (1Tim 6:10)

Tidaklah mungkin untuk pemimpin bertindak adil dan tegas jika hatinya haus akan kekayaan. Kehausan ini membuat ia jatuh kedalam perangkap korupsi dan kompromi, ya berkompromi bahkan dengan para terrorist untuk keamanan dirinya sendiri dan mengorbarkan rakyatnya.

Obat dari penyakit cinta uang ialah lakukan apa yang tukang pajak Zakheus sudah lakukan! 1. Bertobat mengakui dosanya …dan 2. ”Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Adonai: “Adonai, [a] setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan [b] sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.”  (Luk 19:8) Inilah respont Yahshua atas tindakan tukang pajak ini. ”Kata Yahshua kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”  (Luk 19:9-10)

Bacaan berkait:

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya http://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

About these ads

Satu Tanggapan

  1. TULISANNYA CUKUP BERMANFAAT. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tulis komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: