Sweden: Pemimpin Lutheran menyetujui pernikahan sex-sejenis


Sinode Gereja-gereja Evangelis Lutheran Swedia melalui suatu voting memutuskan untuk mengijinkan para pendetanya melakukan pemberkatan pernikahan bagi pasangan sex-sejenis; gay and lesbian. Dari 249 anggota sinodenya, 176  suara memilih ”setuju.”

Sinode Gereja Orthodox Rusia pada keputusan bersamanya sepakat untuk memutuskan hubungan dengan Gereja Lutheran Swedia ini. ”Menyetujui praktek yang memalukan dari pernikahan sex-sejenis adalah pukulan yang serius pada keseluruhan system nilai kerohanian dan moral orang Europa yang dipengaruhi oleh Kekristenan,” kata Sinode Russia pada pernyataannya yang diceritakan oleh TV Rusia NTV.

Keputusan ini keluar setelah Parlement  Swedia tertanggal 1 Mei tahun ini meloloskan suatu hukum mengijikan para homosex untuk menikah secara legal.

Swedia adalah satu dari beberapa negara Europa pertama yang memberi hak resmi berpasangan untuk para homo pada pertengahan 1990 dan mengijinkan mereka untuk mengadopsi anak-anak di tahun 2002.

Tahun 2004, seorang pendeta Swedia dibawa kepengadilan dan dijatuhi hukuman penjara dua tahun karena ”menyerang” cara hidup homosex pada kotbahnya, namun ia dibebaskan atas dasar kebebasan berpendapat dan agama. Ia adalah pendeta pertama yang dituduh dibawah hukum ”kejahatan kebencian” pemerintah Swedia.

Negara-negara Scandinavia pada umumnya 70-80 % penduduknya adalah Lutheran, namun beberapa dekade belakangan ini persetasi ”church-goer”-nya hanyalah 5%. Gambaran yang serupa terjadi di UK dan beberapa negara Europa Barat lainnya. Ini bukanlah berarti Kekristenan telah ditinggalkan oleh penduduk Europa, mereka yang keluar dari gereja tradisi (Lutheran dan Katolik) pindah atau aktif di-gereja-gereja Injili: Pentakosta, Karismatik, termasuk juga Advent. Gereja-gereja Injili ini membeli gedung-gedung bioskop atau gereja tradisi. Gereja-gereja Injili ini dipenuhi dengan remaja-remaja. Pelayanan-pelayanan missi pada wilayah “Jendela 10/40” semakin menarik kalangan muda.

Mungkin nasehat rasul Paulus ini bermanfaat untuk para pemimpin Lutheran Swedia:

”Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.” (1Tim 4:16)

Referensi:

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya http://senjatarohani.wordpress.com/.  Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

About these ads

Tulis komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: