PEPERANGAN ROHANI; Perlengkapan dan strategi


Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

Where there is no vision, the people are let loose, But blessed is he who guards the Torah. (The Scriptures) Ams 29:18

Membahas secara praktis: arti Peperangan Rohani (PR), persyaratan, perlengkapan (senjata rohani dan pemetaan rohani), dan strateginya.

Bagaimana mengembangkan suatu komunitas (sekolah, kampus, kota, propinsi, negara) bagi Yahshua Ha Massiah?, topik diskusi ini diberikan pada suatu kelas sekolah misi. Diskusi ini menjadi sangat menarik karena latar belakang hadirin yang berbeda (Asia :Korea Selatan, Jepang, Indonesia, USA, Europa dan Afrika). Seorang berkata, ”Ajari mereka bahasa Inggris, sehingga mereka bisa mengerti berbagai ilmu pengetahuan.” Ditangapi oleh beberapa orang dan termasuk Dosen: Sebagian Afrika, Filipina, Pakistan serta India bisa mengerti bahasa Inggris (bekas jajahan Inggris) namun tetap terbelakang. Banyak idea dan argument diberikan. Singkat cerita diambilnya negara India sebagai study kasus: India cukup lama di jajah oleh negara maju, yayasan sosial gereja Roma Katolik dan yayasan sosial lainnya pun cukup lama (dan banyak) berada di sana, faktanya mayoritas rakyat India tetap miskin (punya senjata nuklir tapi orang mati kelaparan terjadi setiap hari). Dosen berkata bahwa memberi bantuan teknologi dan sandang pangan itu bagus dan diperlukan, namun tanpa merubah jiwa mereka (pola pikir dan nilai-nilai kehidupan yang benar) semua itu akan berahir pada kesia-siaan. Roh dan jiwa mereka perlu dibebaskan dari belenggu Iblis dan roh-roh jahat, itulah yang terpenting maka mental dan fisik akan mengikuti dengan mudah. Peperangan rohani adalah kunci untuk pengembangan komunitas yang berhasil!

PENTING: Jika Anda belum lahir baru (bertobat – jiwa dan pikiran, menjadikan Yashua Ha Massiah sebagai YAHWEH Anda dan dibaptis selam), lupakan artikel ini. Fondasi kekristenan Anda perlu dibangun dahulu dengan benar sebelum terlibat di dalam peperangan rohani, Elohim belum mengijinkan Anda (Ibr 1-3). Aktifitas PR ini nyata sekalipun tidak terlihat. Harap baca ayat-ayat ini sebagai contoh: Kis 19:11-17.

Setiap orang Kristen sesungguhnya harus mengerti Peperangan Rohani, baik Anda sebagai jemaat biasa ataupun pemimpian pujian gereja atau pun diaken, Anda perlu mengerti ini. Peperangan Rohani bukan hanya tugas Penginjil, Missionari dan Pendoa syafaat saja. Ibu rumah tanggapun perlu diperlengkapi dengan pengetahuan ini agar ia bisa berdoa bagi keluarganya dan hamba-hamba YAHWEH diladang mereka masing-masing.

Penjabaran Peperangan Rohani. Itu adalah peperangan kepada roh-roh jahat (dengan berbagai jenis jabatannya) yang terjadi di alam/ dunia roh (tidak nampak) pada sebuah wilayah dengan tujuan menrebut wilayah itu dari Kerajaan Kegelapan untuk Kerajaan Terang. Mata jasmani kita tidak bisa melihat kehadiran mereka tapi kita tahu mereka ada dari hasil perbuatan mereka nyata. Dua prinsip yang perlu diingat selalu. 1. Hukum Peperangan Rohani 2. Kondisi

Hukum Peperangan rohani.
Masalah yang kita lihat dan hadapi setiap hari seperti:kejahatan, kecanduan obat, pembunuhan dll. hanyalah lapisan atas atau “ranting-ranting” dari permasalahan yang sebenarnya.

Pemecahan masalah-masalah dengan ‘memotong ranting pohon’ tidaklah banyak membantu, namun sedihnya cara itulah yang sering dilakukan:

  • Mengatasi minuman keras dan rokok: naikan pajak (di negara Barat) atau bakar tempat-tempat penjualan mereka (di negara-negara Islam)
  • Mengatasi pelacuran dan pornografi: hukuman cambuk dan denda
  • Pemerkosaan, perjinahan dan pembunuhan: penjara atau hukuman mati.

Hukum peperangan rohani adalah roh harus dihadapi dengan roh.

Cara-cara ini cukup bagus namun tidak memberantas masalah, sebab akar dari masalah tetap hidup, yaitu dosa dan pemberontakan manusia atas Penciptanya. Akar dari semua ini tentu Iblis – bapa pendusta dan pemberontak! Pengertian orang Kristen dalam hal ini lebih maju dan berkembang dari agama apapun.
Alkitab telah memberitahukan kita:

  • [S]enjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Elohim, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Elohim. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus, (2Kor 10:4-5)
  • [P]erjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. (Ef 6:12)

Karena musuh kita adalah roh-roh maka cara-cara daging dan sosial tidak akan banyak berfaedah merubah suatu kommunitas. Ini suatu penilaian umum tertunya, dengan kata lain tidak menutup kemungkinan kedua cara tersebut dipakai oleh-Nya sebagai awal keberhasilan. Hukum peperangan rohani adalah roh harus dihadapi dengan roh. Roh-roh penguasa atas kommunitas yang kita ingin bangun harus dikalahkan dahulu, sebelum mental dan fisiknya di kembangkan.

Kondisi Peperangan Rohani.
1. Anda tidak bisa mengambil sikap netral. Dalam dunia politik ada aliran NON-BLOK / Netral (Yugoslavia pendirinya dan Indonesia salah satu anggotanya). Dalam dunia rohani atau alam roh Anda hanya punya dua pilihan, berpihak YAHWEH (Kerajaan Terang) atau sebaliknya berpihak kepada Iblis / Setan / Lucifer (Kerajaan Gelap). Jika Anda tidak memerangi Kerajaan Gelap sesungguhnya Anda sedang dalam belenggunya/ serangannya.

Panglima perang Anda berpesan, Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. (Wah 3:15-16). Yahshua adalah pribadi yang lembut, tetapi di dalam menghadapi kegelapan dan dosa Dia adalah pribadi yang radikal dan tidak berkompromi.

2. Kita berada pada posisi pemenang, jika kita tetap berada pada perintah komandan perang kita.

  • Jikalau bukan YAHWEH yang memihak kepada kita … , maka telah mengalir melingkupi diri kita air yang meluap-luap itu. (Maz 124:1,5)
  • If God be for us, who can be against us? (Rom 8:33b; GMLTrans)
  • Mereka (10 penguasa dunia dan “binatang buas”) akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.” (Wah 17:14).  Nubuatan berkata bahwa “Binatang buas” ini kelak akan membagi dunia kedalam 10 negara bagian/ perserikatan.

3. Bukan akhir dari sebuah penuaian. Setelah selesai memenangankan peperangan di alam roh, pekerjaan penuaian perlu segera dilakukan: diinjili dan dilayani, jika tidak kemungkinan komunitas yang telah direbut itu menjadi bertambah buruk. Lihat contoh Yahshua di wilayah Samaria dan perupamaan rumah yang bersih tapi kosong;:Yoh 4:5-42 ayat kunci: 35 & 40a.41; Luk 11:24-26)

Dalam dunia rohani atau alam roh Anda hanya punya dua pilihan, berpihak YAHWEH (Kerajaan Terang) atau sebaliknya berpihak kepada Iblis

Perlengkapan peperangan rohani. Jangan membunuh tikus dengan bom, namun juga jangan hadapi kapal perang dan tank-tank baja dengan bambu runcing! Kita perlu tahu siapa dan berapa kuat musuh kita sebelum kita maju berperang, sehingga kita maju berperang dengan perlengkapan senjata yang memadai – tidak kebanyakan dan tidak kekurangan. Perlengkapan peperangna rohani melibatkan: Pemetaan Rohani, Perlengkapan senjata Elohim, Doa (tiga macam jenis) dan pujian-penyembahan.

Pemetaan rohani. Adalah bijaksana memiliki peta ketika berpergian ke daerah yang baru, benar tidak? Terlebih lagi di dalam peperangan rohani, peta sangat diperlukan! Contoh-contoh dari Alkitab: Bil 13:1-2, 17-21; Ul 1:22-24; 2:1; Yos 18:4,6; Kis 17:23 (dari 21-23, Paulus bicara dari hasil observasi). John Dawson (anak dari Joe Dawson penulis Doa Syafaat yang efektif) adalah bapa Pemetaan Rohani untuk abad modern ini.
Apa itu pemetaan rohani?

  • Cindy Jacobs: Itu adalah penyelidikan dari sebuah kota untuk mengenali sesuatu pendudukan yang Iblis telah buat, yang menghalangi penyebaran Injil dan penginjilan untuk Messiah (1)
  • George Otis Jnr.: Itu adalah suatu usaha untuk melihat daerah kita sebagai mana itu adanya dan tidak sebagaimana itu nampak terlihat (1a)
  • Isaiah54.org.: Seperti (foto-foto) X-ray dan MRI untuk mendiagnosa apa yang nampak keluar pada bagian luar pasien. (2). MRI (Magnetic resonance imaging) suatu metode pengambilan foto tanpa perlu pembedahan.

Pemetaan rohani bisa disimpulkan sebagai: penyelidikan sejarah sebuah kota (bisa juga negara, intinya sebuah lingkungan hidup manusia) di dalam terang Roh Kudus untuk mengenali benteng-benteng roh-roh jahat yang mendasari kota itu hidup dan berkelakuan, yang menghalangi pertumbuhan rohani Kekristenan kota tersebut. Kata kunci: Doa dan penelitian.

Ahli perang Cina kuno berkata,”Jika kamu mengetahui kekuatan musuhmu, maka kemenangan ada ditanganmu.”

Ingin tahu hal-hal apa yang perlu dipetakan? Lihat daftar ini dalam bentu PDF atau HTML

Kota Los Angeles sebagai contoh, John Dowson pegarang buku “Taking Our Cities for God” merupakan orang pertama yang menyelidiki alam rohani kota Los Angeles ini.

Memiliki peta dan informasi adalah awal kemenangan tapi bukan akhir dari tujuan. Perlu melangkap pada tahap berikutnya. Memakai selengkap senjata rohani Elohim.

penyelidikan sejarah sebuah kota (bisa juga negara, intinya sebuah lingkungan hidup manusia) di dalam terang Roh Kudus untuk mengenali benteng-benteng roh-roh jahat yang mendasari kota itu hidup dan berkelakuan, yang menghalangi pertumbuhan rohani Kekristenan kota tersebut.

Senjata rohani Elohim. Banyak artikel bagus tentang ini telah dibuat.Intinya adalah seorang yang telah lahir baru (dari segala golongan sosial; Ef 6:1-9) rasul Paulus memerintahkan kita mengenakan semua perlengkapan senjata rohani Elohim ini (11-17) supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis. Demikianlah seharusnya kondisi seorang Kristen setiap hari, menjaga hidupnya benar, adil, kudus, penuh iman dan firman Elohim dan siap selalu untuk pemberitaan Injil damai sejahtera. Tidak hanya di tempat ibadah tapi di manapun kita berada (sekolah, kampus, pekerjaan). Status orang Kristen yang sering dilupakan ialah bahwa orang Kristen adalah tentara Kerajaan Surga. Jangan pergi perang tanpa selengkap senjata rohani!

Kisah nyata sebuah peperangan rohani. Seorang ex-fanatik Budha yang menjadi Kristen bercerita pada saya, ”saya di-Injili oleh seorang pemuda Kristen. Malamnya saya sembayang meminta petunjuk roh bagaimana saya bisa menyerang orang Kristen tersebut. Dalam alam roh saya diperlihatkan bahwa orang Kristen ini memiliki banyak lubang kelemahannya. Lalu saya memutuskan untuk menyerang bukan hanya dia tapi sekalian pendetanya. Say tanya “apa yang kamu kerjakan selanjutnya?. ”Saya pergi kegerejanya, dan duduk dibelakang menerapkan semua ilmu gelap saya untuk menyerang pendetanya yang sedang berkotbah, ia menambahkan.
Untung pendeta ini dibungkus dengan kuasa YAHWEH sehingga ilmu jahat orang ini berbalik menyerang kepada dirinya sendiri. Ia muntah darah dan hampir mati. Ia menjadi pekerja gereja tersebut sewaktu ia menceritakan pengalamannya ini. Ini tentu hanya lah satu dari ribuan peristiwa peperangan rohani. Karenanya saya katakan pada awal artikel ini bahwa orang belum lahir baru, plus tidak hidup didalam kekudusan jangan terlibat di dalam prakek peperangan rohani.
Kata kunci: hidup kudus senantiasa , tinggal di dalam iman dan firman-Nya, dan tentara Kerajaan Surga.

Doa. Wesley L. Duwel berkata, ”Doa dapat membawa anda secara langsung masuk kesetiap rumah, rumah sakit, kantor pemerintah, ruang pengadilan dimana pun di dunia ini. Seperti halnya jarak tidak dapat menghalangi jangkauan anda dalam doa, demikian halnya dengan tembok atau tanda ”DILARANG MASUK!” tidak dapat menghalangi kehadiran anda atau jangkauan tangan anda dalam doa (W. L. Duwel, Menjangkau Dunia Melalui Doa)

Ada beberapa macam doa orang percaya. Di dalam peperangan rohani kita memakai: Doa-doa syafaat, peperangan dan juga doa keliling.

Doa Syafaat. Artinya: Berdiri diantara dua pihak untuk tujuan memperdamaikan.Umum terjadi di Persekutuan-persekutuan doa, ibadah Saptu dan Minggu bahwa pemimpin ibadah atau acara mengumpulkan pokok-pokok doa dari hadirin: ”Siapa yang mau didoakan?” Sering kali yang terjadi di sini adalah kita mendoakan hal-hal yang nampak (manifestasi dari sebab). Jika kita ingin mendapat jawaban doa yang merubah manusia seutuhnya – bukan sekedar disembuhkan atau masalah dipecahkan – kita harus berkonsultasi dengan Roh Kudus. Kita perlu mempelayari Doa Syafaat Yang Efektif. Doa syafaat meminta bukan saja jeritan hati, air mata dan belas kasihan kita atas jiwa-jiwa yang terhilang atau yang perlu diselamatkan tapi juga kesabaran berdiam diri mencari petunjuk-Nya. Abraham, Musa dan Yeremia, Daniel dan tentunya juga Roh Kudus adalah contoh-contoh pendoa syafaat yang baik (Kej 18; Kel 32:1-14; Yer 9. 13; Dan 9; Roma 8:26-27).
Kata kunci: Meminta belas kasihan YAHWEH untuk orang lain

Doa syafaat meminta bukan saja jeritan hati, air mata dan belas kasihan kita atas jiwa-jiwa yang terhilang atau yang perlu diselamatkan, tapi juga kesabaran berdiam diri mencari petunjuk-Nya.

2. Doa Peperangan Rohani (DPR). Artinya: Berdiri di pihak Elohim untuk menghancurkan perlawan-perlawan musuh yang mencoba menghambat perkembangan Kerajaan Surga. Di sini air mata dan jeritan hati pendoa tidak diperlukan lagi. Setelah Roh Kudus berbicara apa yang harus kita kerjakan maka sekarang kita melangkah kepada ”pergi perang” untuk melucuti kekuatan musuh dan merebut jiwa-jiwa yang ditawan oleh musuh. (mat 12:29). Disini kita menggunakan kata-kata perintah kepada lawan: kami ikat, kami hancurkan pekerjaanmu, kami usir dan sejenisnya (Mark 16:17,). Kata kunci: Menghampiri musuh untuk mengalahkan dan menguasai daerah kekuasaannya. Catatan: Dalam kedua jenis doa ini, berdoa dalam bahasa-roh baik juga untuk digunakan (khususnya jika berdoa sendirian), dan minta Roh Kudus untuk mengartikannya (1 Kor 141-13). Karunia bahasa-roh ini biasanya didapat setelah baptisan selam.

3. Doa Keliling. Diilhami dari perintah YAHWEH kepada Yosua untuk mengeliligi tembok musuh Yeriko (Yos 6:1-5). Pengajaran tentang Doa keliling ini susah diterima oleh denominasi gereja tertentu, terutama departement pengembalaan. Doa keliling dikenal umum oleh para penginjil dan missionari, ini mudah dimengerti sebab mereka mengerti dan mengalami Efesus 6:12. Bukti bahwa aktiftas Doa Keliling adalah Alkitabiah bisa dilihat dari panggilan Graham Kendrik (pencetus Berbaris Bagi Yahshua), ketika orang tuanya membawa Graham kepersekutuan doa, ia baru berusia di bawah 10 tahun. Nubuat datang kepadanya bahwa YAHWEH akan membangkitkan tentara-tentara-Nya di ahir jaman berbaris melalui kota-kota sambil mengumandangkan puji-pujian dan mengangkat panji-pani-Nya. Ini yang terjadi di berbagai banyak negara setiap bulan July. Lagu-lagu Graham diterjemahkan kedalam puluhan bahasa.
Kata kunci: hadir ditempat musuh dan berperang.

Seorang ahli strategi perang berkata: “Pertahanan yang paling efektif adalah menyerang pertahanan musuh!”

Pujian dan Penyembahan. Inipun termasuk senjata rohani orang Kristen. Pujian dan penyembahan bisa dimasukan ke dalam bagian dari

Isinya sama namun pengalamatannya berbeda, di Doa syafaat kita lakukan pujian dan penyembahan untuk mengagungkan YAHWEH, Yahshua dan Roh Kudus. Dan di DPR kita melakukan Puji dan penyembahan kepada Elohim kita namun aktivitas ini berfungsi sebagai perisai dan pedang roh untuk menghadapi Setan dan rekan-rekannya. Kedua aspek kerja dari pujian dan penyembahan ini Anda bisa lihat pada kehidupan Daud. Ia melakukan PdP sebagai ucapan syukur, pengagungan, permohonan doa kepada YAHWEH dan dibagian lain dengan PdP ia mengusir roh-roh jahat dan musuh-musuhnya.

  • Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Elohim itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya. (1Sam 16:23)
  • Biarlah pujian pengagungan Elohim ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka, (Maz 149:6)

Kata kunci: Di dalam hadirat Elohim memerangi musuh-Nya.

Strategi Peperangan Rohani (SPR). Perlengkapan perang yang canggih haruslah diimbangi dengan strategi perang yang baik.. Alexsander Agung (Yunani) dan Gaius Julius Caesar (100-44 BC)(Romawi) merupakan jenderal-jenderal perang yang genius di jaman mereka. SPR Kristen sangat berbeda dengan segala strategi peperangan jasmani dan rohani non-Kristen apapun, apa alasannya? Seperti saya telah tulis diatas bahwa kondisi kita adalah kita berada dalam posisi pemenang. Itulah alasannya!

YAHWEH menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan YAHWEHlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.” (1Sam 17:47)

Jadi sesungguhnya SPR yang membawa kemenangan itu bergantung dari diri kita sendiri, kunci kemenangan ada di tangan kita, pertanyaannya ialah apakah kita bisa memakainya?
Inilah daftar penting yang perlu diingat sebelum mulai perang:

  1. Mengadakan pemberesan pribadi (pengampunan dosa dan saling memaafkan), minta darah Yahshua membungkus Anda dan team, sehingga serangan balik musuh tidak bisa berpengaruh atas Anda semua (Ams 26:2).
  2. Beriman
  3. Satu hati dan pikiran – sepakat. Melawan bani Amalek (Kel 17:8-13)
  4. Tunduk kepada komandan Utama dan pemimpin team (Yak 4:7) Orang Ai mengalahkan tentara pasukan Yosua yang lebih kuat (Yos 7:2-21 )
  5. Pantang menyerah dan tidak putus asa (Dan 10:12-14). Jika Yahweh belum menjawab (doa puasa selama 40 hari) maka kami akan doa puasa 40 hari lagi. 40 hari yang kedua Yahweh belum jawab, saya doa puasa untuk 40 hari yang ketiga.” (Bp. Bambang Budijanto M.Th., DOA jalan menuju peperangan rohani).
  6. Peka terhadap perubahan pimpinan Roh Kudus. Pelajari 2 Sam 5:18-25; Strategi-Nya berubah untuk menghadapi musuh yang sama pada tempat yang sama.
  7. Pastikan bahwa perlindungan dan senjata rohani kita aktif pada tiga unsur keberadaan Yahshua: Darah-Nya yang telah tercurah di Golgota (Ibr 10:10), kuasa di dalam Nama-Nya (Fil 2:9-11), dan kuasa otoritas-Nya atas alam semesta (Ef 1:20-23; Mat 28:18)

Bagaimana memulai dan mengoperasikan peperangan rohani? Berikut ini langkah-langkah teknisnya:

  1. Mulai dari diri Anda sendiri; mencari kehendak YAHWEH atas diri Anda dan wilayah yang IA ingin kerakan melalui Anda.
  2. Mintalah kepada-Nya rekan-rekan yang sehati dan sevisi
  3. Dengan team yang ada mulailah membuat pemetaan rohani: pengumpulan data-data wilayah yang akan digarap melalui doa syafaat dan study sejarah. Tuliskan semua benteng-benteng musuh yang team telah dapatkan.
  4. Melalui pimpinan Roh Kudus, mulailah peperangan rohani .a. doa peperangan b. doa keliling ditempat musuh (bila lokasi wilayah besar sekali, kendaraan bisa dipakai). Hal yang utama dikerjakan di sini: mengikat dan menghancurkan kuasa si jahat atas wilayah dan penduduknya dan setelah itu melepaskan kuasa dan berkat YAHWEH atas mereka
  5. Selesai, namun tetap berjaga-jaga.supaya kamu dapat … tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu (Ef 6:13b)

Ingat, langkah-langkah penuaian harus diambil segera! Penginjilan dan kebaktian kebangunan rohani (kkr) dan kelompok sel serta kelas-kelas Alkitab perlu digalakan untuk menuai jiwa-jiwa yang telah dibebaskan dari pengaruh kekuasaan penghulu udara wilayah di mana mereka berada..

Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. (Wah 12:11)

Cat.: GMLTrans – George M. Lamsa’s Translation, Peshitta Bible

Ref:

Buku-buku bacaan yang direkomendasikan:

  • ·John Dawson, Taking Our Cities for God” / Merebut KOTA bagi Allah
  • ·Dr. Peter Wagner, Doa Peperangan
  • ·Cindy Jacob: Menduduki kota-kota mush

Artikel ini boleh dipakai, namun sertakan alamat situsnya. Hargailah karya tulis orang lain. Salam dan terima kasih, Senjata Rohani’s Weblog

About these ads

Satu Tanggapan

  1. Tulisan ini sangat menguatkan dan memberi pengertian, serta sangat membangun.. Thanks God!

Tulis komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: